Lebih Disukai Anak, Ini 10 Rekomendasi Suplemen Gummy yang Pas untuk Memelihara Kesehatan Tubuh (2020)

Lebih Disukai Anak, Ini 10 Rekomendasi Suplemen Gummy yang Pas untuk Memelihara Kesehatan Tubuh (2020)

Memenuhi asupan vitamin harian tentunya sangat penting bagi Anda. Apalagi, kebutuhan asupan vitamin sangat penting bagi pertumbuhan anak. Salah satu suplemen yang disukai anak adalah yang berbentuk gummy. Berikut ulasan dan rekomendasi produk suplemen vitamin berbentuk gummy yang pas untuk anak Anda.

Jaga Imunitas si Kecil dengan Asupan Suplemen Vitamin

Sumber gambar pixabay.com

Agar tumbuh kembangnya lebih optimal, anak membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup setiap harinya. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari makanan, suplemen, susu dan sebagainya.

Salah satu dari nutrisi yang dibutuhkan adalah vitamin. Berbagai jenis vitamin sangat dibutuhkan oleh anak, bahkan dari bayi, agar tumbuh kembangnya tidak terhambat. Asupan vitamin bagi seorang anak mesti terus dipenuhi sembari memenuhi nutrisi lainnya.

Vitamin tidak hanya berfungsi pada pertumbuhan fisik serta psikis anak. Tapi, vitamin juga mampu meningkatkan fungsi sistem imun anakagar tetap berkembang dengan baik. Dengan sistem imun yang baik, tentunya anak jadi tidak gampang sakit. Salah satu cara untuk meningkatkan atau memastikan asupan vitamin bagi anak dapat terpenuhi ialah dengan suplemen vitamin.

Beberapa Vitamin yang Diperlukan si Kecil untuk Imunitas Badannya

Vitamin C

Sumber gambar pixabay.com

Vitamin yang dibutuhkan anak salah satunya adalah vitamin C. Vitamin C sangat baik untuk sistem imun anak, sehingga bisa mempercepat sembuhnya luka. Apalagi, bagi anak yang aktif dan gampang mendapatkan luka.

Vitamin C juga sangat baik untuk membantu tubuh si kecil dapat menyerap zat besi dengan baik. Jadinya, pertumbuhan tulang, gigi, dan otot bisa terus berkembang dengan baik. Ditambah lagi, vitamin C juga sangat baik untuk membantu sel darah putih memerangi penyakit dan infeksi di tubuh anak.

Vitamin C bisa didapatkan dari berbagai jenis buah-buahan seperti jeruk, pepaya, stroberi, mangga, jambu, dan sebagainya. Sedangkan dari sayur-sayuran, vitamin ini bisa didapatkan dari kembang kol, brokoli, kentang, dan sebagainya.

Vitamin D

Sumber gambar pixabay.com

Berikutnya vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh adalah vitamin D. Vitamin D menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan tubuh dan fisik anak, karena vitamin ini menjadikan penyerapan kalsium menjadi lebih optimal. Hal itu menjadikan tulang dan gigi anak menjadi lebih kuat.

Selain itu, vitamin D juga sangat baik untuk sistem imun dalam tubuh. Ditambah lagi, daya tahan tubuh terhadap alergi menjadi semakin baik karena vitamin D menjadikan proteksi tubuh terhadap infeksi menjadi semakin baik.

Vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari pagi. Jadi, biasakan anak berjemur di bawah matahari pagi untuk mendapatkan vitamin D dari UVB matahari. Namun, hal itu tidak cukup, mesti ditunjang lagi dengan makanan yang kaya vitamin D, seperti daging, hati sapi, kuning telur, ikan, susu kedelai dan sebagainya.

Vitamin B

Vitamin yang berikutnya mesti dipenuhi nutrisinya adalah vitamin B. Ada banyak jenis vitamin B. Jenis yang pertama adalah vitamin B1 atau tiamin. Vitamin B1 sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengubah makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi energi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan.

Selanjutnya ada vitamin B2 atau ribolavin, merupakan vitamin yang mendukung tubuh menjadikan energi yang telah diubah sebelumnya. Tidak hanya itu, vitamin B2 juga mendukung kesehatan mata, kulit, saraf, dan sebagainya, termasuk melindungi sel dari kerusakan.

Kemudian ada vitamin B3 atau niacin. Vitamin yang satu ini ditujukan untuk mengubah protein dan lemak yang didapat dari makanan agar berubah menjadi energi. Karena itu, vitamin B juga sangat mendukung pertumbuhan dan kesehatan kulit bayi.

Selain itu ada vitamin B6, B,9 dan B12. Bila B6 atau pyridoxine berguna untuk meningkatkan sistem imun anak, maka vitamin B9 atau folat dibutuhkan sejak bayi dari kandungan agar perkembangan dan pertumbuhannya sempurna. Terakhir, ada vitamin B12 atau cobalamine yang sangat baik untuk menjaga sel-sel saraf, darah, dan DNA agar tetap sehat dan menjadi lebih baik. Oleh karena itu, vitamin B kompleks menjadi pilihan yang tepat harus dipenuhi untuk tumbuh kembang yang lebih baik.

Vitamin A

Sumber gambar pixabay.com

Vitamin berikutnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin A. Vitamin A adalah vitamin yang menjadikan sistem imun anak semakin baik dan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, mata, dan sebagainya. Setidaknya, anak membutuhkan minimal 370 mcg vitamin A per harinya ketika baru lahir hingga usia 6 bulan.

Sedangkan anak di atas usia itu hingga 3 tahun membutuhkan vitamin A hingga 400 mcg per hari. Semakin bertambahnya usia, maka kebutuhan anak terhadap vitamin A menjadi semakin tinggi.

Vitamin A bisa didapatkan dari banyak jenis buah-buahan yang berwarna oranye. Tidak hanya itu, telur, yoghurt, dan berbagai jenis sayuran berwarna hijau juga mengandung vitamin A yang cukup banyak. Oleh karena itu, konsumsi vitamin A bisa tercukupi dengan mengonsumsi makanan tersebut.

Jenis Vitamin untuk si Kecil

Sirop

Sumber gambar nulifemarket.com

Suplemen vitamin yang paling banyak ditemukan untuk anak-anak adalah yang berbentuk sirop. Selain berbentuk cair dan mudah diberikan pada anak, suplemen berbentuk sirop juga memiliki rasa yang manis dan disukai anak-anak.

Selain difortifikasi dengan banyak jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh, tentunya ada banyak hal lain yang juga ditambahkan di dalam sirop ini agar anak semakin sehat. Mulai dari meningkatkan nafsu makan dan lain-lain.

Kelebihan lain dari suplemen berbentuk sirop adalah mudah diserap oleh tubuh anak. Bahkan, hampir 98% dari semua nutrisi yang ada di suplemen berbentuk sirop akan langsung diserap oleh tubuh. Sebagian besar di antaranya tidak harus melewati pencernaan dulu dan langsung masuk ke pembuluh darah.

Tablet

Sumber gambar pixabay.com

Bentuk suplemen yang paling sering ditemukan adalah tablet. Agar mudah dikonsumsi, biasanya cara mengonsumsi tablet ini adalah dengan dihisap. Daya tarik suplemen berbentuk tablet adalah bentuknya kecil, lucu, dengan karakter yang menggemaskan.

Tidak hanya itu, kelebihan lain dari suplemen satu ini adalah didesain penuh warna sehingga disukai anak-anak. Rasanya juga manis dan bisa dikonsumsi seperti permen, menjadikan kebanyakan anak suka jenis vitamin yang satu ini.

Sayangnya, vitamin berbentuk tablet justru adalah yang paling sulit diserap oleh tubuh. Paling-paling hanya 20% dari total yang dikandung tablet tersebut bisa terserap oleh tubuh. Oleh karena itu, daya serapnya akan kalah dengan yang berbentuk sirop.

Gummy

Saat ini, jenis suplemen yang disukai oleh anak-anak adalah suplemen gummy. Cara mengonsumsinya adalah dengan dhisap, namun bisa juga digigit. Karena teksturnya yang kenyal, rasanya manis, dan bentuknya juga beragam sehingga disukai anak-anak.

Suplemen kenyal satu ini banyak dibuat dengan kandungan gula yang rendah. Vitaminnya lebih banyak, ketimbang gulanya tentu menjadi pilihan yang tepat untuk anak Anda. Hindari memilih gummy yang lebih banyak gula ketimbang kandungan vitaminnya.

Meski sedikit gula, namun suplemen satu ini rasanya tetap manis. Bentuk dan teksturnya mirip permen jeli, jadinya mudah diserap oleh tubuh nutrisi di dalamnya. Anak juga lebih menyukai suplemen berbentuk gummy ini ketimbang tablet.

Vitamin Berbentuk Gummy untuk si Kecil

CEREBROFOT MARINE GUMMY STRAWBERRY

Rekomendasi pertama adalah Cerebrofort Marine Gummy. Suplemen Gummy yang satu ini diperkaya dengan minyak ikan, yakni ikan tuna yang memiliki kandungan Omega 3 atau DHA+EPA yang sangat baik untuk perkembangan anak Anda. Khususnya, perkembangan tubuh dan otak, sehingga menjadikan anak bisa menjadi lebih cerdas.

Minyak ikan tuna yang menjadi andalan produk ini memiliki kombinasi yang pas antara DHA dan EPA, yakni 4 banding 1. Kombinasi tersebut nyaris sama dengan yang dikandung oleh ASI. Tidak hanya itu, omega 3 yang dikandung minyak ikan tuna jauh lebih tinggi bahkan mencapai 28 kali lipat ketimbang minyak ikan air tawar.

Dengan banyaknya nutrisi yang dikandung, suplemen gummy satu ini pasti disukai anak. Pertama karena desainnya yang unik dan imut, berukuran kecil, dan teksturnya seperti permen jeli. Rasa buah pilihan, seperti anggur, jeruk, dan mangga tentunya sangat manis dan disukai oleh anak-anak. Produk ini akan sangat cocok untuk anak usia 3 hingga 12 tahun.

Harga Rp. 11.000-106.000

FITKOM GUMMY VITAMIN C & ZINC

Berikutnya ada suplemen Gummy dari Fitkom. Produk suplemen vitamin dari Soho satu ini bahkan telah mendapatkan penghargaan di bidang produk suplemen vitamin anak sebagai Top Brand pilihan ibu dan anak.

Fitkom Gummy diperkaya dengan vitamin C, zinc, dan suplemen lainnya seperti vitamin dan mineral. Dengan dikonsumsi seperti permen jeli, rasa yang manis dan nikmat, dan disukai anak-anak tentunya produk satu ini bisa menjadikan asupan nutrisi anak terpenuhi, namun anak-anak tetap suka.

Produk ini memiliki rasa buah yang manis dan lezat. Berbagai jenis nutrisi yang dikandungnya mulai dari vitamin A, B kompleks, C, D, dan E. Dengan demikian, anak menjadi tidak gampang sakit, otak menjadi lebih cerdas, dan nafsu makan bertambah.

Harga Rp. 9.400-97.500

CITREX GUMMY BOX

Produk berikutnya adalah Citrex Gummy Orange dan Strawberry Mix. Paduan pilihan rasa jeruk dan stroberi menjadikan produk satu ini sangat pas untuk menjadi pilihan yang tepat untuk menutrisi anak Anda.

Kandungan dari produk satu ini antara lain vitamin A, C, B1, B12, dan E. Tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh anak agar bisa lebih berkembang dengan baik. Untuk konsumsi yang aman, Anda bisa memberikan anak Anda 3 gummy setiap harinya.

Kelebihan lain dari produk ini adalah membantu anak Anda cepat sehat, apabila baru sembuh dari penyakit. Tentunya vitamin dan mineral yang dikandungnya menjadikan kondisi anak cepat kembali normal. Jangan dikonsumsi berlebihan yah, karena kandungan pemanisnya bisa menimbulkan efek samping.

Harga Rp. 12.900-50.500

HEALTHY CARE GUMMY OMEGA 3

Suplemen gummy berikutnya adalah Healthy Care Gummy Omega 3. Produk satu ini menjadi pilihan yang tepat untuk menjadikan anak bisa bertumbuh dengan baik, termasuk perkembangan otaknya.

Produk ini ditujukan untuk mendukung fungsi otak anak menjadi lebih baik. Jadinya, anak akan menjadi semakin cerdas dan juga bisa belajar dengan baik. Ditambah lagi, vitamin yang dikandungnya juga mendukung kesehatan mata serta peningkatan sistem imun anak Anda.

Agar lebih aman, anak di usia 2 tahun ke atas bisa mengonsumsi hingga 4 gummy per hari. Rasanya nikmat dan disukai anak-anak. Tentunya produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anak Anda.

Harga Rp. 215.000-804.080

WELLNESS GUMMY KIDS

Produk berikutnya adalah Wellnes Gummy Kids. Produk ini didesain sebagai multivitamin dan mineral yang diformulasi dalam bentuk gummy yang lucu. Bentuknya seperti boneka beruang yang imut, sehingga disukai anak.

Produk ini mengandung vitamin A, B6, B12, C, dan E. Manfaatnya adalah mendukung sistem imun tubuh, menjadi antioksidan, dan dapat memproduksi antibodi dan energi serta meningkatkan produksi sel darah merah. Tidak hanya itu, produk ini juga mengandung folic acid, biotin, dan choline yang bisa menjadikan nafsu makan anak bertambah, kesehatan kulit dan sel kulit terus terjaga, dan tentunya sangat baik untuk perkembangan otak anak.

Kelebihan lain dari produk ini adalah rasanya yang manis dan disukai anak-anak. Dengan rasa buah yang disukai anak, menjadikan produk ini menjadi pilihan yang pas untuk anak Anda.

Harga Rp. 174.000-727.090

YOUVIT GUMMY MULTIVITAMIN

Anak Anda kurang suka makan sayur dan buah sehingga nutrisi per harinya kurang memadai? Anda bisa mengantisipasinya dengan Youvit. Varian terbaru dari Youvit adalah suplemen berbentuk gummy yang hadir dalam tiga karakter monster, yang diberi nama Velma, Toni, dan Oliver.

Ketiganya juga punya rasa yang unik, yakni stroberi, jeruk, dan nanas. Didesain dalam warna-warni yang menarik minat anak-anak untuk mengonsumsinya. Nah, dengan rasa dan bentuk yang menarik ini, tentunya anak-anak jadi lebih suka.

Kandungannya sangat penting bagi anak, karena suplemen ini mengandung vitamin A dan B kompleks mulai dari B3,B5, B6, B7, B9 dan B12. Selain itu, juga ada vitamin C, D, E, dan sejumlah mineral lainnya seperti selenium, iodium, dan zinc. Dengan banyaknya kandungan vitamin dan mineral tersebut, tentunya Youvit bisa jadi pilihan tepat bagi ibu.

Harga Rp. 15.500-145.000

EGOJI CHEWY GUMMY ORANGE MULTIVITAMIN

Pernah mendengar buah goji berry? Nah, buah yang satu ini merupakan buah yang sangat baik bagi tubuh anak karena mengandung banyak nutrisi untuk merawat sel dan jaringan dalam tubuh serta meningkatkan dan memelihara sistem imun anak.

Nah, buah satu ini sudah ada ekstraknya, yakni dalam produk Egoji Chewy Gummy Rasa Jeruk. Paduan ekstrak goji berry yang dipadu dengan vitamin A, B kompleks, C, D, dan E yang tentunya sangat baik untuk tubuh anak Anda.

Rasanya nikmat dan manis, teksturnya lunak dan empuk, sehingga nyaman dikonsumsi anak. Produk satu ini hadir dengan rasa jeruk yang disukai anak-anak.

Harga Rp. 6.800-143.040

TJ JOYBEE GUMMY

TJ Joybee Gummy merupakan salah satu terobosan dari TJ Joybee yang dikenal sebagai produsen madu yang tepercaya. TJ Joybee biasanya berupa produk madu cair asli dengan kandungan dan segala kebaikan madu, kini hadir pula dengan varian gummy.

Rasa gummy berpadu manisnya madu menjadikan produk yang satu ini tentunya sangat disukai anak. Tidak hanya kandungan madu, tapi juga diperkaya dengan vitamin C yang sangat baik untuk anak.

Produk ini memiliki kandungan lain yang dipadukan di dalamnya, antara lain vitamin B kompeks, C, lysine, EPA+ DHA (omega 3), dan sebagainya. Bahan-bahan lainnya juga kaya manfaat antara lain sari kurma, propolis, dan curcuma.

Harga Rp. 5.400-157.100

SAKATONIK ABC GUMMY FRUIT & VEGGIES

Sejak pertama keluar, Sakatonik ABC telah menjadi salah satu produk yang dipercaya oleh banyak orang tua untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral anak. Saat ini, ada lagi varian produk yang baru yakni Sakatonik ABC Gummy Fruits and Veggies.

Produk satu ini merupakan suplemen vitamin dalam bentuk permen jeli yang kenyal dan rasanya nikmat. Selain kaya serat karena dibuat dari ekstrak berbagai macam buah dan sayur, produk ini juga tinggi vitamin C.

Varian rasa yang ditawarkan adalah apel, stroberi, anggur, dan jeruk. Tentunya disukai oleh anak, bukan? Dengan paduan rasa yang nikmat, anak akan mendapatkan segala kebaikan dari sayur dan buah yang diekstrak menjadi permen jeli ini setiap hari. Lebih aman, karena produk ini juga sudah terdaftar di BPOM RI.

Harga Rp. 8.500-35.000

VITAFUSION FIBER WELL SUGAR FREE GUMMY

Ingin suplemen vitamin yang nikmat tapi juga membantu kesehatan pencernaan anak? Maka Vitafusions Fiber Well Gummies bisa menjadi jawaban yang tepat. Produk satu ini bebas gula, namun rasanya nikmat sehingga disukai anak.

Produk ini mengandung serat serta manfaat prebiotik untuk kesehatan pencernaan yang lebih teratur. Tidak hanya itu, pilihan rasanya adalah peach, strawberry, dan blackberry alami yang tentunya disukai anak.

Karena bebas gluten serta sangat baik untuk perncernaan, produk satu ini tentunya tidak hanya pas untuk dikonsumsi oleh anak-anak saja. Produk ini juga pas dikonsumsi oleh dewasa dengan mengunyah 2 gummy per hari. Untuk hasil terbaik, jangan langsung ditelan, kunyah dulu dengan baik sebagaimana mengonsumsi permen jeli.

Harga Rp. 590.000-1.323.960
From our editorial team

Suplemen Vitamin Gummy, Lebih Kenyal dan Disukai Anak-anak

Suplemen vitamin sangat penting bagi anak-anak karena kebutuhan vitamin tentunya sangat mendukung pertumbuhan anak Anda. Oleh karena itu, rekomendasi suplemen vitamin gummy di atas bisa Anda pertimbangkan untuk menambah asupan gizi anak Anda. Karena bentuknya yang seperti permen jelly, menjadikan anak lebih suka dan mau untuk mengonsumsinya secara rutin.