Berikan 30 Kado untuk Anak Laki-Laki Usia 5 Tahun Ini untuk Mengasah Bakatnya, Rekomendasi Psikolog Handal! (2022)

Berikan 30 Kado untuk Anak Laki-Laki Usia 5 Tahun Ini untuk Mengasah Bakatnya, Rekomendasi Psikolog Handal! (2022)

Memiliki anak laki-laki membuat kita harus lebih ekstra menjaganya. Anak laki-laki punya tenaga ekstra dan lebih aktif di tiap usianya. Sebagai orangtua, kita harus lebih sigap menyikapi keaktifan anak. Di usia 5 tahun, ia tentu bisa diajarkan banyak hal. Simak apa saja yang bisa Anda ajarkan padanya! Dengan begini, diharapkan pertumbuhan anak jadi lebih maksimal.

Usia 5 Tahun Saat Anak Bisa Mulai Belajar Banyak Hal Baru

Melalui rekomendasi kado yang telah kami susun di bawah ini, kamu bisa memilih kado yang tepat sesuai dengan masing-masing aspek perkembangannya, karena rekomendasi kado dari kami berikut ini telah kami kelompokkan berdasarkan aspek perkembangan dan kegunaannya, sehingga nantinya kado dari kamu akan sangat bermanfaat bagi si kecil.

Hal-Hal ini Bisa Dilakukan untuk Mendukung Perkembangan Anak di Usia 5 Tahun

Mulai Biasakan Beribadah

Ajarkan pendidikan agama pada anak sedini mungkin. Di usia 5 tahun, kamu bisa mengajarkan anak untuk mulai rutin beribadah. Ajak ia bersama-sama beribadah agar ia makin bersemangat.

Pendidikan agama sangat penting dalam pembentukan karakter anak. Dengan mengajarkan agama sedini mungkin, mereka akan mengerti akan prinsip agama. Ini juga bisa memberikan arah yang positif bagi anak. Jika prinsip agama sudah melekat kuat maka anak akan terbiasa rajin beribadah tanpa disuruh hingga dewasa.

Ajarkan Berkata Baik dan Lembut

Kamu bisa juga mengajarkan buah hati untuk berkata baik dan lembut di usianya ini. Hal ini harus dimulai dari sikapmu pada buah hati. Saat ia salah, beritahu ia tanpa membentaknya. Pilih kata-kata yang baik dan lembut agar ia mengerti tanpa merasa terintimidasi.

Saat kamu berkata dengan lembut, tentu anak akan lebih mudah mengerti ucapan dan maksudmu. Selain itu, anak juga akan meniru tingkah laku dan ucapanmu untuk berkata baik dan lembut. Ini karena anak seusianya akan mulai melakukan dan meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Jika kamu kerap berkata kasar maka jangan heran jika anak juga bisa marah, membentak, dan berkata kasar.

Berikan Rangsangan Motorik untuk Tahu Minatnya

Tingkatkan motorik si kecil dengan memberikannya rangsangan yang tepat. Motorik halus dan motorik kasar si kecil bisa dilatih dengan baik melalui sederet aktivitas. Misalnya, untuk melatih motorik kasarnya kamu bisa memberinya kesempatan bermain bersama temannya, melompat, berlari, memanjat, dan lain sebagainya yang membutuhkan keseimbangan tubuh. Kamu bisa juga mengajarkannya main sepeda atau sepatu roda untuk melatih motorik kasarnya.

Sementara itu, untuk melatih motorik halusnya, kamu bisa mengajaknya untuk menggambar, mewarnai, menggunting, bermain puzzle, dan lain sebagainya. Kamu bisa juga melibatkan anak dalam kegiatan bersih-bersih rumah, membentuk sesuatu, dan berkreasi membuat prakarya.

Dengan mengasah motoriknya maka anak bisa lebih baik berkembang. Selain itu, kamu juga bisa menggali bakatnya. Kamu bisa lihat dari sederet kegiatan yang ia lakukan, manakah yang sekiranya sangat disukai si kecil. Misalnya ia sangat bersemangat mewarnai, maka mungkin saja ia berbakat dalam hal menggambar, seni lukis, dan lainnya.

Latih Kemampuan Bersosialisasi dan Kemandiriannya

Latih anak untuk mandiri sejak dini. Usia 5 tahun jika anak belum mandiri maka sudah bisa diajarkan untuk mandiri. Kamu dapat mulai memintanya untuk pakai baju sendiri atau pakai sepatu sendiri. Ajarkan ia untuk merapikan mainan dan tempat tidur. Berbagai kebiasaan sederhana ini secara tidak langsung mengajarkan anak agar lebih mandiri.

Latih juga kemampuan bersosialisasinya. Ajarkan ia untuk meminta izin, berterima kasih, meminta maaf, dan lain-lain. Saat ia bersosialisasi dengan temannya, ajarkan ia untuk selalu bergaul dengan baik dan tidak mengganggu temannya.

Berikan 30 Rekomendasi Kado ini untuk Anak Laki-laki usia 5 Tahun Guna Mendukung Tumbuh Kembangnya

Melalui rekomendasi kado yang telah kami susun di bawah ini, kamu bisa memilih kado yang tepat sesuai dengan masing-masing aspek perkembangan si kecil, terutama anak laki-laki usia 5 tahun yang sedang dalam masa aktifnya dengan keingintahuan yang besar.

Misalnya, kado untuk mendukung perkembangan kreatifnya banyak mengandung unsur seni. Lain halnya dengan rekomendasi bingkisan untuk mengasah kemampuan kognitif yang melibatkan unsur akademis seperti permainan dengan menggunakan pikiran, logika, kemampuan sains dan berhitung. Sedangkan kemampuan afektif hendaknya didukung oleh pemberian kado yang bisa anak gunakan untuk mengelola perasaan dan menumbuhkan empati terhadap sekitarnya, dan kemampuan psikomotorik yang berkaitan dengan kegiatan praktis sehari-hari yang melibatkan otot dan fisik.

Walaupun seluruh aspek kemampuan anak tersebut sedikit banyak saling beririsan, namun kado yang kamu berikan pastinya akan menambah kapasitas anak sehingga tidak hanya menunjang penampilan luarnya saja, namun anak dapat memaksimalkan tumbuh kembangnya.

Kado untuk Anak Laki-laki Usia 5 Tahun yang Dapat Mendukung Aktivitasnya Sehari-hari

1. Tas Sekolah Superhero Model Ransel, Agar Anak Semakin Semangat Ke Sekolah

Kebanyakan anak usia 5 tahun sudah memulai pendidikan formalnya. Walaupun terkadang menjadi tantangan bagi para orang tua dan keluarga, kegiatan sekolah seharusnya menjadi hal yang menyenangkan bagi si kecil.

Yuk, semangati si kecil dengan memberikan kado berupa tas sekolah dengan karakter superhero kesukannya. Ingat, pada usia 5 tahun, anak memiliki kecenderungan mempunyai sosok tokoh atau idola, lho! Tak jarang karakter superhero selalu menjadi andalannya.

Harga Rp. 54.900-399.900

2. Tempat Minum Anak Berbentuk Roket, Menjaga Si Kecil Agar Selalu Terhidrasi

Dengan keaktifan serta aktivitas si kecil yang padat, kamu pasti ingin sang anak tercukupi kebutuhan airnya. Jangan biarkan anak malas untuk minum air putih. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mempertimbangkan tempat minum anak berbentuk roket ini sebagai kado manis darimu untuk sang buah hati.

Bentuknya sangat menarik dan menumbuhkan rasa ingin tahu si kecil terhadap seluk beluk luar angkasa, lho! Wah, bisa banget, nih, mencukupi kebutuhan air si kecil sembari mengenal sains.

Harga Rp. 55.000-145.000

3. TOEZONE Asher, Sepatu Anak Laki-laki Stylish dan Nyaman

Keaktifan si kecil terkadang membuat kita khawatir akan kenyamanan alas kakinya. Jangan remehkan hal ini! Kaki sebagai penopang tubuh si kecil sudah seharusnya mendapatkan sepasang alas yang tidak hanya melindungi kaki anak, tetapi juga memberikan kenyamanan, dan kalau bisa, sih, didukung dengan model yang keren.

TOEZONE menjawab kekhawatiran para orang tua. Sepatu ini bergaya casual sporty yang dilengkapi zipper yang kokoh dan kuat. Untuk selalu menjaga kenyamanan si kecil, bahan mesh dan synthetic dipilih untuk melapisi bagian upper. Pada bagian outsole, TOEZONE memilih bahan phylon guna menjaga keringanan sepatu sehingga tetap nyaman digunakan anak.

Harga Rp. 197.000-279.600

4. Kaos Kaki Anak Karakter Dinosaurus, Pelindung Kaki yang Lucu Agar Anak Betah

Biasakan untuk selalu menggunakan kaos kaki saat diperlukan. Namun, pemilihan bahan yang salah justru dapat membuat kaki si kecil menjadi gerah, berkeringat, sehingga menimbulkan bau dan gatal. Maka, cari yang berbahan nyaman serta berdesain unik nan lucu agar si kecil semakin betah memakai kaos kaki.

Kami merekomendasikan kado berupa kaos kaki anak dengan karakter dinosaurus yang identik dengan anak laki-laki yang aktif. Dinosaurus merupakan salah satu karakter hewan yang meskipun sudah punah, tetap bisa menggelitik rasa penasaran si kecil mengenai jaman purba. Kapan lagi bisa memakai kaos kaki sambil mengenal sejarah fauna?

Harga Rp. 16.900-57.230

5. MINISO X MARVEL Lunch Box Membuat Anak Semangat Makan Siang

Susah makan merupakan momok bagi seluruh orang tua. Bagaimana tidak, anak usia 5 tahun yang memiliki pergerakan tinggi harus dipantau terus kecukupan nutrisi dan tumbuh kembangnya. Susah makan dapat mengurasi rasa aman orang tua terhadap kecukupan gizi dan nutrisi anak.

Kamu bisa memberikan kotak makan siang lucu ini yang merupakan kolaborasi antara Miniso dan Marvel. Ukuran diameter 10cm dan 8,7cm, lunch box ini cukup untuk menampung makan siang si kecil. Cara penggambaran karakter Marvel yang unik pada tempat makan ini pun akan menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi anak.

Harga Rp. 26.000-184.000

6. SABINEE AND HEEM Sal Knit Shirt, Kaos Polo Anak Ala Retro 70s

Wajar saja kamu sedikit bingung dalam memberikan rekomendasi penampilan pada anak laki-laki berusia 5 tahun, karena memang aksesoris penunjang penampilan anak laki-laki tidak sebanyak dan selengkap fashion items anak perempuan.

Sekarang kamu bisa membuktikan bahwa banyak brand lokal yang telah berlomba-lomba memberikan desain terbaiknya untuk anak-anak. Salah satunya adalah Sabinee and Heem ini yang selalu mengedepankan gaya retro bagi anak laki-laki maupun perempuan.

Kali ini memilihkan kaos polo yang sekiranya akan menjadi baju favorit sang buah hati, karena selain bahannya nyaman dan tidak menimbulkan panas, desain retro yang kental juga menjadikan kaos polo ini dapat digunakan baik untuk acara semi-formal maupun acara formal.

Harga Rp. 299.000

7. Jam Tangan Anak SKMEI 0817 Airplane Combat, Kado Fungsional dengan Desain Futuristik

Kado jam tangan pasti akan membuat anak mulai mengenal konsep waktu dan menumbuhkan rasa mandiri serta kedisiplinan pada anak. Untuk anak laki-laki berusia 5 tahun, kami merekomendasikan jam tangan SKMEI 0817 dengan model Airplane Combat.

Jam tangan ini tentunya akan menjadi kado yang menarik dan membuat sang putra bahagia. Pertama, desain futuristik khas pesawat tempur membuat anak merasa menjadi salah satu bagian dari misi luar angkasa. Kedua, kualitas jam tangan ini tidak perlu diragukan lagi.

Dengan beberapa fiturnya seperti anti air atau water resistant, alarm, chronograph, kalender, stopwatch, shock resistant, dan lain sebagainya, jam tangan ini jelas bisa diandalkan. Ketiga, terdapat beberapa pilihan warna yang sangat modern dan edgy, hal ini dapat menunjang penampilan sang buah hati.

Harga Rp. 81.700-172.000

8. Meja Belajar Lipat Anak Whiteboard Karakter, Cocok Untuk Menyemangati Belajar

Serapih apapun kamar bermain dan belajar anak, pasti ada kalanya sang anak belajar di sudut rumah lainnya selain kamarnya sendiri. Supaya tidak terlalu berantakan dan masih dapat terorganisir, nampaknya kamu memerlukan meja belajar lipat yang dilengkapi whiteboard ini, deh!

Dengan berbagai pilihan karakter yang tergambar sebagai ilustrasi pada meja, sang buah hati tentu akan lebih semangat belajar! Ada berbagai macam gambar karakter, ukuran, serta warna meja lipat yang bisa kamu pilih. Jangan lupa untuk memilih jenis kayu yang sudah melalui proses tahap pengaplikasian politur vernis agar permukaan kayu halus dan aman bagi anak.

Harga Rp. 47.900-149.900

Rekomendasi Kado untuk Menggali Potensi Kreatif Anak

9. MIISOO Set Alat Pewarna 208pcs, Membuat Si Kecil Bebas Bekreasi

Ingin mengajarkan anak untuk menggambar dan melukis, atau minimal mengenal perpaduan warna dengan baik? Atau mungkin kamu bingung jenis pewarna apa yang bisa digunakan untuk pemula? MIISSO Set Alat Pewarna 208pcs akan memudahkanmu untuk membimbing anak dalam menggambar dan melukis.

Dengan menghadiahkan anak MISSO Set Alat Pewarna 208 pcs ini, kamu akan mendapatkan 24 pensil warna, 36 markers, 24 krayon, 24 krayon oil, 20 klip, 12 cat air, kuas, palet, gunting, lem, penggaris, dan penghapus. Dengan koleksi selengkap ini yang tersimpan dalam sebuah case box berukuran 41 x 31cm, sang buah hati dapat mengenal warna, bentuk, berbagai media untuk menggambar, serta mengembangkan daya imajinasinya.

Harga Rp. 47.000-129.000

10. PLAYDOH Rex the Chomper, Mainan Edukatif dan Seru

Jika dahulu anak-anak kecil sering bermain dengan tanah liat karena teksturnya yang dapat dibentuk sesuka hati, maka permainan PLAYDOH ini adalah sejenis dengan deskripsi tersebut. Hanya saja, PLAYDOH yang merupakan plastisin mainan terkemuka sudah teruji keamanannya.

PLAYDOH Rex the Chomper memungkinkan anak untuk bermain plastisin dengan sentuhan material yang modern. Dengan permainan ini, si kecil dapat belajar mengenai tekstur, meningkatkan kreativitas, dan mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis dinosaurus.

Harga Rp. 289.000-379.000

11. SJCAM FunCam Kids Camera, Kini Buah Hati Dapat Belajar Menangkap Gambar

Jika kamu masih bingung untuk memberikan anak laki-laki sebuah kamera yang ramah anak, kamu bisa melirik SJCAM FunCam Kids Camera 2 inch LCD HD 1080p. Seperti namanya, kamera ini memang bertujuan untuk memberikan sentuhan fun pada pengalaman anak ber-gadget ria, seperti adanya game dan pilihan frame foto lucu.

Selain dapat digunakan untuk bermain games, berfoto, dan berkreasi dengan banyak opsi bingkai foto yang menarik, sang buah hati juga bisa merekam video dengan resolusi 1080Full HD (1920x1080), 1080P (1440x1080), 720P (1280x720), WVGA (848x480), VGA (640x480). Selain itu, kamera dengan daya baterai 800 mAh dan layar 1280 x 720 px HD. 2" ini dapat melakukan file transfer dengan cepat. Pasti anak kamu akan sulit berhenti untuk melepaskan kamera yang satu ini!

Harga Rp. 350.000-380.000

12. Kostum Superhero, Mengajarkan Anak untuk Bermain Peran

Nah, lagi-lagi tentang superhero, nih. Tidak perlu melarang anak laki-laki usia 5 tahun untuk mengidolakan superhero karena ternyata superhero dapat mengajarkan banyak hal kepada sang putramu, lho. Selain jiwa heroiknya, suka menolong, dan membela kebenaran, anak-anak akan selalu meniru tingkah laku idolanya tersebut.

Biarkan anak berkreasi dengan bebas melalui kostum superhero yang dapat membuatnya berperan menjadi idolanya tersebut. Anak akan belajar bermain peran yang pastinya akan meningkatkan kemampuannya dalam bidang seni kreatif.

Harga Rp. 70.205-348.000

13. Drum Set Anak untuk Menumbuhkan Minat Anak pada Musik

Jangan biarkan putra kesayanganmu menyalurkan ketertarikannya pada alat musik drum dengan memukul-mukul perabotan rumah tangga. Salurkan minat seninya tersebut melalui kado yang bisa kamu berikan kepadanya berupa drum set anak. Untuk harganya sendiri, sangatlah variatif, kamu tinggal menyesuaikan saja dengan preferensi dan budget kamu, ya!

Harga Rp. 65.000-4.000.000

14. Dream Tool Kit Koper, Ideal Untuk Melatih Imajinasi Anak

Dream Tool Kit Koper ini adalah produk yang bisa Anda berikan pada buah hati Anda. Anak laki-laki Anda bisa berlatih dan mengenal aneka peralatan pertukangan ini. Dikemas dalam koper berwarna merah cerah, produk ini mudah untuk dibawa saat bermain bersama teman-teman anak.

Di dalam koper terdapat obeng, cutter, palu, dan lainnya. Total ada 19 peralatan pertukangan di dalamnya. Anak bisa melatih imajinasinya untuk menjalankan peran sebagai seorang ayah. Mainan ini memiliki sertifikasi SNI. Produk yang satu ini berukuran 26 x 11 x 23 cm.

Harga Rp. 125.000-159.000

15. Keyboard Techno T5000, Latihan Musik Menjadi Kegiatan yang Menyenangkan

Keyboard Techno T5000 ini bagus untuk mengembangkan bakat anak. Berikan keyboard ini untuk hadiah ulang tahun anak yang ke-5. Keyboard ini bisa membuat anak lebih kreatif dan juga lebih semangat belajar musik. Keyboard ini memiliki 49 tuts dengan berbagai suara menarik. Ada 10 ritme, 8 perkusi, dan 8 lagu demo yang tersedia pada produk ini. Keyboard menarik ini juga dilengkapi 10 sustain. Dalam pembelian sudah ada micnya. Ada juga fitur record dan playback sehingga anak bisa merekam dan mendengarkan ulang permainannya.

Harga Rp. 350.000-699.000

Kado Anak Laki-laki Usia 5 Tahun untuk Mengasah Kemampuan Kognitif

16. Permainan Tetris Kayu, Melatih Koordinasi Mata dan Tangan Anak

Kamu tentu familiar dengan permainan tetris yang cukup legendaris yang bisa kamu temukan di berbagai gadget, mulai dari konsol hingga ponsel. Nah, kali ini kami merekomendasikan permainan tersebut yang hadir dalam bentuk fisik terbuat dari kayu.

Dengan tetris tiga dimensi ini dapat melatih kemampuan koordinasi tangan-mata anak, serta melatih anak untuk dapat lebih fokus berkonsentrasi dan berpikir logis. Warna-warnanya juga sangat cerah dan segar, membuat anak semakin bersemangat.

Harga Rp. 111.999-129.999

17. Mainan Edukasi Anak Eksperimen Ilmiah Erupsi Volkano, Belajar Sains Sembari Bereksperimen

Walaupun anak usia 5 tahun sudah memiliki rasa ingin tahu yag amat tinggi terhadap sekitar, termasuk fenomena dan bencana alam, tetapi tentu dengan keterbatasan kita, kita belum tentu dapat menjelaskan hal-hal ilmiah tersebut.

Untuk menjawab segala rasa penasaran anak akan pengetahuan, jangan lupa untuk ajak anak melakukan eksperimen ilmiah agar pemahamannya lebih berkembang. Coba berikan kado mainan edukasi eksperimen yang satu ini. Mainan ini merupakan alat peraga untuk menjelaskan fenomena erupsi volkano. Bahkan anak dapat melakukannya sendiri melalui petunjuk yang disertakan di dalamnya.

Harga Rp. 61.200-83.300

18. Mainan Balok Kayu Susun Untuk Merangsang Imajinasi Anak

Sama seperti permainan sejenis puzzle lainnya, mainan balok kayu susun ini dapat melatih sisi kofnitif anak melalui pemikiran logis, peningkatan fokus dan koordinasi, sekaligus koordinasi. Jika kamu memberikan sang putra kesayangan hadiah berupa balok kayu susun ini, ia juga akan berlatih mengenai bangun ruang dan berbagai bentuk serta dimensi dari sebuah benda. Selain itu, karena kemampuan imajinasinya juga akan terasah, ia dapat menciptakan berbagai bentuk yang ia suka.

Harga Rp. 65.000-709.900

19. Buku Berhitung Khusus Untuk Usia 5 Tahun, Cocok Sebagai Pengenalan Angka

Dalam mengajarkan hal-hal baru kepada anak, pasti kamu memiliki metode yang sudah disesuaikan dengan preferensi dan kebiasaan anak. Namun, apakah putra kesayanganmu sudah belajar mengenai angka dan pengenalan terhadap skill berhitung? Jika kamu ingin fokus mengajarkan anak untuk hitung dan pandai mengenali angka, berikan dan bimbinglah anak menggunakan buku ini. Dengan penjelasan yang dapat dimengerti dengan mudah, sang buah hati niscaya akan mudah dalam belajar.

Harga Rp. 10.500-153.000

20. Cognition Card, Permainan Mencocokkan Gambar yang Dapat Menstimulasi Kemampuan Kognitif

Hadiahi anak cognition card agar sesi bermain sambil belajarnya menjadi lebih seru. Melalui cognition card, anak dapat belajar berpikir logis dari berbagai macam perspektif sembari mengenal banyak benda-benda di sekitarnya. Cara mainnya juga cukup mudah, cognition card yang terdiri dari beberapa potongan gambar berbagai jenis benda sehari-hari yang dapat anak susun menjadi sebuah gambar utuh.

Pilihlah cognition card dengan warna-warna yang menarik dan gambar-gambar yang anak suka, supaya proses belajar menjadi lebih lancar dan membuatnya menjadi lebih semangat dalam menebak potongan-potongan gambar.

Harga Rp. 14.900-56.250

21. Buku Calistung Plus Siap Masuk SD, Satu Buku Banyak Materi Pembelajaran

Berbeda dengan rekomendasi kado buku sebelumnya yang hanya berfokus pada kemampuan berhitung, buku Calistung Plus Siap Masuk SD ini memiliki cakupan pembelajaran yang lebih luas, sangat cocok bagi anak usia 5 tahun dengan tingkat kemahiran yang cukup baik sebelumnya.

Mengenai isi serta cakupannya, selain mengandung pembelajaran berhitung, buku ini mengajarkan anak mengenal bentuk bidang, benda, hewan sayur dan alat transportasi. Selain itu, buku Calistung Plus Siap Masuk SD juga diciptakan untuk dapat merangsang ketelitian anak dengan melihat persamaan pada gambar yang tersedia.

Melihat banyaknya manfaat yang diberikan pada satu buku, item tentu bisa jadi hadiah menarik untuk buah hati dan dapat jadi persiapan dia sebelum masuk SD nantinya. Dengan penerbit Pustaka Ilham, buku ini memiliki tebal halaman 144 halaman.

Harga Rp. 45.000-111.000

Rekomendasi Kado Anak Laki-Laki Usia 5 Tahun untuk Mendukung Kemampuan Afektif

22. Buku Seri Mengenal Emosi, Mengedukasi Anak Berbagai Macam Eskpresi Manusia

Untuk mengenalkan pada anak mengenai kesehatan mental sejak dini, maka mengajarkan anak untuk mengekspresikan emosi dan menyalurkannya dengan tepat adalah hal yang sangat penting. Buku Seri Mengenal Emosi ini dapat kamu hadiahkan kepada sang putra tersayang agar ia dapat dengan mudah memahami masing-masing emosi dan ekspresi manusia.

Bimbinglah dalam mengeksplor buku ini sehingga melalui pembacaan yang tepat, anak akan terlatih untuk mengenali, mengelola, dan mengekspresikan emosinya, karena pada hakekatnya emosi adalah sesuatu yang abstrak. Anak akan menjadi lebih mandiri dan percaya diri karena semakin mengenal berbagai emosi yang ada pada dirinya.

Harga Rp. 188.000-265.000

23. Kartu Permainan Kisah Nabi dan Rasul, Referensi Teladan bagi Anak Sholeh

Nah, kalau yang ini, bisa kamu jadikan kado untuk anak sholeh yang paling kamu cintai. Ada banyak moral dan pelajaran yang dapat dijadikan teladan dari berbagai cerita nabi dan rasul.

Satu paket kartu permainan kisah nabi dan rasul ini terdiri atas 50 kartu permainan yang tidak hanya dapat dimainkan dengan 1 cara saja, lho! Setidaknya ada 4 macam permainan yang dapat dilakukan melalui paket ini, yakni memory game, match up game, sorting game, dan guessing game.

Semuanya itu dapat membantu si kecil meresapi kisah nabi dan rasul sekaligus menghafal alur ceritanya. Dalam paket ini juga terdapat peta perjalanan nabi, lho!

Harga Rp. 60.000-149.000

24. Alat Berkebun Anak untuk Menanamkan Rasa Cinta Terhadap Lingkungan

Lingkungan merupakan ekosistem yang harus dijaga dan dirawat kelestariannya, karena kalau tidak, tentu akan banyak bencana melanda. Anak sebagai generasi penerus merupakan sosok yang juga bertanggung jawab atas kelestarian lingkungan hidup. Namun untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan kenyataannya tidak semudah itu.

Untuk mempermudahnya, ajak anak berkebun. Popularitas kegiatan ini membuat berkebun tidak lagi ditujukan untuk kaum wanita saja, lho. Anak laki-laki yang berusia 5 tahun pun kini dapat turut andil dalam menghijaukan ruang sekitarnya melalui berkebun, maka memberikan kado alat berkebun anak adalah keputusan yang tepat.

Harga Rp. 13.000-189.000

25. Buku Dongeng Bergambar, Anak Dapat Mengambil Moral Cerita

Pada dasarnya menceritakan sebuah dongeng atau kisah akan mempermudah penyerapan si kecil. Karena anak dapat dengan lebih mudah belajar melalui ilustrasi gambar yang dapat bercerita. Kalau sebelumnya kami telah merekomendasikan alat peraga untuk memudahkan anak mencerna kisah nabi dan rasul, maka untuk kali ini kamu memberikan suggestion untuk dongeng kisah-kisah duniawi lainnya.

Kamu bebas memilih untuk memberikan hadiah si kecil berupa buku dongeng tentang apapun yang ia sukai, selama memiliki pesan moral yang berbobot dan dapat diterima dengan akal usia 5 tahun, pasti sesi bercerita sebelum tidur akan lebih menyenangkan dan bermanfaat.

Harga Rp. 30.000-498.000

Ide Kado Anak Laki-Laki Usia 5 Tahun yang Dapat Merangsang Kemampuan Psikomotorik

26. Papan Titian Anak, Melatih Keseimbangan Sembari Bermain

Jangan remehkan peran papan titian untuk perkembangan psikomotorik anak! Walaupun terlihat sangat simple dan sederhana, faktanya, papan titian yang terbuat dari lempengan kayu atau media lain yang disejajarkan membentuk banyak sudut ini dapat melatih keseimbangan dan koordinasi anak. Selain itu, anak juga akan terdidik untuk menjadi lebih teliti dan berhati-hati dalam memutuskan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari.

Harga Rp. 64.000-205.000

27. Cougar Power King, Sepatu Roda Keren Untuk Menyalurkan Daya si Kecil

Cougar Power King Sepatu Roda juga bisa jadi pilihan kado untuk sang buah hati yang baru menginjak usia 5 tahun. Anak laki-laki biasanya sangat cekatan dan lebih tidak bisa diam, sehingga menghadiah sepatu roda untuk si kecil merupakan keputusan yang tepat. Karena si kecil dapat bergerak aktif saat menggunakan sepatu roda, salah satu manfaat yang dapat si kecil miliki adalah peningkatan kemampuan keseimbangan.

Harga Rp. 350.000-817.000

28. Sepeda BMX Trex Michel, Melatih Motorik dan Keseimbangan Sembari Berolahraga

Kebanyakan anak lelaki berusia 5 tahun memiliki sepeda kesayangannya sendiri. Jika kamu berniat untuk menambah koleksi sepeda anak, atau ini akan merupakan pembelian sepeda untuk pertama kalinya, kami rekomendasikan untuk membeli sepeda BMX Trex Michel yang satu ini.

Sepeda ini dilengkapi dengan ban pompa hidup dengan ban berukuran 16 merk Trex Michel Inferno Car. Untuk melatih anak agar lancar bersepeda, sepeda ini dilengkapi oleh dua ban kecil di belakang yang bisa dilepas kapan saja ketika tidak dibutuhkan kembali atau keseimbangan sempurna telah tercapai. Joknya yang empuk juga akan memberikan kenyamanan bagi anak kala bersepeda.

Harga Rp. 558.800-569.900

29. Proteam Bola Sepak Striker Size 3, Buat Sang Putra yang Gemar Bermain Bola

Proteam Bola Sepak Striker Size 3 ini juga bisa jadi hadiah yang tepat untuk anak laki-laki usia 5 tahun. Ini cocok untuk anak yang gemar main bola. Produk yang satu ini sudah memenuhi standar FIFA selaku organisasi tertinggi sepak bola dunia. Bola sepak ini memiliki diameter 61-62 cm. Berat bolanya sekitar 405 hingga 440 gram.

Anak bisa bermain dengan semangat memakai bola ini. Anak juga bisa melatih bakat olahraga yang memakai bola ini. Produk ini didesain dengan menggunakan 32 panel. Ini membuat bola lebih mudah ditendang, disundul, dan lain sebagainya. Bola ini dibuat menggunakan bahan High Quality Japan PU Microfiber sehingga nyaman untuk dipakai di berbagai bidang lapangan.

Harga Rp. 93.000-193.000

30. Floating Swimsuit, Baju Renang Berlapis Pelampung Membuat Sesi Berenang Menjadi Lebih Praktis

Tidak semua anak laki-laki berusia 5 tahun dapat berenang tanpa pelampung dan hal itu merupakan sesuatu yang wajar. Nah, dari pada kamu harus membeli baju renang dan pelampung secara terpisah, lebih baik kamu berikan saja floating swimsuit untuk si buah hati yang sedang belajar berenang.

Berenang merupakan salah satu kegiatan olahraga yang menuntut banyak aktivitas otot dan peran seluruh anggota tubuh, membuat tubuh anak menjadi sehat dan bugar. Maka jangan biarkan kegiatan tersebut menjadi lebih repot hanya karena banyaknya peralatan yang dibutuhkan. Dengan floating swimsuit yang dilengkapi dengan EVA floating spons, anak akan tetap mengapung dengan baik tanpa menggunakan tambahan pelampung.

Secara keseluruhan terdapat setidaknya 8 EVA floating spons yang masing-masing berukuran 4x5x19cm dengan daya apung yang kuat. Bahan yang digunakan juga tidak kalah nyaman, yakni perpaduan serat polyester dan spandex.

Harga Rp. 110.000-195.000
From our editorial team

Berikan Hadiah yang Bisa Mengasah Bakatnya

Saat anak berulang tahun, sebagai orangtua kita ingin memberikan kado terbaik. Jangan asal membeli kado hanya karena harganya mahal. Kado yang mahal belum tentu bermanfaat untuk anak. Berikan kado yang sekiranya bermanfaat dan bisa mengasah bakatnya. Anak usia 5 tahun sudah bisa dicari bakatnya. Berikan ia beberapa mainan yang sekiranya bisa mengasah bakat dan minatnya. Anda bisa berikan alat musik, sepeda, buku gambar dan lain sebagainya. Intip rekomendasi hadiah bermanfaat dari kami di atas!