Bebaskan Diri dari Sariawan Bandel dengan Minuman untuk Sariawan yang Ampuh

Bebaskan Diri dari Sariawan Bandel dengan Minuman untuk Sariawan yang Ampuh

Sariawan terdengar seperti keluhan sepele, tapi bisa jadi sangat mengganggu. Ketidaknyamanan karena sariawan yang terasa perih, apalagi saat makan, bisa membuat siapa pun jengkel, bukan? Nah, jika ada keluhan sariawan, resep minuman untuk sariawan ini bisa dicoba, loh.

Sariawan Itu Tidak Enak

Memiliki nama lain “stomatitis”, sariawan adalah salah satu penyakit mulut yang sangat mengganggu. Penyakit ini dapat terjadi di bibir, gusi, lidah dan langit mulut-mulut dengan penyebab yang beragam.

Saat sedang sariawan, kamu bisa saja merasa malas untuk makan. Rasa perih yang muncul ketika mengunyah makanan di saat sedang sariawan memang tak nyaman. Hal ini berdampak buruk karena tubuh kamu bisa mengalami penurunan imunitas dan malah menyebabkan rentan terserang penyakit lain.



Penyebab Sariawan yang Harus Kamu Tahu

Sariawan atau stomatitis terbagi dalam tiga jenis menurut penyebabnya. Pertama, stomatitis afthosa yang terjadi akibat luka karena benturan atau tergigit. Kedua, oral thrush atau moniliasis yang diakibatkan jamur candida albicans. Ini sering terjadi di bagian lidah. Terakhir, stomatitis herpetic yang disebabkan virus herpes simpleks. Umumnya terjadi di bagian belakang tenggorokan.

Selain penyebab di atas, apa lagi penyebab sariawan?

Sering Menggigit Bagian Bibir

Punya kebiasaan menggigit bibir? Kurangi atau hentikan karena ternyata ini bisa jadi salah satu penyebab terjadinya sariawan. Bibir yang terluka karena gigitan menimbulkan iritasi sehingga dapat berkembang menjadi sariawan jika tidak cepat diatasi.

Oleh sebab itu, selalu berhati-hati saat sedang makan atau mengunyah. Usahakan agar tidak terburu-buru supaya kamu bisa terhindar dari sariawan.

Kurang Nutrisi

Kurang asupan vitamin C dapat menjadi penyebab timbulnya sariawan. Mulut yang termasuk bagian tubuh harus dihindarkan dari infeksi bakteri dan salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan serta minuman yang kaya nutrisi.

Meski terlihat sepele, sariawan dapat menimbulkan rasa tak nyaman saat makan sehingga kamu mungkin saja kehilangan selera. Kondisi seperti ini tidak dapat diremehkan karena jika tubuh kekurangan gizi dan nutrisi, maka kekebalannya pun dapat ikut turun.

Konsumsi Makanan Terlalu Pedas

Makanan pedas memang menggiurkan. Sensasi membakar di mulut ini dipercaya dapat merangsang nafsu makan tapi tahukah kamu jika makanan yang terlalu pedas dapat menyebabkan sariawan?

Efek panas yang ditimbulkan makanan pedas dapat menyebabkan iritasi. Selain itu, makanan yang mengandung merkuri juga dapat menyebabkan reaksi alergi tertentu. Hal ini bisa melukai bibir dan lebih lanjut dapat membuat bibir menjadi bengkak dan terserang iritasi. Oleh sebab itu, sesuka apa pun kamu dengan makanan pedas sebaiknya batasi konsumsinya.

Salah Memilih Pembersih Mulut

Meski jarang terjadi tapi sebaiknya mulai saat ini kamu cermat dalam memilih produk pembersih mulut. Bagi orang yang memiliki mulut dan bibir sensitif, beberapa produk pembersih mulut dan produk kecantikan seperti lipstik dapat menimbulkan alergi.

Zat pemicu alergi ini dapat menyebabkan rasa gatal dan iritasi pada bagian bibir hingga rongga mulut. Jika berkembang, tentu dapat memicu terjadinya sariawan.

Alergi dan Sensitif Terhadap Makanan, Minuman, atau Obat

Saat kamu merasa alergi, sebenarnya tubuh sedang memberikan respons imun spesifik. Tubuh mengirim sinyal saat menolak makanan atau obat-obatan tertentu. Sinyal-sinyal ini dapat berupa rasa gatal, rasa panas, vesikel kecil, mukosa yang meradang dan ulser yang berkembang menjadi sariawan.

Terlebih saat daya tahan tubuh sedang lemah, maka kamu akan lebih rentan terhadap reaksi-reaksi tersebut. Untuk menghindarinya, kamu bisa lebih cermat mengenal alergi dan juga obat, makanan serta minuman yang menyebabkannya terjadi.

Rekomendasi Minuman yang Tepat untuk Sariawan

Saat sariawan, kamu akan kehilangan nafsu makan. Ini tentu kurang baik bagi tubuh yang memerlukan asupan nutrisi dan vitamin. Untuk mengatasi sariawan dan memberi tubuh nutrisi yang diperlukan, kamu bisa simak rekomendasi berikut.

Jus Stroberi dan Pepaya

Stroberi dan pepaya dikenal dengan kandungan vitamin C yang baik bagi tubuh. Buah stroberi dan pepaya cocok dikonsumsi saat sariawan karena memiliki tekstur lembut. Hindari makanan berminyak dan bersifat panas selama dalam masa penyembuhan sariawan.

Jika kamu sedang sariawan, buatlah jus berbahan stroberi dan pepaya sebagai obat alami yang segar dan menyehatkan.

Bahan-bahan

  • 5 buah stroberi, cuci bersih.
  • Pepaya, potong-potong sesuai selera.
  • 4 buah jeruk medan atau jeruk lain sesuai selera. Peras dan ambil airnya.

Cara Membuat

  • Masukkan bahan-bahan ke dalam blender, hancurkan hingga lembut.
  • Tambah dengan air matang secukupnya. Lembutkan kembali sebentar.
  • Tuang ke gelas saji dan siap untuk diminum.

Jus Jeruk

Jeruk dikenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Berbagai jenis jeruk memiliki vitamin dan manfaat yang mampu meredakan batuk, flu, sariawan bahkan dapat menjadi antioksidan alami serta mencegah sembelit.

Selain jeruk, pisang dan nanas juga dapat membantu kamu yang sedang mengalami sariawan. Buah-buahan ini kaya akan vitamin C serta dapat meningkatkan metabolism serta sebagai antiinflamasi alami.

Untuk mengatasi sariawan, kamu dapat membuat air perasan jeruk nipis. Campur dengan air hangat dan bisa digunakan untuk berkumur. Jika suka, kamu dapat meminumnya secara langsung. Tambahkan madu sebagai pemanis juga penambah khasiat.

Jus Jeruk dan Brokoli

Brokoli dan jeruk dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan juga gusi berdarah. Kandungan vitamin C dalam brokoli juga bisa berfungsi dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membantu melawan infeksi.

Untuk mengusir sariawan, kamu dapat mengonsumsi jus jeruk dan brokoli seperti dalam resep berikut ini.

Bahan-bahan

  • 2 buah jeruk, bisa pilih sesuai selera. Peras dan ambil airnya.
  • 1 buah brokoli, cuci bersih.
  • 1 wortel ukuran sedang, cuci dan iris tipis.

Cara Membuat

  • Campur semua bahan ke dalam blender. Haluskan hingga lembut.
  • Minum 1-2 kali sehari sampai sariawan hilang.

Jus Semangka Bayam

Semangka kaya akan air dan memberi rasa dingin juga segar. Bayam sendiri memiliki kandungan zat besi dan folat yang baik untuk mencegah terjadinya sariawan. Kombinasi keduanya dapat membantu kamu cepat pulih dari sariawan sekaligus menjaga kondisi tubuh agar tetap prima.

Bahan-bahan

  • 1 genggam daun bayam, cuci bersih.
  • 1 mangkuk semangka, potong-potong.
  • 1 ruas jahe.
  • 1 buah cabai merah, buang bijinya.

Cara Membuat

  • Masukkan bahan-bahan ke dalam blender atau jus ekstraktor.
  • Haluskan semua bahan hingga lembut.
  • Tuang sari buah ke dalam gelas dan siap disajikan.

Jus Alpukat

Buah dengan lemak baik ini dapat mengobati sariawan juga memiliki manfaat lain seperti melembapkan kulit kering, mencegah darah tinggi, membantu melancarkan menstruasi tidak teratur, serta baik bagi penderita diabetes mellitus. Alpukat juga mengandung vitamin C yang dapat mengatasi infeksi dan sariawan pada mulut.

Jika kamu sedang sariawan dan memiliki buah alpukat, kamu dapat mencampurnya bersama madu murni dan haluskan dengan blender. Kamu dapat menyantapnya sampai sariawan sembuh.

Air Kelapa

Tak hanya baik bagi pencernaan dan kulit, air kelapa juga bermanfaat besar untuk mengobati sariawan. Air kelapa dapat membantu mencegah sariawan dan meredakan inflamasi. Selain itu, air kelapa juga sangat baik untuk membantu kamu tetap terhidrasi.

Untuk mengobati sariawan, sebaiknya kamu memilih kelapa hijau. Kamu dapat mengoleskan minyak kelapa pada sariawan untuk mengurangi radang dan rasa nyeri. Cara lainnya, kamu bisa mengunyah kelapa kering tapi hati-hati agar tidak melukai bagian yang terkena sariawan, ya.

Jus Pisang Madu

Untuk memulihkan tubuh serta mengobati sariawan, kamu bisa mengonsumsi jus pisang madu. Cara membuatnya sangat mudah. Kamu cukup menghaluskan pisang dengan blender lalu campurkan dengan madu. Kemudian, kamu bisa mengoleskan pasta alami ini di bagian yang terkena sariawan untuk mencegah terjadinya peradangan.

Jus Jambu Biji

Tahukah kamu jika kandungan vitamin C dalam jambu biji ternyata dua kali lipat lebih besar dari jeruk manis? Buah satu ini memang kaya akan vitamin dan bahkan dipercaya sebagai salah satu asupan yang dapat membantu proses pemulihan pada pasien demam berdarah.

Vitamin C pada buah jambu biji terkonsentrasi di bagian kulit serta daging bagian luar. Kandungan ini memuncak saat jambu biji menjelang masa kematangan. Oleh sebab itu, jambu biji juga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang mengalami sariawan.

Cara obat alami ini sangat mudah. Cukup rebus segenggam daun jambu biji ditambah dengan sedikit kulit batangnya dengan satu liter air. Saring dan minum dua kali sehari. Atau, kamu juga bisa mencoba ramuan kedua seperti dalam resep berikut ini.

Bahan-bahan

  • 2 lembar daun jambu biji muda.
  • 1 lembar daun sirih segar.
  • 1 genggam daun saga.
  • Air secukupnya.

Cara Penggunaan

  • Tumbuk semua bahan hingga halus, dan tambahkan air.
  • Peras adonan yang telah ditumbuk dan gunakan airnya untuk berkumur 2-3 kali sehari.

Jus Nanas

Nanas memiliki beberapa khasiat yang menyehatkan tubuh. Tak hanya bersifat dingin dan menyegarkan, nanas juga dapat membantu sistem pencernaan di lambung, sebagai anti peradangan, menghambat tergumpalnya sel darah merah, hingga membersihkan jaringan kulit mati.

Selain itu, buah nanas juga dapat membantu kamu mengeluarkan asam lambung berlebih sehingga perut terasa lebih nyaman. Nanas juga bermanfaat sebagai peluruh kencing yang berdampak positif pada saluran kemih.

Buah nanas mengandung vitamin C dalam jumlah besar dan dapat membantu penyembuhan sariawan. Jika kamu rajin mengonsumsinya, buah ini juga dapat menghindarkan kamu dari bibir pecah-pecah. Untuk mendapatkan khasiat nanas, kamu bisa mengolahnya menjadi jus.

Bahan-bahan

  • Buah nanas yang sudah matang. Bersihkan, buang bagian mata.
  • Gula pasir atau madu secukupnya.

Cara Membuat

  • Potong-potong buah nanas yang telah dibersihkan.
  • Masukkan ke dalam blender dan hancurkan hingga halus.
  • Tambahkan gula atau madu secukupnya, haluskan kembali.
  • Saring jus nanas untuk mendapatkan tekstur yang mudah diminum.
  • Sajikan dengan es batu bila suka.

Infografik berikut ini bisa kamu cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Mengusir Sariawan yang Membandel Tidak Perlu dengan Obat Kimia

Penyebab sariawan rata-rata karena pola gaya hidup dan nutrisi yang kurang seimbang. Karenanya, untuk melenyapkan sariawan kamu tidak perlu repot-repot membeli obat kimia, coba saja cara organik yang lebih aman dan tanpa efek samping. Namun, karena butuh waktu sampai tubuh memperbaiki sendiri kamu harus lebih bersabar, ya.