4 Ide Dan Tips Memilih Baju Couple Muslim Yang Oke di 2018

4 Ide Dan Tips Memilih Baju Couple Muslim Yang Oke di 2018

Memakai baju dengan corak dan warna yang sama merupakan perwujudan dari kekompakan dan kesamaan perasaan dari satu pasangan. Agar Anda tidak salah memilih baju couple untuk pasangan Anda, pastikan Anda membaca informasi penting ini melalui BP-Guide.

Keluarga Makin Kompak dan Harmonis dengan Baju Couple Muslim yang Oke

Keluarga muslim di berbagai negara kini sudah memiliki berbagai style dan variasi berbusana yang Islami. Mulai dari atasan, bawahan, jilbab, bahkan gamis telah tersedia dalam model yang variatif dan menarik. Tidak lagi bingung tampil dengan warna dan model apa akibat tidak ada pilihan. Justru Anda akan dibingungkan memilih busana yang mana karena begitu banyak tersedia pilihan yang bagus.

Misalnya untuk acara Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha, sebuah keluarga biasanya cukup memerhatikan busananya agar terlihat senada. Ketika keluar rumah bersama dan bersilaturahmi ke tetangga dan menyambut keluarga besar yang datang dari jauh, tentu keluarga kalian akan terlihat kompak dan trendi.

Oleh karena itu, tentunya para keluarga muslim butuh referensi berbusana yang tepat dan cocok sesuai selera berbusana keluarga. Hal yang juga perlu diingat, harus ada koordinasi antara anggota keluarga, agar busana yang dipilih bisa cocok untuk semuanya. Dengan begitu saat memakai pun lebih nyaman dan percaya diri.

Cara Memilih Baju Couple Muslim yang Bagus dan Tampak Serasi

Bagi para pasangan suami istri, pasangan kekasih, ataupun keluarga besar pasti ingin memperlihatkan kekompakkan melalui pakaian yang mereka kenakan. Bila Anda ingin tampil dengan nuansa Indonesia yang kental, gunakanlah busana muslim batik. Tidak hanya atasan atau dress tetapi juga aksesorisnya. Mulai dari dompet, sepatu, sandal dengan motif batik yang senada.

Perhatikan juga jenis acara yang akan dihadiri. Apakah acara tersebut jenisnya formal atau malah santai?
Jangan terpaku dengan tren, tetapi perhatikan mau ke mana Anda dengan busana batik. Jangan sampai memilih model yang keliru.

Dengan menyesuaikan penggunaan, Anda juga bisa mengatur pengeluaran dengan lebih baik dan tepat. Untuk lebih rincinya, berikut ini beberapa cara memilih baju couple yang tepat.

Pilih Model yang Tidak Pasaran

Baju muslim saat ini, khususnya baju muslim couple, kebanyakan memiliki model dan desain yang cukup mirip. Misalnya untuk pakaian laki-laki, biasanya khas dengan pakaian koko. Pembedanya bisa dari bentuk kerah, dengan atau tanpa kancing, atau desain bordiran baju.

Tips bagi Anda yang ingin membeli pakaian couple untuk pasangan atau keluarga, kalau bisa jangan membeli yang pasaran. Masyarakat secara umum biasanya akan memilih pakaian yang sedang tren. Misalnya saat model kaftan sedang hits maka semua ingin memakainya saat lebaran.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, tentu Anda harus lebih jeli dalam memilih busana couple yang menarik, sesuai selera, dan tidak pasaran.

Sesuaikan dengan Warna Baju yang Diinginkan

Ketika momen Lebaran tiba, biasanya akan bermunculan para penjual yang menjajakan pakaian dengan desain kompak untuk keluarga. Begitu pula dengan pakaian batik yang motifnya beragam.

Kalangan orang tua biasanya selera baju batiknya cukup sederhana. Baik dari segi desain, warna, dan model. Tetapi berbeda dengan anak muda yang biasanya berani tampil dengan warna cerah dan desain baju yang trendi.

Tidak salah kok berbeda selera. Namun, di momen penting saat berkumpulnya keluarga seperti Lebaran, buka puasa bersama, atau hari raya lainnya, akan lebih menyenangkan jika memakai busana yang senada.

Coba bayangkan, bila tetangga yang datang silaturahmi melihat ayah, ibu, dan anak-anak memakai baju yang serasi warnanya, pasti akan langsung memuji. Keserasian dalam berpakaian juga bisa menjadi cermin keharmonisan sebuah keluarga. Jadi, warna senada juga bisa menjadi patokan dalam memilih baju couple muslim.

Wajib Bahan yang Nyaman

Ada begitu banyak pakaian dengan model-model yang unik dan menarik untuk dikenakan. Termasuk kaum muslim, yang disyariatkan mengenakan pakaian yang menutup aurat. Pakaian muslim yang identik dengan gamis, baju koko, serta long dress, kini juga banyak yang memadupadankan dengan berbagai celana trendi. Misalnya celana aladin, celana berbahan longgar, jumpsuit, dan model lainnya.

Para muslimah diharapkan jeli dalam memilih pakaian. Jangan cuma disukai banyak orang. Tetapi sebuah pakaian harus nyaman dikenakkan dan cocok dengan acara yang dihadiri.

Bahan-bahan yang digunakan untuk baju muslim

  • Spandex. Tipe bahannya dingin, elastis, dan jatuh.
  • Katun. Mampu menyerap meringat, adem, dan bisa digunakan untuk aktivitas keseharian.
  • Sifon. Sifat bahannya ringan, tetapi tembus pandang. Untuk itu, Anda disarankan memakai lapisan dalam saat mengenakan bahan ini.
  • Linen. Tipe bahan ini cukup kaku dan mudah kusut saat terlipat atau duduk. Namun, jenis bahan ini cukup nyaman dan adem untuk dikenakan.
  • Wool. Merupakan jenis bahan yang hangat dan ringan. Oleh karena itu, bahan ini cocok dikenakan saat musim dingin.
  • Satin. Jenis bahan yang ringan sekaligus terlihat mengkilap. Untuk acara keluarga besar, acara pesta, atau acara resmi lainnya, bahan ini sangat cocok untuk memperlihatkan glamour dan elegan bagi pemakainya, terlebih lagi gaun para muslimah.
  • Sutera. Bahan yang selalu mendapat pujian dari semua kalangan. Sifatnya yang lembut dan nyaman, membuat bahan ini memiliki kelas sendiri. Tak heran harganya sangat tinggi.

Bagi Anda yang mendambakan pakaian dengan bahan terbaik dan tidak terlalu mahal, maka bisa memilih sifon, katun, satin, atau lainnya. Terpenting saat dipakai memberikan kenyamanan bagi Anda serta cocok dengan modelnya.

Hindari Hal-hal Berikut Ini dalam Memilih Baju Couple Muslim

Sesuaikan bentuk tubuh dengan pakaian agar pas saat dikenakan. Untuk Anda yang bertubuh kurang tinggi, sebaiknya hindari menggunakan bawahan, dress, atau atasan yang terlalu lebar. Mengapa? Karena baju yang terlalu lebar akan membuat tubuh Anda terlihat tenggelam.

Selanjutnya pilihlah motif baju bergaris vertikal. Motif bergaris lurus ke bawah ini, memberikan nuansa tinggi bagi pemakainya. Oleh karena itu, motif ini cocok bagi Anda yang tubuhnya kurang tinggi. Tetapi, jangan gunakan atasan dan bawahan dengan motif yang sama. Karena akan terlihat aneh dan terlalu berlebihan.

Hindari juga baju atasan yang panjangnya melebihi lutut. Bisa membuat Anda terlihat tenggelam dan kaki Anda terlihat pendek. Anda akan terlihat mungil dengan model ini.

Jika Anda cukup menyukai rok, maka kenakanlah rok yang tidak terlalu panjang sampai menutupi mata kaki. Pilihlah rok dengan model waist untuk penampilan yang pas.

Sesuaikan juga dengan warna kulit. Anda yang berkulit kuning langsat, bisa mengenakan pakaian berwarna abu-abu, hitam, atau putih. Sedangkan yang berkulit agak gelap, maka sebaiknya mengenakan pakaian berwarna cokelat atau merah tua.

Selain itu, warna pakaian juga harus disesuaikan dengan acara yang kita hadiri. Acara formal lebih cocok dengan pakaian berwarna gelap dan kalem. Sementara acara pesta lebih cocok dengan pakaian cerah.

Berikut ini hal yang perlu diingat para musllimah saat berpakaian

  • Hindari menggunakan jilbab dengan model yang bisa memperlihatkan bentuk dada. Misalnya dengan mengikat sudut-sudut jilbab ke belakang tubuh.
  • Jangan memakai legging saat mengenakan atasan yang pendek. Legging yang ketat dan tipis, tentunya cocok dikenakan sebagai pelapis dalam dress atau gamis, bukan sebagai bawahan. Untuk itu, jika atasan Anda baju hanya di atas lutut atau tidak melebihi betis, hindarilah menggunakan legging agar terlihat lebih pantas.
  • Hindarilah pakaian yang ketat. Hal ini berlaku untuk laki-laki atau perempuan muslim. Baiknya Anda memilih baju yang lebih longgar untuk menghindari terlihatnya lekuk tubuh.

Hindari Motif yang Berlebihan

Saat memadukan gaun untuk acara resmi, ada baiknya para muslimah tidak mencari yang motifnya terlalu berlebihan. Penampilan Anda akan terlihat lebih anggun dengan motif yang sederhana dan simpel, dibanding yang terlalu ramai.

Apalagi jika Anda termasuk berbadan gemuk. Motif yang terlalu ramai, malah membuat badan Anda terlihat penuh dan tidak nyaman. Hindari juga motif bergaris horisontal agar tidak terlihat semakin gemuk.

Bagi Anda yang memiliki kulit agak gelap, warna pakaian yang kalem dengan motif sederhana akan terlihat lebih manis dan pas. Sementara Anda yang bertubuh kecil, pakailah gamis dengan ukuran yang pas di badan. Jangan yang kebesaran. Untuk motif, Anda bisa kenakkan busana dengan motif salur atau garis memanjang ke bawah untuk memberikan kesan tinggi.

Saat mengenakkan busana couple, gunakanlah pakaian yang harmonis antara Anda dan pasangan agar lebih serasi. Tetapi, tidak harus warna yang sama persis. Anda bisa menyiasati dengan warna yang senada atau bertingkat. Seperti warna yang lebih tua untuk ayah dan ibu dan warna yang lebih muda untuk anak-anak. Motif boleh sama. Cara ini menciptakan harmoni tersendiri dalam berpakaian.

Selamat mencoba!

Hindari Penggunaan Banyak Aksesoris

Penampilan yang elegan dan simpel tentu telihat lebih baik untuk momen seperti Idul Fitri. Karena itu, hindari penggunaan aksesoris yang berlebihan. Bila ingin menambahkan aksesoris, Anda bisa menggunakan kalung panjang dengan bandul yang simpel. Jika pun ingin aksesoris yang cukup ramai, pilihlah pakaian berwarna cenderung gelap untuk menghindari bentrokan model yang berlebihan antara aksesoris dengan warna baju.

Aksesoris seperti cincin juga bisa Anda kenakan. Namun, pilihlah cincin atau gelang yang berukuran kecil atau sederhana. Untuk jilbab, kalau bisa hindari hiasan di kepala yang menampakkan kesan berlebihan saat dikenakan.

Bagi para wanita, aksesoris lain yang biasa disematkan untuk pelengkap adalah ikat pinggang berukuran sedang, atau biasa disebut obi. Ikat pinggang ini biasanya dimanfaatkan sebagai penghias bagi pakaian Anda, atau pengencang pinggang. Setelah selesai memadukan pakaian dan aksesoris tersebut, jangan lupa memilih tas yang kecil dan cantik agar terlihat lebih manis dan feminin.

Meski demikian, Anda akan lebih anggun dan cantik saat mengenakan pakaian indah tanpa tambahan aksesoris yang berlebihan. Penampilan yang simpel justru memberikan kesan manis dan elegan.

Hindari Penggunaan Bahan yang Menerawang

Untuk penampilan muslimah yang maksimal, hindari pakaian yang bahannya menerawang. Memang sah-sah saja jika Anda mengenakan pakaian itu, namun pastikan Anda memakai legging atau lapisan dalam lain yang agar tidak menerawang. Tapi supaya lebih enak dilihat dan tidak menjadi pusat perhatian, sebaiknya hindari mengenakan pakaian tipis dan menerawang.

Selain itu, pakaian yang menerawang tidak melindungi tubuh Anda dari udara dingin. Bahan seperti sifon biasanya sangat tipis dan membutuhkan pakaian dalam yang pas, agar tidak tembus pandang. Begitu pula bahan kaos yang justru bisa memperlihatkan lekuk tubuh.

Jika ternyata pakaian Anda kebetulan tinggal yang berbahan sifon atau tipis, maka siasatilah dengan pelapis dalam yang pas baik atasan maupun bawahan.

Baju Couple Muslim yang Bisa Dijadikan Pilihan

Baju kembaran atau couple dalam busana muslim saat ini didominasi warna ungu, cokelat, merah, dan peach. Untuk bahan dan modelnya tentu begitu beragam.

Batik menjadi salah satu pilihan motif yang selalu tepat dikenakan pada momen penting, seperti ke rumah pasangan Anda atau acara resmi lainnya. Kesan sopan dan elegan akan terllihat saat mengenakan pakaian dengan motif batik. Untuk acara resmi, batik dengan warna kalem bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baju Couple Gamis Bahan Jersey

Sumber gambar www.tokopedia.com

Saat ini, baju gamis dengan bahan jersey sudah banyak dikenal muslimah. Karakternya yang jatuh dan tidak kaku, membuat jersey banyak dipilih sebagai bahan pakaian para muslimah. Terlebih lagi busana gamis yang menjuntai panjang.

Jersey sendiri merupakan jenis bahan yang di dalamnya terdapat kombinasi katun sintesis dan katun full yang menghasilkan rasa sejuk ketika dipakai. Model baju gamis jersey bisa digunakan oleh berbagai kalangan usia. Namun, kembali lagi bahwa baju gamis ini harus dipilih yang tidak press body, agar tidak memperlihatkan auratmu walaupun hanya lewat lekuk tubuh.

Beberapa tips dalam memadukan baju jersey

  • Gunakanlah jilbab syar'i
  • Agar bagian dada Anda tertutup dan lekuk tubuh tidak terlalu terlihat, baiknya gunakan jilbab panjang atau biasa dikenal dengan jilbab syar'i. Bahan jilbab bisa dari sifon, ceruti, spandek, katun, dan wolly crepe.
  • Pakai baju dalam
  • Agar lebih aman, kenakan pakaian dalam. Baik lengan panjang ataupun kaos sehari-hari di rumah. Hal ini berguna agar saat berkeringat atau saat menunduk pakaian dalam Anda tidak menerawang. Bisa pula menggunakan blazer atau outer.
  • Pilih model yang longgar
  • Untuk lebih nyaman dan pas, pilihlah gamis jersey yang agak longgar. Agar pergerakkan Anda lebih mudah. Motifnya bisa polos atau atau dilengkapi motif tertentu.

Anda bisa mengunjungi situs bajugamisku.com, plazabajumuslim.com, atau lazada.co.id. Di sana produk ini dijual dengan harga mulai dari Rp 200 ribuan.

Pilihan yang direkomendasikan antara lain

  • Gamis Syar’i Safira Jersey
  • Gamis ini dibuat dari bahan spandek Korea. Ukurannya 100 cm lengan dan panjang 138 cm. Warna yang tersedia adalah biru dongker dan hitam. Harganya Rp 145.000 di situs butikjingga.com.
  • Gamis Couple Zahra Mom N Kid
  • Untuk pasangan ibu dan anak, butikjingga.com menyediakan gamis couple. Bahannya dari spandek jersey, dengan pilihan warna peach, fucia, dan tosca. Ukurannya untuk ibu dengan lingkar dada 98 cm, dan lingkar dada 80 cm (anak 5-8 tahun). Harganya dibanderol Rp 200 ribu per dua pieces.

Batik Muslim Couple

Sumber gambar duahijab.net

Baju batik sangat khas Indonesia. Akan menjadi pakaian yang cantik saat dikenakan bersama dengan pasangan Anda. Mengenakan batik dengan motif dan warna yang sama akan memperlihatkan kekompakkan sebagai pasangan. Tidak heran, banyak pasangan muslim yang mengenakan batik untuk dipakai pada acara-acara penting dan formal.

Tetapi, Anda pasti cukup bingung memilih motif batik dan warna yang tepat untuk tampilan bersama pasangan. Terkadang warna batik cerah dan motif unik bagus menjadi pilihan. Terkadang warna yang kalem dengan motif unik atau simpel terasa lebih cocok dikenakan. Apa yang Anda pilih?

Beberapa pilihan batik couple muslim yang cocok untuk Anda

  • Busana Batik Couple Anggun
  • Model baju batik ini tersedia model gamis yang dimodifikasi dengan resleting samping. Untuk kemeja pria, berlengan pendek dengan model kantung di depan. Warna yang tersedia mocca dengan bahan katun halus. Ukuran gamis, lebar dada 96 cm, panjang baju 130 cm. Untuk kemeja pria, ukuran lengan dada 110 cm dan panjang 70 cm. Harganya Rp 180.000, bisa didapatkan di butikjingga.com.
  • Batik Couple Sweet Navy
  • Couple busana ini hadir dengan warna biru dongker. Bahannya dari katun yanng terasa adem dan lebih nyaman. Satu set pakaian terdiri dari blouse wanita dan kemeja pria. Blouse menggunakan kancing depan dan kemeja berlengan pendek. Ukuran lengan dada 84 cm untuk wanita, dan 106 cm untuk pria. Harganya dibanderol Rp 120 ribu di butikjingga.com.

Pilihan batik couple lainnya bisa Anda temukan di butiksarimbit.com, gambarbusanamuslim.com, tokopedia.com, atau elevania.com, dengan harga mulai dari Rp 140 ribuan.

Baju Couple Gamis Maxi

Sumber gambar www.pusatgrosirbaju.com

Busana couple terbaru dengan model maxi dress, terlihat trendi dan fit saat dikenakan bersama pasangan. Warnanya pun cukup variatif. Ada hijau lumut, biru muda, merah bata, pink, dan biru elektrik. Bahan yang dipakai untuk maxi dress ini adalah katun dengan model kancing depan. Ukurannya mulai dari S hingga XL.

  • Maxi Dress Couple Katun Rayon
  • Dress ini tersedia dengan warna mocca dan tosca. Modelnya berkancing depan dari atas hingga ke bawah, dengan panjang baju sekitar 130 cm - 140 cm. Ukurannya terbatas hanya sampai L. Satu paketnya terdiri dari kemeja pria dan maxi wanita. Dijual dengan harga Rp 196.800 per paket di tokopedia.com

Untuk Maxi dress lainnya, dapat Anda pilih dari segi model dan warna di Elvania, Bukalapak, Lazada, atau Tokopedia. Dijual dengan harga mulai dari Rp 155 ribuan.

Baju Couple Muslim Gamis Syari

Baju muslim di tahun 2017 ini tidak hanya dipenuhi gaya yang modern. Tetapi, toko-toko pakaian tetap menjual baju muslim kurung atau gamis dan dress panjang, agar para muslimah bisa tampil dengan anggun dan syar'i.

Dalam menghadiri acara -acara penting, gamis bisa dibilang menjadi andalan para muslimah untuk tampil formal dan cantik. Memilih gamis ini pun terkadang ada trik khusus agar tidak terlihat salah kostum atau berlebihan. Misalnya, ketika pemakainya memiliki kulit yang cukup gelap, baiknya mengenakan warna yang kalem atau peach.

Bahannya mulai dari tunik, batik, spandek, brokat, dan beberapa jenis bahan lain. Harga yang ditawarkan pun beragam, sesuai dengan jenis bahan dan di toko mana Anda membelinya.

  • Anda bisa temukan koleksi terbaru baju gamis couple di bajumuslimbaru.com, lazada.co.id, bukalapak.com, dan tokopedia.com. Harga baju gamis muslim mulai dari Rp 150.000.
  • Di okefix.com ada gamis couple ibu dan anak umur 6-9 tahun dengan harga Rp 185.000. Bahan yang digunakan adalah jersey dengan panjang baju sekitar 100-110 cm.
  • Butikjingga.com juga menjual baju muslim berbahan rayon polos dengan kombinasi etnik batik dengan warna merah, ungu, tosca, dan kuning. Bahan bajunya adalah katun rayon yang ringan. Harga per itemnya Rp 190.000-an.
From our editorial team

Kompak dengan Pakaian Senada

Setiap pasangan atau keluarga pasti ingin tampil kompak ketika menghadiri acara keluarga besar atau sebuah acara formal. Tidak melulu harus mengenakan model pakaian yang sama agar terlihat kompak. Bisa juga dengan mengedepankan warna yang senada. Sehingga setiap anggota keluarga atau pasangan bisa mengenakan pakaian yang mereka sukai.