Kopi Brazil, Kopi dari Negara Penghasil Kopi Nomor 1 di Dunia

Kopi Brazil, Kopi dari Negara Penghasil Kopi Nomor 1 di Dunia

Kopi Brazil dikenal dengan aroma dan cita rasanya yang unik. Pun sampai saat ini Brazil ialah negara penghasil kopi nomor 1 di dunia. Sebenarnya apa sih yang istimewa dan unik dari kopi brazil, dan dimana kita bisa mencicipinya? Semuanya sudah terangkum di artikel ini.

Brazil sumber kopi terbesar di dunia

Brazil merupakan negara penghasil kopi terbesar di dunia. Hasil panen kopi yang melimpah membuat Brazil mampu mendominasi pasar ekspor sejak tahun 1830 bahkan hingga saat ini pangsa pasarnya mencapai 30% dari total perdagangan kopi global.

Wilayah pertanian kopi di Brazil yang paling besar terdapat di Sao Paulo dan Parana. Terutama di Sao Paulo, daerah ini menjadi kaya dan besar akibat dari berhasilnya industrialisasi yang dilakukan dengan keuntungan dari produksi kopi disana. Ketinggian wilayah pertanian kopi di Brazil mulai dari 550 m hingga 1.350 m sangat cocok untuk menanam kopi. Sebagian besar kopi yang diproduksi di Brazil adalah kopi arabika dengan masa panen yang cukup panjang yaitu mulai dari Mei sampai September.

Sejarah kopi Brazil

Sebelum mendunia, kopi hanya bisa dinikmati oleh kalangan elit saja. Hingga pada tahun 1727 pemerintah Brazil berkeinginan untuk menurunkan harga kopi dan mengutus Letnan Kolonel Francisco de Melo Palheta menyelinap ke Perancis untuk mendapatkan bibit kopi. Tapi usaha itu gagal karena ketatnya penjagaan di perkebunan kopi Perancis. Sehingga Palheta mencari cara lain yaitu dengan mendekati istri gubernur. Dengan cara itu, dia berhasil mendapatkan banyak biji kopi yang dihadiahkan untuknya setelah jamuan makan malam bersama istri gubernur. Nah, dari biji kopi itulah Brazil mulai membudidayakan kopi dan berhasil membuat kopi yang terjangkau oleh banyak orang.

Pada abad ke-19, Brazil dikenal sebagai negara penghasil kopi sedangkan Amerika Serikat sebagai negara yang mengkonsumsi kopi. Brazil memiliki lahan subur dan banyak impor budak Afrika sehingga mampu menurunkan harga kopi dunia karena biaya produksi yang dikeluarkan dapat ditekan. Ekonomi Brazil yang sebelumnya digantungkan pada produksi gula di daerah Timur Laut akhirnya bergeser pada produksi kopi di daerah Selatan, masih dengan tenaga budak.


Brazil hampir menjadi pelaku monopoli pasar kopi internasional selama dekade terakhir abad ke-19 dan dekade awal abad ke-20. Pada pertengahan abad ke-19 petani kopi Brazil mulai menyadari bahwa perbudakan tidak sesuai dengan naluri kemanusiaan dan juga beberapa alasan ekonomi sehingga mereka menekan pemerintah untuk mengizinkan imigrasi untuk menjadi tenaga perkebunan kopi. Banyak imigran yang berdatangan, terutama orang Italia, Jerman, Spanyol, Jepang, Arab, dan lain-lain.

Mengenal Fazenda, perkebunan kopi Brazil.

Fazenda merupakan perkebunan kopi yang masih menggunakan cara tradisional dalam menanam dan mengolah kopinya. Terletak di bagian timur laut negara Brazil, Fazenda yang pada tahun 1850 menghasilkan separuh dari kopi ekspor Brazil konsisten memproduksi kopi secara organik. Kopi yang dihasilkannya memiliki rasa dan aroma berry serta manis khas karamel lembut hingga tetes terakhir karena sesekali disiram dengan susu. Sehingga tidak kaget harga kopinya dibanderol sekitar Rp 650.000/500gram dengan varietas Arabica Yellow Bourbon.

Dikenal dengan perkebunan Fazenda Santa Inês, kopi di perkebunan ini ditanam di wilayah berketinggian sekitar 1.150 meter diatas permukaan laut di pegunungan Chapada Diamantina di Bahia, bagian utara Brazil. Perkebunan ini sudah berdiri sejak tahun 1984 dan memiliki fasilitas processing kopinya sendiri. Hasil kopinya ideal dan besarnya seimbang dengan kacang hazelnut dengan rasa menyerupai susu cokelat. Proses produksinya dilakukan secara manual dengan tangan sehingga hanya biji kopi terbaiklah yang dipanen dan diolah. Penjemuran biji kopi langsung mengandalkan sinar matahari lalu dikeringkan dengan pengering guardiola untuk selanjutnya dikemas.




Karakteristik kopi Brazil

Kopi asal Brazil mempunyai banyak varietas yang rasa dan aromanya berbeda. Kopi yang paling mendominasi adalah kopi Arabika dengan beberapa varieta, diantara yang terkenal yaitu Guatemala Huehuetenango, Ethiopian Harrar, Colombian Milds, Hawaiian Kona, Jamaican Blue Mountain Coffee, Kopi Jawa, Santos dan Sulawesi Toraja Kalosi.

Karakteristik kopi Brazil yang ringan, lembut dan beraroma khas menjadikannya favorit bagi banyak pecinta kopi di dunia. Salah satunya yaitu jenis kopi Caturra yang pohonnya tidak terlalu besar tapi beraroma khas. Pertama kali ditemukan di Nikaragua, Kolombia dan Kosta Rika, kopi jenis ini dikembangkan di Brazil dan dibedakan menjadi bright acidity dan low-to-medium body.

Berkadar asam rendah

Ciri khas kopi Arabika adalah rasa asam yang tidak dapat ditemukan pada kopi Robusta. Rasa kopi Arabika dari Brazil memiliki tingkat asam yang rendah, rasa kopinya manis, medium-bodied dan terasa clear bagi penikmatnya. Rasa asam pada kopi Arabika dikarenakan kandungan kafein yang cenderung sedikit. Apalagi di Brazil juga tela dikembangkan teknologi untuk menghilangkan kafein yang ada pada kopi Arabika.



Lembut di mulut

Brazil sebagai penghasil kopi terbesar di dunia telah berhasil memproduksi kopi yang terasa lembut saat diminum. Rasanya yang sedikit manis dan beraroma ringan menjadikan kopi Brazil banyak dijadikan pilihan untuk dinikmati setiap waktu.

Salah satu jenis kopi yang terkenal karena lembutnya adalah kopi Brazil Santos. Dengan kekentalan sedang dan kadar asam yang cukup lembut, kopi ini terkenal nyaman di mulut karena meninggalkan kesan lembut lengkap dengan rasa asam khas kopi Arabika.



Nutty

Kopi Brazil diperkaya dengan rasa kacang-kacangan yang diperoleh dari alam di sebagian wilayah Amerika Latin. Kualitas kopi di wilayah tersebut memang memiliki kemiripan dalam hal rasa bercampur kacang, jeruk, spicy dan coklat. Oleh karena itu, kopi Brazil dirasa cocok dipadukan untuk menciptakan Espresso yang berkualitas.

Itulah salah satu alasan kopi Brazil berhasil menjadi populer di seluruh penjuru dunia dengan khas nutty yang dimilikinya.

Memiliki rasa coklat

Cita rasa cokelat yang menambah kaya rasa kopi Brazil diperoleh dari alamnya, yaitu di Pegunungan Chapada Diamantinad Bahia, utara Brazil. Jenis kopi Brazil yang khas dengan aroma kacang, sedikit pedas dan aroma jeruk, menjadi semakin khas dengan aroma coklat yang manis.

Keunikan kopi Brazil semakin kuat dengan aroma coklat dan karamel yang menyatu di mulut penikmatnya secara bersama-sama, memberikan kesan manis yang menyentuh dan menghangatkan.

Rekomendasi kopi Brazil pilihan untuk Anda

Kualitas kopi Brazil sangat baik dan dikenal di berbagai negara. Seperti di Indonesia, kopi Arabika juga sudah banyak dikenal dan dibudidayakan oleh petani Indonesia. Dengan nama yang sama, kopi Arabika yang dihasilkan si setiap daerah akan ada perbedaan rasanya tergantung pada iklim, alam dan juga faktor lainnya.

Kopi Arabika banyak ditanam di berbagai negara sehingga muncul varietas baru yang dihasilkan dari persilangan antar-spesies dan mutasi gen. Dari sekian banyak varietas yang ada, berikut ini varietas kopi Arabika yang paling terkenal dan layak kamu coba!

Brazil Fazenda El Progresso 200 g Kopi Arabica

Sumber gambar ottencoffee.co.id

Untuk kamu pecinta kopi yang mengidamkan rasa manis dan creamy dengan tingkat keasaman yang ringan, kamu bisa pilih Brazil Fazenda El Progresso. Kopi Arabika yang ditanam pada ketinggian 1160 meter ini berkarakteristik ideal dan memiliki rasa coklat khas kopi Brazil ini mampu membuat kamu menikmati eksotisnya kopi di setiap tegukannya.

Dikemas dalam 200 gram per-pack, Brazil Fazenda El Progresso diproses secara alami dan beraroma seimbang antara kacang, susu coklat, karamel dan jeruk. Kamu bisa memiliki kopi Arabika varietas Catucai Castillo Topazio ini melalui ottencoffe.co.id dengan harga Rp 105.000 per-pack.

Berikut ini bahan rekomendasi untuk produk ini:

  • Super fine: Turkish coffee
  • Fine: Espresso
  • Medium fine: Mokapot
  • Medium: Pour over (V60, Chemex, Kalita) syphon, Aeropress, Vietnam Drip
  • Medium coarse: French press
  • Coarse: Cold drip, cold brew

Green Bean Kopi Arabica Brazil Fazenda El Progresso

Sumber gambar ottencoffee.co.id

Pilihan selanjutnya yaitu Green Bean Kopi Arabica Brazil Fazenda El Progresso. Dengan karakteristik khas kopi Brazil, dipanen dari perkebunan di ketinggian 1.160 meter diatas permukaan laut dan diproses serta diolah secara alami, kopi ini akan sangat cocok buat kamu coba!

Kopi yang termasuk dalam varietas Catucai Castillo Topazio ini dikemas dalam pack 1 kilogram dan dijual dengan harga Rp 205.000. Penasaran dengan rasa creamy dan aroma khasnya? Cek di ottencoffee.co.id dan pilih Green Bean Kopi Arabica Brazil Fazenda El Progresso!

Jarrah Coffee Sensations Brazil Delight Flavoured Coffee Mix

Sumber gambar shop.countdown.co.nz

Sensasi kopi berkualitas bisa kamu rasakan dengan merasakan kenikmatan Jarrah Coffee Sensations Brazil Delight Flavoured Coffee Mix. Kopi yang menjadi produk unggulan dari Cool Group, sebuah perusahaan Australia yang didirikan sejak 2006.

Kamu bisa menyajikannya dalam keadaan panas maupun dingin, sesuai selera! Kopi ini dijual seharga Rp.115.000 dan dapat kamu temukan di Tokopedia.

Dalam satu produknya kamu mendapatkan:

  • 2 x Jarrah Brazil Style Instant Coffee 250 g
  • 1 x Jarrah Swiss Style Instant Coffee 250 g
  • 1 x Jarrah Vienna Style Cinnamon Instant Coffee 250 g
  • 1 x Jarrah Latte Style White Chocolate Mocha Instant Coffee 250 g
  • 1 x Jarrah Coffee Salted Caramel 250 g

Kopi Brazil Cerrado

Sumber gambar kiterakopi.com

Kopi Brazil Cerrado ini memiliki aroma manis dan pahitnya coklat yang khas. Rasa almond dan karamelnya terasa kuat, melengkapi nikmatnya kopi Arabika.

Kopi Cerrado dikemas dengan zipline dan valve membuat kualitasnya semakin terjaga. Kopi ini dijual dalam bentuk biji (wholebean), bubuk halus (espresso, turkish, moka pot) dan juga bubuk kasar (V Drip, Vietnam drip, aeropress, french press). Cukup dengan Rp 75.000 kamu bisa merasakan kenikmatan kualitasnya! Langsung cek Tokopedia ya!




Jarrah Brazil Style Instant Coffee

Sumber gambar www.wafresh.com.au

Kopi buatan Australia ini bisa kamu sajikan panas ataupun dingin. Kalau mau disajikan panas, kamu cukup menyiapkan dua sendok kopi dan air panas 170 ml. Sedangkan kalau kamu mau menyajikan dingin, siapkan dua sendok kopi dengan 1 sendok makan air panas kemudian campur dengan 150 ml susu dingin dan es. Kalau kamu suka, kamu bisa menambahkan gula dan susu agar rasa creamy lebih terasa.

Jarrah Brazil Style Instant Coffee dikemas dengan netto 250 gram per-pack dan dijual dengan harga Rp 82.500 di Tokopedia. Untuk setiap pack, kamu bisa menyajikannya hingga menjadi 20 cangkir kopi.




Terra Firma Coffee

Sumber gambar socialmediafeed.me

Kalau kamu penasaran dengan campuran tiga biji kopi dari Brazil, Uganda dan Kolombia, kamu bisa pilih Terra Firma Coffe ini!

Rasa coklat dan floral akan terasa di hidung saat kamu menikmatinya di cangkirmu. Ada rasa asam zesty orange dan juga manis khas kopi Brazil yang tidak bisa kamu tolak keharumannya. Di akhir tegukan, kamu akan merasakan manis dan pahitnya coklat khas kopi Arabika.

Kamu bisa memiliki Terra Firma Coffee dengan harga Rp. 94.000 di Tokopedia.

Kapal Api Easy Drip - Brazil Blend

Sumber gambar s2.bukalapak.com

Merek kopi yang sudah dikenal lama di Indonesia ini pasti juga nggak asing buat kamu. Kapal Api telah berevolusi akan tetapi tetap setia dengan akar budayanya.

Dengan takaran pas antara kopi Kapal Api dan kopi Arabika asal Brazil, produk Kapal Api Easy Drip Brazil Blend ini dikemas dalam easy drip sehingga lebih mudah disajikan. Cara penyajiannya yaitu:

  • Keluarkan coffee bag dari sachet dan perlahan tarik kedua pegangannya.
  • Sobek bagian atas coffee bag sesuai tanda, tarik sedikit sampai bag terbuka.
  • .Sangkutkan kedua pegangan ke ujung cangkir dengan posisi coffee bag di dalam campur.
  • Tuang 150-200 ml ( atau sesuai selera ) air panas secara perlahan.Coffee - Kopi Saring Praktis - Kapal Api Easy Drip - Brazil Blend - Baru Tanpa Ampas dijual dengan harga Rp 59.000 di Bukalapak

Kopi ini dikemas dalam dus eksklusif berisi 5 sachet x 10 gram. Kamu bisa memperolehnya di Bukalapak dengan harga Rp 59.000.

Kopi Sitio Ribeirao Brazil Single Origin

Sumber gambar www.blibli.com

Rasakan sensasi bright, nutty, karamel dan coklat yang lembut di mulut dengan menikmati secangkir kopi Sitio Ribeirao Brazil Single. Kopi varietas Red Catuai ini diproduksi secara alami dengan karakteristik tobacco creamy dan red apple accidity.

Kamu bisa memilih mau membelinya dalam bentuk finishing biji (bean), kasar (coarse), medium atau halus (fine). Kopi Sitio Ribeirao ini dipanen dari perkebunan berketinggian 1000 mdpl dan di-roasting dengan tipe medium.

Proses sangrai dilakukan beberapa tahap. Mulai dari pemilihan biji, proses sangrai yang dikontrol oleh komputer. Selanjutnya, pengecekan tingkat kematangan dengan menggunakan agtron gourment. Proses cupping menggunakan metode grind size dari Kruve Sifter agar memaksimalkan rasa kopi yang kami sangrai. Untuk finishing berupa coarse digunakan proses French Press - Cold Brew. Sedangkan untuk finshing medium dilakukan Pour Over - Aero Press - Drip Brewer - Syphon

Kopi Sitio Ribeirao Brazil Single Origin Bubuk kemasan 100 Gram dijual seharga Rp. 101.000 di Bukapalak. Sedangkan di kaskus.co.id, dijual seharga Rp. 85.000.

From our editorial team

Kopi Brazil, tidak hanya terkenal karena produsen kopi dunia

Sejauh ini kopi Brazil sudah membuktikan kenapa dia begitu digandrungi penggemar kopi dari sepenjuru dunia. Tidak cuma karena reputasinya sebagai penghasil kopi terbesar, namun biji kopinya pun memiliki karakteristik yang unik dan mudah disukai. Dan pastinya wangi harum kopi Brazil akan terasa menyegarkan untuk membuat hari-harimu lebih bersemangat.

Tag