10 Rekomendasi Suplemen Penambah Nafsu Makan Anak yang Bikin Anak Lahap Makan (2021)

10 Rekomendasi Suplemen Penambah Nafsu Makan Anak yang Bikin Anak Lahap Makan (2021)

Anak susah makan memang bikin kita jadi panik. Namun, jangan buru-buru bingung, ya. Anda bisa membantu anak jadi lebih lahap makan dengan memberikan suplemen penambah nafsu makan. Intip tips memilih suplemen penambah nafsu makan dan juga rekomendasinya dari kami!

Anak Susah Makan? Coba Atasi dengan Cara Mudah Ini!

Anak-anak memang kadang susah ditebak maunya apa. Terutama soal makan, ada kalanya ia lahap mengonsumsi suatu jenis makanan. Namun, di lain hari ketika kita suguhkan makanan yang sama, ia jadi tutup mulut tidak mau makan. Anak yang susah makan tentu bikin kita jadi kerepotan. Sebagai orangtua, kita jadi was-was nutrisi anak kurang tercukupi.

Ketika usia anak 2 hingga 5 tahun, menurunnya nafsu makan memang umum terjadi. Namun, jangan biarkan hal ini membuat Anda jadi bingung. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar si kecil bisa makan.

Anda bisa mencoba memilih makanan dengan rasa dan tekstur yang sesuai untuk buah hati. Pilih yang sekiranya rasanya sangat disukai anak sehingga ia jadi lahap makannya. Sajikan juga makanan dalam porsi yang lebih kecil. Porsi kecil pada makanan akan membuat anak bisa lebih semangat makan dan lebih cepat menghabiskan makanannya. Berikan makan lebih sering jika Anda memberikan dalam porsi kecil.

Anda bisa juga mencoba memperkenalkan makanan baru secara bertahap. Sebagai camilannya, Anda bisa memberikan buah, sayur, hingga yoghurt. Namun pastikan memberikannya tidak dalam jumlah banyak agar anak tidak terlalu kenyang sebelum jam makan.

Buatlah saus untuk menambah rasa pada makanan. Misalnya saja untuk makanan seperti buncis, kentang, hingga wortel yang diolah lalu diberi tambahan saus sehingga rasa makanan lebih enak.

Boleh juga jika Anda ingin memberikan anak susu dan produk olahannya. Ini bisa menambah nutrisi anak. Namun, jangan terlalu berlebihan memberikannya. Ini bisa bikin anak cepat kenyang dan malah enggan makan saat jam makan tiba.

Berikan Suplemen Penambah Nafsu Makan Bila Perlu

Anda boleh juga memberikan suplemen penambah nafsu makan pada anak. Pemberian suplemen ini bertujuan supaya nafsu makan anak bisa kembali. Kendati demikian, Anda wajib tahu bahwa tidak semua anak membutuhkan suplemen vitamin penambah nafsu makan. Ini karena sebagus apa pun kandungan suplemennya, tetap saja nutrisi yang baik untuk tubuh bersumber pada makanan.

Anak-anak dengan kondisi tertentu bisa saja diberikan suplemen vitamin penambah nafsu makan. Contohnya adalah anak yang terlalu makan produk olahan atau makanan cepat saji sehingga nutrisi yang didapatkan kurang tepat. Lalu, anak yang memiliki kondisi kesehatan seperti asma atau masalah pencernaan juga bisa mendapatkan suplemen penambah nafsu makan. Selain itu, anak yang makan tidak teratur dan nutrisi gizinya kurang seimbang serta anak yang banyak minum soda dan kafein ketimbang air mineral juga butuh suplemen penambah nafsu makan.

Tips Memilih Suplemen Penambah Nafsu Makan Anak

Perhatikan Kandungannya

Sebelum memberikan sesuatu untuk buah hati, kita wajib mengecek kandungannya. Ini supaya tidak ada efek samping yang terjadi pada anak. Kita pasti tidak ingin hal yang buruk terjadi pada kesehatan anak.

Suplemen penambah nafsu makan umumnya mengandung bahan seperti omega 3 dan vitamin B1. Kedua zat ini mampu meningkatkan nafsu makan anak secara optimal. Omega 3 merupakan asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh. Selain kedua zat tersebut, zinc juga biasanya hadir dalam suplemen. Kekurangan zinc dalam tubuh bisa membuat nafsu makan anak menurun. Maka dari itu, cobalah memilih suplemen yang mengandung ketiganya agar nafsu makan anak bisa kembali secara optimal.

Anda boleh juga memilih suplemen dengan kandungan herba seperti curcumin misalnya. Curcumin bisa didapat dari temulawak dan kunyit. Fungsinya adalah untuk melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Selain itu, ini juga bisa meningkatkan nafsu makan dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Pastikan Sudah Berizin BPOM

Sebelum memberikan suplemen penambah nafsu makan anak, ada baiknya Anda memastikan bahwa produknya sudah berizin BPOM. Jika produk sudah lulus sertifikasi dari BPOM, maka tentu kita lebih tenang saat memberikannya pada anak. BPOM sudah menjamin bahwa produk tersebut aman dari segi bahan, proses, hingga kemasan. Tentu tidak ada bahan alergen yang membahayakan untuk anak. Maka dari itu, jangan sampai malas mengecek ada tidaknya izin BPOM pada kemasannya, ya.

Pilih Bentuk Suplemennya

Suplemen penambah nafsu makan anak hadir dalam aneka bentuk. Ada bentuk sirup, gummy, hingga tablet hisap. Untuk yang mudah dikonsumsi, Anda bisa berikan dalam bentuk sirup. Suplemen sirup memiliki rasa yang banyak disukai anak, seperti rasa buah. Contohnya, rasa jeruk, stroberi, hingga anggur.

Anda bisa juga memilih tablet hisap atau gummy. Ini karena bentuknya lucu dan menarik. Anak tentu semangat untuk mengonsumsinya. Dengan warna dan bentuk yang menggemaskan, anak pasti jadi tidak rewel saat diberikan produk suplemen semacam ini.

Ini Dia Deretan Suplemen Penambah Nafsu Makan Anak yang Wajib Anda Coba

Mollers Tran Cod Liver Oil

Mollers Tran Cod Liver Oil adalah rekomendasi pertama kami. Produk yang satu ini dibuat di Norwegia. Suplemen dalam bentuk sirup ini mudah dikonsumsi. Terbuat dari minyak hati ikan kod yang diperoleh dari ikan kod segar tanpa melewati proses pengawetan, dijamin produknya baik untuk buah hati.

Ada Vitamin A, Vitamin D, dan asam lemak omega-3 EPA dan DHA yang bisa diperoleh anak dari suplemen ini. Suplemen ini juga bisa membantu merangsang perkembangan otak. Tidak hanya bisa menambah nafsu makan namun juga bisa menjaga daya tahan tubuh. Suplemen ini bisa dikonsumsi segala usia dari anak-anak hingga dewasa.

Harga Rp. 342.000-562.000

Fitkom Tablet

Fitkom Tablet merupakan produk tablet hisap dengan bentuk bintang. Kemasannya ekonomis sehingga mudah dibawa dan dikonsumsi kapan saja dibutuhkan. Produk ini kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan anak. Ada tiga varian rasa buah yang bisa disesuaikan dengan kesukaan anak, yakni rasa jeruk, stroberi, dan anggur. Suplemen dengan sepuluh vitamin dan mineral kalsium ini bisa meningkatkan nafsu makan anak. Selain itu, juga bisa mendukung tumbuh kembang agar lebih optimal.

Harga Rp. 11.850-18.000

Curcuma Plus

Curcuma Plus tidak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini dikenal sejak lama ampuh untuk menjadi vitamin penambah nafsu makan anak. Kandungan utamanya adalah curcumin, vitamin B kompleks, dan beta karoten. Bahan utama tersebut bisa memenuhi nutrisi buah hati. Cocok untuk menyehatkan mata, menjaga tumbuh kembangnya lebih optimal, dan tentu bikin anak lebih doyan makan. Hadir dengan rasa jeruk, anak jadi semangat mengonsumsinya.

Harga Rp. 14.065-21.000

Blackmores Superkids Multi Gummies

Blackmores Superkids Multi Gummies hadir dalam bentuk yang lucu. Teksturnya kenyal sehingga bikin anak jadi semangat mengonsumsinya. Produk ini hadir dengan vitamin seperti vitamin C, B1, B2, B3, B5, B12, folat, dan biotin. Berbagai vitamin tersebut bisa menunjang tumbuh kembang anak. Selain itu, ini juga bisa menambah nafsu makan anak.

Suplemen ini aman dikonsumsi. Di dalamnya tidak ada pemanis buatan dan juga bahan berbahaya. Harganya memang lebih mahal, kendati demikian dijamin produk ini memberikan kualitas terbaiknya untuk buah hati kita. Suplemennya halal sehingga aman untuk dikonsumsi. Berikan pada anak yang usianya di atas 2 tahun.

Harga Rp. 169.000-265.000

Apialys

Apialys adalah vitamin yang bisa diberikan untuk menambah nafsu makan anak. Hadir dalam bentuk sirup sehingga lebih mudah dicerna. Produk ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, aneka bahan baik di dalamnya juga bisa membuat tumbuh kembang anak lebih optimal.

Suplemen ini mengandung vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan D. Bukan hanya vitamin, di dalamnya juga ada lysine HCL, D-pantothenol, dan I-glutamic acid. Anda bisa berikan produk ini pada bayi hingga anak-anak. Namun, pastikan Anda mengikuti anjuran pemakaian.

Harga Rp. 39.000-51.500

VegeBlend 21jr

VegeBlend 21jr ini adalah produk yang sayang untuk dilewatkan. Anak biasanya sulit makan sayur. Padahal dalam sayur terkandung aneka vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatannya. Anda bisa berikan VegeBlend 21jr yang kaya akan 275mg sari sayur alami yang diambil dari 21 jenis sayur. Produk ini juga mengandung 40mg serat sayur serta vitamin dan mineral.

Berbagai kandungan tersebut mampu membantu meningkatkan nafsu makan anak. Ini juga bisa mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan otak anak. Suplemennya hadir dalam bentuk kapsul. Anda bisa berikan secara langsung atau bisa membuka kapsulnya untuk mencampur isi kapsul dengan makanan dan minuman favoritnya.

Harga Rp. 113.000-194.000

Nature's Way Kids Smart Vita Gummies Vitamin C + Zinc 60s

Nature's Way Kids Smart Vita Gummies Vitamin C + Zinc 60s merupakan produk yang bagus untuk membantu si kecil tetap aktif. Daya tahan anak akan lebih terjaga dengan suplemen yang satu ini. Produk ini bisa diberikan kepada anak yang energik. Suplemen ini hadir dengan aneka vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan nafsu makan anak. Tablet kunyah ini kenyal dan unik sehingga anak jadi semangat mengonsumsinya. Dengan rasa jeruk segar, anak tentu menyukai rasanya.

Harga Rp. 150.000-299.000

Scott's Emulsion Vita

Scott's Emulsion Vita Formula merupakan produk lain yang bisa Anda andalkan. Suplemen ini hadir dengan bahan utama berupa minyak hati ikan cod yang kaya akan omega-3. Bahan tersebut mampu meningkatkan nafsu makan anak. Formulanya membuat suplemen ini lebih cepat diserap tubuh.

Di dalamnya juga kaya akan vitamin D dan kalsium. Keduanya bisa meningkatkan kepadatan tulang. Ini cocok juga untuk mendukung aktivitas anak yang padat. Qromanya tidak amis karena hadir dengan rasa jeruk yang segar dan disukai anak-anak.

Harga Rp. 41.850-69.000

Vidoran Gummy

Vidoran Gummy merupakan suplemen penambah nafsu makan yang bagus untuk anak. Produk yang satu ini hadir dengan kemasan bergambar tokoh kartun yang menggemaskan. Berbentuk tablet kunyah yang kenyal, tentunya anak jadi semangat mengonsumsinya. Di dalamnya kaya akan vitamin B kompleks, vitamin C, dan lysine. Berbagai kandungan tersebut mampu mencukupi kebutuhan vitamin harian anak. Produk ini juga bisa menjaga metabolisme dan daya tahan tubuh anak.

Harga Rp. 27.200-30.000

GoVit

GoVit adalah rekomendasi terakhir dari kami. Produk yang satu ini mirip camilan anak sehingga anak tidak akan merasa sedang mengonsumsi suplemen. Bentuknya bubuk dan terbuat dari sereal sagon yang menyehatkan. Di dalamnya ada 11 macam vitamin dan juga empat macam mineral. Kalorinya rendah sehingga aman dan tidak bikin anak obesitas. Produk ini bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan susu.

Harga Rp. 4.400-5.600
From our editorial team

Konsultasikan kepada Dokter

Sebagai orangtua, kita ingin yang terbaik untuk buah hati. Kendati demikian, jangan buru-buru memberikan suplemen penambah nafsu makan kepada anak. Konsultasikan dulu kepada dokter perlu tidaknya si kecil mendapatkan suplemen penambah nafsu makan. Dokter bisa memeriksa kondisi anak dan memberikan saran suplemen vitamin yang kandungannya paling pas untuknya. Jangan lupa ikuti saran dan petunjuk dokter dalam memberikan suplemen agar tidak overdosis dan membahayakan kesehatan anak.