10 Rekomendasi Madu Anak Terbaik agar Nutrisinya Terpenuhi (2021)

10 Rekomendasi Madu Anak Terbaik agar Nutrisinya Terpenuhi (2021)

Untuk buah hati, kita ingin memberikan segala yang terbaik. Demi melengkapi nutrisi buah hati, kita juga tak jarang memberikannya multivitamin atau minuman yang bikin daya tahannya makin terjaga. Salah satunya adalah memberikan madu. Nah, cek aturan mengonsumsi madu untuk anak agar tidak salah kaprah. Cek juga manfaat mengonsumsi madu untuk anak-anak agar Anda tahu manfaat baiknya!

Mengonsumsi Madu Ada Aturannya

Madu merupakan salah satu bahan makanan yang kaya manfaat. Bukan hanya untuk orang dewasa melainkan juga untuk anak-anak. Diproduksi oleh lebah madu, bahan makanan yang satu ini rasanya manis dan tentu saja disukai anak. Madu bisa diminum langsung dan bisa juga diolah menjadi minuman atau makanan untuk anak.

Namun, yang perlu Anda tahu, mengonsumsi madu untuk anak-anak harus mengikuti aturan yang ada. Ini karena sistem tumbuh kembang anak-anak berbeda dengan kita yang sudah dewasa. Maka dari itu, agar tidak membahayakan, ada baiknya Anda tahu aturan tepatnya.

Pertama, tentu saja kita melihat takarannya. Dalam madu ada kandungan gulanya. Meski kandungan gulanya lebih aman daripada gula tebu, namun tetap saja gula pada madu bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Jika tak ingin anak jadi obesitas, maka perhatikan takaran yang pas untuk buah hati, ya.

Pastikan anak meminum madu pada waktu terbaiknya. Madu akan berinteraksi dengan enzim yang ada di dalam perut secara maksimal jika diminum di saat yang tepat. Madu juga bisa menunjang aktivitas tubuh dan otak anak saat ia beraktivitas seharian.

Hindari memberikan madu pada anak yang usianya masih di bawah 1 tahun. Madu memiliki kandungan bakteri Clostridium botulinum yang kurang baik untuk anak usia 1 tahun. Bakteri ini bisa menyebabkan penyakit botulisme alias keracunan pada saraf tulang belakang dan otot sehingga menyebabkan kelumpuhan. Jadi, hindari memberikan madu pada anak bayi, ya.

Madu sebaiknya tidak dicampur dengan air hangat atau air panas. Ini karena enzim dalam madu bisa kurang berkhasiat. Sebaiknya madu diminum langsung atau dicampur dengan air dingin.

Hindari menyimpan madu dalam kulkas karena madu bisa jadi bergas dan kadar airnya tinggi. Ini akan menyebabkan fermentasi dan bikin madu jadi kurang berkhasiat.

Manfaat Madu untuk Anak

Meredakan Batuk Pilek

Batuk dan pilek adalah dua penyakit yang lekat dengan anak-anak. Salah makan hingga aktivitas yang terlalu padat, bikin anak mudah terserang batuk pilek. Belum lagi jika ia tidak rajin cuci tangan, pastinya batuk pilek jadi cepat menyerang.

Anda bisa berikan madu untuk menanganinya. Madu bisa meredakan peradangan pada saluran nafas anak. Selain itu madu juga bisa bikin anak lebih maksimal saat istirahat karena batuk dan pilek berkurang.

Untuk Mual, Diare, dan Asma

Anak-anak rentan terserang mual dan diare. Dua penyakit ini merupakan tanda bahwa tubuh akan mengeluarkan zat-zat berbahaya dari sistem pencernaan. Sayangnya, diare kadang bertahan lama sehingga membuat anak terasa kelelahan dan merasa tersiksa. Karena itu, segera berikan madu pada anak yang sedang mual dan diare. Madu akan membasmi bakteri gastroenteritis penyebab diare. Mual juga bisa berhenti karena rasa manis alami madu bisa menetralisir rasa mual di mulut.

Madu juga bisa menyembuhkan asma. Dalam madu ada senyawa alami yang mudah diserap oleh tubuh. Ini akan membuat keluhan asma mereda dan bikin anak lebih bugar.

Memperkuat Imun

Mengonsumsi madu untuk anak juga bisa memperkuat sistem imunnya. Kita tahu tubuh anak sangat rentan terserang penyakit. Madu kaya akan zat besi dan vitamin kompleks yang bisa berkonstribusi untuk memperkuat daya tahan tubuhnya. Mengonsumsi madu secara rutin bikin anak tak mudah sakit dan juga membuatnya lebih berenergi.

Sumber Probiotik Alami

Madu merupakan sumber probiotik alami yang bisa menjaga sistem pencernaan buah hati. Probiotik adalah bakteri baik yang bisa membantu melawan bakteri jahat pada tubuh buah hati. Di dalam madu juga ada enam jenis bakteri lactobacillus alami yang bisa membantu penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi anak jadi lebih maksimal.

Ini Dia Rekomendasi Madu Anak yang Bisa Dikonsumsi

Tresnojoyo Joybee Madu

Tresnojoyo Joybee Madu merupakan pilihan tepat untuk buah hati. Produk yang satu ini sudah terpercaya sejak lama. Bukan hanya berisi madu namun juga dicampur dengan multivitamin sehingga manfaatnya jadi berlipat ganda. Produk ini akan meningkatkan daya tahan tubuh, mengoptimalkan fungsi otak, memperbaiki nafsu makan, dan juga bisa mencegah sariawan dan panas dalam pada anak. Joybee juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak dalam kesehariannya. Asyiknya lagi, produk tersedia dalam tiga varian rasa, yaitu original, stroberi, dan jeruk. Anak pasti suka dan kita jadi lega karena kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Harga Rp. 12.000-14.000

Madu Syamil

Madu Syamil merupakan madu yang cocok untuk buah hati Anda. Produk ini hadir dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Terbuat dari aneka bahan herbal seperti zaitun, kurma, hingga habbatussauda, produk ini bisa menutrisi tubuh buah hati dengan lebih baik. Madunya juga kental dan kaya manfaat. Produk ini bisa bikin buah hati main nafsu makan, memiliki sistem imun tinggi, dan bisa lebih sehat. Dikemas dalam botol, produk ini mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 13.700-25.000

Rumaysho Madu Salmon

Rumaysho Madu Salmon adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk ini hadir dengan tambahan minyak ikan salmon. Dalam minyak salmon kaya akan kandungan Omega-3, 6, dan 9 yang mampu menunjang kemampuan kognitif anak. Madu ini tidak amis dan rasanya enak sehingga sangat disukai buah hati.

Madu ini juga akan membuat si kecil lebih nafsu makan. Produk juga hadir dengan sari kurma yang bisa menjaga daya tahan tubuhnya. Madu sudah BPOM jadi aman untuk dikonsumsi anak.

Harga Rp. 40.100-58.344

Madu Antariksa

Madu Antariksa adalah madu dengan kandungan gamar emat. Bahan ini adalah jenis teripang atau timun laut yang kaya manfaat dan nutrisi untuk anak. Di dalamnya juga kaya akan esktrak elbumin dan temulawak yang bisa bikin anak jadi nafsu makan.

Madu ini bisa membuat proses penyembuhan anak akibat infeksi virus dan bakteri bisa lebih cepat. Selain itu, madu juga bisa berfungsi untuk melancarkan proses pencernaan dan memberikan efek antiperadangan pada tubuh si kecil. Madu sudah BPOM dan juga sudah ada label halal.

Harga Rp. 90.000-162.000

Alshifa Natural Honey

Alshifa Natural Honey adalah produk yang teksturnya tidak terlalu kental. Madu yang satu ini cocok untuk anak-anak karena lebih mudah ditelan. Madunya memiliki rasa enak sehingga sangat disukai anak-anak. Madu murni Arab ini hadir dengan rasa manis yang tidak bikin eneg. Madu dilengkapi dengan sertifikasi BPOM dan label halal.

Harga Rp. 26.000-100.000

Madu Anak Pintar Plus

Madu Anak Pintar Plus hadir dengan ekstrak kulit manggis sehingga bisa menutrisi buah hati dengan lebih baik. Sistem imunnya jadi lebih kuat dan asupan nutrisi hariannya terjaga. Produk bisa mencegah gangguan autisme pada anak. Kaya akan asam amino, serotonin, triptofan, dan asam lemak, madu yang satu ini bikin anak terhindar dari kekurangan zat gizi.

Madu juga kaya akan zaitun, spirulina, sari kurma, pegagan, dan habbatussauda yang bikin anak jadi makin sehat. Anak doyan makan dan juga lebih cepat sembuh dari sakit. Produk dibekali sertifikasi BPOM dan label Halal.

Harga Rp. 13.000-38.000

Essenzo Kids Honey

Essenzo Kids Honey mampu memaksimalkan tumbuh kembang anak. Hadir dengan kandungan royal jelly, produk ini bisa juga untuk meningkatkan kemampuan berpikir anak. Dihasilkan oleh koloni lebah madu, produk ini kaya akan vitamin B kompleks yang bikin sistem imun anak jadi lebih kuat. Dikemas dalam botol kaca yang gelap dan tebal, khasiat dan manfaat madunya jadi terjaga dengan lebih baik. Ada label halal dan BPOM jadi aman dikonsumsi buah hati.

Harga Rp. 86.000-215.000

Depol Madu Stop Ngompol

Depol Madu Stop Ngompol merupakan madu yang unik untuk buah hati. Dengan madu ini, maka Anda bisa membantu menghentikan kebiasaan anak mengompol. Terbuat dari bahan ekstrak herbal berkualitas, produk diproses dengan konsep Ath-Thibbun Nabawi. Konsep ini terbukti membantu menyembuhkan keluhan berhubungan dengan saluran kemih. Rutin mengonsumsi madu bisa membuat kebiasaan mengompol pada anak bisa berhenti. Produk sudah ada sertifikat BPOM dan juga label halal.

Harga Rp. 145.000-150.000

Nutribee Smart - Madu Anak

Nutribee Smart - Madu Anak ini tidak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini hadir dengan suplemen kecerdasan otak. Madu ini juga bisa membantu tumbuh kembang anak. Dengan rutin mengonsumsinya, nafsu makan anak juga bisa meningkat. Berat badan anak meningkat jadi lebih ideal. Madu juga bisa membantu konsentrasi belajar buah hati. Produk ini bisa juga untuk menambah kekebalan tubuh buah hati. Ini karena di dalamnya kaya akan kurma, zaitun, habbatussauda, propolis, omega 3, dan temulawak, selain madu murni.

Harga Rp. 120.000-135.000

El-Iman Madu Batuk Hitam

El-Iman Madu Batuk Hitam ini adalah rekomendasi terakhir dari kami. Madu ini hadir dengan jahe merah dan ekstrak daun mint. Bahan tersebut bisa membuat buah hati lebih aman dari serangan batuk dan pilek. Bahan tersebut juga bisa melegakan tenggorokan dan menghangatkan badan. Cukup minum sesendok makan madu setiap hari sebelum anak tidur. Rasanya enak dan pastinya bikin si kecil suka.

Harga Rp. 15.000-22.000
From our editorial team

Madu Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Kita tahu bahwa tidur merupakan saat yang penting untuk tumbuh kembang anak. Agar tidurnya jadi lebih maksimal maka sebaiknya Anda berikan madu sebelum ia tidur. Mengonsumsi madu bikin jumlah glukogen dalam hati akan bertambah. Tercukupinya glukogen bisa bikin produksi hormon stres seperti kortisol dan adrenalin menurun. Hormon tersebut bisa mengganggu proses tidur anak dan membuatnya insomnia. Dengan mengonsumsi madu dicampur air mineral, maka anak akan lebih cepat tidur dan tidurnya juga lebih berkualitas sehingga baik untuk kesehatannya.

Tag