Batuk Kering atau Batuk Berdahak Mengganggu Aktivitas? Redakan dengan 30 Rekomendasi Obat Batuk Kering & Batuk Berdahak dari Para  Ahli (2022)

Batuk Kering atau Batuk Berdahak Mengganggu Aktivitas? Redakan dengan 30 Rekomendasi Obat Batuk Kering & Batuk Berdahak dari Para Ahli (2022)

Jangan sampai aktivitas Anda terganggu karena serangan batuk. Batuk bisa disebabkan oleh alergi dan gangguan lain dari luar. Simak artikel BP-Guide berikut ini untuk mendapatkan rekomendasi obat batuk kering dan obat batuk berdahak sesuai kebutuhan.

Batuk Bisa Dialami oleh Siapa Saja

Batuk adalah gejala penyakit yang bisa dialami siapa saja. Menurut medis, batuk merupakan mekanisme perlindungan diri yang dilakukan oleh tubuh manusia. Melalui batuk, tubuh kita akan mengeluarkan lendir, mikroba, dan benda asing yang menempel di tenggorokan.

Batuk sendiri dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Bedanya, saat menderita batuk kering saluran napas kita tidak memproduksi lendir. Batuk kering menimbulkan ketidaknyamanan karena bisa mengganggu aktivitas seperti menyebabkan susah tidur di malam hari.

Penyebab Batuk dan Gangguan Tenggorokan

Asma

Penderita asma sering menderita batuk kering yang disebabkan oleh penyempitan saluran napas yang terjadi secara tiba-tiba. Penyempitan ini biasanya dipicu oleh penyebab spesifik seperti suhu dingin, debu, dan infeksi lainnya. Gejala lain yang menyertainya adalah sesak napas, sulit napas karena batuk, dan muncul suara seperti peluit ketika menghela napas.

Asam Lambung

Aliran balik asam lambung yang naik ke tenggorokan atau yang disebut dengan GERD juga bisa menimbulkan batuk. Aliran balik asam lambung akan memicu munculnya iritasi pada tenggorokan yang menyebabkan refleks batuk.

Gejala lain yang menyertai kondisi ini adalah rasa terbakar dan nyeri di dada, sensasi tertahan di tenggorokan, suara serak, dan kesulitan menelan.

Alergi

Batuk akan muncul sebagai hasil dari reaksi tubuh terhadap pemicu alergi yang masuk ke saluran penapasan. Batuk menjadi mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan zat alergen tersebut. Gejala lain yang menyertai biasanya adalah gatal, bersin, dan pilek.

Merokok

Perokok aktif sangat rawan menderita batuk kering karena kandungan zat kimia yang ada di dalam rokok menjadi pemicu utamanya. Bahan kimia tersebut menyebabkan iritasi pada saluran napas dan secara perlahan merusak saluran napas. Dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit yang lebih berat seperti emfisema, bronkitis, hingga pneumonia.

Infeksi Virus

Infeksi virus yang masuk ke dalam tubuh kita juga bisa menyebabkan batuk kering. Batuk yang disebabkan oleh virus akan reda dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Namun jika penyebabnya adalah iritasi post infeksi virus, maka bisa berlangsung selama 1-2 bulan lamanya. Kondisi ini akan membaik seiring dengan pulihnya saluran napas.

Cara Mengatasi Batuk Secara Alami

Hindari Minuman Dingin

Saat tenggorokan terasa sakit dan nyeri, hindari minuman dingin atau es untuk mencegah kondisi tenggorokan yang makin parah. Sebaiknya minum air hangat yang bisa membantu meredakan tenggorokan. Anda bisa mengonsumsi teh hangat atau kuah sup hangat saat menderita batuk.

Gunakan Humidifier

Humidifier atau pelembap udara juga bisa membantu meredakan batuk kering. Humidifier bekerja menyerap kelembapan udara sehingga gangguan batuk, terutama batuk kering bisa berkurang. Humidifier bisa diletakkan di dalam kamar tidur atau di ruangan lain tempat Anda beraktivitas.

Kumur Air Garam

Berkumur dengan air garam juga bisa membantu meredakan batuk, terutama batuk tidak berdahak. Campurkan 1/2 sdt garam ke dalam 600 ml air, lalu gunakan untuk kumur selama 30 detik. Namun, jangan sampai larutan tertelah untuk mencegah munculnya gangguan kesehatan lainnya.

30 Rekomendasi Obat Batuk Kering & Batuk Berdahak dari Para Ahli

Untuk memudahkan Anda memutuskan obat batuk kering apa yang akan Anda beli untuk meredakan batuk kering atau batuk berdahak, berikut adalah 30 rekomendasi obat batuk kering dan obat batuk berdahak dari para ahli . Disimak dengan detail tiap itemnya ya, agar Anda mendapat informasi yang lengkap dan akhirnya bisa memutuskan obat batuk kering atau obat batuk berdahak apa yang akan Anda beli untuk meredakan batuk kering atau batuk berdahak.

Obat Batuk yang Efektif & Aman untuk Batuk Kering untuk Orang Dewasa

1. Siladex Antitussive, Ampuh Redakan Batuk Kering

Batuk kering tidak boleh disepelekan karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika Anda mengalaminya, ada Siladex Antitussive Obat Batuk Tidak Berdahak yang siap untuk meredakan gangguan ini. Indikasi dari obat ini adalah meredakan batuk tidak berdahak atau baru kering yang disertai alergi.

Obat batuk ini juga bekerja meningkatkan ambang rangsang refleks batuk, juga sebagai anthihistamin. Dapat digunakan oleh anak-anak dan dewasa dengan dosis masing-masing atau sesuai dengan petunjuk dokter. Untuk menyimpannya, cukup pada suhu ruangan saja.

Harga Rp. 10.000-20.000

2. Woods Peppermint Antitussive, Formula Khusus Batuk Kering

Woods Peppermint Antitussive Batuk Tidak Berdahak adalah obat yang diformulasikan untuk meringankan gejala batuk kering atau tidak berdahak. Komposisinya adalah Dipenhydramine HCI 12,5 mg. Namun obat ini tidak cocok untuk beberapa orang seperti wanita hamil dan menyusui, penderita hipersensitif terhadap bahan aktif, penderita glaukoma, asma bronchial, dan kegagalan pernapasan.

Selain itu, jangan berikan obat ini pada anak di bawah usia 6 tahun kecuali dengan petunjuk dokter. Selama penggunaannya, sebaiknya Anda tidak mengemudikan kendaraan bermotor atau menjalankan mesin. Juga saat Anda menderita batuk berdahak, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini. Jika batuk tidak berkurang dan justru semakin parah setelah 3 hari, sebaiknya hentikan pemakaian.

Harga Rp. 20.000-30.000

3. Vicks Formula 44, Bantu Atasi Batuk Kering & Tenggorokan Gatal

Indikasi umum dari Vicks Formula 44 adalah meredakan batuk kering, gangguan tenggorokan, dan flu. Obat batuk berbentuk sirup ini memiliki kandungan Dextromethorphan HBr dan Doxylamine Succinate yang akan membantu meredakan batuk tidak berdahak dan tenggorokan gatal.

Dosis penggunaannya adalah sesudah makan, sesuai dengan anjuran dokter. Obat ini tidak boleh diberikan kepada anak-anak berusia di bawah 6 tahun. Simpan di tempat yang sejuk untuk menjaga kualitas obat ini tetap baik.

Harga Rp. 8.000-25.000

4. Siladex DMP, Efektif Redakan Batuk Tidak Berdahak

Rekomendasi berikutnya adalah Siladex DMP Obat Batuk Tidak Berdahak yang diformulasikan untuk meredakan batuk kering. Obat ini sangat pas dikonsumsi pada malam hari menjelang istirahat. Kandungan bahan aktif di setiap 5 ml-nya adalah Dextromethorphan HBr 7,5 mg dan Diphenhydramine HCL 12,5 mg.

Dapat digunakan pada anak-anak mulai usia 6 tahun dan dewasa atau sesuai dengan petunjuk dokter. Untuk menjaga kualitasnya, simpan obat ini di dalam suhu kamar dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung.

Harga Rp. 15.000-25.000

5. Sanadryl DMP, Ringankan Gejala Batuk Tidak Berdahak

Sanadryl DMP adalah obat dengan indikasi penggunaan untuk meringankan gejala batuk tidak berdahak yang menimbulkan rasa sakit atau batuk karena alergi. Kandungan zat aktif yang ada di dalamnya adalah Dextromethorphan HBr, Difenhidramin HCl, Ammonium Klorida, Natrium Sitrat, dan menthol. Sangat cocok digunakan untuk batuk kering yang menimbulkan rasa sakit atau batuk karena alergi.

Obat ini harus dikonsumsi setelah makan. Tidak dianjurkan anak-anak usia di bawah 12 tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui, kecuali di bawah petunjuk dokter.

Harga Rp. 15.000-50.000

6. Actifed Plus Cough Suppressant, Redakan Flu, Pilek & Batuk Kering

Obat batuk selanjutnya yang akan direkomendasikan kepada Anda adalah Actifed Plus Cough Suppressant. Obat ini dapat meredakan gejala flu, pilek, dan batuk kering yang disertai dengan gatal pada tenggorokan. Kandungan bahan aktif yang ada di dalamnya adalah Dextromethorphan HBr, Pseudoephedrine HCl, dan Triprolidine HCl.

Obat dalam bentuk sirup ini dapat digunakan oleh anak-anak mulai usia 12 tahun hingga dewasa. Perhatikan kontraindikasi seperti sensitif terhadap obat simpatomimetik, hipertensi berat, pasien yang mendapat terapi MAOI, juga anak di bawah usia 6 tahun.

Efek samping obat ini adalah dapat menyebabkan kantuk, sehingga tidak disarankan untuk menggunakannya saat akan berkendara.

Harga Rp. 50.000-100.000

7. Vogel Bronchosan Pine Cough Syrup, Atasi Batuk kering & Gangguan Tenggorokan.

Buat Anda yang mencari obat herbal, maka Vogel Bronchosan Pine Cough Syrup bisa jadi pilihan yang tepat. Obat batuk ini terbuat dari bahan-bahan herbal yang digunakan untuk membantu mengatasi batuk kering dan gangguan tenggorokan.

Bahan alami yang ada di dalamnya antara lain adalah tunas piceas abis, cemara, gula tebu, jus buah pir, dan minyak pinus. Obat ini tidak boleh diberikan kepada anak di bawah usia 12 tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui, kecuali atas petunjuk dokter.

Harga Rp. 300.000-500.000

8. Bodrex Flu & Batuk PE, Aktif Redakan Gejala Flu & Batuk

Bodrex Flu & Batuk PE Tidak Berdahak adalah obat yang bekerja aktif meredakan gejala flu dan batuk, bekerja secara sinergis untuk meredakan gejala flu seperti demam, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. Anda yang merasakan batuk yang terasa serak di tenggorokan bisa menggunakan obat ini.

Formula bahan aktif di dalamnya adalah paracetamol, phenylephrine, dextromehorphan. Tersedia dalam bentuk tablet dan sirup yang praktis untuk dikonsumsi kapan saja dan di mana saja.

Harga Rp. 2.000-50.000

9. HerbaKOF Sirup, Obat Herbal untuk Batuk Kering

Satu lagi rekomendasi obat batuk herbal untuk Anda. HerbaKOF Sirup Obat Batuk Herbal berfungsi untuk meredakan semua jenis batuk dan radang tenggorokan. Memberikan reaksi yang cepat, hanya 10 menit saja setelah penggunaan dan efeknya mampu bertahan hingga 8 jam.

Dibuat dengan teknologi AFT yaitu mengambil fraksi khusus tanaman herbal yang paling efektif. Obat ini merupakan gabungan dari fraksi empat bahan herbal yang di dalamnya. Dapat diberikan pada anak-anak mulai usia 6 tahun dan dewasa sesuai dengan dosis yang dianjurkan pada kemasan.

Harga Rp. 10.000-20.000

10. Benadryl Original, Ampuh Redakan Batuk Kering Sejak Hari Pertama

Produk terakhir yang direkomendasikan adalah Benadryl Original. Obat ini dapat meredakan batuk sejak hari pertama. Berbagai macam manfaat yang diberikan antara lain meredakan batuk serta gejala lain yang muncul pada saluran pernapasan seperti bersin, gatal pada rongga hidung, tenggorokan, hingga mata berair yang disebabkan oleh alergi.

Gunakan penggunaan sesuai dengan petunjuk yang ada di kemasan atau sesuai dengan anjuran dokter.

Harga Rp. 20.000-30.000

Obat Batuk yang Efektif & Aman untuk Batuk Berdahak untuk Orang Dewasa

From our editorial team

Gunakan Obat Batuk Sesuai Dosis dan Petunjuk Dokter

Anda bisa memilih obat batuk yang paling sesuai kebutuhan melalui rekomendasi BP-Guide di atas. Namun yang tidak kalah penting, Anda harus mengonsumsi obat sesuai dengan dosis dan petunjuk dokter. Jika batuk tidak kunjung sembuh, segera periksakan diri ke dokter.

Tag