10+ Produk Kopi Robusta yang Sehat dan Pas untuk Menemani Santai Anda.

10+ Produk Kopi Robusta yang Sehat dan Pas untuk Menemani Santai Anda.

Jangan mulai hari Anda, tanpa segelas kopi. Begitu kira-kira motto bagi seorang pecinta kopi. Kopi Robusta adalah salah satu pilihan yang memiliki citarasa unik, dan tentunya nikmat.

Menikmati Kopi Robusta untuk Menemani Aktivitas Harian

Kopi dan hidup, bagi sebagian orang adalah dua hal yang tidak bisa terpisahkan. Membiarkan satu hari tanpa kopi, tentu akan membuat seseorang kehilangan inspirasi, kurang fokus dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kopi menjadi sebuah komoditi penting di negeri ini.

Secangkir kopi adalah pilihan yang paling pas untuk memulai hari. Secangkir kopi dipercaya memberi konsentrasi yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan dalam satu hari. Selain itu, secangkir kopi juga akan memberikan semangat tambahan bagi seorang pekerja, apalagi yang butuh banyak energi, baik fisik maupun pikiran.

Sekilas Tentang Kopi Robusta

Salah satu jenis kopi yang paling banyak digemari adalah kopi robusta. Awalnya, kopi ini ditemukan di sebuah negara di benua Afrika, yakni Kongo pada tahun 1891. Karena rasanya yang nikmat dan citarasa yang kuat, akhirnya kopi robusta mulai diproduksi secara besar-besaran. Indonesia yang saat itu di bawah pemerintahan kolonial Belanda juga mendapat pengembangan kopi tersebut.

Penyebabnya, pada tahun 1878, perkebunan kopi di Indonesia terkena penyakit Hemilia Vastatrix yang membuat pemerintah kolonial mengganti jenis kopi yang biasanya arabika menjadi liberika. Ternyata jenis kopi Liberika juga habis terkena penyakit yang sama.

Awal era 1900-an, Belanda mendatangkan bibit kopi Robusta dari Belgia. Perhitungan awalnya adalah tanaman kopi yang satu ini lebih tahan dari penyakit tersebut. Ternyata, ketika diujicoba, tanaman tersebut memang memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap penyakit karat daun tersebut. Sejak itu, Indonesia terus memproduksi kopi Robusta. Bahkan, tercatat bahwa Indonesia merupakan penghasil kopi robusta terbesar ke tiga di dunia. Tentunya setelah Brazil dan Vietnam.

Perbedaannya Dengan Kopi Arabika

Anda ingin dengan mudah membedakan mana kopi arabika dan mana kopi Robusta? Caranya gampang.

  • Pertama, perhatikan buahnya. Buah robusta bentuknya bulat, sedangkan arabica lebih lonjong.
  • Kedua, lihat tempat tumbuhnya. Arabika akan dengan subur tumbuh di tempat yang lebih tinggi dan lebih dingin. Ketinggian mulai dari 700 sampai 1.700 meter dari permukaan laut, sedangkan suhu mulai dari 16 sampai 20 derajat Celcius. Sedangkan Robusta tumbuh di tempat yang lebih rendah, dengan ketinggian mulai dari 400 sampai 700 Mdpl dan suhunya mulai dari 21 sampai 24 derajat C.
  • Ketiga, bedakan dari aromanya. Aroma Arabika cenderung mirip aroma buah dan buah. Sedangkan aroma Robusta lebih manis dan khas.
  • Keempat, dari citarasanya. Arabica memiliki cita rasa yang asam dan lebih pahit, dan teksturnya lebih halus. Sedangkan kopi Robusta citarasanya lebih manis, dan teksturnya kasar.
  • Kelima, dari kandungan kafeinnya. Kandungan kafein dari Arabica lebih rendah dengan kadar hanya 1,2 persen. Sedangkan kadar kafein di Robusta sebesar 2,2 persen.

Khasiat Kopi Robusta

Kopi Robusta memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Minum 2 sampai 3 cangkir sehari akan memperlambat proses penuaan tubuh Anda. Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari berbagai penyakit kanker dan sebagainya.

Penyakit lain yang bisa dicegah dengan konsumsi kopi dalam takaran tepat adalah serangan jantung dan penyakit pada pembuluh darah. Tapi tentu Anda tak boleh mengonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebihan ya. Sebab apapun yang berlebihan tentu tidaklah baik.

Merupakan Jenis Kopi yang Mudah Didapat

Kopi Robusta adalah kopi yang mudah dirawat, tahan terhadap penyakit serta produksi buah yang lebih banyak. Oleh karena itu, produksi kopi robusta selalu lebih banyak daripada kopi jenis lainnya.

Karena produksi yang lebih banyak itulah, kopi robusta menjadi salah satu kopi yang mudah ditemukan. jika ditilik dari segi harga pun, kopi robusta harganya lebih rendah daripada kopi arabika.

Berbagai Brand Kopi Robusta yang Dapat Kamu Nikmati

Robusta Gold 200gram Kopi Bubuk Excelso - Ground Coffee

Sumber gambar bukalapak.com

Produk kopi robusta pertama yang BP-Guide rekomendasikan untuk Anda adalah dari brand Excelso. Excelso merupakan sebuah outlet kopi yang sudah berdiri sejak tahun 1991 dan sekarang memiliki 65 outlet resmi di 15 kota di Indonesia.

Salah satu produknya adalah A0019 Robusta Gold 200 gram. Dibuat dari biji kopi robusta murni tanpa campuran yang pas untuk Anda. Rasanya nikmat dan citarasa yang tinggi. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia seharga Rp 23.115.

Kopi Robusta Temanggung

Sumber gambar bukalapak.com

Kopi robusta selanjutnya yang patut Anda coba adalah kopi robusta Temanggung. Produk yang menjadi andalan adalah Robusta Temanggung Green Bean Coffee. Ini adalah produk biji kopi mentah dengan bobot 200 gram yang bisa Anda olah sendiri.

Paling tepat dijadikan espresso. Citarasanya memikat dan menggugah selera Anda. Dapatkan produk ini di Lazada dengan harga mulai dari Rp 28.000.

Kopi Robusta Lampung - Cobeanco

Sumber gambar tokopedia.net

Bicara masalah kopi, tentu Anda tidak bisa mengesampingkan kopi asal Lampung. Terkenal dengan citarasanya yang khas dan nikmat. Rasanya tetap nikmat di setiap cangkirnya. Aromanya mantap dan khas.

Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Kopi Robusta Lampung ukuran 1 Kg. Produk ini bisa Anda dapatkan di Lazada dengan harga mulai dari Rp 189.000.

Green Coffee Natural & Healthy - Robusta Coffee Beans

Sumber gambar bukalapak.com

Ingin kopi Robusta yang menyehatkan? Green Coffee bean Robusta adalah salah satu pilihan yang tepat. Kopi ini ditujukan untuk Anda yang sedang ingin diet dan melunturkan lemak berlebih dan menggelambir di tubuh Anda.

Untuk ukuran 250 gram, bisa Anda dapatkan di Tokopedia dengan harga mulai dari Rp 22.500. Sedangkan ukuran lebih besar bisa Anda pesan di Lazada dengan harga sekitar Rp 79.000.

Singa Coffee: Robusta Java - Kopi Bubuk

Sumber gambar bukalapak.com

Kopi Singa adalah kopi robusta asal Pulau Jawa yang cita rasanya sudah terkenal sejak dulu. Produk Kopi Singa menjadi salah satu pilihan tepat untuk Anda pecinta kopi.

Citarasa yang khas, aroma yang mantap dan produk asli dari Pulau Jawa menjadikan kopi ini sangat perlu dimasukkan dalam list kopi Anda. Produk ini bisa Anda dapatkan di Bukalapak dan Tokopedia. Harganya mulai dari Rp 10.500 untuk ukuran 60 gram dan untuk ukuran 180 gram dijual seharga Rp 16.000.

Kemuning Coffee - Original Robusta

Sumber gambar bukalapak.com

Kopi selanjutnya berasal dari daerah Pagaralam, Sumatera Selatan. Kopi ini adalah Kemuning Coffee. Dibuat dari biji kopi Robusta pilihan yang ditanam di Pagaralam, yang selalu dijaga kualitas dan keotentikannya sejak ditanam sampai dipanen.

Rasanya nikmat dan aromanya kuat. Menjadikan kopi Anda lebih berkesan. Dapatkan produk ini di Bukalapak dan berbagai toko online lainnya dengan harga mulai dari Rp. 75.000.

DEVI Kaapi Royale Robusta Reserve Coffee Grounds

Sumber gambar delightfood.com

Ingin coba kopi robusta dari negeri "bollywood" India? BP-Guide merekomendasikan Devi Kaapi Royale Robusta Resece Coffee Grounds. Kopi yang satu ini ditanam di lereng bukit India selatan menghasilkan kopi robusta yang memiliki citarasa yang kaya, kuat dan khas.

Biji kopi yang diproduksi hanya kopi yang berkualitas tinggi. Selain itu, teksturnya halus dan mantap di mulut. Dapatkan produk ini di Amazon dan situs resmi Devicoffe dengan harga mulai dari Rp 78.529 hingga Rp 198.192.

Dalat Peaberry Robusta Green Unroasted Coffee Beans

Sumber gambar amazon.com

Kopi robusta selanjutnya yang perlu Anda coba adalah kopi robusta asal Vietnam. Brand Dalat adalah salah satu pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan kopi robusta Vietnam dengan rasa yang menggugah.

Produk ini bahkan diklaim sebagai Robusta Coffee terbaik dunia, loh. Dapatkan produk ini di Ebay dengan harga mulai dari Rp 166.640.

From our editorial team

Nikmati Kopi Robusta Terbaik untuk Moment Terbaik Anda

Nikmati kopi robusta dalam berbagai kesempatan, baik bersama keluarga, sedang beraktivitas, bekerja atau santai sore. Kopi selalu memberi manfaat yang baik untuk diri Anda, apabila dikonsumsi dengan takaran yang pas dan tidak berlebihan. Sebaliknya, bila berlebihan tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Tag