10 Rekomendasi Obat Batuk Pilek yang Ampuh untuk Bantu Atasi Sakit yang Mengganggu (2021)

10 Rekomendasi Obat Batuk Pilek yang Ampuh untuk Bantu Atasi Sakit yang Mengganggu (2021)

Batuk dan pilek memang bisa menyerang siapa saja. Namun, bukan berarti kamu jadi menyepelekannya. Kamu wajib segera mengatasi dan mengobatinya agar tidak berlarut-larut. Usahakan untuk segera minum obat batuk pilek yang tepat. Kamu bisa cek rekomendasi dari kami di bawah ini. Jika sakit masih berlanjut selama lebih dari 2 minggu, baru kamu wajib memeriksakan diri ke dokter.

Batuk dan Pilek Rawan Menyerang di Musim Hujan

Di musim seperti sekarang ini, batuk dan pilek sangat rawan menyerang kita. Batuk pilek atau yang kerap disebut dengan istilah common cold disebabkan oleh infeksi virus ringan. Virus ini menyerang saluran pernapasan bagian atas yang terdiri dari hidung dan juga tenggorokan. Virus yang satu ini juga bisa menyebar lewat percikan lendir dari saluran pernapasan penderita atau lewat sentuhan tangan.

Batuk pilek adalah sakit yang lumrah dialami siapa saja dari anak-anak hingga dewasa. Masa inkubasinya biasanya 2 hingga 3 hari. Gejala-gejala batuk pilek juga akan sangat mengganggu selama kemunculannya. Beberapa gejalanya adalah bersin-bersin, hidung tersumbat, dan badan terasa pegal. Gejala lainnya adalah suara jadi serak, tenggorokan gatal, sakit kepala, demam, hingga mata berair. Daya penciuman dan pengecapan juga jadi berkurang. Selain itu telinga jadi nyeri dan tak jarang nafsu makan jadi menghilang.

Batuk pilek umumnya disebabkan oleh virus bernama human rhinovirus alias HRV. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh human parainfluenza virus, adenovirus, atau coronavirus. Berbagai virus ini bisa masuk ke tubuh karena kita berkontak dengan penderita batuk pilek, menyentuh benda yang sudah terkontaminasi percikan liur penderita, berada di tengah keramaian, sistem imun rendah, hingga saat cuaca menjadi sangat dingin.

Tips Mencegah Tertular Batuk dan Pilek

Jaga Pola Makan dan Minum

Agar tidak mudah tertular batuk pilek maka kamu tentu wajib menjaga kesehatan tubuh. Caranya adalah dengan menjaga pola makan dan minum. Pastikan kamu makan dengan teratur dan mengonsumsi makanan sehat. Jauhi atau kurangi makanan yang tidak sehat. Lengkapi kebutuhan gizi harian dan pilih makanan yang kaya antioksidan untuk meningkatkan sistem imun.

Kamu bisa memperbanyak sayur dan buah. Selain itu, penuhi juga kebutuhan vitamin tubuh. Jangan lupa cukupi kebutuhan mineral. Minum minimal 2 liter sehari agar kebutuhan cairan tubuh bisa terpenuhi. Hindari minum minuman yang bersoda atau manis serta minuman dingin. Berbagai minuman ini bisa meningkatkan risiko kamu tertular batuk pilek.

Pakai Masker dan Kurangi Kontak dengan Penderita

Virus bisa menular dengan cepat jika kita tidak waspada. Apalagi di masa seperti sekarang ini. Maka dari itu, pencegahan sangat penting dilakukan. Kamu bisa melakukan cara pencegahan seperti memakai masker saat berada di tempat keramaian. Selain itu, pakai juga masker jika kamu terpaksa berkontak dengan penderita batuk pilek.

Masker bisa mengurangi risiko tertular. Ini karena tetesan liur penderita yang mengandung virus bisa terhirup langsung oleh hidung atau menempel di tangan. Virus yang ukurannya kecil tentunya tidak akan terlihat mata dan bisa masuk dengan cepat. Maka dari itu, jangan sampai lalai memakai masker.

Rajin Cuci Tangan

Cara pencegahan lain agar tidak mudah tertular batuk pilek adalah dengan cara rajin cuci tangan. Tentu kita tahu bahwa virus bisa ada di mana saja, di pegangan pintu, meja, tiang kereta, dan lain sebagainya yang secara tidak sengaja kita pegang. Maka dari itu, hindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan.

Dengan rajin cuci tangan maka kita bisa mencegah virus yang ada di tangan masuk ke tubuh kita. Cucilah tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Kamu juga bisa memakai pembersih tangan yang mengandung alkohol guna membunuh bakteri dan virus yang ada di tangan.

Ini Dia Rekomendasi Obat Batuk dan Pilek untuk Dewasa

OBH Combi Batuk Plus Flu

OBH Combi Batuk Plus Flu ini merupakan rekomendasi obat batuk pilek yang pertama. Produk ini hadir dalam bentuk sirup yang mudah diminum. Ada berbagai varian rasa, seperti jahe, mint, dan madu. Tersedia pilihan ukuran botol 60 ml dan 100 ml. Obat batuk pilek dewasa ini juga bisa digunakan anak usia di atas 12 tahun. Produk ini bisa menyebabkan kantuk saat dikonsumsi, maka dari itu harus hati-hati dan jangan mengonsumsinya saat akan berkendara. Obat ini bisa mudah ditemukan dan didapatkan di toko obat atau apotek.

Harga Rp. 12.000-21.500

Bodrex Flu & Batuk

Bodrex Flu & Batuk merupakan pilihan obat batuk pilek lain yang bisa jadi andalan kamu. Produk ini hadir dalam dua varian yakni untuk batuk berdahak dan batuk kering. Tersedia pula varian sirup dan kaplet yang bisa dipilih. Untuk varian batuk kering, obatnya hadir dengan kandungan Dextrometorphan, Paracetamol, dan Phenylephrine. Untuk varian batuk berdahak ada kandungan Bromhexine, Glyceryl Gualacolate, Paracetamol, dan Phenylephrine. Obat yang satu ini mudah ditemukan di toko obat terdekat.

Harga Rp. 1.200-2.200

Procold Flu dan Batuk

Procold Flu dan Batuk ini adalah rekomendasi berikutnya untuk kamu. Produk ini cocok untuk menanggulangi dua masalah kesehatan sekaligus yakni batuk dan juga flu yang sangat mengganggu. Di dalam obat ini ada kandungan Dextrometorphan, Paracetamol, dan Pseudoephedrin. Kamu bisa membelinya di toko obat terdekat maupun di toko online tanpa resep dokter. Obat ini aman dikonsumsi sesuai aturan pakainya.

Harga Rp. 3.000-4.000

Panadol Hijau Flu Batuk

Panadol Hijau Flu Batuk adalah rekomendasi selanjutnya yang sayang untuk kamu lewatkan. Obat yang satu ini mampu mengatasi demam, sakit kepala, hidung tersumbat, hingga batuk tidak berdahak. Kandungan paracetamol di dalamnya bisa menurunkan demam dan mengurangi rasa nyeri. Sedangkan kandungan Phenylephrine HCl akan bertindak sebagai pereda hidung tersumbat. Obat ini juga mengandung Dextromethorphan HBr sebagai pereda batuk kering.

Produk ini mudah didapatkan di mana saja. Obat ini bisa digunakan oleh orang dewasa dengan anjuran minum 1 kaplet 3 kali sehari.

Harga Rp. 9.500-13.400

Actifed Merah 60ml Obat Batuk pilek

Actifed Merah 60ml Obat Batuk pilek adalah rekomendasi yang sayang untuk dilewatkan. Obat yang satu ini hadir dalam kemasan botol dan dalam bentuk sirup yang mudah dikonsumsi. Produk ini bisa mengatasi dan meringankan gejala flu dan batuk kering. Di dalamnya terkandung Pseudoefedrin yang bekerja untuk mangatasi hidung tersumbat. Obat akan menyempitkan pembuluh darah sehingga mampu meredakan pembengkakan dan mempermudah pernafasan.

Di dalam obat ini juga ada kandungan Dextrometrophan sehingga bisa menekan dorongan untuk batuk. Obat juga mengandung Triprolidine yang merupakan salah satu antihistamin untuk mengatasi alergi bersin-bersin dan mata berair. Obat ini cocok dikonsumsi oleh semua kalangan usia.

Harga Rp. 56.000-109.000

ALPARA TABLET - Obat Batuk Pilek

ALPARA TABLET - Obat Batuk Pilek merupakan rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan kanfungan seperti Paracetamol, Dextromethorphan HBr, Klorfeniramin Maleat, dan Fenilpropanolamin HCl. Obat yang satu ini bisa meredakan flu, batuk, sakit kepala, demam, dan bersin-bersin. Produk ini bekerja sebagai analgetik-antipiretik. Selain itu, obat juga bisa bekerja sebagai dekongestan untuk melegakan pernafasan dan hidung tersumbat.

Harga Rp. 6.900-7.300

Tolak Angin Flu

Tolak Angin Flu cocok untuk kamu yang ingin mengonsumsi obat herbal. Produk yang satu ini sudah terstandar dan teruji klinis. Obat ini cocok mengatasi gejala-gejala flu dan juga batuk. Diproses pada pabrik berstandar GMP (Good Manufacturing Practice), obat ini terjaga kualitasnya hingga ke tangan konsumen.

Obat hanya mengandung bahan alami, seperti adas, daung cengkeh, kayu ules, mint, madu, ginseng, dan lain sebagainya. Produk ini mudah diminum langsung atau bisa juga dicampur dengan 1/2 gelas air hangat. Dianjurkan untuk minum 3 kali sehari 1 sachet setelah makan. Selain meredakan batuk pilek juga bisa meredakan demam dan pusing.

Harga Rp. 31.000-48.000

COPARCETIN

COPARCETIN merupakan produk lain yang bisa dikonsumsi untuk meredakan batuk pilek. Obat yang satu ini mengandung Paracetamol 500 mg guna meredakan demam dan nyeri. Ada juga Ephedrin HCl 8 mg, Chorpheniramine maleate 2 mg, dan Guaifenesin 100 mg yang bisa mengatasi batuk dan flu yang mengganggu. Obat sebaiknya dikonsumsi sesudah makan. Dalam satu dus berisi 10 strip berisi 10 kaplet di tiap stripnya. Produk ini bisa mengatasi bersin, hidung tersumbat, dan gejala sakit tenggorokan.

Obat in mengandung Glyceryl guaiacolate yang bekerja sebagai ekspektoran untuk membantu melonggarkan lendir di tenggorokan. Produk yang satu ini juga bisa mengobati alergi sehingga penderita bisa tidur dengan nyaman dan lebih nyenyak.

Harga Rp. 35.000-42.500

Mixagrip Flu Batuk

Mixagrip Flu Batuk adalah obat batuk pilek lainnya yang tidak bisa dilewatkan. Produk yang satu ini bisa mengatasi gejala flu seperti bersin-bersin, hidung berair, hidung tersumbat, demam, sakit kepala, batuk, dan nyeri otot. Di dalamnya terdapat kandungan Paracetamol, Dekstrometorfan HBr dan Pseudoefedrin.

Bahan aktif di dalam obat ini bisa bekerja sebagai dekongestan untuk meredakan hidung tersumbat. Kandungannya juga bisa bekerja sebagai analgesik- antipiretik. Produk ini tidak boleh digunakan pada penderita tekanan darah tinggi berat.

Harga Rp. 2.300-3.000

Decolgen

Decolgen adalah rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini bisa meredakan batuk dan flu. Obat ini juga bisa menurunkan demam, melegakan hidung tersumbat, dan mengatasi alergi. Di dalamnya terdapat Chlorpheniramine maleat sehingga obat ini menyebabkan kantuk saat digunakan. Cukup minum 3 hingga 4 kaplet sehari untuk hasil maksimal. Produk ini dijual dalam bentuk strip berisi 4 tablet.

Harga Rp. 1.975-3.000
From our editorial team

Cukupi Kebutuhan Istirahat

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang tepat untuk membantu tubuh tetap sehat. Tidur juga bisa membantu kamu jadi lebih cepat sembuh saat sakit. Selama kita tidur maka sistem imun kita akan meningkat. Tidur yang cukup dan nyenyak bisa membantu tubuh pulih ke kondisi awalnya. Maka dari itu, hindari begadang dan cukupi kebutuhan istirahat yakni 7 hingga 8 jam seharinya. Apalagi jika kamu sedang batuk dan pilek. Konsumsi obat yang bisa membuat kantuk akan bisa membantu kamu jadi tidur lebih lama dan lebih nyenyak agar cepat sembuh.

Tag