Agar Anak Semakin Cerdas, Ini 10 Rekomendasi Suplemen Omega-3 untuk Memenuhi Kebutuhannya (2020)

Agar Anak Semakin Cerdas, Ini 10 Rekomendasi Suplemen Omega-3 untuk Memenuhi Kebutuhannya (2020)

Omega-3 diklaim sebagai salah satu asam lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karena tubuh tidak mampu memproduksi sendiri omega-3, itulah menjadi salah satu alasan kenapa Anda harus memenuhi kebutuhan omega-3 anak Anda dengan suplemen.

Suplemen Omega-3 Dikenal Sangat Baik untuk Kesehatan

Tidak ada yang bisa memungkiri bahwa Omega-3 dengan ALA, EPA, dan DHA adalah nutrisi penting bagi tubuh. Sayangnya, tubuh kita tidak bisa menghasilkan asam Omega-3 tersebut sendiri. Oleh karena itu, kita perlu mendapatkan asupan omega-3 dari jenis makanan tertentu. Asupan nabati, seperti jenis kacang-kacangan bisa menjadi pilihan bagi yang memiliki alergi terhadap ikan. Meski demikian, jenis ikan laut seperti makarel, tuna, salmon, sampai ikan teri adalah sumber makanan yang kaya akan kandungan omega-3.

Manfaat Omega-3 untuk Perkembangan Anak

Dapat Menurunkan Asma

Asam lemak omega-3 dapat mengurangi produksi IgE atau antibodi yang menyebabkan reaksi alergi dan gejala asma. Terutama bagi penderita asma yang ringan. Hal ini karena di dalam omega-3 terdapat asam eicosapentaenoic acid yang berfungsi untuk meredakan asma.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Salah satu fungsi utama dari omega-3 adalah meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini karena omega-3 dapat menguatkan fungsi otak dan saraf-sarafnya. Hasilnya, anak lebih mampu berkonsentrasi yang berhubungan langsung dengan kecerdasannya. Omega-3 juga mampu meningkatkan kemampuan kognitif, koordinasi panca indera, dan kemampuan fokus.

Mengatasi Anak dengan ADHD

Anak Anda memiliki masalah ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disoder? Anak yang menderita ADHD sulit untuk memusatkan perilaku dan konsentrasi. Gangguan ini biasa dialami anak laki-laki berusia balita hingga usia SD. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya asupan omega-3. Kadar EPA pada anak-anak dengan ADHD ternyata lebih rendah daripada anak-anak yang tidak menderita gangguan ini. Oleh karena itu, suplemen omega-3 sangat dibutuhkan untuk mengatasinya.

Anak Menjadi Lebih Mudah Tidur


Apabila anak Anda adalah tipe yang susah tidur, maka bisa juga karena disebabkan konsumsi omega-3 yang kurang mencukupi. Berdasarkan penelitian dari Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat, anak-anak yang mengonsumsi ikan yang mengandung omega-3 minimal seminggu sekali ternyata bisa tidur lebih nyenyak. Mereka pun tidak akan mudah terbangun saat tidur.

10 Suplemen Omega-3 untuk Anak

Natures Way Kids Smart Omega-3 Fish Oil Trio

Rekomendasi suplemen yang pertama adalah Nature's Way Kids Smart Omega 3 Fish Oil Trio High DHA 6+ Months. Produk satu ini merupakan suplemen nutrisi otak yang sangat dibutuhkan untuk mendukung fungsi otak dan memelihara kesehatan mata.

Produk ini sangat tepat untuk anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun. Cara mengonsumsinya adalah dengan cara dikunyah atau dimakan secara langsung. Dengan kandungan 500 mg minyak ikan alami yang setara dengan DHA 133 mg dan EPA 28 mg. Ditambah lagi, produk ini tidak menggunakan gluten, laktosa, susu, pewarna, pengawet buatan dan ragi.

Harga Rp. 337.000-425.300

Healthy Care Gummy Omega 3

Suplemen omega-3 berikutnya adalah Healthy Care Gummy Omega 3 Vitamin Anak. Produk satu ini mendukung fungsi otak yang sehat, mendukung pertumbuhan anak, dan memelihara sistem pertahanan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kapsulnya mengandung 300 mg minyak ikan alami yang mengandung omega-3 96 mg, DHA 75 mg, EPA 18mg, Iodine 75 mg, dan berbagai jenis vitamin B dan A. Sangat dianjurkan untuk anak usia 2 tahun yang bisa dikonsumsi 4 butir per hari.

Harga Rp. 264.600-470.000

Wellness Kids Omega 3 (30 softgel)

Berikutnya ada Wellnes Kids Omega 3. Jenisnya adalah soft gel yang mengandung rasa cokelat dan jeruk dalam satu softgel, tentunya disukai anak. Satu softgel mengandung minyak ikan salmon 350mg yang mengandung omega 3 105 mg, EPA 83 mg dan DHA 42cmg.

Dengan kandungan tersebut, tentunya anak Anda akan mendapatkan asupan omega-3 yang cukup setiap harinya. Apalagi dengan rasa cokelat dan jeruk, menjadikan anak Anda lebih menyukai rasanya.

Harga Rp. 149.000-203.000

Sunkist Omega 3 Kids Suplemen

Produk yang direkomendasikan berikutnya adalah Sunkist Omega 3 Kids Suplemen. Produk satu ini dilengkapi dengan minyak ikan yang mengandung omega3, EPA, dan DHA. Satu botolnya berisi 60 buah softgel yang bisa memberi nutrisi omega-3 sekaligus vitamin yang dibutuhkan tubuh lainnya.

Produk ini juga sangat baik untuk kesehatan otak, mata, saraf, dan meningkatkan sistem imun tubuh. Tidak hanya itu, dengan kandungan EPA dan DHA di dalamnya, sangat membantu proses berkembangnya otak anak dengan lebih baik.

Harga Rp. 185.000-358.000

Nordic Naturals Children DHA Vitamin Omega 3 Untuk Anak

Suplemen omega-3 berikutnya adalah Nordic Naturals Children DHA. Produk satu ini mengandung omega-3 cair 530 mg. Produk ini tentunya akan disukai anak, karena rasa stroberi yang manis menjadikan produk ini menjadi suplemen anak nomor satu di Amerika Serikat.

Dengan dukungan 530 mg omega-3, anak Anda mendapatkan nutrisi DHA, EPA, dan lain-lainnya dengan cukup. Maka, kekurangan omega-3 tentu akan bisa dipenuhi setiap harinya.

Harga Rp. 560.000-680.000

GNC Live Well 000122 Herbaland Kid's Gummy Omega 3

Suplemen berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah GNC Live Well 000122 Herbaland Kid's Gummy Omega 3 Suplemen Anak. Produk yang kaya dengan kandungan EPA dan DHA ini berisi 60 tablet kunyah dengan rasa yang disukai anak-anak.

Kandungan asam lemak esensialnya akan berpengaruh baik untuk meningkatkan fungsi memori dan konsentrasi anak. Selain itu, akan sangat baik untuk menjaga penglihatan mata agar lebih tajam.

Harga Rp. 317.999

Nutrimax Kidz Omega 3

Produk suplemen omega-3 berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Nutrimax Kids Omega 3. Produk ini adalah hasil dari ekstrak ikan salmon dengan formulasi yang tepat, sehingga menjadikan tubuh mendapatkan nutrisi terbaik yang dibutuhkan.

Suplemen dengan jenis softgel ini mengandung minyak ikan salmon 315 mg. Dengan demikian, satu softgel berisi EPA 120 mg, DHA 60 mg, dan minyak esensial lemon 10 mg. Dengan mengonsumsi 1-2 butir softgel per hari, akan membantu dan mengoptimalkan kerja mata, otak, serta daya tahan tubuh.

Harga Rp. 121.000-334.500

Atomy Chewable Kids Omega 3 Fish Oil

Berikutnya ada produk suplemen kunyah dari Atomy. Produk yang dimaksud adalah Atomy Kids Chewable Omega-3 yang mengandung asam lemak, EPA, dan DHA yang mencapai 500 mg per kapsulnya. Tentunya mendukung dan meningkatkan kekuatan otak anak Anda dengan baik.

Rasa lemon yang dihadirkan produk ini tentunya disukai anak Anda. Lebih dari itu, ternyata rasa lemon ini bukan dari pemanis atau rasa buatan, melainkan rasa alami, sehingga lebih aman untuk anak Anda.

Harga Rp. 360.000-540.000

ChildLife Pure DHA Chewable Fish Oil Strawberry

Anak Anda suka rasa stroberi, tapi susah makan? Solusinya adalah suplemen ChildLife Pure DHA Chewable Fish Oil Strawberry. Suplemen yang ditujukan untuk anak usia 6 bulan hingga 12 tahun ini adalah jenis softgel yang memiliki rasa stroberi yang asli, bukan buatan.

Rasanya yang manis tentunya disukai anak. Kandungannya adalah minyak ikan cod murni yang tentunya mengandung DHA, EPA, dan omega 3 yang dibutuhkan anak Anda.

Harga Rp. 240.000-337.000

Blackmores Kids Fruity Fishies BPOM Kalbe

Berikutnya ada suplemen Blackmores Kids Fruity Fishies. Suplemen satu ini memberikan omega-3 untuk anak usia 2 tahun hingga 12 tahun, agar nutrisinya tercukupi. Pemanis alami dari xylitol sangat aman dan disukai anak Anda. Apalagi rasa yang dihadirkan adalah rasa raspberry dan jeruk.

Harga Rp. 149.000-180.000
From our editorial team

Suplemen Omega-3, Solusi Tepat Menutrisi Otak Anak

Sebenarnya, omega-3 bisa didapatkan anak dari ikan, telur, dan kacang-kacangan. Maka dari itu, diperlukan suplemen yang tepat untuk memastikan kebutuhan omega-3 tercukupi. Produk yang direkomendasikan BP-Guide di atas menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk Anda.