Kopi Manis, Minuman Paling Pas untuk Mengawali Hari. Ini 8+ Tips dan Referensi Membuat Kopi Manis yang Mantap!

Kopi Manis, Minuman Paling Pas untuk Mengawali Hari. Ini 8+ Tips dan Referensi Membuat Kopi Manis yang Mantap!

Beberapa pecinta kopi memilih untuk membuat dan menikmati kopinya langsung, agar terasa keasaman dan pahitnya. Namun, banyak juga yang memilih untuk menikmati kopi yang manis. Apa saja kelebihan menikmati kopi manis? Simak ulasan BP-Guide dalam tulisan kali ini, yah.

Menikmati Kopi Manis untuk Temani Keseharian dalam Beraktivitas

Ada banyak manfaat mengkonsumsi kopi manis setiap hari. Pertama, Anda akan lebih aktif dan waspada, terutama apabila dikonsumsi dalam dosis rendah. Semangat kerja, juga terus terjaga merupakan salah satu kelebihan dari kafein yang dikandung kopi. Namun, jangan berlebihan yah, karena bisa membuat perasaan Anda berdebar, hingga cemas yang berlebih.

Kelebihan selanjutnya adalah meminimalisir kanker payudara bagi wanita. Juga menjaga kesehatan jantung, karena kaya anti oksidan.

Manfaat Konsumsi Kopi

Membakar Lemak

Kopi dipercaya mampu membakar lemak, juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga bisa membakar lemak di dalam tubuh. Selain itu, juga bisa mengatasi rasa lelah dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Caranya, dengan menambahkan gula atau pemanis yang rendah kalori saat menikmati kopi.

Tahu tidak, kenapa kafein bisa membakar lemak? Penyebabnya, karena ada rangsangan dari kafein terhadap sistem saraf yang langsung mengirimkan sinyal ke jaringan lemak. Lalu, hormon adrenalin juga menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah, sehingga lemak terpecah, lalu terbuang lewat pembuluh darah. Oleh karena itu, metabolisme tubuh Anda menjadi lebih baik, sekitar 16 % dibandingkan dengan yang tidak meminum kafein. Hal itu disebabkan pembakaran kalori yang lebih baik juga meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Mengurangi Risiko Diabetes

Anda ingin menghindari resiko terkena diabetes tipe 2? Caranya adalah dengan teratur mengkonsumsi kopi dengan takaran yang tepat. Karena, ada senyawa yang berada di dalam kopi yang mampu menghalangi Human Islet Amyloid Polypeptide atau sering disebut polipeptida yang menghasilkan protein abnormal yang sering ditemukan pada penderita diabetes tipe 2.

Selain itu, penyerapan gula di tubuh akan menjadi lebih baik. Pertama, zat kimia yang meningkatkan insulin atau hormon yang mengatur penyerapan glukosa di dalam sel menjadi terbentuk dengan baik dipengaruhi oleh asam klorogenik yang dikandung oleh kopi.

Sumber Antioksidan

Carcer Epidemiology Biomarkers & Prevention mempublikasikan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa antioksidan yang dikandung kopi terbukti mampu menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit degeneratif. Selain itu, minum kopi sebelum olahraga juga mampu menjadikan pembakaran lemak meningkat 15 % lebih banyak.

Agar lebih berdampak penuh, kalikan berat badan Anda dengan 4,5 mg kafein untuk mendapat hasil maksimal. Misalnya berat badan Anda 68 kg, maka Anda membutuhkan sekitar 300 mg kafein untuk hasil yang lebih optimal dalam pembakaran lemak.

Campuran untuk Membuat Kopi Jadi Lebih Manis

Gula

Pertama, gula adalah sumber energi instan. Jadi, dengan mengkonsumsi teh atau kopi manis setiap pagi, akan memberi energi secara instan pada tubuh. Gula akan menjadi glukosa, dan glukosa yang menjadi energi. Apalagi, bila Anda memiliki tekanan darah rendah, maka gula sangat dianjurkan karena bisa meningkatkan tekanan darah.

Selain itu, gula juga bisa menyembuhkan depresi dan memberi efek tenang pada otak Anda. Jadi, pikiran lebih tenang dan fokus dalam bekerja. Ditambah lagi, pasokan gula yang masuk ke otak yang membuat Anda lebih nyaman berkonsentrasi.

Madu

Selain gula, pemanis lainnya yang bisa Anda tambahkan ke kopi Anda adalah madu. Madu merupakan minuman yang paling mujarab untuk urusan memperkuat jantung dan melancarkan peredaran darah.

Paduan madu dan kafein dari kopi akan membuat Anda lebih rileks, santai, dan stress berkurang. Apabila Anda sering mengalami masalah dengan nafas yang kurang lega, dan sering pusing, maka kombinasi kopi dan madu adalah pilihan yang tepat.

Agar rasanya tetap nikmat, takaran yang bisa Anda coba untuk membuat segelas kopi madu adalah paduan dari 1 sendok kopi, dan 2 sendok madu lalu diseduh dengan air mendidih. Setelah itu, diamkan hingga 40 derajat, sebelum akhirnya bisa Anda nikmati.

Kayu Manis

Pemanis selanjutnya yang bisa digunakan untuk kopi Anda adalah Kayu Manis. Selain rasanya manis, juga memiliki aroma yang bisa membuat otak Anda lebih fresh dan fokus, loh. Kayu manis juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, antara lain bisa menunda rasa lapar, karena zat di dalam kayu manis mengandung perangsang tumbuhnya insulin.

Meski rasanya manis, namun kayu manis sangat aman bagi Anda yang menderita penyakit diabetes. Lalu, Anda bisa juga mencampurkan kayu manis dalam kopi atau teh, dan bisa untuk menyembuhkan demam, dan radang tenggorokan. Zat yang dikandung kayu manis, seperti serat, zat besi, vitamin K dan lain-lain juga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tentunya lebih berenergi.

Agar rasa kopi yang lebih nikmat, Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dengan kopi 1/2 cangkir, juga bisa dipadukan dengan gula aren, air perasan jeruk dan air panas. Aduk rata, dan rasakan bedanya saat dinikmati.

Susu

Tidak ada yang bisa memandang sebelah mata terhadap minuman yang satu ini. Susu dikenal sebagai minuman tersehat yang pernah ada, karena mengandung protein, vitamin A, vitamin B dan banyak senyawa baik lainnya. Ditambah lagi, susu juga berdampak baik pada otot, berat badan dan mengurangi stress.

Cara membuat kopi susu dengan takaran yang pas adalah, Anda bisa memadukan 1 sendok kopi dengan 3 sendok susu kental manis, lalu bisa juga ditambah dengan 1 sendok teh krimer, gula pasir, bubuk coklat tanpa rasa dan seduh dengan air panas. Agar lebih nikmat, masukkan kopi terlebih dulu, tunggu sekitar 15 detik baru masukkan bahan-bahan lainnya.

Bubuk Cokelat

Cokelat memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Anda bisa menjaga kelembaban kulit, meningkatkan kesehatan otak, hingga menghambat penuaan dini dengan rutin mengkonsumsi cokelat setiap hari. Sebab, kandungan antioksidan yang ada di dalam cokelat sangat baik untuk kulit, tubuh dan otak Anda.

Agar rasanya lebih nikmat, Anda bisa memadukannya 2 sendok makan kopi bubuk dengan 30 gram cokelat bubuk. Untuk penambah rasa, bisa juga dipadukan dengan 4 sendok makan gula, 250 ml air, 750 ml susu cair, garam 1 jumput dan whipped krim. Aduk secara merata, agar susu tidak menggumpal atau pecah. Tuangkan ke gelas secukupnya, dan nikmati ketika hangat.

Krimer

Krimer merupakan produk emulsi lemak di dalam air. Diproduksi dengan caram minyak nabati yang dihidrogenasi, dan bentuknya bisa cair maupun bubuk. Krimer juga tidak mengandung laktosa, jadi aman dikonsumsi oleh orang yang terkena penyakit gula.

Krimer awalnya dikira oleh sebagian besar orang adalah bagian dari susu atau produk dari olahan susu. Faktanya, krimer merupakan produk emulsi lemak dari minyak nabati, yang ditujukan sebagai pengganti susu. Meskipun demikian, kopi krimer sering pula disebut sebagai kopi susu.

Nah, untuk mendapatkan rasa kopi yang mantap dengan krimer, Anda tinggal mencampurkan 1 sendok kopi, dengan 2 sendok gula dan 3 sendok krimer, lalu seduh dengan air panas. Hasilnya, akan menjadikan kopi krimer yang rasanya nikmat dan menggugah selera.

Sirup Maple

Sirup maple memiliki banyak kandungan yang bisa menjadikan Anda lebih sehat. Apalagi, sirup ini juga mengandung zat anti oksidan cukup tinggi, dan mineral berguna untuk tubuh seperti mangan dan zinc. Sirup maple juga mengandung polifenol yang sangat baik untuk Anda mencegah penyakit kanker, penuaan dini juga alzheimer.

Untuk mendapatkan rasa kopi dengan sirup maple yang paling optimal, Anda perlu mencampurkan 185 ml air kopi dengan sirup maple secukupnya. Tambahkan susu, dan 2 scoop es krim vanila untuk menambah rasa. Bisa juga ditambahkan lagi whipped cream dan cokelat, untuk menjadi susu khas Australia yang sehat dan kaya gizi.

Stevia

Pernah dengar daun stevia? Karena bentuknya mirip daun mint, hanya perbedaannya ujung daun stevia lebih tumpul daripada daun mint. Oleh karena itu, banyak yang mengira bahwa daun ini memiliki kekerabatan dengan daun mint.

Faktanya bukan begitu, karena tanaman yang satu ini ternyata satu kerabat dengan bunga matahari. Di samping itu, daun ini memiliki molekul kompleks yang tersusun dari glukosa, sophorose dan steviol yang menjadi glikosida yang disebut steviosida. Kelebihannya, menjadikan daun ini mengandung rasa manis yang lebih manis daripada gula tebu, namun kandungan gulanya nol.

Oleh karena itu, daun stevia digunakan untuk mencegah diabetes, menangkal efek radikal bebas juga anti hipertensi. Selain itu, daun ini juga mengandung senyawa anti kanker loh.

Cara menggunakannya, pertama jemur dulu daun stevia, atau bisa juga dengan cara dipanggang di oven. Lalu blender sampai hancur dan halus. Sekarang sudah bisa dijadikan pengganti gula. Untuk menciptakan kopi yang rasanya nikmat, campurkan satu sendok teh stevia bubuk dengan 1 sendok makan kopi. Lalu, sedauh dengan air panas dan nikmati dengan santai di sore hari.

Bahan Unik untuk Campuran Kopi (Bonus)

Mentega

Ada beberapa bahan unik yang juga bisa Anda jadikan bahan campuran dengan kopi Anda. Salah satunya adalah mentega. Mentega mengandung banyak kebaikan seperti vitamin E, A, K juga antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan selenium di dalamnya juga menjadikan Anda lebih kuat menangkal radikal bebas.

Ingin membuat kopi yang memiliki citarasa unik dengan campuran mentega? Salah satu resepnya adalah Bulletproof Coffee. Bahan yang Anda perlukan antara lain kopi bubuk blended, kalau bisa yang tidak ada ampas, dengan 1 sendok makan mentega, 1 sachet diabetasol, 2 sendok makan VCO atau virgin Coconut Oil, sejumput garam dan liquid whipped cream.

Cara membuatnya, larutkan kopi, mentega, VCO dan diabetasol dengan setengah gelas air panas. Lalu, tambahkan sejumput garam dan whipped cream, lalu blender dengan es batu. Jadi, deh.

Garam

Ada beberapa resep yang BP-Guide kemukakan di atas, ternyata menggunakan garam sebagai salah satu bahannya. Tentunya, yang digunakan adalah hanya sejumput saja, alias seujung genggaman dua kuku saja. Karena selain mengandung rasa yang asin, ternyata ion natrium di dalam garam bisa menekan rasa pahit pada kopi, jadi meningkatkan cita rasa.

Pertama kali, penggunaan sejumput garam digunakan oleh para ahli untuk menikmati wine, namun yang harganya murah. Jadi, rasa wine murah tersebut bisa dihaluskan oleh sejumput garam menjadi lebih nikmat. Tapi ingat, jangan lebih dari sejumput, karena bisa membuat minuman tersebut jadi asin.

Telur

Mencampurkan telur ke dalam minuman sudah sering dilakukan oleh banyak orang. Jenis minuman tradisional seperti bandrek dan jamu, juga sering digabungkan dengan telur. Bagaimana dengan kopi?

Di Vietnam, Swedia dan negara-negara skandinavia lainnya juga sudah mencoba minuman unik ini. Beberapa sendok kopi dan gula, dicampurkan dengan sebutir telur mentah, lalu tambahkan air dan rebus sampai mendidik. Aduk merata ketika direbus.

Rasanya lembut, seperti tiramisu. Anehnya, di Norwegia bahkan ada yang mencampur dengan kulit telurnya, loh.

Es Krim

Pernah minum jenis kopi yang diberi nama Affogato? Yah, ini adalah kopi yang ditambahkan es krim. Cara membuatnya adalah paduan 1 shot espresso, atau 1 cangkir kopi tubruk yang sudah disaring, lalu gabungkan dengan 2 scoop es krim rasa cokelat, vanila atau rasa kopi. Untuk campuran, bisa menggunakan cokelat parut dan hazel nut secukupnya yang sudah digiling kasar.

Dimulai dengan memasukkan dua scoop es krim, lalu tuangkan kopi tubruk atau espresso. Kemudian, campurkan cokelat parut dan kacang hazelnut sebagai campuran sekaligus hiasan. Hemm, sudah bisa dinikmati, nih.

From our editorial team

Nikmati Manisnya Harimu dengan Kopi Manis

Paduan dari gula yang menjadi tenaga, dengan kafein yang membuat Anda lebih fokus adalah paduan yang sangat tepat untuk memulai hari Anda lebih semangat dan berbahagia. Anda bisa lebih produktif dan bisa menjadi lebih semangat, tentunya akan memberi hasil yang lebih baik dan positif setiap harinya. Jadi, dimulai dengan secangkir kopi manis, mari bekerja dan mari berkarya.

Tag