Lengkapi Asupan Buah Hati dengan 9 Rekomendasi Suplemen Vitamin Otak agar Anak Lebih Cerdas (2020)

Lengkapi Asupan Buah Hati dengan 9 Rekomendasi Suplemen Vitamin Otak agar Anak Lebih Cerdas (2020)

Tumbuh kembang anak merupakan proses yang perlu dipantau para ibu. Tidak heran jika orang tua akan memprioritaskan asupan nutrisi anak yang tidak hanya berupa makanan seimbang, namun juga penambahan suplemen vitamin. Hal itu karena suplemen vitamin bisa menjadi asupan pendukung perkembangan otak anak, sehingga anak bisa memiliki kecerdasan yang baik bahkan maksimal.

Dukung Perkembangan Kemampuan Berpikir Anak dengan Asupan Vitamin Otak

Memiliki anak yang tumbuh cerdas dan berbakat merupakan impian setiap orang tua. Untuk memperoleh hal tersebut, melatih anak untuk belajar atau mengikuti kursus saja tidak cukup. Anda juga harus memberikan asupan nutrisi penting bagi perkembangan otak anak.

Pemenuhan nutrisi yang cukup untuk anak dapat membantu menjaga kesehatan mental serta mendukung pertumbuhan saraf yang berhubungan dengan IQ, daya kognitif, serta kemampuan akademis. Nutrisi tersebut dapat Anda peroleh dari beberapa jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi otak.

Tips Memberikan Suplemen Vitamin untuk Anak

Cermat Melihat Komposisinya

Memberi suplemen pada anak sebaiknya memperhatikan komposisi yang tepat. Biasanya suplemen tersebut mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, C, dan D serta mineral tertentu untuk melengkapi kekurangan asupan nutrisi. Hindari suplemen anak dengan kandungan karbohidrat seperti gula, yang biasanya disukai anak, karena memiliki efek samping bisa menyebabkan obesitas apabila diberikan terlalu sering.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Anak

Sebaiknya pilih vitamin yang diformulasikan khusus untuk anak-anak dan sesuai dengan kebutuhannya. Saat ini banyak vitamin yang juga bisa dikonsumsi untuk semua usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun, akan lebih baik bila Anda memilih vitamin yang direkomendasikan khusus untuk anak-anak.

Anda dapat memilih vitamin C untuk anak yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh ataupun vitamin A untuk meningkatkan kemampuan penglihatannya. Selain itu, pilihlah vitamin anak dengan rasa yang disukai dan mudah meminumnya. Anda juga dapat mengonsultasikan kebutuhan vitamin anak Anda pada dokter sebelum memutuskan membeli suplemen.

Teliti Memilih Produk

Anda harus teliti dan cermat memilih suplemen yang tepat untuk anak Anda. Perhatikan kemasan suplemen yang biasanya berisi informasi manfaat, dosis, cara penyimpanan, dan peringatannya. Pilih pula yang telah teruji klinis agar aman digunakan. Pastikan pula bahwa suplemen tersebut sudah terdaftar di Badan POM Departemen Kesehatan.

Berikan Vitamin dengan Dosis Rendah

Memberikan vitamin ke anak-anak sebaiknya sesuai dengan kebutuhan dan dalam dosis rendah. Hal ini karena vitamin yang larut dalam lemak dapat menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh, yaitu penimbunan pada jaringan tubuh. Memberikan vitamin secara berlebihan justru akan berbahaya dan bukan menyehatkan.

9 Rekomendasi Vitamin Otak Anak Terbaik

Scotts Emulsion

Scott Emulsion merupakan vitamin anak yang dibuat dari minyak hati ikan kod dari laut Islandia. Vitamin ini mengandung omega-3 (DHA + EPA) yang dapat membantu memelihara perkembangan otak.

Selain itu, diperkaya dengan vitamin A dan D yang dapat membantu pertumbuhan fisik dan jaringan otak anak. Produk ini berbentuk cair yang mudah diserap tubuh dan telah tersertifikasi halal. Tentunya akan lebih mudah bagi anak-anak untuk mengonsumsi vitamin dalam bentuk cair.

Penggunaan pada anak-anak usia 1-6 tahun sebaiknya 1 kali sehari sebanyak 1 sendok makan penuh (15 ml). Sedangkan anak-anak usia 7-12 tahun dapat diberikan 2 kali sehari sebanyak 1 sendok makan penuh (15 ml). Bagi usia di atas 12 tahun bisa diberikan 3 kali sehari sebanyak 1 sendok makan penuh (15 ml).

Harga Rp. 43.000-72.000

Cerebrofort Gold

Cerebrofort Gold merupakan suplemen multivitamin dan nutrisi otak untuk membantu tumbuh kembang anak, menjaga metabolisme, sekaligus sistem imun tubuh. Suplemen ini memiliki kandungan AA, DHA, EPA , L-GLutamic Acid, folic acid, mineral, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin D, serta vitamin C. Tersedia dalam kemasan dus dan botol dalam ukuran 200 ml.

Konsumsi Cerebrofort Gold dapat dicampur dengan susu ataupun jus buah. Aturan pemakaian untuk anak usia 6-12 tahun sebanyak 2 kali sehari, untuk anak usia 1-6 tahun sebanyak 1 kali sehari, dan anak usia 4 bulan-1 tahun sebanyak 1 kali sehari. Kontraindikasi dari suplemen ini berupa hipersensitivitas dan apabila terjadi reaksi alergi sebaiknya segera hentikan pemakaian.

Harga Rp. 27.500-86.000

Appeton Taurine

Appeton Taurine merupakan vitamin beraroma buah-buahan dalam bentuk sirup yang mudah larut dan diserap tubuh. Vitamin ini bermanfaat untuk menunjang tumbuh kembang anak, meningkatkan kecerdasan dan daya tangkap anak, mempertajam penglihatan, dan menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Selain itu, kandungannya dapat memaksimalkan penyerapan kalsium untuk menambah tinggi dan berat badan anak. Dilengkapi Dose-Master sehingga Appeton Taurine mudah dipergunakan tanpa perlu dikocok. Caranya cukup teteskan langsung di atas lidah atau bisa dicampurkan susu dan jus buah.

Appeton Taurine sangat aman dikonsumsi karena tidak mengandung bahan pewarna buatan, bebas alkohol, dan sudah dilengkapi taurine, vitamin A, D dan E. Aturan pemakaian yang sesuai, yaitu 2,5 ml untuk umur anak kurang dari 4 tahun. Sedangkan anak umur lebih dari 4 tahun yaitu 5 ml.

Harga Rp. 83.000-360.000

Brainking Plus

Brainking Plus atau B King merupakan nutrisi otak herbal berbentuk cairan dibuat dari zat aktif tanaman organik yang mampu meningkatkan kinerja otak dan saraf tepi. Bekerja secara langsung ke saraf pusat otak dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit sekaligus tanpa memberikan efek samping.

Vitamin ini dapat dikonsumsi semua anak dalam kondisi apa pun, baik normal ataupun berkebutuhan khusus, seperti autisme ASD, ADHD, ADD semua, ketidakmampuan belajar, bahasa, dan perilaku.

Brainking Plus atau B King telah melalui penelitian panjang sekitar 13 tahun dengan sangat cermat sehingga aman digunakan. Aturan minum Brainking Plus atau B King sebaiknya diminum pagi hari setelah bangun tidur dengan cara diteteskan di bawah lidah.

Harga Rp. 330.000-385.000

Vidoran Smart

Vidoran Smart merupakan suplemen multivitamin rasa jeruk manis dalam bentuk sirop yang dapat berfungsi sebagai sumber vitamin C. Suplemen multivitamin ini dapat membantu tumbuh kembang anak sekaligus meningkatkan kemampuan belajar anak.

Dengan kandungan omega 3 (DHA-EPA), vitamin B kompleks, dan vitamin C yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral anak selama masa pertumbuhan sekaligus memperbaiki nafsu makan si kecil. Komposisinya berupa sirup glukosa, gula pasir, air, gelatin sapi, laktosa dengan perisa identik alami jeruk, dan pemanis alami sorbitol dan manitol. Sebaiknya dikonsumsi 1 kali sehari sesudah makan.

Harga Rp. 14.000-105.000

Nutrimax Kidz Omega-3

Nutrimax Kidz Omega 3 merupakan vitamin penunjang pertumbuhan tinggi badan anak. Vitamin ini dapat mendukung tumbuh kembang anak sekaligus melindungi dari bahaya penyakit degeneratif dan kardiovaskular.

Dilengkapi dengan kandungan omega-3 berkualitas tinggi (70% pharmaceutical grade), zinc, vitamin D, magnesium, kalsium sitrat, dan kalsium askorbat. Kandungan tersebut berperan dalam memperkokoh struktur tulang, menambah kepadatan tulang, dan membantu penyerapan kalsium.

Diperkaya juga dengan natural lemon essence oil sehingga tidak berbau amis dan ekstrak minyak ikan salmon yang bebas dari polutan. Vitamin ini berbentuk tablet kunyah yang aman bagi lambung dan ginjal dengan pemakaian 1-2 tablet setiap hari setelah makan pagi atau siang.

Harga Rp. 115.000-656.000

Nature's Health Omega Junior

Nature's Health Omega Junior merupakan suplemen kesehatan dari Nature Farm untuk mengoptimalkan kesehatan fisik dan mental. Dengan kandungan asam lemak tak jenuhnya sangat membantu tubuh dalam proses biologis.

Kandungan di dalamnya juga berperan dalam pembentukan dan perkembangan sel otak. Membantu meningkatkan daya pikir dan konsentrasi, terutama dalam melakukan keterampilan.

Bentuk vitamin ini berupa cangkang softgel yang mudah digigit dan mudah larut. Berikan 1-3 tablet setiap hari untuk anak usia 2 tahun ke atas. Perlu diperhatikan bahwa vitamin ini tidak dianjurkan pada anak yang alergi terhadap ikan.

Harga Rp. 110.000-299.000

Nature's Way Kids Smart Drops

Nature's Way Kids Smart Drops merupakan sumber makanan penambah vitamin dan nutrisi tubuh. Membantu meningkatkan kadar vitamin D pada anak-anak sejak usia 4 minggu. Vitamin ini mempunyai berbagai manfaat seperti menjaga sistem kekebalan tubuh dan otot sehat sekaligus membantu tumbuh kembang anak.

Dapat pula digunakan untuk mengembalikan kadar bilirubin normal bagi bayi baru lahir dengan kondisi kuning ataupun kekurangan vitamin D3. Vitamin ini bisa dikonsumsi dengan cara langsung dimasukkan ke mulut. Apabila anak tidak menyukai minum vitamin, bisa juga dicampurkan bersama dengan susu, makanan, atau jus.

Harga Rp. 180.000-486.000

VitaBrain VB Centella Pegagan

VitaBrain VB Centella Pegagan merupakan suplemen vitamin otak yang memiliki berbagai manfaat seperti melancarkan peredaran darah ke otak, membantu perkembangan sel-sel otak, dan mengatasi insomnia. Kandungannya dapat mempercepat penyembuhan luka serta menambah daya ingat dan konsentrasi.

Memiliki kandungan 100% centella asiatica tanaman pegagan (antanan_. Selain itu, kandungannya diperkaya dengan vitamin B1, B2, B3, C, dan garam mineral. Ada juga triterpenoid yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi mental dan memperlancar peredaran darah ke otak.

Vitamin ini telah memiliki sertifikat halal MUI dan terdaftar di Badan POM sehingga aman dikonsumsi. Cara penggunaannya bisa diminum sebelum makan. Vitamin ini juga dapat dikonsumsi oleh anak-anak normal ataupun berkebutuhan khusus, seperti autisme, hiperaktif, dan down syndrome.

Harga Rp. 251.000-299.000
From our editorial team

Pilih Suplemen Vitamin yang Tepat untuk Mendukung Kecerdasan Anak

Berbagai produk suplemen vitamin untuk mendukung kecerdasan anak sangat beragam. Pilih suplemen vitamin anak yang tepat sesuai dengan dosis dan kebutuhan. Pemberian suplemen vitamin anak sesuai kebutuhan akan membuat kecerdasannya tumbuh secara maksimal.