Tips Memilih Keju Mozzarella dan 10 Rekomendasi Terbaiknya (2020)

Tips Memilih Keju Mozzarella dan 10 Rekomendasi Terbaiknya (2020)

Makanan dengan varian rasa keju sangat diminati banyak orang. Contohnya saja, ayam geprek keju, nasi goreng keju, hingga spaghetti siram keju leleh yang menggugah selera. Keju yang digunakan pun beragam, namun belakangan ini yang paling difavoritkan adalah keju mozzarella. Dengan keunikannya yakni bisa mulur saat dimakan, keju yang satu ini banyak jadi pilihan karena rasanya juga sangat enak. Intip rekomendasinya dari kami ya!

Mengenal Sejarah Keju Mozzarella

Keju tentu bukan makanan yang asing untuk kita. Selain bisa dimakan langsung, keju bisa juga jadi bahan tambahan atau perasa pada kue hingga hidangan yang beraneka ragam. Keju terbuat dari susu sapi hingga susu kerbau. Macam keju ada banyak, salah satunya adalah keju mozzarella. ini merupakan keju yang dibuat dari susu sapi yang dipasteurisasi.

Keju mozzarella umumnya berwarna putih, kendati demikian ada juga yang berwarna kuning. Hal ini tergantung makanan sapi atau kerbau yang diambil susunya. Keju mozzarella bisa bertahan hingga satu minggu bila direndam di air garam. Kadar airnya rendah sehingga bisa disimpan di lemari es hingga satu bulan.

Keju mozzarella awalnya ditemukan di Naples, Italia di abad 12. Kala itu banyak peternakan kerbau sehingga susu kerbaunya diolah menjadi keju. Varian keju mozzarella dibuat secara tidak sengaja. Ini terjadi saat seorang pekerja menjatuhkan dadih ke dalam ember berisi air panas di sebuah pabrik keju di Naples.

Nama mozzarella diambil dari kata "moze" yang artinya "memotong" dan kata rella yang artinya "alang-alang". Proses pembuatan keju yang dipotong-potong berbentuk bulat menggunakan alang-alang membuat namanya jadi mozzarella. Jenis keju mozzarella juga ada banyak, ada 12 tepatnya. Variannya adalah mozzarella curd, fresh mozzarella, ovoline, bocconcini, perline, mozzarella di bufala, burrata, stracciatella, string, shedded, scamorza, dan smoked.

Manfaat Keju Mozzarella

Keju mozzarella bukan hanya enak dan lezat dimakan saja, loh. Keju yang satu ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan. Keju ini kaya akan seng dan kalsium. Selain itu, keju juga memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Ini membuatnya cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet.

Keju mozzarella juga bisa meningkatkan penglihatan. Ini karena dalam keju mozzarella terdapat vitamin A yang kaya antioksidan. Ini bisa menjaga kesehatan retina sehingga penglihatan juga makin membaik.

Selanjutnya, keju mozzarella juga bisa meningkatkan fungsi otak. Di dalam keju terdapat asam amino yang bisa meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, ada juga kandungan Omega 3 dan 6 yang bisa melindungi sel-sel saraf pada otak.

Keju mozzarella tinggi kalsium sehingga bisa menguatkan tulang dan otot. Adanya kalsium juga membuat keju yang satu ini bisa mengurangi risiko kanker usus besar.

Di dalam keju juga terdapat bakteri probiotik seperti strain Lactobacillus casei dan Lactobacillus fermentum. Kandungan tersebut bisa meningkatkan kekebalan dan melawan peradangan di tubuh, terutama di usus.

Tips Memilih Keju Mozzarella

Cek Tekstur dan Warna Keju

Saat memilih keju mozzarella pastikan Anda mengecek tekstur dan juga warnanya. Kenali dulu tekstur keju yang bagus. Untuk mozzarella, tekstur keju yang bagus adalah yang sedikit lunak. Jika terlalu keras, mungkin saja kejunya terlalu lama disimpan atau sudah mendekati kedaluwarsa.

Cek juga warna kejunya sesuai dengan jenisnya. Keju mozzarella yang bagus berwarna kuning pucat. Meski tidak menutup kemungkinan ada yang berwarna kuning namun sangat jarang ditemukan. Pastikan menghindari keju yang sudah berjamur karena bisa membahayakan kesehatan. Umumnya jamur pada keju ditandai dengan adanya bintik-bintik warna kuning.

Pilih dari Tempat Produksinya

Keju mozzarella banyak diproduksi di berbagai negara. Dan umumnya, setiap negara yang memproduksinya memiliki ciri khas sendiri untuk keju yang mereka buat. Kita tahu bahwa keju mozzarella berasal dari Italia dan tentunya keju yang berasal dari Italia dan dari negara lain memiliki perbedaan yang signifikan.

Di Italia, keju mozzarellanya memiliki ciri khas tekstur yang super lembut. Saat keju masuk ke mulut, rasa kelezatannya luar biasa meski tanpa ditambah apapun. Rasanya cenderung sedikit manis. Keju dari Italia ini cocok untuk topping pizza atau salad.

Beda lagi dengan keju mozzarella asal Jepang. Keju mozzarella dari Jepang terkenal akan jaminan keamanannya. Ini karena kejunya dihasilkan di Hokkaido yang dikenal akan peternakan sapinya. Di sana sapi dirawat dengan cermat dan keju diolah dengan sangat hati-hati. Kesegaran keju dari Jepang terjamin lebih baik.

Keju mozzarella buatan Denmark begitu unik meski kurang populer di negara kita. Kejunya berbentuk unik seperti bentuk cincang dan balok. Rasa kejunya juga ringan sehingga cocok untuk yang tidak terlalu suka rasa keju yang kuat. Tekstur kejunya mudah leleh dan sedikit renyah sehingga cocok jadi topping makanan.

Lain lagi dengan keju mozzarella asal Indonesia. Di negara kita, keju ini memiliki banyak varian mulai dari mozzarella khusus bayi, vegetarian, hingga untuk jenis makanan tertentu. Rasa dan kualitasnya juga tidak kalah dengan produk luar negeri. Rasa gurihnya dapat dan teksturnya juga sangat kenyal hingga bikin nagih.

Cek Kemasan dan Tanggal Kedaluwarsa

Saat membeli keju mozzarella pastikan kemasannya masih bagus. Apa pun model kemasannya, baik alumunium foil, plastik kedap udara, atau kaleng, pastikan masih terkemas dengan baik dan tidak ada cacatnya. Cek juga komposisi di balik kemasan untuk tahu bahan dan nilai gizinya.

Terakhir, jangan lupa cek juga tanggal kedaluwarsanya. Tentunya Anda tidak ingin mengonsumsi keju yang sudah lewat tanggal konsumsinya. Ini akan membuat Anda jadi berisiko terkena alergi.

Deretan Keju Mozzarella yang Enak untuk Aneka Olahan Makanan

Greenfields Mozzarella Cheese

Greenfields Mozzarella Cheese merupakan produk rekomendasi pertama dari kami. Produk yang satu ini adalah produk lokal yang tidak diragukan kualitasnya. Keju mozzarella yang satu ini rasanya tidak terlalu gurih jadi cocok untuk penyuka keju yang rasanya sedikit hambar. Produk ini terbuat dari seratus persen susu sapi. Tekstur keju ini lembut dan pastinya mudah digunakan sebagai bahan tambahan makanan hingga kue.

Harga Rp. 33.000-120.000

Bridel Mozzarella

Berikutnya ada Bridel Mozzarella yang sayang untuk dilewatkan. Ini merupakan keju yang mudah dan praktis untuk disajikan. Produk yang satu ini dihadirkan oleh merek asal Perancis. Rasa kejunya lezat dan mantap sehingga cocok untuk jadi pelengkap aneka hidangan.

Dalam keju ini ada kandungan lemak bahan kering sebanyak 40 persen. Hadir dalam bentuk slice, Anda jadi lebih mudah untuk menggunakannya. Dikemas dalam plastik bening, kita jadi lebih mudah melihat warna dan isinya. Dalam satu kemasan berisi 12 slice.

Harga Rp. 52.000-86.000

Anchor FP Mozzarella Cheese

Jangan lupa untuk mencoba Anchor Mozzarella Cheese. Ini adalah keju yang dibuat dari susu sapi berkualitas dari sapi terbaik di Selandia Baru. Produk ini layak dicoba karena kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Aroma kejunya begitu nikmat dan pastinya bisa membuat aneka hidangan Anda jadi lebih enak rasanya.

Keju ini teksturnya lembut sehingga sangat mudah lumer. Anda bisa menggunakannya untuk pizza, lasagna, spaghetti, dan hidangan pasta lainnya. Produk ini sudah berlabel halal sehingga aman dikonsumsi siapa saja.

Harga Rp. 102.000-210.000

Perfetto Keju Mozzarella

Anda juga bisa lirik Perfetto Keju Mozzarella. ini adalah varian keju mozzarella yang sayang untuk dilewatkan kelezatannya. Produk ini teksturnya sedikit lunak dan dijamin lelehannya juga memuaskan. Keju yang satu ini berasal dari Australia. Aromanya harum dan rasanya legit.

Keju ini dikemas dalam kemasan plastik dan mudah dilihat bentuk, warna, dan teksturnya. Produk ini aman dikonsumsi oleh siapa saja termasuk oleh bayi karena di dalamnya hanya ada kandungan susu murni yang bagus untuk kesehatan. Di dalamnya juga ada garam, kultur bakteri, enzim mikrobial, hingga penstabil kalsium klorida. Kandungan tersebut bikin rasa keju makin nikmat.

Harga Rp. 30.000-108.000

K.P.B.S Pangalengan Keju Mozzarella

K.P.B.S Pangalengan Keju Mozzarella merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini berasal dari dalam negeri, tepatnya dari Bandung. Keju yang satu ini dibuat dari 100 persen susu murni alami. Kejunya bebas bahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

Dibuat dari susu sapi perah pilihan yang memang diternak langsung oleh KPBS Pangelangan, kesegaran produknya terjamin. Rasa dan teksturnya juga tidak mengecewakan. Produk ini juga sudah mengantongi label halal sehingga aman dikonsumsi. Warnanya lebih pekat sehingga saat dicampur dengan makanan, hidangan jadi lebih cantik.

Harga Rp. 26.000-92.000

Eurial France Mozzarella

Eurial France Mozzarella merupakan produk selanjutnya untuk Anda. Hadir dengan tekstur lembut dan kenyal, pastinya kejunya bikin nagih. Keju ini merupakan produk Perancis. Kejunya cepat lumer dan pastinya memuaskan Anda sebagai pecinta keju.

Produk ini banyak digunakan para koki hingga mayarakat biasa untuk aneka masakan. Aromanya menggoda karena terbuat dari susu murni yang aman untuk ibu hamil dan vegetarian. Produk ini sudah berlabel halal sehingga tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya.

Harga Rp. 28.000-60.000

Kareem Cheese Mozzarella

Kareem Cheese Mozzarella menjadi produk berikutnya yang berasal dari Indonesia. Keju ini hadir dengan rasa yang gurih dan lezat. Aromanya menggoda dan teksturnya lembut kenyal yang enak.

Harganya terjangkau sehingga mudah dibeli siapa saja. Produk ini mudah didapatkan secara online. Keju ini cocok untuk aneka olahan masakan.

Harga Rp. 32.000-66.000

Baros Mozzarella Fresh Milk

Baros Mozzarella Fresh Milk merupakan produk yang terbuat dari susu murni pilihan. Bebas bahan pengawet sehingga Anda dan keluarga lebih aman mengonsumsinya. Rasanya juga sangat lezat sehingga bikin Anda jadi ketagihan.

Varian keju mozzarella-nya juga banyak. Bahkan ada yang berwarna hitam karena merupakan paduan keju dengan zat arang. Keju mozzarella yang satu ini cocok digunakan untuk berbagai jenis hidangan.

Harga Rp. 99.000-112.000

Arla Finello Mozzarella

Arla Finello Mozzarella adalah produk lainnya untuk jadi pilihan. Keju yang satu ini kaya akan vitamin dan kalsium yang bagus untuk pertumbuhan anak. Produk ini tahan lama digunakan dan memiliki kualitas yang bagus. Teksturnya kenyal dan lembut sehingga bikin nagih. Produk ini bisa dijadikan topping aneka hidangan.

Harga Rp. 136.000-144.000

Bega Stringers Mozzarella Cheese Stick

Bega Stringers Mozzarella Cheese Stick merupakan produk selanjutnya yang bisa diandalkan. Keju yang satu ini kaya akan protein dan kalsium. Bentuknya yang stik membuatnya mudah dikonsumsi atau disajikan. Produk ini bisa juga dijadikan sebagai fingerfood bayi. Teksturnya lembut dan kenyal sehingga mudah meleleh. Produk ini bisa jadi pinggiran pizza sehingga makin lezat rasanya.

Harga Rp. 43.000-139.000
From our editorial team

Keju Mozzarella Bisa Membantu Mengontrol Insulin

Keju memang jadi salah satu makanan favorit. Manfaatnya juga sangat banyak untuk tubuh. Salah satunya adalah bisa mengontrol kadar hormon insulin dalam tubuh. Ini karena adanya kandungan lemak yang terbentuk pada proses fermentasi keju yang bernama Palmitoleic acid. Ini membuat risiko terjadinya diabetes bisa dikurangi. Nah, jadi mulai sekarang, Anda bisa memasukkan keju mozzarella sebagai salah satu makanan sehat Anda, ya.