Sembuhkan Sariawan Anak dengan 10 Rekomendasi Obat yang Ampuh dan Aman Ini (2021)

Sembuhkan Sariawan Anak dengan 10 Rekomendasi Obat yang Ampuh dan Aman Ini (2021)

Sariawan adalah penyakit yang ringan, namun menyebabkan anak-anak merasa tidak nyaman. Si kecil bisa susah makan saat terkena sariawan. Namun jangan khawatir, melalui artikel ini BP-Guide akan memberikan rekomendasi obat sariawan anak yang aman dan ampuh.

Sariawan Bisa Menyerang Siapa Saja, Termasuk Si Kecil

Sariawan adalah sebuah penyakit yang bisa menyerang siapa saja, mulai dari dewasa hingga anak-anak. Meski ini bukan merupakan penyakit serius yang bisa sembuh dengan sendirinya, rasa sakit dan perih yang ditimbulkan bisa sangat tidak nyaman untuk si kecil.

Anak-anak yang terkena sariawan biasanya akan mogok makan karena mulutnya yang terasa sakit saat bersentuhan dengan makanan. Hal ini tentu saja tidak boleh dibiarkan. Sariawan pada anak-anak harus segera diobati.

Obat sariawan untuk anak hadir dalam berbagai macam bentuk, mulai dari salep, obat kumur, obat kunyah, dan plester. Obat sariawan anak dibuat dari bahan-bahan yang aman untuk mereka.

Cara Mengobat dan Mencegah Sariawan Anak Secara Alami

Berkumur Air Garam

Garam adalah obat yang sangat ampuh. Jika anak sudah berusia lebih dari 6 tahun, berkumur dengan air garam dapat mengobati rasa sakit dan perih yang ditimbulkan oleh sariawan. Cara membuat obat kumur ini sangat mudah, yaitu dengan melarutkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

Cukup dengan berkumur selama 15-30 detik sebagai 2 sampai 3 kali sehari saja sudah dapat membantu meredakan sariawan. Selain garam, baking soda juga bisa dijadikan obat kumur untuk sariawan yang ampuh.

Kompres dengan Es Batu

Sariawan pada mulut adalah akibat dari peradangan atau luka yang terjadi. Mengompres luka dengan es batu akan membantu meredakan peradangan dan menghentikan pembengkakan pada lukanya. Bungkus es batu dengan kain tipis yang bersih, lalu kompreskan di atas sariawan atau luka. Lakukan hal ini selama beberapa kali sehari hingga gejala sariawan mereda.

Diolesi Madu

Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk meredakan sariawan adalah madu. Madu memiliki kandungan antiradang dan antibakteri alami yang bisa menyembuhkan infeksi akibat sariawan. Tidak hanya itu, madu juga berkhasiat untuk mengurangi rasa nyeri, kemerahan, dan mengecilkan sariawan.

Jenis madu yang paling ampuh untuk meredakan sariawan adalah madu manuka. Madu ini tidak mengalami pasteurisasi sehingga kandungan nutrisi di dalamnya tetap alami. Oleskan pada sariawan sebanyak beberapa kali sehari hingga mereda.

Kompres dengan Kantong Teh

Cara lain untuk menyembuhkan sariawan adalah dengan mengompres sariawan menggunakan kantong teh hitam. Tidak perlu menggunakan kantong teh yang baru, cukup gunakan kantong teh yang sudah dicelup. Selain bisa menyembuhkan sariawan dengan cepat, kantong teh juga bisa membantu meredakan nyeri yang ditimbulkan oleh sariawan.

Menjaga Kebersihan Mulut Si Kecil

Cara terbaik untuk mencegah sariawan pada anak tentu saja dengan menjaga kebersihan mulut si kecil. Pastikan anak menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur untuk mencegah berkembangnya bakteri di dalam mulut. Pilih sikat gigi khusus anak-anak yang berbulu lembut agar tidak menimbulkan luka pada gusi dan mulut.

Penyebab Sariawan pada Anak

Alergi Makanan Tertentu

Alergi pada jenis makanan tertentu bisa menjadi pemicu munculnya sariawan pada anak. Oleh karena itu, perhatikan setiap makanan yang dikonsumsi si kecil dan jangan biarkan mereka jajan sembarangan di luar. Alergi makanan berpotensi menyebabkan infeksi di dalam rongga mulut, yang pada akhirnya menyebabkan sariawan.

Kekurangan Vitamin C

Penyebab utama sariawan pada anak dan orang dewasa adalah kekurangan vitamin C. Perhatikan asupan vitamin dan nutrisi harian anak dengan baik. Pastikan makanan yang dikonsumsi oleh anak mengandung gizi seimbang dan perbanyak asupan buah dan sayur. Kekurangan nutrisi bisa memicu munculnya sariawan.

Luka pada Mulut

Ada banyak hal yang menyebabkan luka pada mulut yang akhirnya menjadi sariawan. Misalnya saat mulut tidak sengaja tergigit saat mengunyah makanan. Selain itu, makanan yang keras dan panas juga bisa menyebabkan luka dalam mulut anak. Kondisi ini bisa diperparah jika daya tahan tubuh anak melemah.

Rekomendasi Obat Sariawan Anak yang Aman untuk Si Kecil

Betadine Obat Kumur Antiseptik

Rekomendasi pertama datang dari Betadine, merek yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Betadine Obat Kumur Antiseptik adalah salah satu produk yang diformulasikan untuk menjaga kesehatan mulut dan mengobati berbagai macam penyakit di dalam rongga mulut.

Kandungan bahan aktif pada obat kumur ini adalah Povidone Iodine 1%. Berkhasiat untuk mengobati sariawan, pembengkakan gusi, serta menyegarkan bau mulut. Bahkan jika sedang tidak sariawan, obat ini dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mulut. Hati-hati saat diberikan kepada anak, jangan sampai tertelan.

Harga Rp. 20.000-50.000

Plester Sariawan Ulceloocin

Plester Sariawan Ulceloocin adalah terobosan baru yang sangat unik dan berbeda. Alih-alih berbentuk cair atau gel, obat ini berbentuk plester yang sangat nyaman digunakan anak. Obat ini tidak menyebabkan perih, tidak seperti saat mengobati sariawan dengan obat kumur atau tetes.

Plester ini bekerja sebagai covering agent yang langsung ditempelkan di titik sariawan dan dapat memulihkan luka sariawan. Plester ini juga aman jika tertelan, sehingga tidak masalah jika si kecil tidak sengaja menelannya.

Harga Rp. 30.000-60.000

Gentian Violet 10 ml

Selanjutnya ada Gentian Violet 10 ml yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam permasalahan mulut, khususnya yang disebabkan oleh infeksi jamur. Ini adalah obat antiseptik yang sangat ampuh untuk membunuh kuman.

Tidak hanya itu, khasiat lain dari obat ini adalah membantu mengatasi bibir pecah-pecah. Cocok digunakan oleh anak-anak maupun dewasa.

Harga Rp. 1.500-5.000

Taisho Patch

Taisho Patch juga berbentuk patch yang unik dan lebih nyaman untuk si kecil. Obat asal Jepang ini bekerja mengobati sariawan dengan cara menutup lukanya, sehingga tidak menimbulkan rasa perih sama sekali. Hanya saja, plester yang satu ini tidak boleh sampai tertelan. Sebaiknya, berikan plester ini pada anak-anak yang berusia di atas 5 tahun.

Harga Rp. 150.000-200.000

Efisol Liquid

Radang tenggorokan seringkali datang bersama dengan sariawan. Daripada harus meminum obat yang berbeda-beda, sebaiknya cari obat yang langsung bisa mengobati keduanya. Seperti Efisol Liquid ini.

Obat ini adalah obat multifungsi yang bisa menyembuhkan sariawan dan radang tenggorokan sekaligus. Bekerja dengan cara membasmi kuman yang ada di dalam mulut. Kandungan utama dari obat ini adalah dequalinium chloride sebagai antiseptik.

Harga Rp. 25.000-40.000

Enkasari

Bagi anak-anak, obat yang berbentuk cair tentu lebih mudah untuk diminum dan ditelan. Seperti Enkasari, obat yang dibuat oleh PT Kimia Farma ini adalah obat kumur. Fungsinya adalah mengatasi berbagai penyakit mulut.

Kandungan utama dalam obat ini adalah ekstrak daun sirih yang telah dikenal khasiatnya untuk mengobati infeksi di dalam mulut, terutama karena sariawan. Obat ini juga memiliki kandungan mentholatum untuk menyegarkan mulut dan menghilangkan bau mulut.

Harga Rp. 10.000-25.000

Bufacomb Gel Sariawan

Bufacomb Gel Sariawan adalah obat salep yang khusus dibuat untuk mengobati luka pada bibir dan mulut yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Antara lain adalah sistem imun yang lemah, terkena kawat gigi, terluka karena tergigit secara tidak sengaja, hingga sariawan.

Kandungan bahan aktif di dalamnya adalah Triamcinolon yang bersifat antiinflamasi, sehingga mampu mengobati peradangan pada mulut dengan ampuh. Dalam penggunaan obat ini, sebaiknya sesuai dengan petunjuk dari dokter.

Harga Rp. 20.000-30.000

Kuldon Sariawan dan Panas Dalam

Kuldon Sariawan dan Panas Dalam adalah obat yang unik karena bebentuk tablet kunyah. Rasanya tidak pahit, sehingga anak-anak tidak akan takut mengonsumsinya. Sangat cocok untuk si kecil yang takut dengan rasa perih obat sariawan berbentuk kumur dan tetes.

Obat ini sangat ampuh untuk meredakan sariawan dan panas dalam. Terbuat dari bahan-bahan alami sebagai komposisi utamanya seperti akar manis, akar alang-alang, chrysanthemum, dan daun saga.

Harga Rp. 2.000-25.000

Mix Saga Obat Sariawan

Mix Saga Obat Sariawan adalah obat yang khusus dibuat untuk anak-anak. Khasiat utamanya adalah membantu meredakan batuk dan sariawan. Karena terbuat dari kandungan bahan-bahan alami, obat ini juga aman dikonsumsi oleh bayi dan juga dewasa.

Bahan alami yang digunakan untuk membuat obat ini antara lain adalah madu, ekstrak daun pegagan, ekstrak daun sirih, dan ekstrak daun saga. Obat ini bekerja mengatasi sariawan dengan cara membunuh kuman yang menyebabkan infeksi.

Harga Rp. 15.000-25.000

Aloclair PLUS Gel

Terakhir ada rekomendasi Aloclair PLUS Gel, obat sariawan dan luka mulut yang sangat cocok untuk anak-anak. Produk ini menggunakan lidah buaya sebagai bahan utama untuk menyembuhkan sariawan tanpa menyebabkan rasa perih berlebihan. Obat ini juga mencegah agar sariawan tidak bertambah parah.

Aloclair bekerja dengan membentuk lapisan di atas luka yang ada di mukosa rongga mulut dan ujung saraf yang sakit. Obat ini cocok juga digunakan untuk bayi. Aman jika tertelan dan memiliki rasa manis yang disukai oleh anak-anak. Obat ini juga aman digunakan bersama dengan obat lainnya.

Harga Rp. 75.000-100.000
From our editorial team

Selalu Berikan yang Terbaik untuk Si Kecil

Dalam memilih obat yang tepat untuk anak, jangan main-main. Selalu berikan yang terbaik untuk mengobati sariawan anak. Obat-obatan yang direkomendasikan oleh BP-Guide di atas sudah terbukti aman untuk si kecil dan bisa menyembuhkan sariawan dengan cepat. Nafsu makan anak pun akan kembali lagi!