Berikan Si Kecil 10 Rekomendasi Kado untuk Anak Laki-Laki Usia 5 Tahun Ini untuk Mengasah Bakatnya! (2020)

Berikan Si Kecil 10 Rekomendasi Kado untuk Anak Laki-Laki Usia 5 Tahun Ini untuk Mengasah Bakatnya! (2020)

Memiliki anak laki-laki membuat kita harus lebih ekstra menjaganya. Anak laki-laki punya tenaga ekstra dan lebih aktif di tiap usianya. Sebagai orangtua, kita harus lebih sigap menyikapi keaktifan anak. Di usia 5 tahun, ia tentu bisa diajarkan banyak hal. Simak apa saja yang bisa Anda ajarkan padanya! Dengan begini, diharapkan pertumbuhan anak jadi lebih maksimal.

Usia 5 Tahun Saat Anak Bisa Mulai Belajar Banyak Hal Baru

Anak selalu tumbuh dan berkembang secara bertahap. Di setiap pertambahan usianya, tentu ada hal baru yang berkembang dari buah hati. Anda perlu tahu perkembangan buah hati dari tahun ke tahun agar bisa memaksimalkan pertumbuhannya.

Memiliki anak laki-laki usia 5 tahun, Anda wajib semakin memperhatikan buah hati. Ini karena usia 5 tahun adalah periode emas untuk si kecil. Di masa ini kita sebagai orangtua wajib menanamkan pembentukan kepribadian yang akan dimiliki oleh si kecil. Jadi jangan sampai menyia-nyiakan periode emas ini, ya.

Usia 5 tahun adalah usia anak masuk TK. Anak usia ini sudah berkembang dalam hal perilaku, kosakata, kehidupan sosial, dan lain sebagainya. Energi anak pada usia ini tidak ada habisnya dan si kecil seolah tidak bisa diam. Anda bisa memanfaatkan energi si kecil untuk mengajarinya banyak hal sehingga ia bisa tumbuh dengan lebih maksimal.

Hal-Hal ini Bisa Dilakukan untuk Mendukung Perkembangan Anak di Usia 5 Tahun

Mulai Biasakan Beribadah

Ajarkan pendidikan agama pada anak sedini mungkin. Di usia 5 tahun, Anda bisa mengajarkan anak untuk mulai rutin beribadah. Ajak ia bersama-sama beribadah agar ia makin bersemangat.

Pendidikan agama sangat penting dalam pembentukan karakter anak. Dengan mengajarkan agama sedini mungkin, mereka akan mengerti akan prinsip agama. Ini juga bisa memberikan arah yang positif bagi anak. Jika prinsip agama sudah melekat kuat maka anak akan terbiasa rajin beribadah tanpa disuruh hingga dewasa.

Ajarkan Berkata Baik dan Lembut

Anda bisa juga mengajarkan buah hati untuk berkata baik dan lembut di usianya ini. Hal ini harus dimulai dari sikap Anda pada buah hati. Saat ia salah, beritahu ia tanpa membentaknya. Pilih kata-kata yang baik dan lembut agar ia mengerti tanpa merasa terintimidasi.

Saat Anda berkata dengan lembut, tentu anak akan lebih mudah mengerti ucapan dan maksud Anda. Selain itu, anak juga akan meniru tingkah laku dan ucapan Anda untuk berkata baik dan lembut. Ini karena anak seusianya akan mulai melakukan dan meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Jika Anda kerap berkata kasar maka jangan heran jika anak juga bisa marah, membentak, dan berkata kasar.

Berikan Rangsangan Motorik untuk Tahu Minatnya

Tingkatkan motorik si kecil dengan memberikannya rangsangan yang tepat. Motorik halus dan motorik kasar si kecil bisa dilatih dengan baik melalui sederet aktivitas. Misalnya, untuk melatih motorik kasarnya Anda bisa memberinya kesempatan bermain bersama temannya, melompat, berlari, memanjat, dan lain sebagainya yang membutuhkan keseimbangan tubuh. Anda bisa juga mengajarkannya main sepeda atau sepatu roda untuk melatih motorik kasarnya.

Sementara itu, untuk melatih motorik halusnya, Anda bisa mengajaknya untuk menggambar, mewarnai, menggunting, bermain puzzle, dan lain sebagainya. Anda bisa juga melibatkan anak dalam kegiatan bersih-bersih rumah, membentuk sesuatu, dan berkreasi membuat prakarya.

Dengan mengasah motoriknya maka anak bisa lebih baik berkembang. Selain itu, Anda juga bisa menggali bakatnya. Anda bisa lihat dari sederet kegiatan yang ia lakukan, manakah yang sekiranya sangat disukai si kecil. Misalnya ia sangat bersemangat mewarnai, maka mungkin saja ia berbakat dalam hal menggambar, seni lukis, dan lainnya.

Latih Kemampuan Bersosialisasi dan Kemandiriannya

Latih anak untuk mandiri sejak dini. Usia 5 tahun jika anak belum mandiri maka sudah bisa diajarkan untuk mandiri. Anda bisa mulai menyuruhnya pakai baju sendiri atau pakai sepatu sendiri. Ajarkan ia untuk merapikan mainan dan tempat tidur. Berbagai kebiasaan sederhana ini secara tidak langsung mengajarkan anak agar lebih mandiri.

Latih juga kemampuan bersosialisasinya. Ajarkan ia untuk meminta izin, berterima kasih, meminta maaf, dan lain-lain. Saat ia bersosialisasi dengan temannya, ajarkan ia untuk selalu bergaul dengan baik dan tidak mengganggu temannya.

Berikan 10 Rekomendasi Kado ini untuk Anak Laki-laki usia 5 Tahun Guna Mendukung Tumbuh Kembangnya

Sepeda Anak Richbike RB3520 BMX

Sepeda Anak Richbike RB3520 BMX ini merupakan pilihan kado yang bagus untuk anak laki-laki Anda. Produk yang satu ini terbuat dari rangka besi sehingga kokoh dan kuat. Sepeda yang satu ini memakai rem tromol sehingga lebih aman digunakan. Produk ini memiliki ban dengan ukuran 18 inci. Sepeda anak laki-laki ini desainnya keren dan pastinya bikin anak semangat menaikinya. Ia bisa bersepeda bersama teman-temannya untuk melatih motorik dan sensoriknya. Sepeda ini cocok untuk anak usia 5 hingga 8 tahun.

Harga Rp. 610.000-1.047.000

CALISTUNG PLUS SIAP MASUK SD

CALISTUNG PLUS SIAP MASUK SD ini tentu bisa jadi hadiah menarik untuk buah hati. Produk ini bisa jadi persiapan dia sebelum masuk SD nantinya. Buku yang ditulis oleh Aida Hanifa S ini diterbitkan oleh PUSTAKA ILHAM. Buku dengan tebal halaman 144 halaman ini memiliki ukuran 19 x 26 cm.

Buku ini dibuat agar putera Anda bisa lebih mudah belajar berhitung, menulis, dan membaca. Disusun dengan metode pembelajaran pendampingan, Anda sebagai orangtua pasti lebih bisa mengajarkan anak lebih terarah. Produk yang satu ini akan mengajarkan anak mengenal bentuk bidang, benda, hewan sayur dan alat tasportasi. Buku ini juga bisa merangsang keteletitian dengan melihat persamaan pada gambar yang tersedia.

Buku keren ini juga diselingi dengan analis melalui aktivitas sehari-hari. Buku sudah disusun dengan tahapan leveling dari terendah hingga tertinggi sehingga lebih mudah dipahami.

Harga Rp. 45.000-111.000

Daihatsu COPEN no 52 Brown Tomica Takara tomy

Daihatsu COPEN no 52 Brown Tomica Takara adalah hadiah yang menarik untuk buah hati. Mainan mobil-mobilan ini cukup keren dari segi desain dan warnanya. Anak laki-laki Anda pasti tertarik memainkannya. Produk ini bisa jadi pajangan menarik juga di kamar buah hati saat sedang tidak dimainkan.

Mobil-mobilan ini desainnya dibuat menyerupai aslinya dengan atap berjenis cabriolet yang bisa dibuka tutup. Terbuat dari bahan besi, mainan ini tidak mudah rusak. Mainan ukuran 7,9 cm x 4 cm x 2,8 cm ini cocok untuk anak usia 3 tahun ke atas.

Harga Rp. 45.000-180.000

BUKU ANAK ISLAM: NABIKU TELADANKU

BUKU ANAK ISLAM: NABIKU TELADANKU bisa menjadi hadiah menarik lainnya. Buku cerita ini bisa Anda bacakan pada si kecil sebelum ia tidur. Buku cerita ini ditulis oleh Lutfiya Cahyani dan diterbitkan oleh Genta Group Production. Buku ini berisi kisah 25 nabi dan rasul serta ada silsilah keturunan para nabi dan mujizat para nabi.

Buku ini tidak hanya menyajikan kisah yang menarik namun juga bisa membentuk karakter anak jadi lebih baik. Usai membacakan cerita, Anda bisa mengajarkan pada anak apa teladan yang bisa didapat dari kisah tersebut. Anak juga bisa mengenali nabinya dan juga rasulnya sehingga bisa mencintai nabi dan rasulnya dengan lebih mendalam.

Buku yang satu ini bisa memotivasi anak untuk memiliki akhlak mulia dan nilai moral yang tinggi. Anda juga bisa menanamkan iman dan taqwa kepada Allah lewat buku yang satu ini. Kisahnya dikemas secara populer dan dipermanis dengan ilustrasi yang bikin anak jadi semangat mengetahui ceritanya.

Harga Rp. 92.000-104.000

Cougar Power King Sepatu Roda

Cougar Power King Sepatu Roda juga bisa jadi pilihan. Anak laki-laki biasanya sangat cekatan dan tidak bisa diam. Anda bisa hadiahkan sepatu roda untuk si kecil. Produk ini bisa melatih keseimbangannya agar lebih baik. Ia juga bisa bergerak aktif dengan sepatu roda ini.

Produk ini keren desainnya dengan dominasi warna hitam dan biru. Sepatu roda ini cocok digunakan oleh para pemula. Produk ini nyaman digunakan di dalam maupun luar ruangan. Sepatu roda keren ini memiliki 3 roda di satu sepatunya. Ada ukuran S hingga L yang tersedia.

Harga Rp. 350.000-817.000

Jam Tangan Q&Q VR99J003Y

Jam Tangan Q&Q VR99J003Y ini juga keren untuk putera Anda. anak laki-laki Anda pasti senang jika diberi hadiah berupa jam tangan. Produk yang satu ini desainnya simpel dengan pilihan warna yang menarik. Jam warna dominan biru ini dialnya berwarna warni sehingga bikin anak makin semangat. Produk yang satu ini bisa mengajarkan anak tentang pentingnya waktu.

Jam tangan ini memiliki strap dari bahan karet empuk sehingga nyaman digunakan. Kaca jam tangan dari mineral glass dan casenya dari stainless steel sehingga tidak mudah rusak dan tahan lama digunakan. Jam ini memiliki garansi 6 bulan dan dalam pembelian sudah ada kotak jamnya.

Harga Rp. 108.000-181.000

Keyboard Techno T5000

Keyboard Techno T5000 ini bagus untuk mengembangkan bakat anak. Berikan keyboard ini untuk hadiah ulang tahun anak yang ke-5. Keyboard ini bisa membuat anak lebih kreatif dan juga lebih semangat belajar musik. Keyboard ini memiliki 49 tuts dengan berbagai suara menarik. Ada 10 ritme, 8 perkusi, dan 8 lagu demo yang tersedia pada produk ini. Keyboard menarik ini juga dilengkapi 10 sustain. Dalam pembelian sudah ada micnya. Ada juga fitur record dan playback sehingga anak bisa merekam dan mendengarkan ulang permainannya.

Harga Rp. 350.000-699.000

Proteam Bola Sepak Striker Size 3

Proteam Bola Sepak Striker Size 3 ini juga bisa jadi hadiah yang tepat untuk anak laki-laki usia 5 tahun. Ini cocok untuk anak yang gemar main bola. Produk yang satu ini sudah memenuhi standar FIFA selaku organisasi tertinggi sepak bola dunia. Bola sepak ini memiliki diameter 61-62 cm. Berat bolanya sekitar 405 hingga 440 gram.

Anak bisa bermain dengan semangat memakai bola ini. Anak juga bisa melatih bakat olahraganya memakai bola ini. Produk ini didesain dengan menggunakan 32 panel. Ini membuat bola lebih mudah ditendang, disundul, dan lain sebagainya. Bola ini dibuat menggunakan bahan High Quality Japan PU Microfiber sehingga nyaman untuk dipakai di berbagai bidang lapangan.

Harga Rp. 93.000-193.000

Dream Tool Kit Koper

Dream Tool Kit Koper ini adalah produk yang bisa Anda berikan pada buah hati Anda. Anak laki-laki Anda bisa berlatih dan mengenal aneka peralatan pertukangan ini. Dikemas dalam koper berwarna merah cerah, produk ini mudah untuk dibawa saat bermain bersama teman-teman anak.

Di dalam koper terdapat obeng, cutter, palu, dan lainnya. Total ada 19 peralatan pertukangan di dalamnya. Anak bisa melatih imajinasinya untuk menjalankan peran sebagai seorang ayah. Mainan ini memiliki sertifikasi SNI. Produk yang satu ini berukuran 26 x 11 x 23 cm.

Harga Rp. 125.000-159.000

Loony Bin

Loony Bin juga bisa jadi kado anak laki-laki usia 5 tahun. Mainan ini akan mendukung anak yang aktif. Produk ini membuat anak dan keluarga bisa main dengan seru. Mainan ini adalah tong sampah yang bisa bergerak. Anak harus membuang kertas ke dalam tong yang terus bergerak. Mainan ini cocok dimainkan oleh 2 hingga 4 orang. Produk ini juga mengajarkan anak agar selalu membuang sampah di tempatnya.

Harga Rp. 104.000-247.000
From our editorial team

Berikan Hadiah yang Bisa Mengasah Bakatnya

Saat anak berulang tahun, sebagai orangtua kita ingin memberikan kado terbaik. Jangan asal membeli kado hanya karena harganya mahal. Kado yang mahal belum tentu bermanfaat untuk anak. Berikan kado yang sekiranya bermanfaat dan bisa mengasah bakatnya. Anak usia 5 tahun sudah bisa dicari bakatnya. Berikan ia beberapa mainan yang sekiranya bisa mengasah bakat dan minatnya. Anda bisa berikan alat musik, sepeda, buku gambar dan lain sebagainya. Intip rekomendasi hadiah bermanfaat dari kami di atas!