Bingung Cari Atasan Batik Muslim? Ini Dia 6+ Model Trend Terbaru 2018

Bingung Cari Atasan Batik Muslim? Ini Dia 6+ Model Trend Terbaru 2018

Batik adalah baju nasional yang membanggakan jika dipakai oleh para wanita dewasa. Pula untuk Anda yang kaum muslimah, atasan batik muslim sudah pasti anggun menemani hari-hari Anda. Karenanya, berikut BP-Guide siapkan trend model batik muslim terbaru 2017.

Atasan batik muslim masih menjadi salah satu pilihan hijabers Indonesia

Sumber gambar www.gayapopuler.com

Dewasa ini semakin banyak hijabers Indonesia yang modis dan berbusana menawan. Meski saat ini telah banyak aneka pilihan busana muslim yang bisa ditemukan, atasan muslim bercorak batik masih menjadi salah satu pilihan yang digemari.

Jika dulu batik identik dengan busana para orangtua, seiring berjalannya waktu, baju batik muslim telah menjadi salah satu ikon fashion busana muslim modern.

Desainnya yang yang beragam serta elegan menjadikan busana batik muslim ini sering digunakan oleh wanita dewasa di berbagai acara resmi.

Tips mengkombinasikan atasan batik muslim yang akan digunakan

Sumber gambar baju.website

Batik terkenal dengan motifnya yang ramai. Supaya tidak terkesan monoton dan bisa tampil anggun, berikut beberapa tips dari BP-Guide yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih baju atasan batik muslim :

  • Atasan batik yang kaya motif, bisa dipadukan dengan kain polos berwarna sebagai bawahannya.
  • Jenis kain lurik, tenun, ataupun sesama batik juga dapat Anda pilih sebagai kombinasi. Namun pastikan batik tersebut memiliki corak yang berbeda dan lebih jarang.
  • Anda bisa menggunakan warna yang senada atau warna turunan dari corak batik yang ingin dikombinasikan.
  • Jika Anda enggan bermain dengan warna-warna yang berani, warna-warna pastel yang kalem maupun monokrom juga cocok dan aman dipadu-padankan dengan atasan batik.
  • Untuk mempermanis penampilan, Anda bisa menggunakan aksesoris dengan warna-warna kontras.

Kesalahan yang biasanya terjadi

Dalam berbusana muslim, apalagi menggunakan atasan batik, terdapat beberapa aturan yang harus dipahami. Namun seringkali orang melakukan kesalahan dalam memilih dan memadupadankan busana akibat awam tentang fashion atau-pun terlalu cuek akan penampilan diri.

Selain mempertimbangkan tips-tips dari BP-Guide diatas, ada beberapa kesalahan berbusana yang sebaiknya dihindari, diantaranya adalah :

  • Penggunaan bahan yang terlalu tipis. Selain menyalahi kaidah berbusana muslim, dari kejauhan corak batik yang ditorehkan diatas baju tipis menerawang akan mengesankan tubuh Anda telah dirajah.
  • Salah memilih bahan. Sebagai negara tropis dengan iklim yang hangat dan lembab, bahan yang cocok digunakan sebagai busana sehari-hari adalah bahan katun yang menyerap keringat. Katun yang berkualitas akan membuat nyaman pemakainya.
  • Busana ketat. Selain memperlihatkan lekuk-lekuk tubuh yang melanggar norma berbusana muslim yang layak, baju yang terlalu ketat akan membuat Anda tidak nyaman. Apalagi jika memiliki tubuh yang gemuk, baju ketat akan semakin menonjolkan kekurangan yang ada.
  • Terlalu longgar. Busana ini hanya cocok digunakan bagi yang memiliki tubuh gemuk atau pun yang bertulang besar. Namun jika Anda bertubuh mungil, sebaiknya menghindari jenis busana yang terlalu longgar, karena akan tampak kebesaran dan Anda terlihat 'tenggelam'.

Model atasan batik wanita muslim terbaru 2017

Awal tahun 2017, sekaligus mengawali tren berbagai model terbaru dari baju atasan muslim. Desain yang simpel, modern, namun tampak rapi tetap mendominasi busana muslim di tahun ini. Sebagai contoh, Anda bisa melihatnya dibawah ini :

1. Atasan batik muslimah modern

Sumber gambar blogspot.com

Ada banyak baju atasan batik muslimah modern yang bisa Anda temukan. Baju atasan ini pun cocok dikenakan dalam berbagai acara resmi seperti pernikahan, rapat, upacara, atau acara resmi lainnya.

Tak hanya berupa kemeja, kaos berkerah semi-formal pun kini juga hadir dalam corak batik aneka warna. Tidak hanya itu, jaket atau pun blazer batik yang masih belum banyak dikenal di pasaran juga hadir sebagai pilihan unik.

Baju atasan batik modern ini bisa Anda dapatkan dalam kisaran harga dibawah Rp. 100.000 hingga diatas Rp. 300.000, tergantung bahan, kerumitan dan teknik pembuatan batik. Anda juga bisa mendapatkan baju batik mulimah modern ini di rumahbatiksolo ataupun batikdistro.com

Apa yang harus dihindari

Dalam memilih baju atasan batik muslimah, ada beberapa kesalahan yang sebaiknya dihindari, diantaranya adalah :

  • Lengan yang terlalu pendek. Penampilan wanita muslimah yang berhijab selayaknya mengenakan baju atasan dengan lengan yang panjang.
  • Salah memilih bahan. Bahan polyester yang panas, tidak cocok digunakan untuk kegiatan outdoor yang mengharuskan Anda terkena paparan sinar matahari.

2. Atasan batik muslim kantor

Sumber gambar www.malesnulis.com

Busana batik muslim juga bisa menjadi baju resmi kantor. Desain batik yang simpel bisa dijadikan pilihan sebagai baju atasan yang formal.

Karena Anda dituntut untuk selalu aktif ketika bekerja di lingkungan kantor, maka sebaiknya Anda memilih baju batik dengan bahan yang nyaman dan sopan. Blouse batik yang bisa dikenakan untuk bekerja bisa didapatkan dengan harga yang relatif terjangkau dan dibawah Rp. 100.000 untuk bahan katun yang bisa didapatkan di batikunik.com.

Apa yang harus dihindari

Ada beberapa hal yang harus dihindari dalam memilih baju batik yang akan dikenakan untuk bekerja. Hal ini ditujukan untuk mempertahankan kesan profesional.

  • Hindari warna-warna yang mencolok dan penggunaan aksesori yang berlebihan layaknya pesta.
  • Hindari pakaian ketat yang menonjolkan lekuk tubuh. Karena hal ini akan menimbulkan persepsi yang salah diantara rekan kerja.
  • Hindari pakaian dengan belahan dada yang terlalu rendah. Karena selain menimbulkan persepsi yang salah antara rekan kerja, juga dapat menimbulkan ketidaknyamanan suasana kantor.
  • Gunakan kombinasi warna monokrom untuk menciptakan ilusi tubuh yang lebih langsing .
  • Hindari pakaian yang melanggar budaya setempat. Setiap lingkungan kantor memiliki budaya tersendiri, termasuk dalam hal berpakaian. Sebaiknya Anda mematuhi norma-norma berpakaian yang ada.

3. Model atasan batik muslim untuk wanita gemuk

Sumber gambar www.batik-tulis.com

Memilih model atasan untuk wanita bertubuh gemuk bisa dikatakan gampang-gampang susah. Karena ketika salah memilih model dan potongan baju, akan membuat tubuh terlihat semakin gemuk, pendek dan tampak lebar. Namun bukan berarti wanita bertubuh gemuk tidak dapat tampil anggun dengan atasan batik.

Untuk menyamarkan bentuk tubuh, Anda dapat mengombinasikan dengan warna gelap polos di kedua sisi tubuh untuk menciptakan ilusi agar tampak lebih langsing.

Saat ini Anda dengan mudah dapat menemukan baju atasan batik muslim yang didesain khusus untuk wanita bertubuh gemuk. Dengan kisaran harga mulai dari Rp. 135.000 keatas, Anda bisa mendapatkan baju atasan dengan desain yang menawan. Apalagi telah banyak toko online yang hadir dengan busana-busana berukuran plus, seperti misalnya belanjabatik.com dan tokoyogya.net.

Apa yang harus dihindari

Dalam memilih pakaian untuk wanita bertubuh gemuk, ada beberapa hal yang harus dihindari untuk mencegah tubuh tampak semakin melebar :

  • Sebaiknya pakaian dengan banyak kerutan dihindari oleh pemilik tubuh yang berisi. Karena aksen kerutan ini hanya akan memberi kesan tubuh terlalu penuh dan besar.
  • Hindari penggunaan warna yang terlalu berlebihan. Karena semakin ramai permainan warna yang ada, maka akan membuat tubuh tampak lebar. Sebaliknya, warna-warna yang minim menjadikan tubuh tampak lebih panjang dan langsing.
  • Pakaian ketat juga tidak disarankan . Karena selain menghambat aktivitas gerakan, baju ketat akan semakin menonjolkan lemak-lemak yang ada pada tubuh.

4. Atasan batik muslim untuk model baju lebaran 2017

Sumber gambar www.blogspot.com

Lebaran yang merupakan hari kemenangan bagi umat muslim setelah menunaikan ibadah puasa sebulan penuh, identik dengan segala sesuatu yang baru. Salah satunya adalah mengenakan baju terbaik untuk menyambut hari yang fitri.

Selain model baju kurung, baju batik juga dapat dijadikan pilihan untuk atasan baju muslim. Baik berupa blus ataupun tunik, Anda bisa mengenakan baju atasan batik yang menawan dengan merogoh kocek sebesar Rp. 100.000-an. Bisa kurang atau lebih tergantung bahan dan model yang Anda pilih serta kemampuan tawar-menawar Anda di toko.

Lazada dan Zalora telah dikenal sebagai salah satu marketplace untuk berburu fashion busana, tak terkecuali untuk mendapatkan baju lebaran. Namun tak ada salahnya jika Anda juga melirik busanamuslimodis.com sebagai salah satu alternatif toko online untuk mendapatkan baju idaman.

Apa yang harus dihindari

Dalam memilih baju untuk dikenakan di hari yang fitri, ada beberapa hal yang juga perlu dihindari, diantaranya adalah :

  • Hindari bahan satin. Karena bahan ini membuatmu cepat gerah. Apalagi dengan aktivitas berkunjung ke rumah kerabat dan sanak saudara yang cukup menguras tenaga, bahan ini akan membuatmu merasa tidak nyaman.
  • Hindari bahan yang transparan. Busana transparan yang seksi tidak tepat digunakan untuk merayakan hari yang fitri.
  • Warna yang terlalu mencolok juga sebaiknya dihindari. Karena hal ini akan membuat Anda menjadi pusat perhatian dalam arti yang negatif, alias 'fashion disaster'.
  • Ingin pamer adalah emosi yang wajar. Namun bukan berarti Anda lantas mengenakan baju dengan kilauan terlalu mewah yang menyilaukan. Apalagi harus dikenakan di siang hari.

5. Atasan batik muslim lengan panjang

Baju atasan bagi muslimah identik dengan lengan panjang. Tak terkecuali blus dari batik ini. Dengan bahan yang menyerap keringat maupun yang memberi efek kilap, baju atasan batik muslim berlengan panjang ini hadir dalam berbagai varian warna dan model.

Harganya pun bervariasi dan relatif terjangkau dari kisaran puluhan ribu hingga dua ratus ribuan. Untuk atasan batik jenis ini, Anda bisa menemukannya dengan mudah di Lazada ataupun Zalora yang tentunya sudah tak asing bagi yang hobi belanja. Namun sebagai alternatif tambahan, Anda juga bisa berkunjung ke butikjingga.com

Apa yang harus dihindari

Dalam memilih baju atasan berlengan panjang pun ada beberapa hal yang juga perlu dihindari, diantaranya adalah :

  • Ukuran lengan yang terlalu panjang melebihi pergelangan tangan. Karena hal ini selain menyulitkan aktivitas gerak Anda, juga mengesankan baju anda kebesaran.
  • Memadukan atasan batik muslimah dengan bawahan yang ketat ataupun yang hanya sepanjang lutut. Karena cara berbusana seperti ini menyalahi norma berpakaian muslimah berhijab.

6. Kombinasi atasan muslimah syar'i

Sumber gambar www.blogspot.com

Setelah memilih baju atasan muslimah yang syar'i dan sesuai ketentuan berbusana muslim, saatnya mencari padanan yang selaras sebagai bawahan.

Kombinasi warna-warna netral maupun warna pastel merupakan pilihan aman di berbagai kesempatan. Dan karena baju atasan berupa batik yang kaya motif, sebaiknya menggunakan jilbab polos supaya serasi dan menghindari kesan berlebihan. Pastikan juga bawahan Anda mencapai mata kaki.

Selain permainan warna sebagai kombinasi bawahan, Anda juga dapat menyematkan aksesoris berupa bros sebagai pemanis. Aksesoris ini sebaiknya disesuaikan ukurannya dengan pakaian yang dikenakan.

Apa yang harus dihindari

Cara Anda dalam memadupadankan pakaian akan menentukan bagaimana pendapat orang mengenai penampilan Anda. Supaya penampilan anda terhindar dari kesan tidak matching yang sering juga disebut sebagai 'tabrakan tak berdarah', sebaiknya pastikan Anda tidak melakukan hal-hal dibawah ini :

:
  • Kombinasi warna asal-asalan yang bertabrakan dan terlalu mencolok mata.
  • Baju yang terlalu tipis dan menerawang. Karena meski mengenakan baju panjang, baju menerawang tidak bisa dikatakan sebagai baju muslimah
  • Penambahan aksesori dan pernak-pernik yang terlalu berlebihan. Karena penampilan yang terlalu ramai akan membuat orang yang melihat merasa kurang nyaman.

Atasan batik muslim lainnya yang bisa Anda jadikan inspirasi

Sumber gambar caraberhijab.net

Baju batik telah menjadi identitas bangsa dan trend fashion. Ada beragam jenis batik yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk baju atasan muslim. Baik batik tulis, batik cap, atau pun batik print bisa Anda dapatkan dengan mudah dengan kisaran harga puluhan ribu hingga jutaan. Semakin unik suatu motif, apalagi jika dikerjakan dengan teknik batik tulis handmade dengan pewarna alami, maka akan menjadikan nilai batik tersebut semakin mahal.

Namun batik cap atau pun print juga tak kalah indah dan menarik dibanding batik tulis. Seperti misalnya batik Pekalongan, batik Solo, maupun batik Madura yang terkenal akan motif dan permainan warna-warna yang berani. Di Lazada ataupun Zalora, Anda bisa mendapatkan berbagai atasan batik muslim dengan harga yang bervariasi, mulai Rp. 50.000 hingga Rp. 200.000 keatas.

Jenis batik apapun yang Anda pilih sebagai atasan baju muslim Anda, pastikan baju atasan Anda telah sesuai dengan ketentuan berbusana muslim yang ada.

Apa yang harus dihindari

Dalam pemilihan atasan batik muslim atau pun busana untuk menunjang penampilan Anda, sebaiknya Anda menghindari kesalahan dalam berbusana yang akan mengakibatkan penampilan Anda menjadi gunjingan orang.

Selain kesalahan padu-padan motif busana yang dikenakan, kesalahan pemilihan bahan baju akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam beraktivitas.

From our editorial team

Berhijab dan berbatik bisa jadi satu kesatuan yang serasi..

Sudah terbukti kan kalau model baju hijabers tidak cuma begitu-begitu aja. Trend model atasan batik muslim yang sudah BP-Guide berikan bisa menjadi inspirasi Anda dalam memadupadankan batik dan hijab. Tak perlu malu untuk mencoba-coba, selama Anda merasa cocok dan terlihat oke, Anda akan tampil jauh lebih percaya diri.