Atasi Sariawan dan Sakit Tenggorokan dengan 10 Rekomendasi Obat Sariawan Ampuh Ini (2021)

Atasi Sariawan dan Sakit Tenggorokan dengan 10 Rekomendasi Obat Sariawan Ampuh Ini (2021)

Sariawan adalah kondisi yang sangat menganggu. Kita tentu jadi kurang nyaman beraktivitas saat mengalami sariawan. Oleh karena itu, segera atasi sariawan dengan obat yang tepat. Kamu bisa pilih jenis obat tempel, obat kumur, obat oles, hingga obat cair. Setiap jenis obat memiliki khasiat dan keunikan sendiri. Simak rekomendasinya dari kami!

Mengenal Sariawan dan Jenisnya

Sariawan merupakan salah satu masalah mulut. Setiap orang pernah mengalaminya, bukan hanya orang dewasa namun juga anak-anak. Sariawan memang terkesan sebagai penyakit yang sepele. Kendati demikian, sariawan bisa muncul memenuhi area mulut, lidah, dan bibir. Kondisi ini tentu bikin kita jadi kurang nyaman untuk makan, minum, maupun berbicara. Kondisi sariawan harus diobati dengan cepat dan tepat agar tidak mengganggu.

Sariawan juga dikenal sebagai kondisi di mana tubuh kurang mampu menyerap nutrisi. Nah, sariawan sendiri ada 3 tipe, yakni sariawan topikal, sariawal celiac, dan sariawan nontropikal. Setiap tipenya memiliki ciri-ciri tersendiri.

Sariawan tropikal adalah jenis sariawan yang kerap terjadi pada masyarakat di area tropis. Penyebabnya adalah peradangan pada usus kecil sehingga menyebabkan tubuh jadi sulit menyerap nutrisi makanan. Tubuh jadi sulit menyerap asam folat dan vitamin B12. Beberapa gejala sariawan tipe ini adalah kembung, diare, kram perut, kram otot, turunnya berat badan, hingga wajah pucat. Untuk mengatasinya bisa memakai antibiotik.

Berikutnya, ada tipe sariawan celiac. Ini adalah sariawan yang muncul akibat penyakit autoimun. Penyakit ini mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mencerna serta menyerap nutrisi. Sariawan celiac juga terjadi karena intoleransi terhadap protein yang ditemukan pada bahan makanan seperti gandum atau yang dikenal dengan istilah gluten. Mereka yang terserang celiac biasanya mengalami sariawan terus-menerus pada mulut. Gejala lainnya adalah anemia, kelelahan, kesemutan di kaki, radang sendi, osteoporosis, hingga menstruasi yang tidak teratur.

Terakhir, ada tipe sariawan nontropikal. Tipe yang satu ini belum dikenal sebabnya. Kebanyakan sariawan tipe ini muncul pada orang dewasa yang hidup di wilayah beriklim panas. Sariawan ini akan membuat tubuh tidak mampu menyerap semua nutrisi termasuk air. Untuk mengatasinya disarankan untuk melakukan diet bebas gluten.

Cara Mencegah Sariawan

Menjaga Kebersihan Mulut

Untuk mencegah sariawan, kita bisa mulai dengan menjaga kebersihan mulut. Rutinlah sikat gigi dan juga melakukan flossing. Dengan kebiasaan baik ini, maka mulut jadi bebas sisa makanan yang bisa memicu timbulnya luka. Pastikan memakai sikat gigi yang halus agar tidak melukai gigi dan gusi. Selain itu, sikat gigi yang halus juga bisa mencegah iritasi pada jaringan mulut yang lunak.

Jika kamu memakai kawat gigi, maka ada baiknya kamu menanyakan kepada dokter tentang alat untuk melindungi mulut dari ujung kawat gigi yang tajam. Ini agar bisa mencegah luka di area mulut. Selain itu, pastikan untuk memeriksakan gigi dan mulut ke dokter gigi secara rutin untuk memastikan mulut, gigi, dan gusi kita senantiasa sehat.

Mengonsumsi Makanan yang Tepat

Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang tepat untuk mencegah sariawan terjadi. Pilih makanan sehat agar kesehatan mulut dan kesehatan tubuh terjaga dengan baik. Pastikan kamu banyak mengonsumsi sayur dan buah. Selain itu, pastikan juga asupan vitamin dan mineral terpenuhi.

Hindari makanan yang bercita rasa pedas, asam, dan asin. Berhati-hatilah juga dengan makanan yang memiliki tekstur tajam seperti keripik, kerupuk, dan sejenisnya agar tidak melukai bagian mulut.

Jaga agar Mulut Tidak Kering

Cara lain untuk mencegah sariawan adalah menjaga agar mulut tidak kering. Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari. Kamu juga bisa mengunyah permen karet yang bebas gula guna merangsang produksi air liur. Usahakan juga untuk membatasi asupan kafein dan hentikan kebiasaan merokok. Kafein dan rokok adalah beberapa penyebab mulut jadi kering.

Cara Mengobati Sariawan

Jika sudah terlanjut sariawan, kamu bisa mengatasinya dengan berbagai cara. Kamu bisa mengatasinya dengan obat atau dengan cara yang alami. Pilih cara yang menurut kamu efektif dan nyaman digunakan.

Untuk kamu yang memilih obat, kamu bisa memilih obat sariawan pereda nyeri yang mengandung paracetamol dan ibuprofen. Jenis obat sariawan ada banyak, kamu bisa pilih obat tetes, plester, dan lainnya. Sesuaikan saja dengan kondisi sariawan.

Nah, untuk kamu yang memilih cara alami, ada banyak yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa berkumur air garam dengan melarutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari. Cara lainnya adalah dengan mengompres air dingin. Suhu yang dingin akan meringankan rasa nyeri dan mengurangi pembengkakan sariawan. Kamu bisa ambil es batu lalu bungkus dengan kain dan tempelkan pada bagian yang luka.

Ini Dia Pilihan Obat Sariawan yang Bisa Kamu Andalkan

Plester Sariawan Ulceloocin

Plester Sariawan Ulceloocin ini merupakan salah satu obat sariawan yang ampuh. Obat ini hadir dalam bentuk plester luka yang unik dan praktis digunakan. Kamu bisa memakainya untuk mengatasi sariawan yang rasanya sangat perih. Plester ini akan berfungsi sebagai covering agent yang menutup luka sampai pulih. Kamu jadi bebas makan dan minum dengan nyaman.

Plester ini aman jika tidak sengaja tertelan sehingga aman jika tertelan sekali pun. Produk ini cocok untuk mengobati sariawan akibat tergigit, pemakaian gigi palsu, hingga pemakaian kawat gigi.

Harga Rp. 34.000-147.000

Taisho Patch

Jangan lewatkan juga untuk memakai Taisho Patch. Ini juga merupakan salah satu plester sariawan yang ampuh untuk digunakan. Plester asal Jepang ini akan menutupi sariawan sehingga kita jadi tidak pedih saat mengonsumsi makanan atau minuman.

Plester sariawan ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah lima tahun karena tidak aman jika tertelan. Daya rekat plester ini begitu kuat sehingga tidak mudah terkelupas saat dipakai. Cukup rekatkan pada area sariawan dan biarkan mengelupas secara alami. Buang plester usai mengelupas.

Harga Rp. 110.000-300.000

Aloclair Kumur

Aloclair Kumur ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai obat sariawan yang ampuh. Produk yang satu ini hadir dalam bentuk cairan untuk berkumur. Dengan obat ini kamu bisa berkumur tanpa rasa perih di bagian sariawan. Di dalamnya ada kandungan lidah buaya yang bisa melembapkan dan juga menenangkan peradangan. Ada juga bahan sodium hyaluronate dan Glycyrrhetinic acid yang akan bertindak sebagai antiseptik.

Produk ini bebas alkohol sehingga tidak akan memberi sensasi menyengat ketika digunakan. Bahan alami di dalam obat ini membuatnya terasa manis sehingga cocok untuk anak-anak hingga dewasa.

Harga Rp. 86.000-100.000

Betadine Obat Kumur Antiseptik

Betadine Obat Kumur Antiseptik juga bisa jadi rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini bisa menjaga kesehatan rongga mulut. Di dalamnya terkandung povidone dan iodine yang bisa mengatasi sariawan, sakit tenggorokan, gusi bengkak, dan bau mulut. Obat yang satu ini aman untuk anak-anak hingga dewasa.

Harga Rp. 25.000-46.000

Hau Fung San Spray Cap Kupu

Hau Fung San Spray Cap Kupu menjadi rekomendasi obat sariawan selanjutnya. Berbentuk obat semprot sehingga praktis digunakan. Produk yang satu ini akan membasmi kuman dan juga bakteri penyebab sariawan. Selain itu juga akan cepat memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Kamu bisa juga memakainya untuk mengatasi tenggorokan gatal, perih, dan kering. Produk ini hadir dengan camphor dan menthol sehingga bisa memberi sensasi segar. Kamu yang bau mulut juga bisa memanfaatkannya agar napas lebih segar.

Harga Rp. 27.500-52.000

Sanjin Watermelon Frost Insufflations

Sanjin Watermelon Frost Insufflations ini adalah obat selanjutnya yang bisa kamu gunakan. Produk yang satu ini hadir dengan watermelon frost dan juga tumbuhan herbal fritillaria cirroseae bulbus. Dalam obat ini juga ada kandungan mikroelemen lain seperti zinc dan 18 jenis asam amino. Semua kandungan tersebut bisa membantu pemeliharaan kesehatan tubuh.

Obat ini akan menyembuhkan sariawan dan juga luka mulut. Selain itu, radang tenggorokan hingga nyeri di tenggorokan juga bisa teratasi dengan baik. Obat ini aman untuk anak-anak di atas usia 2 tahun hingga orang dewasa.

Harga Rp. 27.500-44.000

Novell Cooling 5 Spray Cool Mint

Kamu bisa juga mencoba Novell Cooling 5 Spray Cool Mint. Produk yang satu ini bisa menyembuhkan sariawan, radang gusi, dan sakit tenggorokan. Bau mulut yang mengganggu juga bisa teratasi. Obatnya mudah digunakan, tinggal disemprotkan saja ke mulut dan tenggorokan yang mengalami masalah.

Harga Rp. 32.000-74.000

GOM Obat Sariawan

GOM Obat Sariawan juga menjadi rekomendasi yang tidak bisa kamu lewatkan. Sariawan yang bikin perih dan tidak nyaman akan cepat teratasi dengan obat yang satu ini.

Obat yang satu ini hadir dengan kandungan borax glycerin yang mampu menjadi disinfektan. Kandungan tersebut juga akan membunuh bakteri pemicu timbulnya sariawan. Obat ini cocok juga untuk mengatasi bau mulut. Produk ini aman untuk anak-anak dan orang dewasa. Cukup oles obat ini pada sariawan namun pastikan tidak tertelan.

Harga Rp. 2.700-5.900

Osari Obat Sariawan

Osari Obat Sariawan menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Obat yang satu ini akan melawan bakteri dan virus di mulut. Dengan pemakaian obat ini maka panas dalam dan sariawan akan teratasi dengan baik. Terbuat dari bahan-bahan yang alami seperti madu dan juga ekstrak daun abrus prekotorius yang bisa memerangi rasa perih sariawan.

Obat yang satu ini juga mudah digunakan. Cukup diteteskan setiap 2 jam agar sariawan cepat sembuh. Produk ini juga mudah dibawa bepergian karena kemasannya kecil.

Harga Rp. 24.000-44.000

Tantum Verde Oral Rinse

Tantum Verde Oral Rinse adalah rekomendasi terakhir dari kami. Produk ini merupakan obat kumur yang bisa menyembuhkan sakit di area mulut dan tenggorokan. Mulai dari sariawan, tonsilitis, sakit tenggorokan, post ekstraksi gigi, dan bibir pecah-pecah. Obat ini memiliki kandungan Benzydamine yang berfungsi sebagai antiseptik. Bakteri penyebab sariawan dan sakit tenggorokan akan dibasmi dengan baik.

Produk ini mudah digunakan. Cukup dengan berkumur 1 menit sebanyak 2 hingga 3 kali sehari untuk hasil maksimal.

Harga Rp. 24.000-54.000
From our editorial team

Periksa Aturan Pakai Obat

Kita memang tidak bisa asal saja saat memakai obat. Apalagi jika obat akan diaplikasikan pada anak-anak. Ada baiknya kamu baca aturan pakai dan sesuaikan dosisnya. Jangan melanggar aturan pakai agar tidak terjadi hal buruk yang tidak diinginkan. Pilih jenis obat juga yang sekiranya aturan pakainya mudah dan tidak menyulitkan sehingga sariawan bisa teratasi dengan cepat dan baik.

Tag