Hindari Flu dan Penyakit Lainnya, Ini 10 Rekomendasi Obat Flu agar Lebih Cepat Sembuh (2020)

Hindari Flu dan Penyakit Lainnya, Ini 10 Rekomendasi Obat Flu agar Lebih Cepat Sembuh (2020)

Musim hujan identik dengan menjamurnya penyakit flu. Bila Anda terkena flu, maka segeralah beristirahat. Bila perlu, beberapa obat flu yang direkomendasikan BP-Guide ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda.

Pilek dan Flu Kerap Datang di Kala Musim Hujan

Sebagai negara yang terletak di daerah tropis, Indonesia kerap diserang flu di berbagai wilayah. Penyebabnya adalah ketika musim hujan terjadi di negara kita, maka virus influenza akan bermunculan dan menyerang sistem imun tubuh manusia.

Sebenarnya, bukanlah kehujanan atau kedinginan yang menyebabkan seseorang bisa terserang flu. Penyebabnya adalah, virus itu berkembang biak dengan cepat ketika udara lembab. Itulah sebabnya, memasuki musim penghujan, akan lebih baik meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak mudah sakit.

Beberapa tanda bahwa Anda menderita penyakit ini mulai dari bersin, dan hidung meler. Kelanjutannya, mata terus berair, dan terserang demam. Ketika demam melanda, maka badan akan terus lesu karena tenaga berkurang.

Cara Alami untuk Mengatasi Flu

Menggunakan Minyak Esensial

Cara pertama yang banyakg digunakan oleh orang Indonesia adalah menggunakan minyak esensial. Minyak esensial digunakan untuk melegakan hidung tersumbat, sehingga pernapasan menjadi lebih lancar. Bisa dengan menggunakan diffuser yang menguapkan minyak tersebut di hidung, bisa juga dengan minyak yang dioleskan.

Minyak esensial yang baik adalah yang 100 persen terbuat dari bahan alami, tanpa campuran bahan kimia. Hal itu menyebabkan minyak esensial ini minim efek samping.

Beberapa bahan yang kerap menjadi material utama minyak esensial antar lain pine, marjoram, lavender, peppermint, cypress, myrtle, eucalyptus globolus, dan dua jenis eucalyptus lainnya yakni radiata dan citriodora.

Mengonsumsi Madu

Cara kedua adalah dengan rutin mengonsumsi madu. Madu dipercaya untuk meningkatkan kekuatan sistem imun, sekaligus meredakan batuk, bersin, dan pilek. Jadinya, bila Anda terserang flu atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) maka mengonsumsi madu sangat pas untuk penyembuhan Anda.

Tidak hanya itu, madu menjadi sumber energi sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab, madu mengandung glukosa yang menjadi sumber energi, begitu juga fruktosa dan karbohidrat. Ditambah lagi, antioksidan yang dikandung madu menjadi senjata utama untuk menghalau radikal bebas.

Oleh karena itu, madu sangat pas dikonsumsi baik untuk mencegah maupun mengobati. Akan lebih baik, sebelum terkena penyakit, mengonsumsi madu secara rutin agar terhindar dari flu.

Menggunakan Air Garam

Berbagai penelitian medis menyebutkan bahwa air garam akan sangat ampuh menyembuhkan flu. Sebab, air garam mampu meredakan hidung tersumbat karena lendir, sehingga meredakan flu.

Cara penyembuhannya antara lain dengan mencuci hidung dengan air garam. Hasilnya, lendir kental, sinus, dan infeksi bisa mereda dan hidung bisa lebih nyaman. Ditambah lagi, air garam mampu meredakan flu agar tidak semakin parah.

Anda bisa menggunakan 1 sendok teh air garam yang dicampurkan dengan air hangat. Lalu, gunakan untuk berkumur-kumur. Hasilnya, virus dan bakteri yang berada di sekitar tenggorokan bisa teratasi.

Minum Air Secukupnya

Terpenting adalah Anda jangan sampai kurang mengonsumsi air. Karena, kekurangan cairan bisa menyebabkan banyak hal, termasuk dehidrasi. Khusus ketika Anda menderita pilek atau flu, maka perbanyak minum air, setidaknya 8 gelas sehari. Lebih banyak juga tidak apa-apa.

Untuk meringankan kondisi Anda yang terserang flu, ISPA, atau pilek, maka mengonsumsi air hangat akan dapat membantu Anda meredakan penyakit-penyakit tersebut. Air hangat dapat mengencerkan lendir, sehingga pernapasan lebih lancar.

Untuk hasil terbaik, Anda bisa juga mencampurkan air hangat tersebut dengan bahan-bahan alami yang terbukti mampu meredakan flu. Misalnya, jahe, madu atau lemon, yang mampu menjadikan sakit tenggorokan, flu, dan pilek Anda segera mereda.

Istirahat

Ini yang lebih penting, jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup. Orang yang kurang beristirahat tentunya akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah, sehingga bisa terserang flu dan batuk. Bila Anda terserang flu, maka perbanyak istirahat, kurang bekerja. Sebab, ketika Anda terserang flu, maka pekerjaan Anda akan banyak terbengkalai. Jadinya, jangan memaksakan diri untuk tetap bekerja ketika flu.

Kurang Ampuh dengan Cara Alami? Coba Obati dengan Obat Flu Berikut

PROCOLD OBAT FLU

Obat flu yang pertama adalah Procold Obat Flu. Procold mengandung paracetamol, pseudoephedrin, HCI, dan cholpeniramin maleat yang ditujukan untuk meringankan gejala flu. Gejala flu yang bisa mereda dengan obat ini antara lain demam, sakit kepala, dan hidung tersumbat.

Paracetamol yang dikandungnya mencapai 500 mg untuk mengurangi rasa sakit di kepala. Produk ini aman diminum baik sebelum maupun sesudah makan. Untuk anak-anak sebaiknya diminum 3 kali sehari 1/2 kaplet, sedangkan dewasa bisa diminum 1 kaplet, 3 kali sehari.

Produk dari Kalbe Farma satu ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh anak berusia di bawah 6 tahun, wanita hamil dan penderita gangguan hati dan ginjal. Untuk keamanan, sebaiknya minta petunjuk dokter sebelum mengonsumsinya.

Harga Rp. 3.000-67.000

DECOLGEN TABLET OBAT FLU

Produk yang direkomendasikan berikutnya adalah Decolgen Tablet Obat Flu dan Batuk. Produk satu ini sangat ampuh mengobati demam, sakit kepala, bersin, dan hidung tersumbat. Komposisinya antara lain adalah paracetamol, phenlpropanolamine, decongestan, dan chlorpheniramine maleate.

Paracetamol yang dikandungnya mampu menjadi antipyretic dan analgetic. Ditambah lagi dengan dekongestan untuk hidung menjadikan produk satu ini sangat pas untuk mengobati flu Anda.

Produk dengan berat 50 gram ini merupakan 1 tablet yang berisi 4 tablet. Bisa dikonsumsi untuk anak-anak dan dewasa, dengan mengikuti petunjuk pemakaian pada kemasan.

Harga Rp. 2.500-19.000

TREMENZA SIRUP OBAT FLU

Berikutnya ada Tremenzaa Syrup 60 ml. Produk satu ini merupakan obat pilek berbentuk sirop yang bisa disimpan hingga 36 bulan di rumah. Obat flu satu ini sangat pas untuk Anda yang terkena flu, karena alergi, sehingga membutuhkan dekongestan dan antihistamin.

Tremenzaa Syrup mengandung pseudoephedrine HCI dan triprolidine HCI. Untuk anak usia 2-5 tahun sebaiknya dikonsumsi 1/2 sendok takar, hingga 3 kali sehari. Bila anak berusia di atas 6 tahun, bisa mengonsumsi 1 sendok takar, 3-4 kali sehari.

Pseudoefedrin yang dikandungnya mampu membantu meredakan peradangan saluran napas dan hidung tersumbat. Dengan demikian, pembengkakan di saluran napas dapat disembuhkan, sehingga napas bisa kembali lancar.

Harga Rp. 30.000-64.000

STOP COLD OBAT FLU

Produk berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Stop Cold obat flu dan batuk. Produk ini juga sangat pas untuk meredakan demam, sakit kepala, bersin, dan hidung tersumbat.

Produk dengan berat 20 gram ini mengandung paracetamol hingga 500 mg, phenylpropanolamine HCI 20 mg, triprolidine HCI, glyceryl guaiacolate, dan guaiafenesin. Tidak hanya itu saja, produk ini juga mengandung vitamin C 50 mg untuk mempercepat penyembuhan Anda.

Produk ini tepat digunakan untuk usia dewasa, dengan mengikuti petunjuk di kemasan. Untuk lebih tepat meredakan flu, sebaiknya dikonsumsi 1 tablet, 1 hingga 3 kali sehari.

Harga Rp. 3.500-313.000

DECOLSIN SIRUP OBAT FLU

Berikutnya untuk anak mulai dari usia 2 tahun hingga dewasa, bisa mempertimbangkan Decolin Syrup. Produk satu ini sangat pas untuk mengobati flu disertai batuk.

Produk ini mengandung antitusif, ekspetoran, analgesik, antipiretik, dekongestan, dan antihistamin. Kandungan tersebut mampu meredakan batuk yang berdahak maupun tidak. Selain itu membantu meredakan demam, sakit kepala, hidung tersumbat, serta bersin-bersin.

Untuk anak usia 2-6 tahun, bisa mengonsumsi 1/2 sendok takar, sedangkan usia 6 -12 tahun mengonsumsi 1 takar. Orang dewasa atau anak di atas 12 tahun bisa mengonsumsi sekali 2 takar untuk lebih cepat sembuh. Untuk lebih amannya, Anda bisa mengikuti petunjuk dokter.

Harga Rp. 88.000-25.000

SANAFLU OBAT FLU

Produk yang cukup populer dan menjadi pilihan banyak warga Indonesia adalah Sanaflu Tablet. Produk ini merupakan obat flu, pilek, dan bersin-bersin yang harganya terjangkau dan mudah ditemukan di sekitar Anda.

Produk ini mampu mengobati berbagai gejala influenza, mulai dari demam, sakit kepala, bersin-bersin dan sebagainya. Satu stripnya berisi 4 kaplet dan berat totalnya adalah 7 gram.

Produ asli lokal ini bisa Anda konsumsi apabila gejala inluenza mulai tampak. Tapi, untuk lebih amannya, Anda bisa mengikuti saran atau petunjuk dari dokter untuk aturan pakai.

Harga Rp. 3.000-49.800

INTUNAL OBAT FLU

Obat yang direkomendasikan berikutnya adalah Intunal Forte Obat Flu. Produk satu ini merupakan obat batuk dan flu, yang satu stripnya berisi 4 tablet yang mengandung paracetamol dengan berat 1 gram.

Selain paracetamol 125 mg, setiap 5 ml obat ini juga mengandung phenylpropanolamine HCI (3,5 mg), dexcholorpheniramine maleate (0,5 mg), dextrometrophan HBr (3,5 mg) dan guaifenesin (50 mg).

Kandungan dalam komposisi obat tersebut membantu meringankan gejala flu, antara lain demam, sakit kepala, batuk, bersin, hidung tersumbat, dan sebagainya. Zat aktif paracetamolnya menjadikan flu Anda lebih cepat reda.

Harga Rp. 2.500-70.000

INZA TABLET STRIP OBAT FLU

Berikutnya juga obat yang sering menjadi pilihan utama melawan flu, yakni Inza. Obat dengan total berat 10 gram ini sangat tepat untuk meredakan demam. Sebab, kandungan parasetamolnya beserta pseudoephedrin dan CTM sangat tepat untuk meredakan hidung tersumbat, bersin, sakit kepala, dan gejala influenza lainnya.

Obat satu ini juga aman digunakan oleh anak-anak usia 2 tahun keatas dengan mengikuti aturan pakai. Untuk anak usia 2-6 tahun minum 1/4 tablet, sedangkan 6-12 tahun bisa mengonsumsi 1/2 tablet. Inza lebih tepat dan aman bila dikonsumsi sesudah makan.

Harga Rp. 4.000-48.500

BODREX PAKET DEWASA OBAT FLU & BATUK

Produk berikutnya yang juga memiliki popularitas di mata masyarakat adalah Bodrex Flu dan Batuk. Produk satu ini merupakan obat untuk dewasa dan sangat tepat untuk meredakan flu, batuk, dan gejala flu lainnya.

Kandungan paracetamol dan kafeinnya menjadikan flu Anda lebih cepat reda. Selain itu, Bodrex juga bekerja sebagai analgesik, antipretik, dekongestan, dan antitusif untuk meredakan segala jenis flu dan batuk.

Produk yang diproduksi Tempo Scan Pacific ini memiliki efek samping yakni membuat mengantuk. Jadi, jangan digunakan atau dikonsumsi sebelum mengendara. Lebih lanjut lagi, Anda bisa membaca aturan pakai atau mengikuti petunjuk dokter untuk mendapatkan hasil terbaik.

Harga Rp. 1.700-48.000

ALCO PLUS SIRUP OBAT FLU

Berikutnya ada Alco Plus Sirup Obat Flu. Obat flu berbentuk sirup ini merupakan jenis obat bebas berbatas. Kandungannya seperti pesudoephedrine HCI serta brompheniramine maleate sangat tepat untuk meredakan gejala flu.

Produk ini bisa dikonsumsi anak usia di atas 2 tahun dengan 1,25 ml dan 3 kali sehari. Sedangkan anak usia 6-12 tahun bisa mengonsumsinya 2,5 ml sebanyak 3 kali sehari. Dewasa di atas 12 tahun bisa mengonsumsi 5 ml hingga 3 kali sehari untuk hasil terbaik.

Produk satu ini sangat baik untuk meredakan batuk-batuk, bersin, hidung tersumbat karena pilek, dan sakit kepala. Namun, untuk lebih aman dan tepat guna, Anda bisa mengikuti aturan pakai pada kemasan atau mengikuti anjuran pemakaian dari dokter.

Harga Rp. 57.500-264.000
From our editorial team

Cepat Istirahat dan Minum Obat Bila Gejala Flu Mulai Tampak

Ketika gejala flu menyerang, akan lebih baik bila segera melakukan tindakan-tindakan yang bersifat alami seperti yang diuraikan di atas. Bila perlu segera minum obat. Obat yang direkomendasikan BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi produk yang tepat untuk membantu meredakan flu Anda. Tetap jaga diri dan tetap menjaga kesehatan, yah.

Tag