Kumpulan Resep Sederhana Kopi Tubruk yang Rasanya Luar Biasa Maknyus

Kumpulan Resep Sederhana Kopi Tubruk yang Rasanya Luar Biasa Maknyus

Kopi tubruk adalah kopi sejuta umat. Minuman wajib bagi pecinta kopi. Nah, dalam ulasan kali ini, BP-Guide akan membeberkan sejumlah resep rahasia yang sederhana kopi tubruk yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Meski resepnya sederhana, tapi rasanya itu loh, luar biasa!

Mengenal Kopi Tubruk, Nikmatnya Kopi yang Dibuat Secara Sederhana

Kopi tubruk adalah jenis kopi yang paling banyak diminati karena tradisional dan sederhana. Membuat kopi tubruk dilakukan dengan cara mendidihkan biji kopi bersama gula, sehingga teksturnya pekat. Biasanya, kopi tubruk digiling halus sebelum disiram air panas, dan beberapa jenis kopi tubruk, karena sangat halus, maka sering dinikmati bersama ampasnya.

Tentunya, bagi penikmat kopi, kopi tubruk adalah minuman yang paling mantap dipadukan dengan pisang goreng di sore hari. Penyajiannya sederhana, membuatnya juga sederhana, tapi terpenting rasanya itu loh, nendang!

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Kopi Tubruk

Air Panas

Agar rasa kopi tubruk menjadi sempurna, pertama pastikan bahwa air panas tersebut benar-benar panas. Cara membuatnya, tentu saja cari air biasa lalu didihkan. Tapi, untuk rasa yang sempurna, tingkat keasaman (pH) air harus 6,5 hingga 7,5, yah. Jangan kurang jangan juga lebih.

Lalu, didihkan air tersebut sampai mendidih sempurna, alias 100 derajat Celsius. Setelah mendidih, jangan langsung siramkan ke bubuk kopi, diamkan dulu sampai 30 detik. Dengan demikian, suhu air akan turun hingga 95 derajat Celsius. Dalam suhu tersebut adalah yang paling pas untuk membuat kopi tubruk yang nikmat.

Takaran Kopi

Agar rasa yang sempurna bisa Anda dapatkan, maka pastikan bahwa ukuran dari takaran kopi benar-benar sempurna. Standar takaran kopi yang paling pas adalah 1 gram untuk 15 ml air. Kelebihan akan menjadikan terlalu kental, sedangkan kurang akan menjadikan kopi terlalu encer.

Jadi, sebelum menggiling biji kopi, sebaiknya ditimbang dulu yah. Kalau Anda punya 10 gram kopi, maka bisa digunakan untuk 150 ml air.

Teknik Penyeduhan & Pengadukan

Timing yang pas, juga teknik penyeduhan yang baik akan menjadikan rasa kopi yang optimal. Seduh kopi dengan air panas secara merata, lalu diamkan selama 4 menit. Tujuannya adalah agar kopi dapat melewati proses pre-heating dan gas di sela kopi bisa keluar dengan sempurna.

Setelah 4 menit, barulah aduk secara merata. Aduk perlahan, jangan terburu-buru. Tentunya, dengan demikian Anda akan mendapatkan citarasa kopi yang paling mantap.

Aneka Resep Kopi Tubruk

Kopi Tubruk Kalibening

Sumber gambar instagram.com

Resep pertama adalah kopi tubruk dengan bahan kopi Kalibening. Kopi Kalibening berasal dari Desa Kalibening, Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Kopi jenis arabika satu ini ditanam di ketinggian 1.200 sampai 1.300 Mdpl. Karakter rasanya halus, namun tebal di lidah. Karena keunikannya, kopi ini menjadi salah satu kopi yang dikenal oleh pecinta kopi Indonesia.

Untuk membuat kopi tubruk dengan rasa yang memukau, Anda bisa membuat dari bahan 4 sendok makan kopi bubuk Kalibening, dicampurkan dengan 1000 ml air panas. Campurkan pula 2 sachet jahe merah, 100 gram gula aren yang sudah diparut halus, 4 sendok susu kental manis dan 1 sendok teh kayu manis bubuk.

Pertama seduh kopi, lalu tuang ke gelas. Selanjutnya, tambahkan bahan-bahan lainnya lalu aduk hingga merata. Kopi tubruk satu ini bisa menemani malam Anda dengan rasa yang nikmat dan menghangatkan tubuh.

Kopi Tubruk Bali

Sumber gambar tokopedia.com

Kopi Kintamani Bali merupakan salah satu kopi yang memiliki citarasa manis paling tinggi di Indonesia. Rasanya manis dan ringan, namun kadar keasamannya cukup tinggi, loh.

Untuk membuat resep kopi tubruk Bali yang maksimal, pertama siapkan air kopi dengan bahan air 1200 ml dengan 4 sendok kopi tubruk Bali. Air tersebut direbus dulu bersama buah pala dan gula aren. Kemudian, siram kopi dengan air tersebut. Beri hiasan seperti whiped cream atau potongan manisan pala agar lebih memikat.

Kopi Tubruk Susu

Bagi sebagian pecinta kopi, menikmati kopi yang paling asyik adalah dengan menambahkan gula. Namun, bagi Barista, memberi gula pada kopi sama saja dengan penodaan terhadap menikmati kopi. Jadi, menikmati kopi yang paling hakiki adalah dengan cara ditambahkan cream, susu atau lainnya.

Dari situ, muncullah variasi kopi tubruk yang lain yakni menggunakan susu. Susu yang digunakan adalah susu kental manis. Agar mendapatkan rasa yang paling optimal, gunakan 12 gram bubuk kopi dengan 200 ml air panas. Campurkan dengan susu secukupnya, sampai rasanya pas dengan selera Anda.

Kopi Tubruk Luwak

Sumber gambar pojokseni.com

Dari zaman nenek moyang dahulu, kopi yang mengalami proses fermentasi dibantu oleh luwak sudah lama menjadi salah satu pilihan favorit. Sampai saat ini, dengan berbagai cara pengolahan yang tentunya lebih modern, kopi luwak tetap menjadi pilihan utama.

Nah, untuk menikmati kopi luwak dengan rasa yang nikmat, gunakan 4 sendok makan kopi luwak bubuk untuk 1.200 ml air. Nah, untuk menambah rasanya, gunakan 200 krim kental, 100 gram gula aren dan beberapa butir cengkeh.

Cara membuatnya, didihkan air bersama gula aren dan cengkeh. Aduk merata, agar bahan tercampur dengan air juga lebih merata. Tuangkan air tersebut ke gelas yang sudah berisi kopi bubuk. Terakhir, masukkan krim kental, lalu aduk merata. Kopi tubruk luwak sudah bisa disajikan.

Kopi Tubruk Meulaboh

Sumber gambar 108jakarta.com

Kopi Aceh juga merupakan salah satu jenis kopi ternama dan banyak peminatnya di seluruh Indonesia. Awalnya, menikmati kopi tubruk di Aceh menggunakan air panas dan kopi saja. Lalu, dinikmati dengan gelas yang terbalik, sebagai ciri khasnya.

Ingin membuat sendiri kopi Aceh di rumah? Caranya beli bubuk kopi Aceh, sebaiknya yang baru sudah ditumbuk atau digiling. Kemudian, seduh dengan air panas dengan suhu 80 derajat celsius. Agar rasa lebih maksimal, gunakan 12 gram atau dua sendok teh bubuk kopi untuk satu cangkir.

Sebagai pemanis, hindari menggunakan gula. Gunakan susu atau krim untuk pemanisnya.

Kopi Tubruk Jahe

Kopi jahe adalah pilihan pas dinikmati saat cuaca dingin malam hari. Sebab, kopi yang satu ini memberi efek rasa hangat di tubuh. Tidak hanya itu, minuman ini juga mampu meredakan demam, dan sebagainya.

Untuk rasa yang terbaik, gunakan 4 sendok makan kopi Lampung untuk 1000 ml air panas. Kopi Lampung juga merupakan pilihan utama bagi pecinta kopi, terutama di Sumatera karena rasanya yang nikmat dan kuat.

Kemudian, rebus air bersama jahe, sampai air yang tadinya 1000 ml, tertinggal hanya 800 ml saja. Lalu, air rebusan tersebut digunakan untuk menyeduh kopi. Agar lebih nikmat, coba tambahkan krim, madu, atau gula merah.

Kopi Tubruk Serbat

Sumber gambar republika.co.id

Kopi serbat merupakan salah satu jenis jamu yang rasanya pedas berkat pengaruh jahe yang berada di daftar resep pembuatannya. Untuk 1 sachet serbat bisa untuk 500 ml air panas, atau satu gelas kecil.

Cara membuatnya, gunakan 2 sendok makan Kopi lalu masukkan ke saringan. Tuang air panas melalui saringan, sehingga air menjadi hitam. Diamkan 5 menit, nantinya air kopi tersebut akan mulai menjadi pekat. Sekarang, siapkan gelas satu lagi yang diisi dengan gula palem, juga serbat. Terakhir, siramkan air kopi tersebut ke dalam gelas yang berisi gula palem dan serbat tersebut. Untuk pemanis rasa, gunakan krim cair, lalu aduk merata.

Kopi Tubruk Toraja

Sumber gambar ikurniawan.com

Ini salah satu kopi arabica yang paling digemari di Indonesia. Kopi Toraja, asal Toraja, Sulawesi merupakan kopi dengan citarasa yang kuat, pahitnya tidak lama terasa lalu hilang di ujung lidah. Sensasi menikmati kopi Toraja sangat perlu Anda rasakan.

Untuk membuat kopi Toraja yang paling nikmat, 2 sendok teh penuh kopi adalah takaran yang pas untuk 1 cangkir kopi. Jadi, gunakan air panas yang suhunya mulai dari 80 sampai 90 derajat Celsius, lalu siramkan ke 2 sendok teh kopi Toraja. Anda bisa menambahkan krim, gula, atau susu sesuai selera Anda.

From our editorial team

Nikmati sore yang sejuk dengan kopi tubruk yang hangat

Duduk di luar atau di teras rumah, sambil menikmati momentum keperkasaan matahari yang perlahan menghilang di ufuk barat, tentu lebih mengesankan bila sambil menghirup secangkir kopi tubruk istimewa. Resep yang sederhana, dengan rasa yang istimewa tentunya. Pisang goreng dan cemilan lainnya untuk menemani menyeruput kopi menjadikan sore hari semakin indah.

Tag