Dukung Kesehatan Si Kecil dengan Dot Bayi Terbaik Ini! (2020)

Dukung Kesehatan Si Kecil dengan Dot Bayi Terbaik Ini! (2020)

Dot bayi merupakan produk krusial yang sangat dibutuhkan dalam keseharian buah hati. Jangan asal memilihnya karena ini menyangkut kesehatan buah hati. Intip cara memilih dot yang benar bersama kami, ya!

Botol Susu dan Dot Bayi Wajib Dipilih dengan Cermat

Untuk bayi yang baru lahir, kebutuhan utamanya adalah ASI. Sayangnya tak semua ibu bisa memberikan ASI eksklusif. Bagi yang memiliki kendala memberikan ASI secara langsung, Anda masih bisa memberikan susu pada bayi memakai botol susu dan dot.

Untuk buah hati tentu kita akan memberikan yang terbaik. Kesibukan kerja seringkali membuat ibu tidak sempat memberikan ASI secara langsung, maka banyak ibu yang menyimpan ASInya dalam botol untuk kemudian diberikan pada si kecil. Ada juga yang ASInya tidak keluar sehingga harus memakai susu formula dan diberikan memakai botol dot bayi.

Karena peran ASI sangat krusial, maka Anda tak bisa asal saja memilih dot bayi untuk buah hati. Kami dari BP-Guide menyertakan tips memilih dot bayi yang baik untuk Anda dan buah hati. Simak ulasannya dan cek juga rekomendasinya, ya.

Tips Memilih Dot Bayi Terbaik

Pilih Bahan Dot yang Tepat

Dot bayi hadir dalam dua varian, yakni yang terbuat dari lateks dan yang terbuat dari silikon. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan si kecil. Untuk dot dari lateks, teksturnya lebih fleksibel dan lembut. Namun sayangnya ada bayi yang alergi terhadap bahan yang satu ini.

Dot bahan silikon memiliki keunggulan lebih tahan lama karena bahannya kuat. Ada yang berbahan karet sintesis dan karet silikon. Keduanya mudah dibersihkan dan bisa dipanaskan juga dalam microwave.

Pilih Ukuran dan Aliran Dot Sesuai Usia

Hal lain yang penting untuk diketahui saat memilih dot adalah ukuran dan juga aliran air di dalamnya. Ada berbagai ukuran yang tersedia mulai dari dot kecil dengan aliran lambat hingga dot besar dengan aliran yang lebih cepat. Usahakan bayi nyaman dengan ukuran dotnya sehingga tak mudah tersedak.

Umumnya, pada kemasan dot sudah tertera ukuran dot untuk usia bayi yang disarankan. Ukuran S biasanya untuk bayi yang usianya masih kurang dari 3 bulan. Sementara ukuran M biasanya untuk usia 3 hingga 6 bulan. Dan ukuran L umumnya untuk bayi usia 6 bulan ke atas.

Pilih Bentuk Dot yang Nyaman

Dot bayi haruslah nyaman digunakan buah hati. Ada dot berbentuk kubah, ada pula yang bentuknya mirip lonceng. Anda bisa juga memilih dot yang ujungnya datar atau lebar lebih mirip seperti puting. Dengan begini, buah hati akan merasa lebih nyaman saat minum susu.

Kenyamanan bayi saat menyusu juga bisa dicek dari lubang yang ada pada dot. Ada yang memiliki sebuah lubang bulat, ada yang punya tiga lubang dan ada yang memiliki lubang model silang. Silahkan Anda pilih mana yang paling sesuai dan kiranya nyaman untuk buah hati.

Pilih yang Mudah Dibersihkan

Apapun yang masuk mulut si kecil harus terjaga kebersihan dan kehigienisannya. Anda tentu tak mau si kecil jadi sakit hanya karena peralatan makan dan minumnya kurang bersih. Maka dari itu, pilihlah dot susu yang mudah untuk dibersihkan. Jika dotnya mudah dibersihkan, maka sisa kotoran bekas susu tak akan mengendap dan menjadi bakteri yang mengancam kesehatan buah hati.

10 Rekomendasi Dot Bayi Terbaik untuk Buah Hati

Dot Bayi Sillicone Nipple Teat Thick Flow 6M Hegen

Dot Bayi Sillicone Nipple Teat Thick Flow 6M Hegen ini merupakan produk yang sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini berisi dua buah dot. Anda bisa memakainya untuk bayi berusia 6 bulan ke atas.

Dot bayi terbaik ini berbahan silikon dengan bentuk elips yang meyerupai puting ibu. Produk ini bisa memberikan posisi natural pada saat menyusui. Dot ini dilengkapi sistem ventilasi udara anti colic.

Harga Rp. 166.800-218.500

Avent Natural Teat Dot Bayi

Avent Natural Teat Dot Bayi ini bisa jadi pilihan Anda selanjutnya. Dot bayi terbaik ini memiliki 5 lubang di ujungnya. Produk ini paling cocok untuk anak usia 9 bulan ke atas.

Dalam satu paket berisi 2 buah dot. BPA free, dot bayi ini aman digunakan. Katup dotnya memiliki desain supaya anak lebih mudah menyusu dan bisa mengalirkan cairan mengikuti ritme menyusui bayi.

Harga Rp. 72.000-75.000

Pigeon Peristaltic Nipple Slim Neck S Isi 3

Jangan lewatkan juga untuk menggunakan Pigeon Peristaltic Nipple Slim Neck. Dot bayi yang satu ini terbuat dari bahan silikon berkualitas tinggi.

Anda bisa menggunakan dot bayi terbaik ini untuk anak baru lahir hingga usia 3 bulan. Dalam satu paket berisi 3 buah. Teksturnya lembut dan bikin bayi nyaman saat menyusu.

Harga Rp. 35.000-45.000

Dot Empeng Buah Bayi Unik Fruit Feeder Pacifier

Anda bisa juga memakai Dot Empeng Buah Bayi Unik Fruit Feeder Pacifier. Yang satu ini bukan untuk menyusu, ya. Dot bayi terbaik ini cocok untuk pemberian MPASI pada balita.

Anda bisa memakainya untuk bayi usia 6 bulan ke atas. Dot bayi yang satu ini bisa diisi dengan makanan atau buah-buahan. Praktis digunakan, produknya mudah dibersihkan.

Harga Rp. 18.500-38.000

MimiJumi Premium Baby Bottle Very Hungry

MimiJumi Premium Baby Bottle Very Hungry adalah botol dot susu untuk si kecil. Produk yang satu ini dibuat menyerupai puting ibu sehingga memudahkan anak menyusu. Dot bayi terbaik ini mudah untuk dibersihkan.

Bagian tutup botolnya bisa melindungi dot dari kebocoran dan debu. Produk ini hadir dengan ventilasi anti kolik. Botol dot bayi ini hadir dalam ukuran 240 ml.

Harga Rp. 370.000-510.000

Morinz Chicco Natural Feeling

Jangan lewatkan juga untuk menggunakan Morinz Chicco Natural Feeling. Botol dot bayi terbaik ini didesain dengan bentuk dot yang condong dan miring. Produk ini pas untuk bayi yang baru lahir.

Dot bayi ini BPA free dan sudah teruji secara klinis. Dengan sistem anti kolik, buah hati jadi nyaman saat menyusu. Bagian dotnya berbahan silikon lembut sehingga tak membahayakan.

Harga Rp. 70.000-98.000

Ola Baby Gentle Bottle

Ola Baby Gentle Bottle ini juga tak boleh dilewatkan sebagai pilihan. Botol dot bayi terbaik ini terbuat dari silikon kelas medis lunak yang 100% bebas racun.

Tekstur dotnya sangat lembut sehingga nyaman untuk dihisap bayi. Desain dotnya seperti puting sehingga buah hati bisa menyusu dengan lebih mudah. Produk ini sangat mudah untuk dibersihkan.

Harga Rp. 229.000-239.000

Comotomo 150 ml Baby Bottle

Selanjutnya ada Comotomo 150 ml Baby Bottle. Produk yang satu ini hadir dalam pilihan warna pink dan hijau. Botol ini hadir dalam ukuran 150 ml.

Dot bayi terbaik ini terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi dan nyaman dihisap bayi. Botol susu ini BPA free dan sangat mudah untuk dibersihkan. Produk ini juga memiliki fitur anti kolik.

Harga Rp. 260.000-500.000

Tommee Tippee Bottles

Tommee Tippee Bottles ini juga tak boleh ketinggalan untuk dimiliki. Dot bayi terbaik ini memiliki teknologi ventilasi untuk anti colic advanced.

Ada juga indikator panas pada botol ini sehingga Anda bisa menyesuaikan sebelum menyusukannya pada bayi. Saat warna botolnya ungu maka artinya minuman masih terlalu panas. Jika warnanya biru maka suhu susu sudah normal.

Harga Rp. 95.000-172.500

NUK PP Bottle With Silicone Teat Size 2M

NUK PP Bottle With Silicone Teat Size 2M ini jelas tak bisa dilewatkan. Produk yang satu ini didesain sesuai dengan struktur mulut si kecil. Dot bayi terbaik ini berkapasitas 300 ml. Produk paling cocok untuk anak usia 6 hingga 18 bulan.

Bahan dot ini aman dan anti tumpah. Dibuat dengan teknologi Jerman, dot ini BPA Free. Produk ini sudah memiliki anti colic air system. Mudah dibersihkan, botolnya tahan panas juga.

Harga Rp. 90.930-129.900
From our editorial team

Dot Bayi Harus Dipilih Secara Cermat demi Kesehatan Buah Hati

Tidak semua ibu beruntung bisa menyusui bayinya secara langsung. Bagi yang tidak bisa menyusui, botol dot bayi menjadi andalan. Supaya kesehatan si kecil tetap terjaga dengan baik, maka pemilihan botol dot bayi tak bisa asal saja. Anda harus melihat bahannya, ukurannya dan kemudahannya untuk dibersihkan. Nah, cek rekomendasi dot bayi terbaik dari kami di atas yuk!