8 Kopi Terbaik di Indonesia untuk Penggemar Kopi Sejati

8 Kopi Terbaik di Indonesia untuk Penggemar Kopi Sejati

Sebagai penggemar kopi, sebelum menjajal kopi impor akan lebih baik jika Anda berkenalan dengan kopi buatan dalam negeri. Citarasa dan aromanya bahkan sudah terkenal hingga mancanegara loh, malu kan jika Anda sendiri tidak pernah mencicipi kopi-kopi terbaik yang ada di Indonesia?

Kopi Terbaik Berasal dari Biji Berkualitas dan Cara Membuat Tingkat Tinggi

Segelas kopi panas dengan keharuman yang menggoda, pasti tak akan kuasa untuk ditolak. Apalagi ketika Anda sudah mencicipinya, kenikmatan kopi kental dengan aroma yang khas membuat Anda akan ketagihan. Inilah salah satu kekuatan kopi yang rasanya tidak dimiliki oleh minuman lainnya.

Aroma dan rasa yang ada dalam sebuah minuman kopi tentu tidak akan datang begitu saja. Semuanya berawal dari biji kopi pilihan yang ditanam dengan penuh kesabaran dan ketelatenan. Saat dipanen dan dikeringkan, juga harus melalui proses yang cukup rumit dan memakan waktu.

Baru kemudian memasuki tahap akhir yaitu dengan memanggang, menyangrai, atau bahkan membakar biji kopi. Dibutuhkan teknik dan pengetahuan khusus untuk melakukan tahapan ini. Sehingga dihasilkan kopi terbaik yang Anda minum saat ini.

Sekadar info, kopi yang umum beredar saat ini berasal dari dua varietas, robusta dan arabika. Harga jual arabika cenderung lebih mahal karena kandungan kafein yang lebih rendah dan lebih mild dibanding robusta. Tapi semuanya kembali ke masalah selera, Anda suka yang mana?

Ciri Kopi Terbaik dan Berkualitas Tinggi

Menggunakan Bungkus Berbahan Alumunium

Sumber gambar www.pixeden.com

Setelah pengolahan yang harus dilakukan secara detail dan akurat, kopi terbaik juga harus memasukkan unsur pengemasan. Tanpa pengemasan yang memadai, proses pengolahan yang sudah maksimal akan menjadi sia-sia. Karena cita rasa kopi akan berubah seiring waktu.

Kemasan yang harus digunakan untuk menjaga cita rasa kopi terbaik terbuat dari bahan aluminium. Tentu saja bahan ini harus berkategori food grade yang aman untuk membungkus makanan.

Penggunaan bahan aluminium sebagai kantong kopi karena bahan ini punya permeability yang rendah. Kemasannya tetap punya lubang ventilasi, tidak 100% kedap udara. Lubang ini fungsinya untuk mengeluarkan gas yang berasal dari kopi, bukan sebagai lubang masuk udara. Karena jika kopi sudah terkena udara luar maka kualitasnya dipastikan akan turun.

Biji Kopi yang Baru Disangrai

Kopi terbaik juga harus punya kesegaran yang tinggi. Kopi yang baru disangrai terus diolah menjadi minuman akan terasa lebih segar dan nikmat. Berbeda dengan kopi yang sudah disangrai dan menjadi bubuk, tapi baru disajikan setelah lama disimpan. Rasanya pasti kurang nikmat.

Karena itu, kedai kopi yang paham cara penyimpanan kopi yang benar pasti akan menyimpan biji kopi, bukan bubuk kopi. Karena biji kopi yang disimpan di tempat yang tertutup akan punya daya tahan lebih lama dibanding bubuk kopi. Jadi, biji kopi baru dihancurkan ketika kedai baru buka, agar cita rasa kopi bisa lebih kuat dan nikmat.

Cara Menyeduh Kopi

Hal yang kerap disepelekan saat ingin mendapatkan cita rasa kopi terbaik adalah cara menyeduh kopi. Banyak yang meracik kopi, cukup dengan memasukkan bubuk kopi, gula atau susu, lalu disiram dengan air panas. Padahal, untuk mendapatkan cita rasa kopi terbaik, Anda harus tahu cara penyajian yang tepat.

Cara penyajian kopi terbaik

  • Masak air hingga mendidih, secukupnya saja.
  • Sambil menunggu air matang, Anda bisa memasukkan gula lalu ratakan di dasar gelas.
  • Lanjut dengan memasukkan bubuk kopi dan ratakan di atas gula.
  • Saat air sudah matang dan mendidih jangan langsung dituangkan, biarkan beberapa saat sampai suhu sedikit turun.
  • Menuangkan air panas pun ada caranya. Tuangkan secara perlahan secara memutar sambil menarik teko agak ke atas.
  • Setelah terisi penuh, biarkan antara 1-2 menit.
  • Aduk kopi dan gula hingga bercampur dan kopi terbaik siap dihidangkan.

Daftar 8 Kopi Terbaik di Indonesia

Kopi Lanang

Kopi ini biasa disebut dengan peaberry coffee. Merupakan hasil dari pemilahan atau penyortiran biji kopi yang bentuknya tidak sesuai standar. Karena proses pemilihan yang rumit, jumlah kopi lanang tidak akan banyak. Dalam satu kilo kopi, maksimal hanya bisa didapat satu ons kopi lanang. Tak heran jika harganya cukup tinggi.

Namun, faktor lain yang membuat nilai jualnya tinggi adalah khasiat yang terkandung di dalamnya. Masyarakat meyakini jika kopi lanang bisa menambah vitalitas kaum pria. Apalagi cita rasa dan aromanya bisa tiga kali lebih kuat dari kopi biasa.

Tertarik dengan khasiat yang ditawarkan? Anda bisa membeli kopi lanang ini di Tokopedia. Harganya Rp 45.000 untuk ukuran 250 gram.

Kopi Arang

Sumber gambar style.tribunnews.com

Kopi Joss merupakan minuman kopi yang banyak dijajakan di berbagai warung angkringan Yogyakarta. Terutama yang berada di sebelah utara Stasiun Tugu, Yogyakarta. Ini sebenarnya minuman kopi biasa. Menjadi tidak biasa karena minuman kopi ini dicampur dengan arang panas.

Arang dipercaya berkhasiat mengurangi asam lambung. Selain itu, kopi Joss juga diyakini bisa mengobati masuk angin dan badan yang pegal.

Sebutan kopi Joss ini sendiri berasal dari suara yang muncul saat arang panas dimasukkan ke dalam minuman kopi. Anda bisa memilih kopi hitam atau kopi susu untuk minuman kopi Joss ini. Harga yang ditawarkan sangat murah, hanya sekitar Rp 5.000 saja.

Anda pun bisa membuat kopi Joss sendiri di rumah. Siapkan bahan-bahannya seperti kopi bubuk, arang, air panas, gula pasir. Boleh ditambah susu sesuai selera. Bakar arang dalam tempat pembakaran. Selanjutnya, seduh kopi dan gula dengan air panas. Masukkan arang panas ke dalam gelas berisi kopi. Kopi Joss sudah siap dinikmati.

Kopi Luwak

Sumber gambar www.agrotani.com

Inilah salah satu kopi produksi Indonesia yang sudah mendunia. Cita rasanya diakui sebagai salah satu kopi terbaik di dunia. Kopi luwak dikenal dengan tingkat keasaman yang rendah, jadi cocok bagi pencinta kopi yang bermasalah dengan lambungnya.

Kopi yang merupakan hasil fermentasi di dalam perut luwak ini harganya terbilang mahal. Bisa mencapai jutaan rupiah untuk satu kilogram kopi luwak. Namun, karena cita rasanya yang spesial, tetap diburu oleh para pencinta kopi. Anda pun bisa membelinya melalui Lazada, yang dijual seharga Rp 250.000.

Untuk mendapatkan kenikmatan yang maksimal dari kopi luwak ini, Anda harus menggunakan air mendidih. Diamkan air yang sudah mendidik sekitar 1-2 menit. Kemudian baru tuangkan ke dalam gelas yang sudah diisi bubuk kopi luwak. Aduk hingga merata kemudian tutup dan biarkan sekitar 3 menit. Barulah Anda bisa menikmati kopi luwak yang istimewa ini.

Kopi Toraja

Sumber gambar www.torajaparadise.com

Dari wilayah timur Indonesia, ada kopi Toraja yang juga sudah dikenal di dunia internasional. Cita rasanya yang khas dengan aroma herbal kuat menjadi ciri dari kopi Toraja. Dengan long after taste yang membuat para pencinta kopi selalu ingin menikmati kopi ini.

Aroma rempah juga menjadi ciri lain dari kopi Toraja. Seperti aroma kayu manis dan kapulaga. Terkadang ada sedikit rasa manis setelah meminumnya.

Anda bisa mencoba kenikmatan kopi khas Toraja ini dengan membeli Kopi Arabica Toraja Kalosi di Tokopedia. Kopi ini dijual seharga Rp 60.000 untuk ukuran 250 gram.

Kopi Gayo

Sumber gambar rasakopi.com

Dataran tinggi Gayo di Aceh juga dikenal sebagai tempat tumbuhnya biji kopi terbaik. Aromanya juga sangat khas, di mana ada rasa buah-buahan dan terasa lembut di mulut. Kopi yang banyak ditanam di wilayah ini merupakan kopi jenis arabica.

Salah satunya yang bisa Anda beli adalah Kopi Gayo Arabica Blend. Kopi ini dijual Rp 150.000 per 500 gram. Bisa dibeli melalui Lazada.

Untuk membuat minuman kopi Gayo yang nikmat, pastikan air panas yang digunakan berada di kisaran suhu 90-95 derajat celsius. Sebelum diseduh, aduk kopi dan gula di dalam gelas. Perbandingannya adalah 1 sendok kopi untuk 1,5-2 sendok gula. Berlaku kelipatannya.

Seduh campuran kopi dan gula tersebut dengan air panas dan kopi Gayo pun siap dinikmati.

Kopi Arabica

Sumber gambar www.vanjavacoffee.com

Kopi arabica, dari wilayah manapun di Indonesia, bisa memberikan cita rasa yang berbeda. Namun tetap memiliki ciri khas khusus yang dimiliki kopi arabica. Seperti teksturnya yang lembut, manis, dan sedikit tajam. Ada sedikit aroma buah-buahan ketika Anda mencium keharuman kopi arabica ini.

Kopi arabica berasal dari Brasil dan Etiopia. Kedua negara tersebut menguasai pasar kopi arabica dunia hingga 70 persen. Anda bisa mencicipi aroma khas kopi arabica ini dengan membelinya melalui Tokopedia. Harga yang ditawarkan berkisar mulai Rp 32.000 untuk ukuran 275 gram.

Cara menyiapkan kopi arabica terbaik

  • Haluskan biji kopi arabica dengan tingkat kehalusan 15 dan skala course 0-20 WPM.
  • Masukkan 10 gram kopi yang sudah dihaluskan ke dalam cangkir.
  • Masak air hingga mendidih, lalu diamkan sekitar 1,5 menit agar suhunya berada di kisaran 90 derajat celsius.
  • Tuangkan 200 cc air panas ke dalam cangkir, lalu tutup dan diamkan selama 4 menit.
  • Aduk perlahan dan ampas kopi yang mengapung diambil dan dipisahkan. Kopi pun bisa dinikmati.

Kopi Flores

Sumber gambar infomoneter.com

Kopi yang ditanam di wilayah Flores adalah dari jenis arabica dan robusta. Mulai dibudidayakan pada 1977, kini kopi Flores sudah mendunia. Total kuota ekspor kopi Flores pada 2005 saja sudah mencapai 1.200 ton.

Tumbuh dan berkembang di wilayah Ngada di ketinggian 1.700 meter dpl. Terutama yang ditanam di kecamatan Golewa dan Bajawa. Keunggulan kopi Flores adalah cara penanaman dan perawatannya yang organik. Sehingga memiliki cita rasa yang khas dan keharuman yang berbeda dari kopi di daerah lain di Indonesia.

Untuk mencicipi kenikmatan kopi Flores ini, Anda bisa coba membeli Kopi Arabika Flores di Info Kopi. Harganya berkisar antara Rp 75.000 hingga Rp 150.000 dengan ukuran mulai dari 250 gram sampai 1.000 gram.

Kopi Malabar

Wilayah Malabar di Jawa Barat juga dikenal sebagai salah satu tempat yang melahirkan kopi terbaik. Wilayah yang berada di selatan Kota Bandung ini berada di ketinggian 1.400 sampai 1.800 meter dpl. Suhunya sangat sejuk, antara 15-21 derajat celsius. Cocok sebagai wilayah penanaman kopi terbaik.

Kopi yang ditanam di wilayah ini umumnya dari jenis arabica. Dikenal dengan kekentalan dan tingkat keasaman yang sedang. Ada rasa pahit cokelat dengan rempah di bagian akhir. Kadang, ada rasa buah nangka di dalam kopi Malabar ini.

Kopi Arabica Malabar ini bisa Anda beli di toko kopo di jalan Gardujati, Bandung. Harga 1 kg kopi Malabar di tawarkan Rp 170.000 di tempat ini.

From our editorial team

Kopi terbaik di Indonesia, tidak hanya bercita rasa tinggi

Jenis-jenis kopi terbaik yang telah ditulis di artikel ini tidak hanya memiliki citarasa dan aroma yang memikat, namun ada cerita sejarah di baliknya yang menyenangkan untuk diulik. Selain itu tiap daerah juga menghasilkan biji kopi dengan rasa unik yang menjadi ciri khasnya sendiri. Cobalah cicipi beberapa teguk dari kopi yang tertulis di atas dan buktikanlah mana yang paling membuat Anda terpikat.

Tag