Produk Indonesia Terbaik di Dunia, Inilah 7 Rekomendasi Kopi Papua dengan Rasa Unik dan Khas (2020)

Produk Indonesia Terbaik di Dunia, Inilah 7 Rekomendasi Kopi Papua dengan Rasa Unik dan Khas (2020)

Kopi Arabika yang terbaik adalah kopi yang ditanam di tempat tinggi. Semakin tinggi tempat ditanamnya, maka semakin baik kualitas kopinya. Kopi Papua ditanam di dataran tertinggi di Indonesia, Pegunungan Jayawijaya. Oleh karena itu, kualitas kopi dari Papua diakui dunia. Mau tahu rekomendasinya? Yuk, segera cek!

Menikmati Kesegeran Kopi Papua dari Ujung Timur Indonesia

Kopi arabica terbaik biasanya tumbuh di dataran tinggi dan tanah dengan cuaca yang sejuk. Nah, daerah ujung timur Indonesia, Papua merupakan tempat yang memiliki dataran paling tinggi di Indonesia. Kopi arabica yang ditanam di daerah Pegunungan Jayawijaya menjadi salah satu produk terbaik kopi arabica di Indonesia.

Apalagi, ada teknik unik yang digunakan petani kopi di Papua. Teknik tersebut adalah mengupas biji kopi yang sudah dipanen, sehingga menyisahkan biji kopi yang masih berselaput getah dari kulitnya. Lalu, disimpan selama 1 hari, baru dibersihkan dan dikeringkan.

Tips Menjaga Kualitas Kopi

Simpan dalam Bentuk Biji

Agar kopi yang Anda simpan tetap berkualitas, maka yang perlu Anda lakukan pertama adalah menyimpannya dalam bentuk biji. Dengan demikian, biji kopi masih tetap terjaga kualitasnya. Ketika hendak digunakan, maka bisa Anda sangrai sendiri, lalu gunakan mesin pembuat kopi atau grinder untuk membuat kopinya.

Hal itu ditujukan untuk tetap menjaga rasa dan kesegaran dari kopi tersebut. Apalagi bila Anda membeli kopi dari Papua, tentunya harus tetap dijaga kesegaranya bukan. Agar rasa kopi Papua Anda tetap nikmat, meski disimpan dalam waktu lama. Jangan lupa, simpan di dalam wadah yang kedap udara yah.

Suhu & Ruangan

Harus Anda perhatikan juga suhu dari ruangan tempat Anda menyimpan kopi. Agar tetap segar, sebaiknya kopi Anda disimpan di tempat yang bersuhu rendah, juga tidak berada di dekat makanan atau bahan makanan yang baunya tajam.

Berada di tempat yang bersuhu rendah, bukan berarti terlalu rendah, seperti disimpan di dalam lemari es, misalnya. Tempat menyimpan yang suhunya paling pas untuk menjaga kesegaran kopi adalah 20 sampai 28 derajat Celcius. Sedangkan kelembaban yang paling pas untuk tetap menjaga kesegaran kopi adalah50 sampai 75 %.

Usahakan, jangan menyimpan kopi Anda di tempat yang terkena sinar matahari langsung, juga paparan sinar lampu. Apalagi menaruhnya di dekat kompor, haduh bisa rusak kesegaran kopi Anda.

Batas Waktu Menyimpan Kopi

Perlu Anda ketahui, bahwa waktu penyimpanan kopi setelah disangrai agar tetap mendapat yang nikmat adalah 7 sampai 10 hari. Lewatdari itu, maka kenikmatannya sudah berkurang. Tapi, kalau sudah sampai dua bulan, maka rasa enaknya sudah benar-benar menguap, menjadikan kopi yang kurang enak.

Jadi, sebaiknya beli kopi dalam jumlah yang cukup saja. Kalau habis tinggal beli lagi, kan? Itu ditujukan agar kopi yang sudah Anda sangrai, tidak disimpan dalam waktu yang lama, apalagi sampai lewat dua bulan. Sayang sekali, apalagi kalau Anda mengimpor biji kopi tersebut dari Papua langsung. Karena kelamaan menyimpan akhirnya cita rasa kopi Papua malah menjadi kurang nikmat.

Pilihan Kopi Papua untuk Kamu Nikmati

Fry & Roast - Kopi Arabika Papua Wamena 500 Gram Biji/Bubuk

Produk pertama adalah Fry & Roast, Kopi Arabika Papua Wamena 500 Gram Biji/Bubuk. Kopi arabika terbaik Indonesia asal Papua, dengan tingkat keasaman yang rendah sehingga aman bagi lambung, juga mengandung kafein yang baik untuk tubuh dikemas secara modern.

Kopi yang diolah oleh Fry & Roast merupakan kopi Arabica dari Wamena, Papua yang ditanam di puncak pegunungan Jayawijaya. Karena ditanam di tempat yang tinggi, menjadikan rasa dan kualitas kopi arabica ini menjadi sangat baik, dan tingkat keasaman nyaris nol!

Ada sensasi rasa madu, juga karamel cokelat. Selain itu, rasanya kompleks dan unik, benar-benar pas untuk Anda pecinta kopi Indonesia.

Harga Rp. 125.000-175.000

Kopi Arabica Papua Wamena 100 gram Light Roast (Biji/Bubuk) - Kopi Biji

Hilbrewcoffee adalah brand kopi dengan konsep fresh roast agar kualitas kopi tetap terjaga. Produk kopi Papua yang diproduksi Kopi Biji adalah Kopi Arabica Papua Wamena. Kopi ini tumbuh di dataran tinggi pegunungan Jayawijaya, yang merupakan titik tertinggi di Indonesia.

Produk dijual dalam bentuk biji, bubuk halus, maupun bubuk kasar. Citarasanya menggugah dan memikat. Apalagi bila dinikmati maksimal 2 minggu setelah kemasan dibuka.

Harga Rp. 27.000-35.000

JPW Coffee Kopi Papua Moanemani 500g Bubuk

Salah satu supplier kopi terbaik Indonesia adalah JPW Coffee. Supplier kopi yang bermarkas di Jakarta Selatan ini menjual kopi Papua yakni Kopi Papua Moanemani yang merupakan kopi asal Wamena, Papua. Kopi satu ini memiliki aroma yang unik, paduan dari aroma flower, spicy dan caramel yang tentunya memberi sensasi tersendiri bagi Anda. Rasanya juga unik, paduan nutty, orange dan herbal yang berpadu jadi satu.

Kopi satu ini merupakan kopi yang ditanam di dataran tinggi Papua yang merupakan salah satu titik tertinggi di Indonesia, pegunungan Jayawijaya. Biji kopi kemudian diolah dengan metode semi giling basah menjadikan kualitasnya tetap terjaga dan rasanya tetap segar. Tingkat keasaman medium, menjadikan kopi satu ini memiliki kualitas terbaik dunia.

Harga Rp. 167.000-224.000

Papua by Food Alchemy - Papua Whole Bean Medium Dark Roast Coffee (16 oz)

Sumber gambar amazon.com

Sejak 2003, perusahaan produsen dan penjual berbagai produk herbal yang didirikan oleh Christina Avaness ini juga sudah mulai menjual Kopi Papua. Kualitas kopi Papua yang diakui dunia, dipanggang dan digiling dengan teknik tinggi agar kualitasnya tetap terjaga. Salah satu produk andalannya adalah Papua Whole Bean Medium Dark Roast Coffee.

Produk ini ditanam dan diproduksi tanpa menggunakan pestisida. Jadi, produk yang dihasilkan benar-benar natural dan berkualitas tinggi. Rasanya tetap terjamin, dan mendapat sertifikat Kosher, yakni sertifikat khusus bagi vegetarian. Rasanya nikmat, juga aromanya mantab. Anda bisa memesan produk ini di Amazon dengan harga sekitar $19,95 atau setara dengan Rp 265.275 untuk ukuran 16oz atau 453,592 gram.

Camano Island Coffee Roasters - Organic Fresh Roasted Coffee - Papua New Guinea Medium Roast - Ground - 2 Lb

Sumber gambar https://www.amazon.com

Satu lagi produsen kopi Papua yang alami adalah Camano Island Coffee Roaster. Brand ini berasal dari Washington, Amerika Serikat. Kopi yang dijual merupakan kopi yang langsung dibeli dari petani tradisional di Papua.

Tentu saja, hanya kopi terpilih yang digunakan. Kopi yang terpilih merupakan kopi yang ditanam secara tradisional, menggunakan pupuk alami bukan organik dan kimia, juga tanpa pestisida. Selain itu, kopi yang dipilih adalah kopi yang ditanam di dataran tinggi Pegunungan Jaya Wijaya.

Rasanya mantab, aromanya nikmat. Paduan dari aroma floral, nutty, dan fruity menjadikan kopi ini sangat nikmat setelah diseduh. Selain kopi Papua, berbagai kopi terbaik dunia lainnya juga diproduksi Camano Island, seperti Kopi Brazil, Honduras, Peru dan lain-lain.

Jenis biji kopi yang ditawarkan juga beragam, mulai dari Dark Roast, Medium Roast, Light Roast, Decaf & Half Decaf, Roaster's Reserve, dan Espresso Blend. Anda bisa memesan kopi Papua dari Camano Island di Amazon, harganya Rp $37,99 atau setara dengan Rp 505.153.

Coffee Bean Direct French Roast Papua New Guinea Ground Coffee, 5-Pound Bag

Sumber gambar amazon.com

Kopi Papua kualitas internasional berikutnya diproduksi oleh Coffee Bean Direct. Brand ini menjual kopi terbaik dunia dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, India, Afrika dan tentunya, Kopi Papua.

Khusus kopi Papua, juga merupakan kopi yang ditanam langsung di dataran tinggi Papua dengan metode unik, yakni menggunakan pohon JBM. Hasilnya, rasa kopi menjadi lebih kompleks, dengan paduan rasa asam, manis yang dalam dan sempurna.

Dapatkan kopi ini di Amazon dengan harga sekitar $63,94 atau setara dengan Rp 850.210 untuk kemasan ukuran 5 pound atau setara dengan 2267,96 gram.

Fairland Coffee, Papua New Guinea Kimel Estate AA Medium Roast Roasted Whole Bean, 2-Pound Bag

Sumber gambar amazon.com

Fairland Coffee adalah brand coffee yang bermarkas di California. Produk dari Fairland Coffee adalah kopi yang dipanggang sempurna, juga ada produk kopi yang belum dipanggang. Salah satu produknya adalah Kopi Papua, yakni Papua New Guinea Kimel Estate AA Medium Roast Roasted Whole Bean.

Produk yang satu ini ditanam langsung di dataran tinggi Papua sehingga karakter rasanya begitu unik. Paduan rasa cokelat, buah dan aroma floral menyatu dalam satu seduhan kopi. Tentunya, menjadi pilihan pas untuk Anda yang ingin menikmati kopi dengan rasa yang sempurna. Agar rasanya semakin sempurna, sebaiknya baru digiling sekitar 15 menit sebelum diseduh. Jangan lupa simpan di wadah yang kedap udara dan suhu yang terjaga agar rasanya tetap sempurna.

Anda bisa memesan produk ini di Amazon dengan harga sekitar USD 19,99 atau sekitar Rp 265.807 untuk produk berukuran 2 pound atau sekitar 907,185 gram.

From our editorial team

Yuk, Nikmati Sore dengan Kopi Terbaik Indonesia

Kopi Papua adalah pilihan yang pas untuk Anda penggemar kopi sejati. Rasanya yang unik, aroma yang khas dan kuat menjadikan sensasi kopi lebih terasa. Rasanya kurang lengkap bila Anda adalah pecinta kopi, tapi masih belum pernah mencicipi kopi Indonesia dengan kualitas tingkat dunia ini.

Tag