Nikmatnya 8 Produk Kopi Arab yang Memiliki Cita Rasa Khas dan Eksotik

Nikmatnya 8 Produk Kopi Arab yang Memiliki Cita Rasa Khas dan Eksotik

Jika ingin mendapatkan khasiat plus dari kopi, coba cicipi kopi arab. Kopi arab mengandung berbagai rempah yang sangat berkhasiat untuk tubuh. Penambahan rempah-rempah ini juga memberikan rasa dan warna yang berbeda dengan kopi lainnya.

Mengenal Kopi Arab atau Gahwa Arabi

Minuman kopi memang dikenal luas sebagai minuman paling diminati di seluruh dunia. Minuman yang satu ini dikenal di banyak negara dengan aneka ragam sebutan. Misalnya saja di Arab, kopi ini lebih dikenal dengan gahwa arabi. Gahwa arabi memiliki simbol kemurahan hati. Oleh karena itu kopi ini biasanya dijadikan minuman untuk menyambut tamu.

Apa Bedanya Kopi Arab dengan Kopi Lainnya?

Kopi Arab memiliki banyak perbedaan dengan jenis kopi lainnya terutama dari proses pemanggangan. Proses ini menghasilkan perubahan kimia sehingga rasanya menjadi khas dan kadar kafeinnya juga menjadi berkurang. Kopi arab juga ditambahkan rempah-rempah seperti kapulaga dan cengkih sehingga terasa sedikit pedas dan warnanya pun berbeda.

Inilah Tiga Ciri Khas Kopi Arab

Disajikan dalam Perangkat Unik

Kopi arab sedikit berbeda kala disajikan karena menggunakan perangkat yang unik. Kopi dimasukkan ke dalam wadah bernama dallah. Baru setelah itu dituang ke cangkir kecil tanpa pegangan bernama finjan gahwa. Ada makanan seperti biji-bijian, cokelat, serta kurma untuk mendampingi minuman ini.

Tidak Memakai Gula

Uniknya lagi, kopi arab ini disajikan selalu tanpa gula. Ini tentu karena ciri khas kopi arab yang pekat dan juga terasa pahit. Kopi umumnya disajikan dengan kurma yang berfungsi sebagai penghilang rasa pahit dari kopi.

Memiliki Wangi Aromatik

Bagi pencinta kopi, mungkin rasa adalah hal yang terpenting. Namun kopi telah melalui serangkaian proses dari pengolahan sampai penyajian. Hal inilah yang membuat rasa dan aroma kopi jadi unik. Kopi dari Arab dikenal sangat aromatik karena menggunakan kapulaga. Sebelum disajikan, kopi direbus dulu bersama kapulaga sehingga menghasilkan aroma yang kuat.

6 Manfaat Kopi Arab bagi Kesehatan Anda

Menjaga Kesehatan Mulut

Kopi memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menjaga kesehatan mulut. Ada sifat antibakteri dalam kopi sehingga bisa menyembuhkan masalah gigi berlubang dan infeksi gusi. Hebatnya lagi, kopi bisa melawan risiko kanker mulut, lo. Peradangan gigi juga bisa dihindari dengan rutin minum kopi.

Menambah Stamina

Kopi juga dikenal sebagai minuman penambah stamina. Ada zat kafein dalam kopi. Zat inilah yang memperlambat kinerja sel adenosin. Sel ini yang menyebabkan seseorang ingin tidur. Minum kopi membuat kita menjadi segar dan bersemangat.

Mencegah Kanker

Kopi sangat menyehatkan bagi tubuh kita jika rutin dikonsumsi. Di dalamnya terdapat antioksidan yang bisa menekan gejala kanker dalam tubuh seperti kanker mulut. Di Jepang ada penelitian yang membuktikan bahwa orang yang minum kopi dua kali sehari kecil kemungkinannya terkena kanker usus.

Mengurangi Risiko Terkena Diabetes

Risiko terkena diabetes bisa menurun jika kamu rajin minum kopi. Ini karena penyerapan gula terhambat saat kita minum kopi. Dengan mengonsumsi kopi arab maka risiko terkena diabetes bisa menurun hingga 50 persen.

Mencegah Parkinson

Penyakit populer yang mematikan selain alzheimer adalah parkinson. Penyakit ini menyerang saraf sehingga manusia mengalami degradasi fungsi saraf. Kopi yang dikonsumsi dengan rutin bisa mencegah agar hal ini tidak terjadi, lo.

Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer dan Demensia

Tak jarang orang tua mengalami alzheimer dan demensia. Penyakit ini bisa menyebabkan seseorang menjadi pikun. Namun penelitian yang telah teruji klinis membuktikan bahwa kopi bisa mengatasi hal tersebut. Dengan kopi maka proses perlindungan terhadap penyakit yang terhubung langsung dengan degradasi fungsi saraf bisa lebih cepat.

Produk Kopi Arab yang Bisa Dijadikan Pilihan

Qahwa Arabiya Arabic Coffee With Cardamom 250 gr Kopi Arab Saudi

Sumber gambar www.bukalapak.com

Bagi penduduk Jazirah Arab, kopi merupakan simbol keramahan. Selain itu kopi juga menjadi penghubung sejarah masa lalu dengan nenek moyang. Merek Alkhair Arabic Coffee menghadirkan Qahwa Arabiya yang merupakan kopi kombinasi biji kopi terbaik untuk kenikmatan minum kopi yang tiada tara. Ada rasa kapulaga dalam kopi ini yang membuatmu dan tamu yang hadir merasakan cita rasa kopi arab sebenarnya. Kopi ini dijual seharga Rp 225.000 dan bisa didapatkan di website Bukalapak.

Kopi Arab Imtaq

Sumber gambar www.bukalapak.com

Rempah yang khas menjadi ciri tersendiri dari kopi arab. Berkualitas tinggi, kopi bubuk ini sangat beraroma nikmat. Kopi Arab Imtaq ini dijual seharga Rp 20.000 dengan berat 150 gram di Bukalapak. Dibuat dari biji kopi arabika, aroma kopinya mantap. Ada perpaduan rempah seperti kayu manis, cengkih, kapulaga, dan habbatusshaudah.

Habbat's Cafe

Sumber gambar herbalsunnah.com

Coba juga nih Habbat’s Cafe, yakni kopi arab tanpa kandungan kafein. Kopi ini bisa diperoleh dengan mengunjungi website herbalsunnah.com. Kopi ini dijual 30 bungkus per kemasan seharga Rp 60.000. Karena tanpa kafein, kopi ini aman dikonsumsi bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit lambung. Berbahan alami herbal, kopi ini cepat diserap tubuh dan sangat berkualitas.

Kopi Arab Nescafe With Cardamom

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kunjungi Tokopedia yuk karena ada Nescafe Arabian Cardamom Pod Coffee. Kopi arab dengan rasa kapulaga ini dibanderol dengan harga Rp 155.000 per kemasan dengan isi 20 sachet. Ada manfaat kapulaga yang luar biasa yang bisa kamu dapatkan. Risiko terkena kanker akan menurun jika rutin minum kopi ini. Bisa pula menurunkan kolesterol, antidepresan, menurunkan penyakit gastrointestinal, serta mengobati kandung kemih.

Kopi Kampoong Arab

Sumber gambar www.tokopedia.com

Cicipi juga nih kopi Kampoong Arab. Kamu bisa mendapatkan kopi rempah ini di daerah Masjid Sunan Ampel, Surabaya. Namun kamu juga bisa beli secara online dengan harga Rp 50.000 melalui toko online Tokopedia.
Dengan cita rasa tinggi, kopi ini diracik dari biji kopi robusta berkualitas. Ada rempah seperti kapulaga, kayu manis, dan jahe di dalamnya sehingga menghasilkan rasa yang khas dan aroma yang nikmat.

Kopi Arab Zanzabil

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kopi ini diracik dengan komposisi aneka rempah yang pas. Zanzabil Kopi Arab ini dijual Rp 40.000 dengan berat 300 gram di Tokopedia. Ada cengkeh, kapulaga, dan kayu manis dalam kopinya. Selain itu ada pula jahe yang menambah khasiat baik minuman satu ini. Biji kopi yang dipakai sudah pasti berkualitas.

Kopi Arab Bin Juber

Sumber gambar www.tokopedia.com

Jika ingin stamina lebih kuat dan terjaga, bisa banget nih konsumsi kopi arab Bin Juber. Kopi ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 26.500 seberat 130 gram. Ini bukan kopi biasa karena memiliki sejuta manfaat. Di antaranya adalah mampu menyembuhkan lemah syahwat, stroke, asam urat dan meredakan typus.

Kopi Arab Biji Kurma

Sumber gambar pondokibu.com

Kopi Arab Biji Kurma ini bisa jadi pilihan kamu selanjutnya, ya. Kopi ini memiliki khasiat kesehatan yang tak main-main, lo. Segera kunjungi website pondokibu.com untuk membeli kopi ini dalam kemasan 100 gram. Kopi ini dijual dengan harga Rp 35.000. Minuman ini sangat menyehatkan karena mengandung kurma yang tentu memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.

From our editorial team

Minum Kopi Tanpa Gula Bisa Dibilang Menyehatkan Lho!

Coba ikuti kebiasaan masyarakat Arab yang minum kopi tanpa gula. Gula bisa menyebabkan sejumlah penyakit serius seperti obesitas dan diabetes. Mungkin rasa kopi menjadi kurang nikmat tanpa gula. Namun minum kopi tanpa gula tentu lebih sehat untuk tubuh.

Tag