Kebutuhan Vitamin Harian Si Kecil Harus Dilengkapi Secara Sempurna, Berikut Rekomendasi Suplemen Multivitamin untuk Anak! (2020)

Kebutuhan Vitamin Harian Si Kecil Harus Dilengkapi Secara Sempurna, Berikut Rekomendasi Suplemen Multivitamin untuk Anak! (2020)

Untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, Anda perlu mencukupi kebutuhan nutrisi anak. Buah dan sayur saja tidak cukup loh. Anda bisa berikan tambahan vitamin untuk buah hati. Cek rekomendasinya dari kami, ya!

Imbangi Kebutuhan Nutrisi Si Kecil dengan Memberikan Vitamin

Buah hati kita tak hanya butuh sekadar makan dan minum. Anak juga butuh vitamin dan mineral yang cukup untuk mempertahankan daya tahan tubuhnya. Saat daya tahan tubuhnya terjaga dengan baik, maka ia bisa tumbuh dengan optimal.

Asupan buah dan sayur harus cukup setiap harinya. Sayangnya, tidak semua anak doyan buah dan sayur. Kerap kali ibu harus memutar otak supaya anak mau mengonsumsi sayur dan buah demi mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Nah, supaya Anda bisa sedikit lega mengenai terpenuhinya kebutuhan nutrisi anak, Anda bisa memberikan vitamin. Berikan produk vitamin secara rutin pada anak supaya asupan nutrisinya cukup. Eits, Anda tak serta merta memberikan sembarang vitamin ya, simak dulu tips di bawah ini.

Tips Memberi Vitamin untuk Buah Hati

Pilih Vitamin dengan Cermat

Pilihlah vitamin untuk anak dengan cermat. Hindari memberikan suplemen yang memiliki komposisi yang tepat. Cek kandungan vitamin dan mineral apa saja yang ada di dalamnya. Anda perlu mengecek komposisinya, dikhawatirkan ada bahan yang membuat si kecil alergi. Selain itu cek juga tanggal kadaluarsanya. Anda tentu tidak mau memberikan vitamin yang sudah tak layak pada buah hati.

Berikan Vitamin dengan Dosis Rendah

Langkah berikutnya untuk menentukan vitamin anak yang pas adalah dengan memberikan vitamin berdosis rendah. Tidak semua vitamin mudah larut dalam lemak. Jika terlalu banyak memberikan vitamin maka bisa jadi vitamin yang larut dalam lemak akan tertimbun pada jaringan tubuh. Hal ini tentu kurang baik bagi kesehatan anak.

Pilih Vitamin Sesuai Usia Anak

Berikan vitamin yang sesuai dengan usia anak. Hindari memberikan vitamin yang bisa dikonsumsi semua usia karena dikhawatirkan bisa memberi dampak untuk tumbuh kembang anak. Telitilah bagian kemasan untuk mengetahui untuk usia berapa vitamin tersebut diberikan.

Anda bisa juga menyesuaikan bentuk vitamin sesuai dengan usia anak. Misalnya untuk anak usia di bawah 1 atau 2 tahun, sebaiknya pilih vitamin jenis sirup karena lebih mudah diserap. Sementara untuk anak usia 3 tahun ke atas, Anda bisa berikan model tablet hisap, gummy kenyal atau bahkan kapsul lunak.

Berikan Sesuai Kebutuhan

Anda perlu memberikan vitamin sesuai kebutuhan anak. Semisal daya tahan tubuhnya lemah maka Anda bisa berikan vitamin C. Lalu semisal anak mengalami gangguan pada penglihatannya maka Anda bisa berikan vitamin A. Untuk anak yang ingin cepat tinggi bisa diberikan vitamin D atau K. Pemilihan jenis vitamin yang tepat bisa membuat pertumbuhan anak jadi lebih baik dan kesehatannya bisa lebih terjaga.

Hindari Vitamin dengan Pemanis Buatan

Saat membeli vitamin untuk anak, Anda tentu mencari cara agar ia mau mengonsumsi vitamin. Salah satu caranya adalah membeli vitamin yang rasanya disukai anak-anak, seperti rasa buah misalnya. Namun Anda wajib tahu bahwa vitamin yang mengandung pemanis buatan kurang baik untuk anak. Sebaikya Anda menghindari vitamin semacam ini karena bisa menimbulkan efek ketagihan.

10 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Agar Tumbuh Sehat

Vegeblend Anak Junior 30 Kapsul

Vegeblend Anak Junior 30 Kapsul ini merupakan rekomendasi vitamin anak untuk Anda. Produk yang satu ini paling cocok untuk anak yang kurang nafsu makan dan kurang doyan mengonsumsi sayur dan buah. Vitamin anak ini terbuat dari ekstrak 21 macam sayur pilihan.

Produk yang satu ini bisa meningkatkan nafsu makan anak, mencukupi kebutuhan nutrisi dan juga mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi anak. Vitamin yang satu ini juga bisa memperlancar aliran asam amino ke otak.

Harga Rp. 91.041-221.760

Fitkom Tablet Hisap

Berikutnya ada Fitkom Tablet Hisap untuk Anda. Vitamin anak ini hadir dalam 3 pilihan rasa buah yakni jeruk, anggur dan stroberi. Produk ini memiliki bentuk seperti bintang sehingga anak semangat mengonsumsinya.

Vitamin anak ini hadir dengan vitamin A, B kompleks, C dan E. Tablet hisap ini selain bisa menunjang tumbuh kembang anak juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Harga Rp. 11.000-13.600

Scotts’s Emulsion

Berikutnya dalam rekomendasi vitamin anak ada Scotts’s Emulsion. Produk yang satu ini hadir dalam bentuk sirup. Dengan rasa jeruk yang segar, vitamin ini tidak bikin eneg pada anak. Di dalamnya terkandung aneka vitamin dan juga minyak hati ikan kod.

Vitamin anak ini bisa memelihara kesehatan, memenuhi kebutuhan vitamin A dan D serta memelihara perkembangan kesehatan anak. Berikan sekali sehari untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat.

Harga Rp. 37.995-52.000

Imboost Kids Vitamin

Berikutnya ada Imboost Kids Vitamin untuk buah hati. Produk yang satu ini paling pas untuk memelihara daya tahan tubuh. Vitamin anak ini diproduksi oleh PT. SOHO Industri Pharmasi.

Produk ini kaya akan bahan aktif Echinacea purpurea herb dry extract dan Zn Piccolinate. Kandungan tersebut bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Harga Rp. 37.500-65.000

Nature's Way Kids Smart Vita Gummies Calcium

Nature's Way Kids Smart Vita Gummies Calcium merupakan produk selanjutnya untuk buah hati. Vitamin anak ini hadir dalam bentuk kapsul kenyal.

Mudah dikonsumsi, anak pasti suka rasanya. Produk ini kaya akan vitamin D3 sehingga baik untuk pertumbuhan tulang, gigi dan otot. Vitamin yang satu ini bebas laktosa.

Harga Rp. 136.000-137.000

Sakatonik ABC Tablet Hisap

Sakatonik ABC Tablet Hisap tak bisa Anda lewatkan sebagai pilihan. Multivitamin ini bisa memenuhi kebutuhan vitamin harian anak.

Produk yang satu ini juga bisa menjaga daya tahan tubuh anak. Dengan rasa buah yang manis dan enak, vitamin ini jelas disukai anak. Tablet hisap ini kaya vitamin dan kalsium.

Harga Rp. 14.500-15.000

Biolysin Syrup 60 ml

Biolysin Syrup tak boleh ketinggalan untuk Anda coba. Produk yang satu ini bisa membantu memperbaiki nafsu makan anak. Di dalamnya selain ada vitamin B ada juga vitamin C, D dan A.

Vitamin anak ini juga kaya asam amino esensial yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak. Diproduksi oleh PT. Bernofarm, produk yang satu ini bisa juga dikonsumsi selama masa pemulihan.

Harga Rp. 15.000-19.000

Blackmores Superkids Multichewable

Blackmores Superkids Multichewable ini tentu bisa jadi pilihan yang tepat. Vitamin anak ini hadir dengan formula bebas gula. Kaya akan 18 nutrisi penting, vitamin ini bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Dilengkapi antioksidan, produk ini bisa membuat anak leih kebal penyakit. Tablet kunyah ini mudah untuk dikonsumsi anak.

Harga Rp. 120.000-195.000

Stimuno Syrup 100 ml Rasa Original

Stimuno Syrup bisa juga jadi pilihan yang pas. Vitamin yang satu ini bisa memperbaiki sistem imun. Kaya akan vitamin, produk ini terbuat dari herbal alami tanaman Phyllanthus atau lebih dikenal sebagai tanaman meniran. Vitamin anak ini bisa mempercepat proses penyembuhan dari sakit.

Harga Rp. 30.000-32.500

Wellness Dyno Vites Multivitamin 30 Tablet

Wellness Dyno Vites Multivitamin 30 Tablet merupakan produk yang sayang untuk dilewatkan. Vitamin anak ini bisa mendukung tumbuh kembang anak.

Produk ini bisa juga menjaga kesehatan organ tubuhnya, seperti jantung, sistem pernapasan, hati dan ginjal. Vitamin yang satu ini kaya zinc yang bisa meningkatkan sistem imun.

Harga Rp. 168.000-193.700
From our editorial team

Pilih Vitamin yang Tepat untuk Anak Guna Mendukung Pertumbuhannya

Buah hati kita membutuhkan beragam vitamin dan juga mineral. Semua vitamin tersebut bisa mendukung daya tahan tubuh dan juga pertumbuhan tulang dan giginya. Anda tak bisa asal saja memilih vitamin untuk buah hati. Perhatikan komposisi dan cek kebutuhan si kecil. Selain itu pastikan juga vitamin tak mengandung pemanis buatan. Cek rekomendasi vitamin dari kami di atas!