Nyalakan Semangat dengan Minum Kopi Hangat di 10 Kedai Kopi Pilihan di Jakarta Ini!

Nyalakan Semangat dengan Minum Kopi Hangat di 10 Kedai Kopi Pilihan di Jakarta Ini!

Penat dan stress akibat akibat aktivitas yang padat bisa dikurangi dengan minum kopi hangat. Karena itu, BP-Guide berikan sejumlah rekomendasi kedai kopi di Jakarta yang bisa dijadikan tempat bersantai bersama teman untuk menghilangkan kepenatan.

Kopi Hangat Sangat Sempurna untuk Mengatasi Rasa Lelah dan Stres

Saat tubuh merasa lelah, tentu kita butuh sesuatu untuk kembali segar bersemangat. Kopi hangat adalah salah satu yang bisa membantu kamu kembali bugar. Bukan hanya itu saja, kopi hangat juga bisa mengurangi stress, baik secara emosional maupun fisik.

Sebuah studi di Jepang menyatakan bahwa komponen dalam kopi mampu mengurangi stress. Kandungan kafein serta asam chlorogenic menjadi neurotransmitter dan mengubah senyawa kimia stress jadi lebih ringan.

Saat tubuh merasa stress, baik secara fisik maupun emosional, maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Kopi hitam hangat bisa mengatasi hal tersebut dan sangat direkomendasikan. Kopi hangat baik untuk relaksasi dan membuat tubuh kembali bugar.

Cara Sempurna untuk Menikmati Segelas Kopi Hangat

Ketahui Jenis Kopi yang Diminum

Kopi adalah jenis minuman yang dikenal sejak lama. Minum kopi sudah menjadi salah satu tradisi turun temurun dan jadi kebiasaan diminum di pagi hari. Agar kopi hangat menjadi pas untuk menghilangkan stress, tentu saja kita harus tahu betul kopi jenis apa yang diminum.

Saat ini kopi memiliki banyak varian rasa. Ada baiknya kamu mengetahui jenis kopi apa yang diminum. Dengan begitu kamu jadi bisa tahu jenis-jenis kopi. Kemudian menjajal kopi jenis lainnya jika bosan dengan satu jenis kopi tersebut.

Teman Pelengkap Bikin Kopi Makin Nikmat

Agar lebih sempurna dalam menikmati kopi maka lebih enak jika disertai dengan teman pelengkap. Seperti topping kopi atau bisa juga dengan menambahkan camilan dan makanan pendamping minum kopi.

Dengan memakan camilan pendamping minum kopi maka sensasi rasa yang didapat jadi lebih variatif. Bisa memilih aneka jajanan manis seperti pisang goreng atau bisa juga memilih jajanan berasa gurih seperti keripik. Selain itu kamu juga bisa menambahkan toping seperti bubuk cokelat atau whipped cream.

Aroma Kopi yang Khas Bisa Bikin Rileks

Cara lain agar kopi hangat yang kita minum terasa lebih perfect adalah dengan menghirup aroma kopinya. Ya, aroma kopi yang terhirup bisa bikin kopi terasa lebih nikmat. Aroma tiap kopi berbeda sesuai dengan jenis kopinya. Beda jenis kopi beda pula aroma yang didapatkan.

Hirup aroma kopi dalam-dalam sebelum meminumnya. Aroma kopi bisa bikin otak menjadi lebih rileks. Makin berkualitas biji kopinya, maka makin harum aroma kopinya.

Nikmati Perlahan

Cara lain yang bisa digunakan agar secangkir kopi makin terasa nikmat adalah dengan menikmatinya secara perlahan. Selain menghirup aroma kopi, menyesap kopi secara perlahan bisa bikin kamu lebih tenang dan rileks. Kopi memang memiliki zat yang berguna untuk merelaksasi tubuh.

Saat kopi masih tersaji panas, kita bisa menghirup aromanya dalam-dalam. Selanjutnya seruput kopi secara perlahan untuk memberikan sensasi kenikmatan tersendiri. Hal ini bisa merangsang sensor saraf untuk membangun ketenangan.

10 Kedai Kopi di Jakarta yang Cocok untuk Menikmati Secangkir Kopi Hangat

Bakoel Koffie

Sumber gambar www.zomato.com

Sebagai kedai kopi tertua di Indonesia, Bakoel Koffie menyajikan beragam kopi racikan yang rasanya nikmat dan mantap. Kedai kopi ini berdiri sejak tahun 1878 dan berhasil membuka cabang di 5 daerah berbeda di Jakarta pada 2010.

Awalnya kedai ini dibuka sebagai warung nasi. Namun antusiasme pengunjung lebih mengarah kepada racikan kopi daripada masakannya. Oleh karena itu Laiuw Tek Soen, sang pemilik kedai, mengubah konsep warungnya menjadi kedai kopi.

Laiuw Tek Soen biasa membeli biji kopi dari seorang wanita bakul gendong. Biji kopi tersebut kemudian ia panggang dan seduh manual sebelum disuguhkan. Dari kedai kopi tersebut, ia pun mendirikan pabrik kopi pada tahun 1927. Para pelanggannya tak hanya datang dari dalam negeri, namun juga dari Arab, Jepang, serta Belanda.

Silakan datang ke jalan Cikini Raya 25 Jakarta Pusat. Kafe yang menyediakan aneka kopi eksotik ini buka mulai pukul 9 pagi. Kamu bisa menikmati beragam jenis kopi dan minuman non kopi dengan harga mulai Rp 30 ribuan saja.

Anomali Coffee

Sumber gambar event.detik.com

Kedai kopi lain yang bisa dikunjungi di Jakarta adalah Anomali Coffee. Merupakan salah satu nama besar dalam industri kopi dalam negeri, Anomali Coffee berhasil membuat kopi nusantara naik kelas. Membuka gerai kopi pertamanya di Seminyak Bali, kedai kopi ini bangunannya berkonsep vintage. Kamu akan disuguhkan aksi-aksi para barista dalam meracik kopi.

Biji kopi yang digunakan di sini semuanya asli dari Indonesia. Ada beragam jenis kopi yang disediakan mulai varian espresso hingga kopi americano dan cafe mocha.

Selain kopi, tempat ini juga menyediakan aneka cake dan jajanan ringan yang pas sebagai teman minum kopi. Selain aneka kopi ada pula aneka teh dan jus serta fushion yang disediakan di kedai ini. Harganya dibanderol mulai dari Rp 20 ribuan.

Kopikina

Mencari kedai kopi yang pilihan kopinya lengkap? Bisa coba mampir ke Kopikina. Kedai ini letaknya di Jl. KH Abdullah Syafei, Tebet. Tempatnya buka mulai pukul 10 pagi hingga 2 dini hari. Mengusung tema ethnic vintage tempat ini dipenuhi hiasan furnitur tua. Bahkan ada sebuah pemutar piringan hitam di sudut ruangan.

Cornelius Swangga sebagai pemilik tempat ini mengatakan kedainya adalah idealisme dirinya untuk memperkenalkan kekayaan kopi dari Indonesia. Di sini ada lebih dari 50 jenis biji kopi khas Indonesia. Cornelius mengontak para petani kopi dari berbagai pelosok nusantara.

Tak heran jika kedai ini memiliki variasi menu kopi yang luar biasa banyak. Selain kopi, mereka juga menyediakan varian teh. Untuk harga minuman ada di kisaran Rp 20 ribuan hingga Rp 50 ribuan.

Coteca

Sumber gambar www.whatsnewjakarta.com

Dari luar, tempat ini terlihat kecil. Namun saat masuk ke dalam tempatnya ternyata cukup luas dan nyaman. Berlokasi di jalan Rawa Belong 2, Palmerah, tempat ini buka dari pukul 9 pagi. Coteca sendiri merupakan singkatan dari menu yang disajikan di kedai ini, yakni Coffee Tea and Cocoa.

Ruangan kedai kopi ini bergaya industrial. Ada furnitur serbakayu dan membuat pengunjung nyaman berlama-lama disini.

Aneka kopi varian klasik disediakan. Ada pula racikan signature dari sang pemilik. Mulai dari snickerdoodle smoothie hingga grey sky evening dan japanese ice coffee. Harga minuman mulai dari Rp 20 ribuan hingga Rp 40 ribuan.

1/15 Coffee

Sumber gambar localwiki.org

Nama kedai kopi ini bisa dibilang sangat unik. Kafe 1/15 Coffee ini berada di jalan Gandaria I Pondok Indah Jakarta. Dinamakan 1/15 sesuai rasio sederhana dalam membuat kopi, tempat ini menyajikan kopi dengan rasa yang sangat enak. Kedai yang buka sejak pertengahan 2012 ini berhasil menarik minat banyak pecinta kopi.

Kepala baristanya merupakan seorang barista kenamaan yang telah memenangkan kejuaraan barista Indonesia dua tahun berturut turut. Buka dari pukul 8 pagi hingga 10 malam, tempat ini juga menyediakan tempat untuk tasting flight. Interior tempat ini membuat nyaman para pengunjungnya.

Aneka menu disediakan di kedai kopi ini. Mulai dari makanan manis seperti ricotta hotcakes dan french toasties hingga makanan savory seperti egg benedict dan skillet egg. Kamu juga bisa mencicipi additional sides seperti merguez sausages dan aneka menu salad dan soup. Aneka pasta dan dessert yang nikmat pun bisa kamu pilih sebagai teman menikmati kopi.

Ada macam-macam jenis kopi yang bisa kamu coba. Teh dan aneka es krim pun tersedia di sini. Harga makanan dan minuman berkisar mulai dari Rp 5 ribuan hingga Rp 75 ribuan.

Woot Coffee and Mates

Sumber gambar www.whatsnewjakarta.com

Berlokasi di jalan Gunawarman 75 Senopati Jakarta, kedai kopi ini merupakan destinasi hangout favorit anak muda Jakarta. Tempat ini tak hanya menyediakan kopi, namun juga pasangannya berupa martabak manis dari Martabak Boss. Bangunan berlantai dua ini didominasi warna kuning dan abu. Kamu akan mendapati coffee bar di lantai satu sedangkan sitting table-nya ada di lantai atas.

Biji kopi di kedai ini semua berasal dari Malabar, Jawa Barat. Ada banyak minuman andalan mulai dari cappucino hingga piccolo maupun flat white. Minuman paling digemari di sini adalah Filter V60. Namun kamu musti bersabar jika memesannya. Karena minuman ini harus diracik selama kurang lebih 5 menit.

Kedai yang buka dari pukul 10 pagi hingga jam 12 malam ini menawarkan harga minuman mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 40 ribuan.

Caribou Coffee

Lokasin Caribou Coffee ada di jalan Senopati, Jakarta. Ini merupakan merek coffeeshop dari Amerika. Perusahaan Caribou sendiri telah ada sejak 1992 di Minnesota. Dari sebuah kedai kopi kecil, Caribou terus berkembang dan berhasil membuka cabang di banyak negara, termasuk di Indonesia.

Selain kopi mereka juga menyediakan pilihan kue sebagai teman minum kopi. Harganya masih terjangkau, mulai dari Rp 20 ribuan hingga Rp 60 ribuan. Tempatnya nyaman dengan penerangan yang pas dan membuat pengunjung betah. Disediakan pula area outdoor bagi mereka yang merokok.

Kedai kopi ini buka mulai pukul 6.30 pagi dan tutup pada pukul 12 malam. Segera kunjungi jika ingin mencicipi aneka varian kopi dengan signature khas Caribou Coffee.

Kopi Manyar

Sumber gambar manual.co.id

Tempat nongkrong dan ngopi yang asyik sudah pasti di Kopi Manyar daerah Bintaro Jakarta. Meski lokasinya agak tersembunyi, namun tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Terutama oleh mereka yang ingin menikmati secangkir kopi hangat. Interiornya sederhana tapi sangat bersih.

Di sini tersedia aneka espresso dingin dan espresso panas. Selain jajaran varian kopi ada pula aneka camilan seperti kentang goreng. Kamu pun bisa memesan aneka makanan untuk mengganjal perut lapar seperti nasi atau mie goreng. Harga makanan dan minuman di kedai ini mulai dari Rp 30 ribuan hingga Rp 65 ribuan.

Pigeonhole Coffee

Di daerah Bintaro juga ada Pigeonhole Coffee yang asyik untuk disambangi. Kedai kopi satu ini nyaman banget untuk ngobrol dan sekadar santai, sembari menikmati aneka kopi dan makanan pendampingnya. Lokasinya ada di jalan Merpati II Bintaro. Suasana khas rumahan yang dipilih untuk jadi tema utama tempat ini bikin kamu nyaman.

Ada aneka menu kopi yang disediakan, dari long black sampai espresso. Ada pula aneka menu es dan minuman nonkopi yang bisa dipesan. Harga minuman yang ditawarkan mulai dari Rp 7 ribuan hingga Rp 40 ribuan.

Ombe Kofie

Sumber gambar manual.co.id

Beralih ke tempat ngopi lain yang juga tak kalah asyik. Ada Ombe Kofie yang terletak di jalan Pluit Sakti Raya 117 Penjaringan, Jakarta Utara. Tempat ini buka dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Tempatnya nyaman disertai layanan WiFi sehingga pengunjung bisa makin betah.

Meski bisa dibilang baru dibuka namun tempat ini menyedot banyak perhatian para pencinta kopi. Tempat yang nyaman dan dekorasi ruang yang comfy membuat acara minum kopi jadi terasa lebih berkesan. Menu kopi yang ditawarkan pun amat beragam. Selain kopi juga tersedia teh premium. Untuk harga minumannya mulai dari Rp 35 ribuan hingga Rp 65 ribuan.

From our editorial team

Cintai Kopi Asli Indonesia untuk Citarasa yang Sempurna

Urusan cita rasa dan aroma, kopi asli Indonesia tak kalah dari kopi-kopi luar negeri. Karena itu, ketika kamu sedang menikmati kopi hangat, selalu pilih varian kopi asli Indonesia. Cobalah satu per satu varian yang disediakan. Maka kamu akan makin mencintai kopi asli yang diproduksi di negeri sendiri.