Sakit Perut Menghambat Produktivitas? Redakan Segera dengan 10 Rekomendasi Obat Sakit Perut dari BP-Guide! (2020)

Sakit Perut Menghambat Produktivitas? Redakan Segera dengan 10 Rekomendasi Obat Sakit Perut dari BP-Guide! (2020)

Sakit perut memang bikin kita jadi serba salah, ingin terus beraktivitas tapi perut melilit, mau lanjut kerja tapi perut tak bisa dikondisikan. Karenanya, segera redakan sakit perut mengganggu dengan oabt yang tepat. Cek rekomendasinya dari kami!

Sakit Perut Bikin Kurang Nyaman untuk Beraktivitas

Tidak ada yang ingin sakit namun kita tak pernah tahu apa yang terjadi kedepannya. Salah satu penyakit yang sering tak terduga datangnya adalah sakit perut. Jenis sakit yang satu ini cukup mengganggu, bahkan jika parah bisa bikin kita lemas hingga pingsan.

Sakit perut ada beragam gejalanya, mulai dari kram, mulas, menusuk hingga menyebabkan mual. Gejala yang keluar bervariasi tergantung dari penyebabnya. Sifat sakit perut juga beragam. Ada yang muncul secara tiba-tiba, ada yang hilang timbul dan menetap. Lalu ada juga yang berlangsung hanya sebentar.

Sakit perut merupakan jenis sakit yang umum dialami siapa saja. Ada beberapa faktor yang biasanya bisa menyebabkan sakit perut. Yang paling umum adalah terlalu banyak makan pedas, makan makanan yang tercemar bakteri dan virus, mengonsumsi minuman beralkohol atau berkafein hingga karena mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Penyebab sakit perut lainnya ada juga karena terlalu banyak mengonsumsi makanan asam dan makanan yang bisa menghasilkan gas seperti brokoli, kol, dan soda. Sakit perut juga bisa disebabkan karena peradangan usus buntu, batu empedu, hingga karena perdarahan lambung. Jika sakit perut sudah dirasa tak wajar, ada baiknya segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Kenali Penyebab Sakit Perut Berdasarkan Letaknya

Sakit perut bisa sangat beragam sehingga kita jadi sulit mengenali gejalanya. Di dalam perut ada banyak organ yang bisa menyebabkan gejala berupa sakit perut. Ada baiknya jika kita mengenali penyebab sakit perut berdasarkan letaknya. Dengan begini, kita bisa melakukan penanganan yang tepat saat terjadi sakit perut.

Jika sakit perut terjadi di bagian perut kanan atas maka bisa jadi itu gejala dari batu ginjal, infeksi ginjal, batu empedu, hepatitis atau kanker hati. Sementara jika sakit terjadi di perut kanan bawah maka bisa jadi penyebabnya karena usus buntu, infeksi saluran kemih, hernia, atau radang usus.

Jiksa sakit perut terjadi di bagian kiri atas maka penyebabnya kemungkinan adalah sembelit, batu ginjal, atau infeksi ginjal. Sakit perut di bagian kiti atas bisa juga disebabkan oleh masalah di paru-paru. Sementara jika sakit perut ada di bagian kiri bawah maka bisa jadi penyebabnya adalah radang usus, batu saluran kemih atau infeksi saluran kemih.

Saat sakit perut terjadi di bagian tengah atas, bisa jadi penyebabnya adalah tukak lambung, maag atau radang organ pankreas. Jika sakitnya ada di bagian tengah bawah, kemungkinan sebabnya adalah radang saluran pencernaan dan radang kandung kemih.

Untuk para wanita, jika terjadi sakit perut bagian bawah wajib diwaspadai. Bisa jadi itu adalah karena kista indung telur, endometriosis, keguguran, kehamilan ektopik atau penyakit radang panggul.

Tips Memilih Obat Sakit Perut

Sesuaikan Obat dengan Gejala yang Dialami

Jangan asal konsumsi obat saat sakit perut melanda. Sebaiknya Anda menyesuaikan obat dengan gejala yang dialami. Ada banyak obat di pasaran dengan kandungan bahan yang berbeda. Sehingga supaya sakit perut cepat reda, sesuaikan obatnya dengan gejala yang Anda rasakan.

Jika mengalami asam lambung, ada baiknya mengonsumsi obat berjenis antasida. Obat ini bisa menetralkan asam lambung karena mengandung kalsium karbonat, magnesium karbonat, aluminium hidroksida dan lain sebagainya. Antasida bersifat basa sehingga bisa menetralkan kondisi di saluran pencernaan.

Untuk Anda yang mengalami asam lambung berlebih bisa memakai obat sakit perut jenis antagonis reseptor H2. Obat semacam ini mengandung famotidine dalam jumlah tinggi sehingga bisa mengurangi asam lambung. Obat ini juga bisa menekan gejala naiknya sekresi asam lambung.

Saat sakit perut terjadi karena masalah pencernaan maka sebaiknya memakai obat jenis digestiva. Obat ini memiliki ndungan enzim yang bisa membantu kinerja pencernaan. Dengan obat ini, maka makanan bisa diserap oleh tubuh dengan lebih baik.

Berikutnya untuk Anda yang mengalami sakit perut karena virus atau bakteri sebaiknya memakai obat diare. Obat ini bisa segera menghentikan diare sehingga Anda tak perlu lemas dan kurang tenaga karena berkali-kali harus ke kamar mandi. Namun saat gejala diare tak segera berhenti, ada baiknya segera konsultasi ke dokter.

Pilih Jenis Obat yang Mudah Dikonsumsi

Saat sakit perut pasti kita sudah tidak mood mau makan ini dan itu. Untuk menelan saja rasanya sudah malas. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda memilih obat yang mudah untuk dikonsumsi. Bisa jadi bentuk sirup atau tablet kunyah. Khusus untuk obat tablet kunyah akan lebih mudah dibawa kemana saja karena memudahkan juga untuk diminum kapanpun dimanapun Anda membutuhkannya. Obat kunyah cukup dimasukan ke dalam mulut layaknya kita sedang maka permen.

Usahakan Memilih Obat yang Bisa Dikonsumsi Seluruh Anggota Keluarga

Sakti perut bisa terjadi kapan saja, maka dari itu tak ada salahnya jika Anda selalu sedia obat sakit perut di rumah. Usahakan memilih obat yang bisa dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga. Pastikan obatnya juga bisa aman dikonsumsi anak.

Sehingga saat anak terkena sakit perut, Anda tak perlu repot mencari obatnya. Tetaplah memperhatikan keterangan batas usia minimum yang boleh mengonsumsi obat tersebut demi keamanan bersama, ya.

10 Rekomendasi Obat Sakit Perut yang Bisa Anda Andalkan

Tay Pin San

Rekomendasi pertama kami untuk obat sakit perut adalah Tay Pin San. Obat ini berbentuk puyer dengan bahan alami yang bisa meredakan kembung hingga mengurangi fekuensi buang air besar yang terlalu sering. Obat tradisional Cina ini mudah dikonsumsi, Anda cuku menyeduhnya dengan 100 ml air hangat.

Di dalamnya ada kandungan Coptidis rhizoma yang sudah teruji sebagai bahan herbal yang dapat membunuh bakteri penyebab diare. Di dalamnya juga ada Menthae herba yang mampu mengatasi gangguan pencernaan seperti mual dan kembung.

Harga Rp. 29.500-51.000

Entrostop Obat Diare

Anda bisa juga mengandalkan Entrostop Tablet Obat Diare. Produk ini mengandung pectin dan activated colloidal attapulgite. Obat ini dengan cepat meredakan diare yang tidak diketahui penyebabnya.

Entrostop akan mengabsorpsi beberapa racun dan bakteri penyebab diare. Selanjutnya frekuensi buang air besar berkurang dan kondisi feses encer bisa segera diperbaiki.

Obat ini bisa digunakan anak-anak dan dewasa. Gunakan sesuai anjuran yang tertera pada kemasan. Obat persembahan Kalbe Farma ini dijamin aman dikonsumsi.

Harga Rp. 6.100-12.000

Mylanta

Mylanta juga bisa jadi rekomendasi obat sakit perut selanjutnya. Produk ini bisa meredakan nyeri akibat kelebihan asam lambung. Obat ini juga akan meringankan mual dan nyeri lambung serta nyeri ulu hati. Mylanta hadir dalam bentuk cair sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi.

Produk yang satu ini akan meredakan sakit gastritis, tukak lambung, dan tukak usus dua belas jari dengan cepat. Aman dikonsumsi anak dan dewasa, gejala seperti mual dan nyeri lambung pun cepat mereda. Kombinasi Aluminium hidroksida dan Magnesium hidroksida pada obat ini bisa membuat produk ini bekerja secara efektif.

Harga Rp. 13.500-15.000

Polysilane Tablet Kunyah

Polysilane Tablet Kunyah juga bisa jadi pilihan yang tepat. Obat maag ini hadir dengan rasa mint segar. Rasanya enak dan tak berasa seperti kapur layaknya obat maag pada umumnya. Obat ini bisa meredakan nyeri lambung dan kembung.

Produk juga efektif untuk meredakan maag, kelebihan asam lambung hingga gangguan gastritis lainnya. Obat ini mengandung Al (OH)3 dan Mg(OH)2 sebagai antasida. Ada juga laksatif yang bisa mengurangi efek konstipasi. Produk ini aman dikonsumsi oleh anak-anak dan dewasa.

Harga Rp. 8.500-10.000

Promag Gazero

Promag Gazero tak bisa dilewatkan sebagai pilihan obat sakit perut. Produk ini bisa meredakan kembung. Persembahan Kalbe Farma ini cocok untuk bikin perut segera kembali nyaman usai mengonsumsi aneka makanan yang menyebabkan gas.

Di dalamnya ada jahe merah, peppermint, madu, dan royal jelly. Perut terasa hangat, kembung pun kabur. Obat ini aman untuk anak dan juga dewasa.

Harga Rp. 11.500-16.000

Vitazym

Vitazym adalah produk lainnya yang bisa jadi pilihan Anda. Produk ini paling cocok untuk Anda yang mengalami perut kembung, nafsu makan menurun hingga susah buang air besar.

Saat ini terjadi, maka nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi tidak terserap dengan baik. Jika sudah begini maka bisa memengaruhi metabolisme tubuh.

Minumlah Vitazym karena kaya akan enzim dan vitamin. Kedua bahan tersebut akan memperbaiki metabolisme dan saluran pencernaan. Obat ini bisa dikonsumsi anak-anak serta dewasa. Dikemas dalam box, isinya adalah 10 tablet.

Harga Rp. 13.000-20.000

Neo Kaolana

Neo Kaolana merupakan produk yang bagus selanjutnya untuk meredakan sakit perut. Obat yang satu ini kaya akan kaolin dan pektin yang akan mengobati diare. Produk ini juga bisa memadatkan feses, menyerap racun, dan membasmi bakteri jahat dalam perut.

Obat ini berbentuk sirup sehingga lebih mudah dikonsumsi. Obatnya juga bisa bereaksi lebih cepat sehingga cocok untuk anak-anak yang diare. Produk ini aman untuk anak usia 6 tahun ke atas dan juga untuk dewasa.

Harga Rp. 14.000-23.000

Diapet Kapsul untuk Mencret

Diapet Kapsul untuk Mencret juga bisa atasi sakit perut yang mengganggu. Dipersembahkan oleh Soho Industri Pharmasi, produk ini sejak lama dipercaya oleh banyak keluarga.

Obat ini bisa memberi efek disinfektan atau astringen. Di dalamnya ada senyawa astringen yang bisa melindungi lapisan mukosa usus dan menekan gerakan peristaltik usus.

Produk ini mampu mengutangi frekuensi buang air besar secara efektif. Obat ini sebaiknya tidak diberikan pada anak di bawah 5 tahun.

Harga Rp. 2.000-3.000

Promag Double Action

Promag Double Action tidak boleh ketinggalan dipilih sebagai obat sakit perut. Produk yang satu ini bisa mengatasi sakit karena asam lambung, tukak lambung dan masalah gastritis lainnya. Tablet kunyah ini mudah dikonsumsi.

Gejala seperti mual, kembung, nyeri ulu hati dan nyeri lambung bisa segera lenyap. Produk ini bekerja cepat dan tepat pada sasaran.

Anda bisa segera kembali bekerja dan beraktivitas usau mengonsumsi obat ini. Minum obat ini saat perut kosong 1 jam sebelum makan dan patuhi dosis sesuai aturan pakai.

Harga Rp. 13.000-17.000

Puyer Cap Lima Pagoda

Puyer Cap Lima Pagoda juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini bisa mengobati berbagai jenis penyakit ringan hingga yang berat. Obat dari Cina ini tergolong oabt tradisional namun ampuh atasi masuk angin, diare, hingga keracunan makanan.

Terbuat dari bahan herbal, obatnya aman dikonsumsi dan cocok dipilih sebagai obat keluarga. Produk ini dengan segera akan mengatasi mual dan muntah serta bisa melegakan pernafasan.

Harga Rp. 15.000-30.000
From our editorial team

Ketahui Gejalanya agar Bisa Dapat Obat yang Tepat

Siapa sih yang ingin sakit berlama-lama? Kita pasti ingin cepat sembuh dari segala penyakit, termasuk juga sakit perut. Penyakit yang satu ini bisa diredakan dengan cepat saat obatnya tepat. Untuk tahu obat yang tepat maka kenali dulu gejala sakitnya. Nah, supaya tak berlarut-larut, segera cek gejala sakit dan penyebabnya di atas. Setelahnya, silahkan pilih obat sakit perut yang paling cocok untuk sakit yang kamu alami ya!

Tag