Terganggu Akibat Sariawan? Gunakan 10 Obat Sariawan Terbaik yang Mudah Kamu Dapatkan di Apotik (2020)

Terganggu Akibat Sariawan? Gunakan 10 Obat Sariawan Terbaik yang Mudah Kamu Dapatkan di Apotik (2020)

Sariawan akan sangat mengganggu jika kamu tidak segera mengatasinya. Efek dari sariawan kamu jadi malas makan dan selalu bad mood. Yuk, segera atasi sariawanmu dengan obat terbaik yang bisa kamu dapatkan di apotik terdekat!

Seperti Flu, Hampir Semua Orang Pernah Mengalami Sariawan

Setiap orang tentunya sudah pernah mengalami sariawan. Ini merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi. Gejalanya adalah muncul bulatan putih kecil pada mulut dan terasa perih saat tersentuh oleh lidah.

Saat terserang sariawan, rasa nyerinya bikin kita jadi kesulitan makan dan minum. Bahkan untuk berbicara pun rasanya susah. Suasana hati kita juga bisa ikut berubah saat mengalami sariawan.

Sariawan layaknya flu, bisa menyerang anak-anak hingga dewasa. Umumnya sariawan bisa sembuh dalam hitungan minggu. Kenali lebih lanjut soal sariawan bersama BP-Guide ya.

Apa Itu Sariawan?

Dalam istilah medis, sariawan dikenal dengan nama stomatitis aftosa. Ini merupakan sebuah luka di dalam mulut yang dapat menimbulkan rasa sakit serta tidak nyaman. Luka ini bagian pinggirannya memerah karena terjadi peradangan.

Biasanya sariawan terjadi di bagian dalam pipi atau bibir, serta di permukaan gusi atau bisa juga di lidah. Sariawan umumnya hanya satu atau lebih. Meski bukan penyakit menular, namun dalam beberapa kasus, bisa saja sariawan disebabkan oleh infeksi virus.

Pemicu Munculnya Sariawan yang Sering tak Disadari

Menyikat Gigi Terlalu Keras

Penyebab pertama mengapa bisa timbul sariawan adalah menyikat gigi terlalu keras. Memang sih, kita semua ingin gigi yang putih berseri dan bebas kuman. Meski demikian sebaiknya kamu menghindari kebiasaan menggosok gigi terlalu keras. Apalagi jika kamu memakai sikat gigi dengan bulu sikat yang kasar. Ini bisa saja melukai gusi dan permukaan dinding rongga mulut. Luka inilah yang pada akhirnya menjadi sariawan.

Cemas atau Stres

Setiap orang tentu memiliki rasa cemas tersendiri. Kita bisa meredakan dan mengatasi rasa cemas pada titik tertentu. Namun ada kalanya kita merasa cemas berlebihan. Ketahuilah bahwa cemas berlebihan bisa mengakibatkan sariawan juga, lho.

Ini karena saat kita merasa memiliki beban emosional, maka beban fisik ikut bertambah dan membuat tubuh kelelahan. Pada akhirnya ini juga bisa menimbulkan sariawan.

Stres tak terkendali seperti akibat pekerjaan menumpuk bisa menimbulkan banyak tekanan pada psikis. Hal ini juga yang membuat daya tahan tubuh menurun dan mudah terserang penyakit.

Sanitasi Mulut yang Buruk

Saat kesehatan mulut kita buruk, maka risiko terkena sariawan juga makin besar. Sanitasi mulut yang buruk bisa menurunkan kualitas hidup.

Ketika kita malas menyikat gigi, berkumur dan juga membersihkan lidah, maka kuman dan bakteri akan berkumpul dalam mulut. Maka jangan heran jika kamu terserang sariawan saat tergigit tak sengaja kala makan.

Rawatlah sanitasi mulut dengan menyikat gigi dan gusi selama setidaknya 2 menit sebanyak 2 kali per hari. Jangan lupa kamu juga harus melakukan flossing secara rutin.

Pemakaian Kawat Gigi

Memakai kawat gigi untuk merapikan gigi memang tak ada salahnya. Namun hal ini bisa juga menyebabkan kamu terkena sariawan. Beberapa hari usai memasang kawat gigi pasti ada rasa kurang nyaman dan bisa saja kawat gigi menggores pipi dan lidah hingga menyebabkan sariawan.

Guna mengatasi hal ini, kamu bisa berkumur dengan air garam karena dipercaya memiliki kandungan antiseptik. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah selalu menjaga kebersihan mulut. Sikatlah gigi secara teratur 2 kali sehari secara perlahan dengan menggunakan teknik yang tepat.

Sariawan Muncul? Obat Sariawan Terbaik yang Bisa Didapatkan di Apotik Ini akan Membantumu

Albothyl

Sedang alami sariawan mengganggu? Kamu bisa gunakan Albothyl. Obat yang satu ini begitu ampuh untuk mengobati nyeri akibat sariawan.

Albothyl juga bisa menyembuhkan sariawan dengan lebih cepat. Cairan konsentrat ini mengandung policresulen. Dikemas dalam ukuran 10 ml, obatnya bisa digunakan dengan cara dipakai berkumur.

Tuang 1 atau 2 tetes pada segelas air lalu gunakan untuk berkumur. Albothyl juga bisa digunakan dengan cara diteteskan pada cotton bud lalu ditempelkan pada sariawan selama beberapa saat.

Harga Rp. 29.500-59.000

Enkasari

Obat selanjutnya untuk sariawan adalah Enkasari. Obat sariawan yang satu ini kaya akan sari daun saga dan sari daun sirih. Obat ini juga mengandung sari akar kayu manis dan mentholum.

Dikemas dalam botol ukuran 120 ml, poduk ini bisa mengatasi sariawan dengan cara membunuh bakterinya dan juga menyamarkan bau mulut.

Enkasari juga bisa memberikan efek dingin yang menyengarkan pada mulut. Obat ini bisa juga kamu gunakan untuk mencegah dan mengobati panas dalam. Enkasari aman untuk ditelan. Untuk dewasa bisa memakai 3 sampai 4 kali sehari.

Harga Rp. 20.000-21.700

Betadine Kumur

Kamu juga bisa mengandalkan Betadine kumur saat sedang terkena sariawan. Produk yang satu ini kaya akan antiseptik yang bisa membersihkan rongga mulut dan gigi berlubang dari kuman.

Betadine kumur juga bisa mengatasi gusi bengkak, sakit tenggorokan serta bau mulut. Kamu juga bisa andalkan obat yang satu ini untuk mengusir bau nafas tak segar.

Cara pemakaiannya cukup mudah, cukup tuang 15 ml lalu gunakan berkumur 60 detik. Kaya akan povidone iodine, obat ini bisa menyembuhkan luka sariawan lebih cepat. Jangan menelan obat yang satu ini, setelah berkumur segera keluarkan.

Harga Rp. 23.900-27.000

Kuldon Sariawan

Kuldon Sariawan bisa juga kamu jadikan pilihan obat sariawan. Produk yang satu ini terbuat dari bahan herbal. Aman dikonsumsi, produk ini bikin kamu sembuh lebih cepat. Kuldon mengandung daun saga yang merupakan bahan baku obat sariawan.

Obat ini juga mengandung bunga krisan dan alang-alang yang bisa mengusir panas dalam. Untuk orang dewasa cukup minum 2 tablet 3 kali sehari. Kamu bisa meminum langsung obat ini atau bisa juga mengunyahnya dulu.

Harga Rp. 20.000-23.968

Efisol Liquid

Efisol Liquid merupakan pilihan selanjutnya untuk obat sariawan. Kamu bisa juga memakainya untuk meredakan gusi yang bengkak. Obat ini juga cocok untuk meredakan sakit tenggorokan akibat debu dan bisa juga mencegah pilek.

Larutan yang satu ini juga bisa mencegah bau mulut. Dengan kandungan dequalinium dan thymol, obat ini akan menyembuhkan lebih cepat. Larutkan 10 hingga 20 tetes obat pada segelas air lalu gunakan 2 sampai 4 kali sehari. Jika untuk sariawan, kamu cukup oleskan obat tanpa diencerkan dulu.

Harga Rp. 28.000-37.500

Kenalog

Kenalog merupakan obat sariawan berbntuk salep. Kamu bisa mengoleskan langsung pada sariawan untuk membuatnya sembuh lebih cepat. Obat ini bisa meredakan nyeri dan gatal akibat peradangan dan lesi di rongga mulut.

Kenalog kaya akan triamcinolon acetonide yang merupakan zat anti peradangan. Obat ini akan menekan reaksi alergi dengan baik. Untuk mengoleskan obat, kamu bisa pakai jari, cotton bud, atau kapas.

Harga Rp. 61.600-70.000

Mix Saga Obat Herbal

Saat sariawan menyerang, kamu bisa andalkan Mix Saga. Obat yang satu ini berbentuk cairan tetes. Fungsinya adalah untuk meredakan batuk dan juga sariawan.

Terbuat dari bahan alami, obat ini aman untuk anak-anak juga. Mix Saga memiliki kandungan madu, daun saga, pegagan, kayu manis dan juga sirih.

Cukup minum 3 kali sehari satu sendok teh untuk meredakan batuk. Sementara untuk sariawan, cukup les langsung pada daerah yang sakit. Kocok dulu sebelum digunakan dan simpan di tempat sejuk.

Harga Rp. 18.000-26.000

Alocair Spray

Aloclair Plus Spray merupakan pilihan selanjutnya untuk obat sariawan yang ampuh. Obat ini akan mengatasi masalah kesehatan mulut seperti luka pada mulut, dan keluhan rongga mulut lainnya.

Praktis dibawa ke mana saja, obat ini bentuknya spray jadi lebih mudah untuk digunakan. Kamu bisa memakainya 3 x sehari atau sesuai kebutuhan. Cukup semprotkan pada area yang sakit maka kamu akan bebas dari rasa nyeri sariawan.

Harga Rp. 95.000-102.850

Gention Violet

Gention Violet merupakan obat yang ampuh untuk atasi sariawan. Kaya akan kristal violet, obat ini bisa mengobati luka pada mulut lebih cepat. Kamu bisa juga memakai obat ini untuk atasi bibir pecah-pecah.

Dikemas dalam ukuran 10 ml, obatnya mudah untuk dibawa ke mana saja. Berbentuk cairan, sebaiknya obat digunakan seperlunya saja untuk dosisnya.

Obat ini bisa dijadikan obat kumur. Caranya mudah, cukup campur segelas air dengan 1 hingga 2 tetes obat lalu pakai berkumur.

Harga Rp. 3.500-6.000

Ciubros Farma Borax Glycerine (GOM)

Ciubros Farma Borax Glycerine ini juga bisa jadi andalan untuk mengatasi sariawan. Obat ini akan mengatasi luka di dalam rongga mulut atau tenggorokan.

Dengan kandungan zat aktif borax glycerin, obat ini merupakan obat antiseptik oles yang juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit gusi ringan. Kamu bisa juga memakainya untuk mengobati bau mulut, luka di kulit hingga eksim.

Untuk sariawan, kamu bisa larutkan 5 tetes obat ini dengan segelas air lalu kumur kanan, kiri, kemudian mendongak ke atas. Kamu bisa juga memakainya dengan cara mengoleskan pada cotton bud lalu oleskan obat ke area yang bermasalah.

Harga Rp. 10.000
From our editorial team

Obati Segera Sariawan agar Tak Berlarut-larut

Sariawan memang sangat mengganggu aktivitas. Selain jadi tak enak makan dan minum, kita juga jadi malas bicara dan mood jadi menurun. Untuk itu segera atasi sariawan dengan cara yang benar. Selain itu, agar sariawan tak kembali datang, perhatikan beberapa hal pemicu sariawan seperti yang disebutkan di atas. Cobalah menghindari berbagai pemicu tersebut supaya kamu terbebas dari sariawan. Untuk penyembuhan sariawan, kamu bisa intip rekomendasi obat dari kami di atas ya!

Tag