10 Rekomendasi Obat Kumur yang Tepat untuk Menghilangkan Bau Mulut dan Masalah Mulut Lainnya (2020)

10 Rekomendasi Obat Kumur yang Tepat untuk Menghilangkan Bau Mulut dan Masalah Mulut Lainnya (2020)

Obat kumur menjadi salah satu pelengkap setelah gosok gigi. Khususnya bagi yang ingin gigi dan mulutnya bisa menjadi lebih bersih dan sehat. Berikut ini, BP-Guide akan mengulas berbagai masalah mulut serta rekomendasi obat kumur yang tepat untuk Anda.

Bau Mulut Memang Sangat Mengganggu

Sebagai makhluk sosial, manusia selalu menjalin komunikasi dengan manusia lainnya. Sayangnya, komunikasi antar manusia sering terganggu oleh bau mulut. Bau mulut atau dikenal sebagai halitosis dalam dunia medis ini adalah penyakit yang sangat mengganggu.

Penyakit ini membuat penderitanya menjadi tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain. Tidak hanya itu saja, lawan bicara dari penderita juga akan terganggu dan risih dengan bau mulutnya.

Bau mulut disebabkan oleh masalah kesehatan dari organ dalam mulut manusia, seperti gigi dan gusi. Masalah tersebut disebabkan oleh bakteri yang bersarang di mulut. Anda harus mengetahui penyebab dari bau mulut agar dapat mengobatinya.

Penyebab Bau Mulut yang Diakibatkan oleh Penyakit

Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang mengganggu produksi insulin di dalam tubuh manusia. Namun ternyata, penyakit diabetes dapat menyebabkan timbulnya bau mulut.

Hal ini dikarenakan saat mengidap penyakit diabetes, tubuh Anda mengalami kondisi ketoasidosis. Kondisi ini dapat membuat peningkatan metabolisme lemak yang akan dikeluarkan melalui urin dan paru-paru.

Pembuangan melalui paru-paru inilah yang dapat menyebabkan bau mulut pasien beraroma aseton. Maka dari itu, saat napas Anda mulai beraroma tidak enak, Anda perlu memeriksanya karena ada kemungkinan aroma tersebut disebabkan oleh penyakit diabetes.

Gagal Ginjal

Bau mulut juga dirasakan oleh pasien gagal ginjal. Hal ini dikarenakan penyakit gagal ginjal dapat menyebabkan perubahan metabolisme di tubuh pengidap. Perubahan metabolisme ini dapat membuat mulut menjadi kering, air liur berkurang, dan penurunan indra pengecap. Kondisi tersebut dapat memicu munculnya bau mulut.

Selain itu, ketika ginjal bermasalah, ginjal tidak mampu lagi menyaring racun. Akibatnya racun akan tersebar ke seluruh tubuh. Seharusnya racun dapat dibuang melalui urin, tetapi racun malah mengendap di semua organ, salah satunya paru-paru. Racun inilah yang kemudian menjadi penyebab dari bau mulut yang tidak sedap.

Kanker

Salah satu penyebab bau mulut adalah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kanker dapat menyebabkan komplikasi pada saluran pernapasan. Komplikasi inilah yang dapat menimbulkan bau mulut. Penyakit kanker yang sangat berpotensi menyebabkan bau mulut adalah kanker paru-paru.

Selain itu, pengobatan kanker juga dapat membuat masalah bau mulut menjadi lebih parah, seperti kemoterapi dan terapi radiasi. Pengobatan tersebut dapat membuat mulut menjadi kering dan produksi air liur menjadi terganggu. Namun Anda jangan terlalu khawatir, karena tidak selalu bau mulut menandakan penyakit kanker.

Berbagai Cara yang Dilakukan Banyak Orang untuk Mengatasi Mulut Bau Mereka

Rutin Mengosok Gigi

Gigi yang kotor dan tidak sehat adalah salah satu sumber dari bau mulut yang tidak sedap. Sisa-sia makanan yang tersangkut di gigi dapat menyebabkan plak pada gigi. Plak inilah yang menjadi tempat bakteri tumbuh dan berkembang biak. Bakteri yang bersarang di sela-sela gigi adalah faktor utama dari bau mulut.

Agar terhindar dari bau mulut, Anda harus rutin menggosok gigi dan menjaga kesehatan mulut. Rutinlah menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah makan. Namun menyikat gigi yang terlalu sering juga tidak baik. Terlalu sering menyikat gigi dapat merusak struktur dari gigi Anda.

Menghindari Makanan Penyebab Bau Mulut

Tidak hanya gigi yang kotor, bau mulut juga dapat disebabkan oleh makanan. Banyak makanan yang memiliki aroma yang tidak sedap dan dapat memengaruhi aroma mulut Anda. Berbagai jenis bahan makanan, seperti bawang merah, bawang putih, petai, dan jengkol adalah jenis-jenis bahan makanan yang dapat menyebabkan bau mulut.

Untuk menghindari bau mulut yang disebabkan oleh makanan, Anda perlu menghindari bahan-bahan makanan yang menyebabkan bau mulut. Tetapi jika Anda sangat ingin memakannya, jangan khawatir. Anda bisa tetap memakannya, namun dengan porsi yang dibatasi. Setelah itu, Anda perlu menyikat gigi atau memakan permen wangi agar napas Anda segar kembali.

Berhenti Menjadi Perokok Aktif

Rokok tidak hanya dapat menyebabkan penyakit paru-paru, penyakit jantung, gangguan kehamilan, dan penyakit berbahaya lainnya, tetapi ternyata rokok juga menjadi salah satu sumber dari bau mulut. Bau mulut dari rokok disebabkan oleh kandungan tembakau yang bersarang di mulut.

Tidak hanya bau mulut, rokok juga dapat merusak gigi dan membuat noda pada gigi. Maka dari itu, berhentilah merokok agar napas Anda tetap segar dan kesehatan mulut Anda tetap terjaga.

Menggunakan Daun Sirih

Jika Anda ingin menghilangkan bau mulut secara permanen, Anda bisa memanfaatkan daun sirih. Kandungan minyak atsirinya mengandung zat allypyrocatechol yang dapat mengikat bakteri anaerob penyebab bau mulut. Daun sirih bekerja dengan cara mengurangi produksi methyl mercaptan dan hydrogen sulfide. Dua jenis bakteri tersebut adalah sumber dari bau mulut.

Cara memanfaatkan daun sirih untuk obat bau mulut sangatlah sederhana, pertama cuci 2 sampai 4 lembar daun sirih. Kemudian masukkan ke dalam gelas dan seduh dengan air panas. Setelah itu tutup rapat gelas dan biarkan sampai air tidak terlalu panas. Setelah itu, gunakan air rendaman sirih sebagai air untuk berkumur. Berkumur dengan air sirih secara rutin dapat membuat aroma napas Anda menjadi lebih segar.

Menggunakan Obat Kumur

Menyikat gigi saja terkadang tidak cukup untuk menghilangkan bau mulut. Anda perlu perlindungan yang ekstra, salah satunya melalui obat kumur. Tidak hanya membasmi bakteri penyebab bau mulut, tetapi obat kumur juga dapat membuat bakteri tersebut tidak datang lagi. Selain menghilangkan bau mulut, obat kumur juga dapat membuat aroma mulut Anda menjadi lebih wangi dan segar.

Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih obat kumur. Jangan sampai Anda mendapatkan produk yang palsu, karena obat kumur berhubungan langsung dengan organ di dalam mulut Anda yang sangat rentan. Usahakan Anda memilih produk yang telah mendapatkan anjuran dokter atau memang telah terbukti kualitasnya.

Rekomendasi Obat Kumur Terbaik untuk Menghilangkan Bau Mulut Dalam Hitungan Menit

Pepsodent Mouthwash Sensitive Expert Perawatan Mulut & Gigi Anti Bakteri 150 ml

Pepsodent Mouthwash Sensitive Expert Perawatan Mulut & Gigi Anti Bakteri 150ml adalah obat kumur dari Pepsodent yang diformulasikan tanpa alkohol. Mengandung potassium citrate yang dapat membantu melawan bakteri penyebab bau mulut.

Kandungan active zinc-nya dapat menjaga kesehatan gusi, ditambah dengan kandungan fluoride yang dapat mencegah gigi berlubang dan mengembalikan mineral yang hilang pada email gigi.

Obat kumur yang terbuat dari bahan herbal yang natural ini dapat membuat mulut Anda nyaman, segar, dan memberikan hasil yang lebih optimal dibandingkan hanya menyikat gigi biasa.

Harga Rp. 14.200-30.800

Listerine Natural Green Tea 500 ml

Listerine Natural Green Tea 500ml adalah obat kumur antiseptik yang terbuat dari ekstrak alami green tea yang dapat memberikan rasa ringan pada mulut Anda.

Ditambah dengan kandungan fluoride dan formula dari 4 essential oil yang membantu mencegah gigi berlubang, menjaga kesehatan gigi, dan membunuh 99,9% kuman penyebab masalah mulut.


Bahan dasarnya yang natural membuat obat kumur ini aman untuk anak-anak, namun tetap saja harus dalam pengawasan orang tua. Setiap berkumur, gunakanlah gelas takar agar takarannya pas. Gunakan 20 ml untuk berkumur selama 30 detik.

Harga Rp. 35.000-50.500

Colgate Plax Peppermint Mouthwash 250 ml

Colgate Plax Peppermint Mouthwash 250ml adalah obat kumur yang terbuat dari daun mint yang memberikan sensasi dingin dan segar. Sensasi menyejukkan yang ditawarkan obat kumur dari Colgate Plax ini sepuluh kali lebih sejuk dibandingan dengan menyikat gigi.

Kandungan aktifnya dapat melawan 99,9% bakteri, sehingga dapat menyegarkan napas dan menyehatkan gusi. Kandungan fluoride-nya juga dapat mencegah gigi berlubang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, berkumurlah selama 30 detik dan lakukan dua kali sehari.

Harga Rp. 21.755-40.200

Betadine Obat Kumur 190 ml

Betadine Obat Kumur 190ml adalah obat kumur yang mengandung povidone lodine yang dapat menghilangkan bau mulut dan sariawan.

Zat aktif antiseptik yang terkandung di dalam obat kumur ini dapat membunuh pertumbuhan kuman dan bakteri penyebab bau mulut di dalam mulut.

Tidak hanya itu saja, obat kumur dari Betadine ini juga dapat mengatasi gigi berlubang, gusi bengkak, sakit tenggorokan, sariawan, dan masalah mulut lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan 15 ml untuk berkumur selama 30 sampai 60 detik.

Namun perlu Anda perhatikan, obat kumur ini dapat menyebabkan iritasi idiosyncratic mucosal dan reaksi hipersensitif.

Harga Rp. 27.500-36.400

Frezza Orange Mint Mouthwash Penyegar Mulut 120 ml

Frezza Orange Mint Mouthwash Penyegar Mulut 120 mL adalah obat kumur yang terbuat dari bahan aktif untuk menyegarkan napas Anda dengan sensasi jeruk.

Kandungan antiseptiknya juga dapat membunuh kuman penyebab bau mulut dan membuatnya tidak datang kembali. Terbuat dari bahan-bahan herbal alami, sehingga sangat aman untuk kesehatan mulut Anda.

Selain bau mulut, obat kumur dari Frezza ini juga dapat mengatasi masalah mulut yang lainnya, seperti mengurangi plak, mencegah gigi berlubang, dan memberikan sensasi dingin.

Selain orange mint, obat kumur ini juga memiliki varian yang lain, seperti mint, fluoride, spearmint, dan strong mint.

Harga Rp. 9.900-12.200

Total Care Mouthwash Lemon Herb 250 ml

Total Care Mouthwash Lemon Herb 250 ml adalah obat kumur yang terbuat dari bahan alami dan menawarkan delapan perlindungan mulut. Bahannya tidak mengandung alkohol, sehingga aman bagi kesehatan mulut Anda.

Bahan aktifnya dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut yang bersarang di sela-sela gusi Anda. Selain itu, obat kumur ini juga dapat merawat kekuatan email, mencegah timbulnya plak, mencegah gigi berlubang, dan menjaga kebersihan mulut.

Selain itu, obat kumur dari Total Care ini juga dapat memberikan perlindungan gigi putih alami. Gunakan obat kumur ini secara rutin agar Anda akan terhindar dari masalah bau mulut dan masalah mulut lainnya.

Harga Rp. 17.550-17.750

Aloclair Plus Mouthwash 60 ml

Aloclair Plus Mouthwash 60 ml adalah obat kumur yang terbuat dari bahan-bahan alami yang salah satunya adalah ekstrak lidah buaya. Bahan-bahan aktifnya dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dan membuatnya tidak datang kembali.

Selain itu, obat kumur dari Aloclair ini juga dapat meredakan sariawan dan luka serta membuatnya lebih cepat sembuh. Anda juga tidak perlu khawatir jika tertelan, karena jika tertelan tidak membahayakan tubuh dan memiliki rasa yang manis.

Harga Rp. 87.010-117.000

Winz Mouthwash 300 ml

Winz Mouthwash 300 ml adalah obat kumur yang terbuat dari kandungan tumbuhan herbal neem alami dan tidak mengandung alkohol, sehingga sangat aman untuk kesehatan mulut.

Bahan aktifnya mampu menghilangkan bakteri hingga 99%, termasuk bakteri penyebab bau mulut. Tidak hanya bau mulut, obat kumur ini juga dapat mengatasi berbagai masalah pada rongga mulut, seperti gusi berdarah dan sariawan. Aromanya yang segar dapat membuat napas Anda menjadi segar.

Obat kumur ini sangat cocok untuk Anda yang perokok aktif. Untuk hasil yang maksimal, gunakan 3 kali sehari sebanyak 15 ml. Berkumurlah selama 30 detik kemudian buang. Jangan sampai tertelan dan cairannya sebaiknya tidak diencerkan.

Harga Rp. 55.000-60.000

Obat Kumur Mustika Ratu Daun Sirih 200 ml

Obat Kumur Mustika Ratu Daun Sirih 200 ml adalah obat kumur yang terbuat dari ekstrak daun sirih. Zat antiseptik alami dari daun sirih dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, juga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Cairannya juga tidak membuat mulut Anda menjadi pedih saat berkumur.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah secara teratur setelah menggosok gigi. Cara pemakaiannya sangatlah sederhana, cukup tuang larutan sebanyak satu tutup botol, kemudian gunakan untuk berkumur selama 30 detik.

Perlu Anda perhatikan, jangan sampai larutan tertelan karena tidak baik untuk tubuh Anda. Penggunaan secara teratur dapat membuat mulut Anda menjadi lebih segar dan bebas dari masalah bau mulut.

Harga Rp. 16.950-20.500

Obat Kumur Sanorine Biru 200 ml

Obat Kumur Sanorine Biru 200 ml adalah obat kumur yang terbuat dari hyaluronic acid yang mampu menyembuhkan sariawan, radang gusi, dan pertumbuhan plak. Kandungan aktifnya dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dan membuat bakteri tersebut tidak datang lagi.

Selain itu, obat kumur ini juga dapat membantu regenerasi jaringan di dalam mulut Anda. Kandungan mentolnya memberikan sensasi segar setelah berkumur. Ditambah dengan kandungan natrium sakarin yang memberikan rasa manis pada larutan. Meskipun manis, tetap saja larutan tidak boleh ditelan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan dua kali sehari setelah menyikat gigi.

Harga Rp. 22.500-30.000
From our editorial team

Hindari Bau Mulut dan Berbagai Masalah Mulut Lainnya dengan Obat Kumur

Menggunakan obat kumur bisa menjadi pilihan yang pas untuk menghindari berbagai masalah dengan mulut Anda. Beberapa rekomendasi di atas tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk masalah Anda. Jadi, Anda bisa lebih sehat sekaligus lebih percaya diri.