Nikmati Seteguk Kopi Vietnam Drip Yang Diracik dengan Cara Unik dan 7 Dripper Kopi Berkualitas Rekomendasi BP-Guide

Nikmati Seteguk Kopi Vietnam Drip Yang Diracik dengan Cara Unik dan 7 Dripper Kopi Berkualitas Rekomendasi BP-Guide

Kopi Vietnam Drip adalah jenis kopi yang kini sedang booming dan banyak disajikan di kafe-kafe ternama. Tak perlu repot datang ke kafe, kini Anda bisa meracik sendiri Vietnam Drip di rumah dengan cara dan rekomendasi alat dripper yang dirangkum BP-Guide berikut ini!

Kopi Vietnam Drip, Cara Ngopi Ala Vietnam yang Digemari Dunia

Seperti yang telah disiratkan oleh namanya, kopi Vietnam adalah minuman kopi khas dari Vietnam. Orang Vietnam menyebutnya sebagai Cà phê sữa đá. Orang Indonesia akan menyebutnya sebagai kopi susu. Proses peracikan yang mengasyikkan dengan kopi Vietnam: proses penyajiannya.

Segelas kopi Vietnam dibuat dengan mencampur susu kental manis, es batu, dan, tentu saja kopi. Kopi yang digunakan adalah jenis Arabica, oleh karenanya rasa kopi Vietnam Drip cenderung agak asam. Kopi tidak dicampur langsung ke dalam gelas bersama es seperti layaknya membuat es kopi susu. Saripati kopi untuk membuat kopi Vietnam diproses dari suatu filter drip. Filter drip mengambil saripati kopi yang berbentuk tetesan-tetesan kopi pekat.

Nah, semua tetesan sari kopi inilah yang kemudian dicampur dengan susu kental manis dan es batu, hingga menjadi kopi Vietnam yang nikmat.

Asal-usul Kopi Vietnam Drip

Sumber gambar eatlittlebird.com

Budaya ‘ngopi’ di Vietnam tak bisa lepas dari para misionaris Perancis. Pada 1860-an datang dengan membawa benih kopi. Karena ternyata kopi enak dan menguntungkan, baru kemudian dibudidayakan di beberapa wilayah di sana, terutama di daerah Buon Ma Tuot. Daerah yang terletak di dataran tinggi ini kemudian terkenal sebagai penghasil kopi terbaik di Vietnam. Nah, begitulah sekilas cikal bakal budaya ‘ngopi’ di Vietnam.

Seiring berkembangnya waktu, Vietnam menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, tepat berada di bawah Indonesia. Bersamaan dengan itu, turisme Vietnam juga mengalami booming. Salah satu efek manisnya adalah kemudian seluruh dunia, termasuk Indonesia, mulai mengenal nikmatnya kopi Vietnam.

Dalam bahasa Vietnam, kopi Vietnam disebut cà phê sữa nóng, artinya kopi susu. Karena susu bukanlah bagian dari diet orang Asia Tenggara secara umum, maka kemungkinan pembuatan kopi dengan campuran susu ini juga dipengaruhi oleh orang-orang Perancis yang kebetulan pernah menjajah Vietnam. Orang Perancis asli tentunya akan memakai susu segar sebagai bahan campuran kopinya.

Lantas kenapa memakai susu kental manis? Karena susu segar tidak mudah didapatkan di Vietnam, karena itu mereka kemudian menggunakan susu kental manis yang gampang diperoleh.

Cara Membuat Kopi Vietnam Drip

Sumber gambar www.hueflavor.com

Vietnam kopi memang sedang terkenal. Rasanya memang nikmat. Selain itu, pembuatannya juga khas. Proses pengambilan inti sari kopi dilakukan dengan menggunakan dripper atau dalam bahasa Indonesia bisa dikatakan sebagai alat penetes.

Yah, karena proses pengambilan sari pati kopi dilakukan dengan filter yang hasil akhirnya akan menjadi tetesan sari kopi yang siap minum. Anda juga bisa mencampur saripati kopi itu dengan bahan lain sehingga menjadi minuman kopi yang khas, termasuk minuman kopi Vietnam.

Siapkan Alat untuk Membuat Kopi

Sumber gambar www.incensetravel.com

Alat pembuat kopi susu Vietnam disebut cà phê phin, atau sering disebut phin begitu saja. Orang Indonesia menyederhanakannya menjadi kopi drip atau Vietnam drip.

Vietnam drip sebenarnya adalah alat yang sangat sederhana. Alat ini terdiri atas empat bagian sederhana: cangkir logam yang berlubang-lubang pada bawahnya, penutup cangkir, sebuah penekan (presser) berlubang-lubang, serta sebuah filter berbentuk cawan yang juga berlubang-lubang. Saat ini Anda bisa memberi dripper untuk kopi Vietnam dengan mudah. Harganya Rp 50.000-an hingga Rp 100.000-an.

Tambahkan Susu Kental Manis ke Dalam Gelas

Sumber gambar www.hungryhuy.com

Hasil drip filter gaya Vietnam atau phin bisa Anda nikmati begitu saja sebagai black coffee, namun juga bisa ditambahkan susu. Kalau kopi Vietnam umumnya menggunakan susu kental manis. Untuk kopi Vietnam, susu kental manis dituang terlebih dahulu ke dalam gelas sebelum kopi. Hal ini sangat berbeda dengan kebiasaan warung kopi Indonesia yang biasa menambahkan susu ke dalam kopi.

Susu kental manis yang dituang ke dalam gelas takarannya antara 2 sendok makan atau ¼ tinggi gelas, atau bahkan bisa sampai setengah gelas. Namun begitu ukuran tersebut pastinya bukanlah patokan yang mesti Anda patuhi. Pada akhirnya, jika Anda sendiri yang membuat, maka takaran susu kental manis itu tergantung pada selera Anda.

Masukkan Kopi Vietnam

Sumber gambar sites.dartmouth.edu

Nah, setelah susu kental manis siap di dalam gelas, sekarang tinggal mengolah kopinya. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jenis kopi yang disarankan adalah Arabica. Pilihlah kopi bubuk yang masih agak kasar teksturnya. Anda dapat memilih kopi yang digiling medium untuk membuat kopi Vietnam. Jika Anda ingin menggiling sendiri, pilihlah biji kopi bertipe dark roast yang memiliki aroma mantap.

Takaran kopi yang disarankan untuk satu gelas kopi adalah 2 sendok teh atau sekitar 10 gram. Masukkan kopi bubuk ke dalam cangkir drip. Kemudian tuangi sedikit air panas untuk membasahinya. Selanjutnya taruh cangkir drip di atas gelas (atau cangkir, jika Anda menggunakan cangkir) yang telah dialasi oleh filter drip.

Tuang dan Tunggu Beberapa Saat

Langkah pertama yaitu, tuang air panas ke dalam cangkir drip dengan suhu air maksimal 80-90 derajat celcius. Tuangkan sedikit demi sedikit hingga setengah cangkir drip. Tahap ini disebut pre-infusion. Tunggu sekitar 30 menit hingga air meresap ke seluruh bagian kopi bubuk. Kemudian lanjutkan menuangkan air hingga air mencapai setengah gelas kembali. Tutup cangkir drip.

Selanjutnya adalah menunggu tetesan pertama hasil dripping. Tetesan kopi pekat kemudian akan jatuh ke dalam gelas yang terisi susu kental manis. Tunggu hingga kopi tidak menetes lagi. Selanjutnya singkirkan kopi drip dari bagian atas gelas. Aduk kopi yang telah berpadu dengan susu kental manis hingga merata lalu tambahkan es batu jika ingin menikmatinya dalam keadaan dingin.

Rekomendasi Dripper Berkualitas untuk Membuat Kopi Vietnam Drip

Sumber gambar tokoonline88.com

Setelah Anda mengerti sedikit informasi tentang kopi Vietnam, tentunya ada rasa penasaran yang muncul. Mungkin Anda jadi penasaran ingin mencobanya, dan sekarang ingin mencari phin yang paling cocok untuk membuat kopi Vietnam pertama Anda. Berikut ini adalah beberapa dripper kopi Vietnam yang bisa Anda pertimbangkan.

Tiamo Vietnam Drip XL HG2686

Sumber gambar www.coffindo.id

Tiamo adalah dripper alternative jika merek Hario tidak ada. Dripper ini buatan Taiwan, kualitasnya bagus, dan harganya sangat affordable. Volume seduhnya lumayan besar, yaitu 240 cc, dengan diameter 7 cm, tinggi 7 cm, dan beratnya 180 gr. Kapasitas tersebut akan menghasilkan 200 cc kopi seduh. Dripper ini terdiri atas 3 bagian terpisah: tutup, badan, serta tamper.

Jika Anda ingin membuat kopi Vietnam dari kopi yang di-roast antara medium hingga black, maka dripper ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dripper ini sangat cocok untuk kopi jenis Rakata, Espresso, dan Koraina. Dripper ini seharga Rp. 240.000. Anda bisa mendapatkannya di Coffindo.id atau Maharajacoffee.biz.

Latina VD350-DT8075 Vietnam Drip 350 cc

Sumber gambar www.coffindo.id

Satu lagi produk Taiwan untuk membuat kopi Vietnam yang sedap: Latina VD350-DT8075 Vietnam Drip 350 cc. Produk dripper ini sangat populer di Vietnam. Dripper Latina ini terdiri atas 4 bagian: cawan filter, dripper, tamper/presser, serta tutup atas.

Volume seduhnya 350 cc, diameternya 8 cm, tinggi 7.5 cm, dan beratnya 180 gr. Dengan kapasitas tersebut cukup untuk membuat kopi Vietnam untuk tiga orang, karena hasil seduhnya mencapai 290 cc per 30 gr bubuk kopi. Namun tentu saja Anda bisa membuat takaran sendiri. Jika ingin lebih kental misalnya, maka Anda tinggal menambahkan jumlah kopi dan mengurangi jumlah airnya. Anda bisa membeli produk menarik ini seharga Rp. 102.000 di Maharahacoffee; atau di Coffindo seharga Rp 141.000 .

Latina VD200DT65 Vietnam Drip 200 cc

Sumber gambar www.tokopedia.com

Versi yang lebih minimalis dari Latina VD350-DT8075 adalah Latina VD200DT65. Produk ini termasuk produk dripper sejuta umat di Vietnam. Dripper ini terdiri atas 4 bagian: cawan filter (tempat dudukan dripper), dripper, tamper/presser, serta tutup.

Volume seduhnya 200 cc, diameternya 6.5 cm, tinggi 6.5 cm, dan beratnya 124 gr. Anda perlu ekstra kesabaran untuk membuat kopi dengan dripper ini. Perlu sekitar 15 menit agar kopi bisa ter-dripping habis. Anda bisa membeli dripper ini secara online di Bukalapak seharga Rp 86.000, serta di Maharajacofffee dengan harga Rp 82.000.

V60 Pour Over Kit - Coffee Server & V60 Metal Stainless

Sumber gambar www.hario.co.uk

Produk V60 adalah alat seduh kopi yang cocok bagi Anda yang suka dengan metode pour over. Metode pour over memang bisa memberi kepuasan tersendiri bagi para penggemarnya. Selain hasil seduh yang lebih mantap, hasil seduhannya juga minim ampas. Kelebihan yang lain dari produk V60 ini, Anda bisa membersihkannya dengan mudah.

Kapasitas penyeduh kopi V60 ini adalah 500 cc. Bentuknya memang seperti cangkir biasa, namun itulah keunikan dari produk penyeduh kopi pour over V60: memiliki look yang ordinary namun selalu membuat penasaran. Produk ini terdiri atas dua bagian: Yami Coffee Server dengan kapasitas 500 ml serta saringan ganda baja stainless V60-02. Anda bisa membeli produk ini di Bukalapak dan Tokopedia seharga Rp 300.000.

Vietnam Drip Q7|Coffee Filter Q7 Bentuk Cangkir

Sumber gambar www.tokopedia.com

Satu kelebihan dari produk penyeduh kopi ini adalah mudah dibawa atau portabel. Selain itu, jika Anda menginginkan kopi yang benar-benar pekat aromanya, maka Vietnam Drip Q7 bisa menjadi pilihan.
Produk made in China ini memiliki diameter 6 cm serta depth 5.5 cm. Bahannya terbuat dari baja stainless steel yang selalu memberi kesan higienis. Alat ini harganya sangat terjangkau, Cuma Rp 35.000 . Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia atau di Bukalapak.

Cook Master Vietnam Drip

Sumber gambar www.bhinneka.com


Yang menjadi ‘seni’ dari membuat kopi Vietnam dengan dripper adalah bahwa Anda bisa melatih kesabaran. Kopi yang akan dinikmati harus Anda tunggu, tetes demi tetes, sebelum dapat dinikmati. Produk Cook Master Vietnam Drip ini pun tanpa perkecualian.

Hanya saja Cook Master memberi Anda kopi yang ekstra kental, tanpa meninggalkan banyak ampas. Produk Cook Master ini dilengkapi dengan tamper/presser yang menggunakan as yang memungkinkan Anda bisa mengetahui tingkat kepadatan kopi, kekentalan maupun kecepatan proses seduh. Alat ini terbuat dari baja stainless yang berkualitas tinggi dengan kapasitas 60 cc atau sekitar satu cangkir kopi dengan harga Rp 65.000. Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia serta Blibli.

Kiwi Vietnam Coffee Dripper XL [200 ml]

Sumber gambar www.blibli.com

Kiwi Vietnam Coffee Dripper XL akan membantu men-drip kopi Anda secara maksimal. Desainnya sangat simple and elegant. Sementara untuk bahannya terbuat dari material berkualitas, yaitu logam stainless steel kualitas tinggi dengan diameternya 7 cm. Produk ini mempunyai kapasitas seduh mencapai 200 ml dengan hasil seduhan akhir sebanyak 120 ml, cukup untuk minum kopi berdua.

Kiwi Vietnam Coffee Maker sangat cocok bagi Anda penggemar kopi, dengan outputnya yang selalu konsisten dan pekat. Produk ini sangat berkualitas namun harganya masih terjangkau. Anda bisa membelinya secara online di Lazada dan Blibli, seharga Rp. 149.000.

From our editorial team

Segelas Kopi Vietnam Drip Nikmat untuk Menemani Waktu Santaimu

Kopi Vietnam Drip yang dijuluki kopi kesabaran memang sedang banyak digemari karena rasanya dan tampilannya yang oke. Mungkin Anda sering melihat foto jenis kopi yang satu ini berseliweran di sosial media. Jika Anda ingin mencicipi kopi ini tak ada salahnya jika Anda mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan dripper yang juga banyak tersedia di toko dan online shop ternama. Jadi tunggu apalagi, racik dan nikmati kopi Vietnam Drip buatanmu sendiri.

Tag