7 Tips Bersihkan Makeup Secara Maksimal Beserta Produk-Produknya agar Wajah Sehat dan Glowing (2021)

7 Tips Bersihkan Makeup Secara Maksimal Beserta Produk-Produknya agar Wajah Sehat dan Glowing (2021)

Setiap wanita tentu ingin memiliki wajah bersih bebas masalah seperti jerawat dan komedo. Salah satu kunci untuk mendapatkan wajah bersih adalah rutin membersihkan wajah dari makeup. Pembersihannya juga harus benar dan urutannya juga harus tepat supaya hasilnya lebih maksimal. Nah, cek tips dari BP-Guide, ya!

Makeup Tak Sekadar untuk Mempercantik Wajah

Semenjak remaja, banyak wanita yang sudah mulai mengenal makeup dan berani memakainya meski hanya tipis-tipis. Bahkan akan ada yang kurang rasanya jika belum memakai makeup dengan sempurna. Pemakaian makeup adalah untuk mempercantik wajah dan juga menutup kekurangan yang ada pada wajah. Dengan memakai makeup, wanita jadi lebih percaya diri bertemu banyak orang dan melakukan beragam aktivitas.

Ternyata, makeup juga tak sekadar menutup kekurangan di wajah saja, loh. Makeup juga bisa membantu mengelola kecemasan dan depresi. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa makeup bisa mengatasi emosi negatif tersebut. Mulai dari memilih produk hingga memilih warna yang digunakan. Hal tersebut bisa membuat wanita jadi lebih teralihkan dari kecemasan dan membuat hati jadi terasa lebih tenang.

Makeup juga bisa membuat wanita mengasah kreativitasnya. Ketika berdandan, wanita akan mencari cara agar tampilannya jadi lebih sempurna dan enak dilihat. Wanita jadi lebih kreatif dalam tata rias wajah, mulai dari menutup bekas jerawat, membuat mata terlihat lebih besar, membuat pipi lebih tirus, dan lain sebagainya.

Memakai makeup juga bisa meningkatkan mood pemakaianya. Saat makeup sudah sempurna, mood jadi membaik. Diri terlihat lebih cantik sehingga membuat perasaan lebih semangat untuk melakukan beragam aktivitas.

Lebih dari semua itu, makeup merupakan bentuk ekspresi diri. Dengan memakai makeup, kita memberikan kebebasan pada diri untuk menunjukkan pribadi seperti apa yang ingin kita tunjukkan pada orang. Ini bisa meningkatkan harga diri dan pola pikir positif.

Usai Memakai Makeup Seharian, Wajib Dibersihkan, Ya!

Setelah seharian beraktivitas, tentu saja, kita jadi merasa kelelahan. Saat sudah terlalu lelah, kita jadi malas melakukan apa pun, termasuk untuk membersihkan makeup. Banyak dari kita yang kadang asal saja membersihkan makeup hanya untuk segera tidur. Padahal, membersihkan makeup tidak boleh asal saja dan harus sesempurna mungkin.

Membersihkan wajah dari makeup sebelum tidur adalah wajib hukumnya. Ini jika kamu tidak ingin mengalami aneka masalah wajah. Semakin malas kamu membersihkan wajah, semakin banyak masalah pada kulit wajah yang akan kamu hadapi.

Malas membersihkan makeup akan membuat kulit kamu jadi kering. Makeup akan menutup pori-pori kulit sehingga mengurangi perkembangan sebum. Proses perbaikan kulit juga melambat dan akhirnya membuat kulit kering dan tampak lelah.

Makeup mengandung bahan kimia yang tentu saja tidak boleh terlalu lama ada di wajahmu. Apalagi jika kamu memiliki kulit tipe sensitif. Malas membersihkan makeup bisa membuat wajahmu berpotensi iritasi atau muncul bercak merah karena alergi. Jerawat merupakan salah satu akibat yang kamu dapatkan jika kamu malas membersihkan makeup. Pori-pori kulit tertutup dan bercampur dengan zat kimia dari makeup sehingga memunculkan jerawat di wajah.

Peremajaan kulit juga jadi terganggu jika kamu malas membersihkan makeup. Proses regenerasi kulit jadi sulit terjadi karena pori-pori tertutup minyak, debu, dan sisa makeup. Sel kulit mati jadi menumpuk dan akhirnya bikin wajah tampak kusam.

Nah, ngeri banget kan dampak dari malas membersihkan makeup! Maka dari itu, mulai dari sekarang, yuk bersihkan makeup dengan cara yang benar, ya!

Tips Membersihkan Makeup dengan Sempurna

Awali dengan Membersihkan Area Mata

Awali membersihkan makeup dari area mata. Bersihkan riasan mulai dari eyeliner, eyeshadow, maskara, hingga lem bulu mata jika kamu memakai bulu mata palsu. Gunakan hanya eye makeup remover dan bukan makeup remover biasa. Ini karena eye makeup remover dibuat khusus untuk memudahkan kita membersihkan area mata. Formulanya juga lebih lembut daripada makeup remover pada umumnya karena kulit sekitar area mata lebih sensitif.

Makeup area mata, utamanya maskara dan eyeliner kadang sulit dibersihkan. Jangan menggosok area mata karena bisa membuat iritasi dan juga bisa melukai kulit area mata. Ada baiknya kamu tuang saja eye makeup remover pada kapas lalu diamkan beberapa detik pada area mata. Selanjutnya, usap perlahan hingga tak bersisa.

Wardah EyeXpert Eye and Lip Make Up Remover

Wardah EyeXpert Eye and Lip Make Up Remover bisa jadi andalan kamu untuk membersihkan area mata. Formula one wipe cleansing powder di dalamnya membuat kamu jadi lebih mudah mengangkat semua riasan mata, bahkan untuk yang waterproof sekalipun. Pembersih ini juga tidak akan meninggalkan residu dan rasa berminyak di wajah. Kulit tidak akan terasa kering usai pemakaian karena produk ini tidak mengandung alkohol. Kamu juga bisa memakainya untuk membersihkan makeup di area bibir, loh!

Harga Rp. 20.800-35.500

Bersihkan Area Bibir

Langkah berikutnya dalam membersihkan makeup adalah membersihkan area bibir. Kamu bisa utamakan pembersih bibir yang berbahan minyak. Hal ini ditujukan supaya lipstik yang kamu pakai, utamanya yang waterproof, bisa lebih mudah dihilangkan tanpa menyisakan noda.

Cara membersihkannya, cukup tuang pembersih bibir ke kapas, lalu tempel pada bibir beberapa detik. Usap dan beri sedikit tekanan saat akan mengangkat kapas. Dengan begini, lipstik bisa lebih mudah terhapus.

Kamu juga boleh memakai scrub bibir jika kamu merasa bibir kamu sudah mulai menghitam. Pemakaian scrub bibir akan membantu mengangkat sel kulit mati dan juga membuat bibir jadi lebih cerah.

Innisfree Smooth Lip Scrub

Innisfree Smooth Lip Scrub mampu membantu mengangkat sel kulit mati pada bibir. Produk ini akan mengeksfoliasi bibir kamu dengan kandungan butiran scrub-nya. Di dalamnya juga ada pelembap yang kaya akan minyak alami seperti, sunflower seed oil, castor seed oil, shea butter, dan camelia oil. Pelembap dan minyak alami tersebut bisa melembutkan bibir juga sehingga terasa lebih nyaman.

Harga Rp. 70.000-113.000

Gunakan Cleansing Oil dan Pijat Perlahan

Berikutnya, jika kamu memakai makeup tebal, maka kamu butuh pembersih yang kuat juga. Gunakan cleansing oil untuk membersihkan seluruh wajah kamu. Cleansing oil adalah produk berbasis minyak yang mampu meluruhkan makeup tebal mulai dari foundation, produk alis yang pigmented, blush on, hingga lipstik matte yang tebal.

Jika tidak memiliki produk cleansing oil, kamu bisa pakai minyak alami seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. Minyak zaitun ampuh untuk menghapus makeup yang waterproof dan memudahkan melepas bulu mata palsu. Minyak kelapa bisa membersihkan kulit dari makeup dan juga melembapkan kulit dengan baik.

NIVEA Soothing and Hydrating Cleansing Oil With Grapeseed Oil

NIVEA Soothing and Hydrating Cleansing Oil With Grapeseed Oil cocok jadi pilihan kamu. Produk ini hadir dengan formula oil to milk sehingga bisa membuat proses pembersihan wajah terasa lebih menyenangkan. Komponen minyak akan berubah seolah seperti susu usai diberi sedikit air. Proses membersihkan wajah jadi lebih cepat karena produk ini juga mudah dibaurkan.

Kamu tidak butuh kapas untuk membersihkan sisa residu. Cukup bilas dengan air bersih dan kamu bisa dapatkan kulit bersih, lembut, dan sehat. Produk ini cocok untuk kulit sensitif. Dikemas dalam botol pump yang mudah dikeluarkan isinya.

Harga Rp. 77.000-106.000

Aplikasikan Micellar Water

Jangan lupa mengaplikasikan micellar water untuk membersihkan wajah. Ini akan menyempurnakan proses pembersihan. Micellar water sendiri merupakan produk kombinasi air murni dengan aneka bahan yang bisa menghidrasi kulit seperti misel dan gliserin. Dengan memakai micellar water, maka sisa makeup, minyak, dan kotoran bisa terangkat dengan sempurna.

Nivea Micellair Xpert

Nivea Micellair Xpert mampu mengangkat kotoran dan sisa makeup tanpa meninggalkan residu di wajah. Ini cocok untuk kamu yang kerap memakai makeup tebal. Produk ini bisa mengangkat makeup dan kotoran hingga ke dalam pori-pori sehingga tidak berisiko berjerawat atau berkomedo. Di dalamnya ada kandungan seperti black tea extract, castor oil, blackcurrant extract, blackberriy extract, dan gliserin.

Harga Rp. 23.000-30.900

Cuci Wajah dengan Sabun Muka

Cuci wajahmu dengan sabun muka. Gunakan sabun pencuci muka yang sesuai dengan jenis kulitmu. Sebelum mencuci muka, basuh wajah dengan air hangat atau air suam-suam kuku. Ini supaya pori-pori terbuka dan kotoran bisa terangkat dengan sempurna. Selanjutnya, tuang sabun cuci muka yang biasa kamu gunakan. Kamu bisa pilih yang berbentuk foam, whip, cream, hingga gel. Pijat wajah sejenak lalu bilas dengan air bersih. Usahakan memakai air dingin untuk membilas wajah. Pemakaian air dingin berguna untuk membuat pori-pori wajah kembali tertutup.

Pond's Anti Bacterial Facial Foam

Pond's Anti Bacterial Facial Foam ini bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini bisa melawan 99% kuman di wajah. Wajah jadi bersih dan kuman di wajah jadi hilang. Sisa makeup dan kotoran di wajah juga bisa terangkat sempurna. Facial foam ini mudah dibaurkan di wajah. Formulanya cocok untuk semua jenis kulit. Dapatkan kulit lebih cerah dan glowing dengan pemakaian teratur.

Harga Rp. 17.000-29.000

Gunakan Alat Pembersih Wajah Elektrik

Untuk membersihkan wajah, kamu bisa gunakan alat pembersih wajah elektrik. Alat yang satu ini akan membantu kamu untuk mengangkat sisa makeup, kotoran, minyak, dan debu pada wajah. Kamu tidak perlu memakainya setiap hari. Gunakan seminggu sekali atau dua kali saja. Hal ini supaya kulit wajah tidak iritasi karena terlalu banyak digosok dan ditekan dengan alat ini.

Marvilo Pembersih Wajah Elektrik Waterproof Bentuk Bulat

Marvilo Pembersih Wajah Elektrik Waterproof Bentuk Bulat bisa jadi andalan kamu. Pembersih wajah modern ini akan membantu kamu membersihkan wajah dengan lebih mendalam. Hasilnya, sel kulit mati terangkat sempurna dan pori-pori jadi lebih bersih. Desainnya unik dan waterproof sehingga aman digunakan di kamar mandi. Ukurannya kecil jadi bisa kamu bawa kemana saja.

Harga Rp. 38.699-58.000

Keringkan Wajah, Lalu Aplikasikan Toner

Keringkan wajah kamu lalu aplikasikan toner usai membersihkan wajah. Pengaplikasian toner tidak hanya mampu mengangkat sel kulit mati. Ini juga bisa menyeimbangkan pH kulit dan melembapkan kulit. Hal ini juga untuk memastikan tidak ada lagi sisa kotoran dan makeup yang tertinggal pada wajah. Pilih toner yang sesuai dengan kulit kamu. Untuk pengaplikasiannya, cukup tuang toner pada kapas, lalu usap kapas pada wajah secara merata.

Emina Witch Power Face Toner

Emina Witch Power Face Toner merupakan rekomendasi kami. Produk yang satu ini bisa meringkas pori-pori hingga wajah tampak kembali mulus. Produk ini hadir dengan witch hazel yang mampu membersihkan kulit hingga ke pori-pori terdalam. Ada juga kandungan zinc gluconat sebagai sebum controller sehingga bisa mencegah ekskresi minyak berlebih di wajah. Produk ini sudah memiliki izin BPOM dan halal MUI, jadi aman digunakan.

Harga Rp. 21.075-45.000
From our editorial team

Wajah Bersih dan Sehat Bikin Kamu Tak Perlu Makeup Tebal

Banyak dari kita memakai makeup untuk menutupi kekurangan di wajah. Agar tidak perlu lagi memakai makeup yang terlalu tebal, kamu bisa rutin membersihkan wajah dengan benar. Langkah yang tepat akan bikin wajah kamu jadi bebas kusam, bebas masalah kulit, dan juga lebih sehat. Jika wajah kamu sudah lebih bersih dan sehat, tentunya kamu tidak perlu lagi memakai makeup terlalu tebal. Cukup memakai makeup simpel saja, wajah cantikmu sudah bisa terpancar.