Lindungi Si Kecil dari Bahaya Sinar Matahari Dengan Sunblock Anak Ini! (2020)

Lindungi Si Kecil dari Bahaya Sinar Matahari Dengan Sunblock Anak Ini! (2020)

Anak-anak pasti sangat suka bermain di luar ruangan. Untuk itu, pastikan kulitnya selalu terlindung dari sinar matahari yang berbahaya. Jangan coba-coba pilih sembarangan produk sunblock buat si kecil, ya. Berikut rekomendasi produk sunblock dari BP-Guide untuk memberikan perlindungan dari bahaya sinar matahari.

Sinar Matahari Sangat Berbahaya Buat Anak Lho

Anda pasti sudah sering mendengar tentang bahaya sinar matahari kan? Bukan hanya untuk orang dewasa saja, sinar matahari juga sama buruknya bagi anak lho. Anak-anak pasti akan sering terpapar sinar matahari mengingat mereka suka berkegiatan aktif di luar ruangan.

Sinar matahari sangat buruk dampaknya bagi anak. Sunburn atau terbakar sinar matahari bisa menyebabkan anak mengalami demam, dehidrasi, hingga nyeri. Pada kulit anak yang masih sensitif, paparan sinar matahari meski hanya sedikit saja berpotensi menyebabkan melanoma.

Cara terbaik tentu mencegah anak berada di luar ruangan semaksimal mungkin, terutama pada jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Namun jika anak memang harus beraktivitas di luar, lindungi mereka dengan sunblock yang khusus diformulasikan untuk anak. Selain itu, pastikan baju anak cukup tebal sehingga tidak mudah ditembus oleh sinar matahari.

Tips Memilih Sunblock Untuk Anak

Pilih Jenis yang Tepat

Ada banyak jenis sunblock yang dijual di pasaran. Mulai dari sunblock semprot hingga krim, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun untuk sunblock anak, sebaiknya pilih yang berbentuk krim saja.

Sunblock krim bisa lebih merata di kulit dibandingkan sunblock semprot. Selain itu, bentuk krim juga lebih mudah diserap oleh kulit sehingga dapat memberikan perlindungan yang lebih maksimal.

Perhatikan Komposisi di Dalamnya

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah komposisi di dalam produk sunblock yang akan diberikan pada anak.

Pastikan tidak ada bahan seperti oxybenzone (pengganggu hormon) dan retina palmitat di dalamnya yang bisa berdampak tidak baik untuk anak.

Selain kedua bahan tersebut, hindari sunblock dengan partikel nano karena belum diketahui dampaknya terhadap anak-anak.

Pastikan Ada Oksida Logam di Dalamnya

Sebaliknya, oksida logam menjadi komponen yang sangat penting dalam sunblock anak. Titanium atau seng adalah dua jenis oksida logam yang harus ada di dalam sunblock. Namun harga sunblock dengan kandungan kedua bahan tersebut bisa lebih mahal daripada sunblock biasa.

Pilih Kadar SPF-nya Sesuai Kebutuhan

Kadar SPF yang ada pada sunblock biasanya berkisar antara 30-50 SPF. Namun yang perlu Anda ingat adalah, semakin tinggi kadar SPF pada sunblock tidak selalu lebih baik untuk anak. Bahkan sunblock dengan SPF 50 justru lebih berbahaya buat mereka. Oleh karena itu, pilih kadar SPF yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Produk Bebas Pewangi dan Pewarna Lebih Baik

Sunblock yang bebas kandungan pewangi dan pewarna jelas lebih baik bagi si kecil. Oleh karena itu, perhatikan satu per satu komposisi pada sunblock.

Pilih sunblock yang terbuat dari bahan-bahan alami yang samah lingkungan. Kulit anak sangat sensitif, sehingga sedikit saja kandungan bahan kimia di dalamnya dapat menimbulkan reaksi alergi yang tidak diinginkan.

Jenis-Jenis Sunblock yang Dijual di Pasaran

Sunblock Spray

Dibandingkan sunblock jenis lain, sunblock spray lebih mudah diaplikasikan. Namun jangkauan semprotan sunblock juga harus diperhatikan. Jangan sampai sunblock masuk ke mata atau mulut anak.

Anda harus berhati-hati saat menyemprotkan sunblock, apalagi saat anak sedang aktif bergerak. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya semprotkan dulu sunblock ke telapak tangan lalu ratakan ke kulit anak.

Sunblock Krim

Sunblock jenis krim dinilai lebih efektif karena dapat diserap kulit dengan sempurna. Tekstur produk yang kental menandakan tingginya kandungan minyak dan kelembaban di dalamnya.

Meskipun demikian, sunblock krim bisa sangat lengket di kulit dan membuat si kecil menjadi risih. Oleh karena itu, pastikan Anda mengoleskan sunblock sampai benar-benar meresap sempurna dan tidak berlebihan.

Sunblock Emulsi

Sunblock emulsi bisa bertahan cukup lama dan tidak akan meninggalkan white cast atau bekas putih. Teksturnya ringan sehingga mudah diratakan dan mudah diserap oleh kulit.

Produk ini bisa digunakan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Sayangnya, sunblock emulsi masih jarang dijual di Indonesia, sehingga sebagai gantinya Anda bisa memilih sunblock berbentuk krim.

Rekomendasi Produk Sunblock Anak yang Aman untuk Melindungi Si Kecil dari Sinar Matahari

Nivea Sun Kids Caring Sun Lotion SPF 25

Saat si kecil beraktivitas di luar ruangan, pastikan kulitnya senantiasa terlindung dari bahaya sinar matahari dengan Nivea Sun Kids Caring Sun Lotion SPF 25.

Sunblock berbentuk lotion yang ringan ini diformulasikan khusus untuk kulit anak yang sensitif. Mampu terserap keringat dengan baik tanpa terasa lengket di kulit dan mengurangi dampak buruk akibat paparan sinar matahari.

Dilengkapi dengan SPF 25 PA+++ yang lembut untuk anak. Diperkaya Vitamin E untuk memastikan kulit anak tetap ternutrisi dengan baik.Tidak terasa lengket di kulit.

Harga Rp. 60.000-95.000

Babyganics SPF 50+ Sunscreen Spray

Babyganics adalah brand yang dikenal dengan berbagai produk khusus anak yang ramah bagi mereka. Tidak terkecuali Babyganics SPF 50+ Sunscreen Spray. Sunblock dengan bentuk semprot ini diformulasikan khusus untuk kulit bayi dan anak yang sensitif.

Memberikan perlindungan sempurna dari bahaya sinar UVA dan UVB. Kelebihan lain dari produk ini adalah tahan air hingga 80 menit, sehingga tidak akan luntur saat anak bermain dengan air. Selain itu, sunblock ini juga dilengkapi dengan teknologi avotriplex PA+++ yang dapat melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari.

Harga Rp. 200.000-300.000

Cancer Council Kids Sunscreen

Eksplorasi di luar ruangan sangat penting untuk anak. Namun di bawah terik matahari yang menyengat, pastikan kulit anak tetap terlindung dengan sunblock. Cancer Council Kids Sunscreen bisa jadi rekomendasi yang tepat untuk si kecil. Produk ini diformulasikan secara spesifik, teruji secara dermatologis, bebas paraben, dan bebas pewangi.

Formulanya yang lembut sangat ramah untuk kulit si kecil. Sunblock ini tahan air selama 4 jam, sehingga tidak akan membatasi aktivitas anak. Untuk memastikan perlindungan yang lebih maksimal, ulangi penggunaan sunblock setiap 2 jam sekali selama masih berada di luar ruangan.

Harga Rp. 115.000-250.000

Beach Hut Kids Max SPF100++

Kadar SPF menjadi aspek yang sangat penting saat memilih sunblock untuk anak. Sesuaikan SPF dengan kebutuhan anak agar perlindungannya semakin maksimal. Beach Hut Kids Max SPF100++ mengandung kadar SPF yang sangat tinggi, cocok untuk kegiatan di luar ruangan dengan sinar matahari yang sangat terik.

Produk mudah diserap, tidak lengket, dan terasa ringan di kulit si kecil. Memberikan perlindungan 99% terhadap sinar UVA dan UVB yang berbahaya untuk kulit. Seperti Anda ketahui, sinar matahari bisa menyebabkan kulit terbakar, kanker kulit, dan penggelapan pada kulit.

Harga Rp. 70.000-130.000

Banana Boat Kids Sunscreen Lotion

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat memilih sunblock untuk si kecil adalah fitur water resistant atau anti air. Anak-anak pasti sangat senang bermain air dan jika sunblock yang Anda berikan tidak mengandung water resistant, maka perlindungannya pun bisa segera luntur.

Banana Boat Kids Sunscreen Lotion adalah tabir surya khusus anak berbasis mineral. Produk ini sangat anti air dan diformulasikan untuk anak usia 2 sampai 12 tahun. Tidak mengandung paraben dan oxybenzone, juga tidak ada kandungan pewangi atau minyak apapun. Formulanya lembab, memastikan kulit tetap ternutrisi dan mampu menyerap dengan baik.

Harga Rp. 130.000-150.000

Coppertone KIDS Sunscreen Lotion

Rekomendasi produk sunblock berikutnya adalah Coppertone KIDS Sunscreen Lotion. Sunblock buatan USA ini diformulasikan khusus untuk kulit anak, dilengkapi dengan vitamin E yang bisa menutrisi kulit anak. Produk ini juga telah diuji secara dermatologis sehingga dipastikan aman untuk anak-anak.

Kadar SPF 70+ memastikan kulit anak terlindung dari sinar matahari berbahaya. Mengandung pelembab untuk menjaga kesehatan kulit anak, memastikannya terlindung dari alergi akibat penggunaan produk ini.

Harga Rp. 230.000-300.000

Pure Baby Sunblock SPF 25

Jika Anda mencari sunblock yang aman untuk anak, maka Pure Baby Sunblock SPF 25 bisa jadi jawaban yang tepat. Sunblock ini akan memberikan perlindungan terbaik dari sinar matahari yang berbahaya. Mengandung SPF 25 yang memastikan kulit anak tetap aman meski berada di luar ruangan.

Keunggulan dari produk ini adalah aman untuk kulit sensitif, bebas paraben, dan bebas pewangi. Diperkaya dengan kandungan pelembab dan antioksidan untuk menjaga kulit tetap lembab dan sehat. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir saat membiarkan anak bermain di luar rumah.

Harga Rp. 120.000-170.000

Bambi Baby Sunscreen Lotion

Berikutnya ada rekomendasi produk yang bernama Bambi Baby Sunscreen Lotion. Produk ini diformulasikan khusus dengan kandungan natural organik, tanpa pewangi, tanpa pewarna, dan tanpa bahan pengawet buatan yang aman buat si kecil.

Cocok untuk bayi berusia di atas 6 bulan yang kulitnya masih sangat sensitif. Diperkaya dengan kandungan aloe vera dan shea butter yang bekerja sebagai antioksidan sekaligus pelembab untuk mencegah kulit bayi menjadi sangat kering.

Selain itu, produk ini juga mengandung formula Anti-Irritant Complex yang mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi.

Harga Rp. 110.000-160.000

Mustela High Protection Sun Lotion

Mustela High Protection Sun Lotion diperkaya dengan SPF 50+ untuk melindungi kulit anak dari bahaya sinar UVA dan UVB. Diformulasikan dengan bahan-bahan alami yang aman dan teruji klinis, cocok untuk dipakai anak segala usia.

Di dalamnya terdapat minyak alpukat untuk menjaga kelembaban kulit, gliserin dan vitamin E yang melindungi kulit, dan hypoallergenic yang cocok untuk kulit sensitif anak. Sunblock ini bebas dari alkohol, paraben, dan ftalat. Tahan terhadap air dan pasir, serta tidak lengket di kulit.

Harga Rp. 160.000-250.000

Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+

Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+ adalah sunblock yang diformulasikan khusus untuk melindungi wajah dan seluruh tubuh. Tidak hanya itu, produk ini juga mampu menjaga kelembaba kulit dan melindunginya dari penuaan dini.

Cepat diserap, tidak meninggalkan bekas putih, dan tidak terasa lengke di kulit. Produk ini juga tidak menyumbat pori-pori dan tidak menyebabkan alergi. Usapkan sunblock ini 15 menit sebelum keluar ruangan untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal. Cocok untuk segala jenis kulit, namun untuk penggunaan pada anak di bawah usia 6 tahun sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Harga Rp. 250.000-300.000
From our editorial team

Jangan Biarkan Sinar Matahari Menghalangi Keceriaan Anak

Anak-anak pasti senang beraktivitas di luar ruangan, seperti di taman bermain atau di pantai. Tetapi sengatan sinar matahari bisa membahayakan bagi kesehatan mereka lho. Jangan biarkan sinar matahari menghalangi mereka untuk tetap ceria dengan memberikan perlindungan berupa sunblock khusus untuk anak. Pilih produknya dari rekomendasi BP-Guide di atas, ya!