10 Rekomendasi Cream Pemutih Wajah yang Aman dan Bagus untuk Wanita Indonesia (2021)

10 Rekomendasi Cream Pemutih Wajah yang Aman dan Bagus untuk Wanita Indonesia (2021)

Wajah yang cantik, sehat, dan putih mungkin jadi pilihan kebanyakan wanita Indonesia. Untuk membuat kulitmu lebih putih, jangan gunakan cream pemutih sembarangan. Kali ini BP-Guide punya berbagai rekomendasi cream pemutih yang aman dan bagus untuk kulitmu, lho. Yuk, cek dulu!

Wajah Putih dan Mulus Tentunya Adalah Impian Semua Wanita

Bukan rahasia lagi bahwa memiliki kulit wajah yang putih dan mulus adalah impian semua wanita. Untuk memiliki kulit yang sehat dan terawat tentu juga memerlukan banyak upaya. Selain merawat kulit dari luar, perawatan dari dalam seperti mengontrol makanan dan stres juga diperlukan.

Memiliki kulit yang putih dan mulus kerap dijadikan tolok ukur kecantikan bagi sebagian wanita. Dengan demikian wanita akan lebih percaya diri untuk tampil dan berinteraksi dengan banyak orang.

Maka dari itu, tak heran jika banyak wanita yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan perawatan agar kulit wajahnya tampak putih dalam waktu singkat.

Cara Paling Tepat Memilih Cream Pemutih Wajah yang Bagus dan Aman

Terdaftar di BPOM

Menggunakan cream pemutih wajah adalah salah satu opsi yang bisa dipilih untuk mewujudkan kulit wajah yang putih dan mulus. Keamanan dan juga efektivitas produk perlu untuk diperiksa mengingat produk tersebut nantinya akan diaplikasikan pada kulit wajah.

Cara pertama yang paling tepat untuk memilih cream pemutih adalah memastikan bahwa produk telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Produk yang telah terdaftar di BPOM berarti telah lulus uji keamanan, sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan kulit wajah.

Cara memeriksa terdaftarnya suatu produk di BPOM cukup mudah, yaitu dengan memasukkan nomor seri ke situs yang telah disediakan. Produk skincare yang telah terdaftar biasanya juga dilengkapi dengan kode produksi dan masa kedaluwarsa, sehingga lebih terjamin keamanannya.

Mengandung Vitamin E

Bila berbicara tentang komposisi pada cream pemutih, tentu ada berbagai bahan aktif yang dinilai baik untuk kulit. Salah satu bahan yang sering dijumpai dalam produk kecantikan adalah vitamin E. Vitamin ini banyak dikenal karena manfaatnya dalam menjaga kulit tetap sehat.

Vitamin E mengandung banyak antioksidan yang efektif memerangi radikal bebas oleh metabolisme makanan dan racun di lingkungan. Selain itu, vitamin E juga berperan dalam mendukung fungsi sel dan imunitas tubuh. Bahan yang dapat larut lemak ini juga memiliki sifat antiinflamasi atau antiradang.

Cek Bau, Tekstur, Warna, dan Sensasi di Kulit

Cara berikutnya untuk mengetahui keamanan serta kecocokan cream pemutih pada kulit adalah dengan melakukan pengecekan. Kamu bisa mengecek bau, warna, dan sensasinya ketika diaplikasikan pada kulit. Produk yang berbahaya umumnya memiliki bau tajam dan menyengat untuk menyembunyikan bau khas merkuri.

Bila dilihat secara tampilan, cream wajah yang berbahaya umumnya berwarna mencolok dengan tekstur lengket. Pada pengecekan terhadap kulit, produk yang berbahaya akan memberikan reaksi tidak nyaman secara cepat, misalnya terasa gatal, panas, hingga perih.

Kamu bisa menghindari produk yang demikian, karena produk tersebut mengandung bahan berbahaya atau mungkin tidak cocok dengan jenis kulitmu.

Jangan Tergiur Harga Murah

Meningkatnya kebutuhan skincare di wajah membuat para produsen berlomba untuk menghadirkan cream pemutih wajah dengan harga murah. Hal ini harus membuatmu lebih berhati-hati dalam memilih produk. Jangan sampai kamu mudah tergiur dengan harga yang murah tanpa mempertimbangkan segala risiko yang mungkin terjadi.

Tips Memakai Cream Pemutih Wajah yang Benar agar Hasilnya Maksimal

Jangan Mengoleskan Banyak-banyak

Selain dipengaruhi oleh kualitas produk dan juga formulasinya, pemakaian yang benar juga mempengaruhi efektivitas produk pada wajah.

Salah satu tips agar cream pemutih wajah dapat bekerja maksimal adalah dengan mengaplikasikan secukupnya. Jangan mengoleskan cream terlalu banyak pada wajah, sebab bisa menimbulkan efek negatif bagi kulit.

Banyak yang berpikir bahwa mengoleskan cream banyak-banyak pada wajah akan membuat kulit tampak cerah lebih cepat. Nyatanya, hal ini justru merugikan bagi kesehatan kulit. Beberapa risiko yang bisa terjadi, antara lain menimbulkan ruam dan gatal, kulit terasa kencang berlebihan, hingga iritasi.

Oleskan Cream Segera Setelah Mandi

Kapan waktu yang kerap kamu pilih untuk mengaplikasikan cream pemutih pada wajah? Ternyata salah satu waktu yang direkomendasikan untuk mengoleskan cream wajah adalah segera setelah mandi. Hal ini dikarenakan setelah mandi kulit masih dalam kondisi lembap.

Kulit yang lembab akan lebih mudah dalam menyerap cream maupun skincare lain. Dengan demikian, cream dapat bekerja lebih efektif. Selain segera setelah mandi, kamu juga bisa mengaplikasikan cream setelah membersihkan atau mencuci muka.

Pakailah Cream Wajah Sesuai Jenis Kulit

Hal mendasar yang perlu diketahui sebelum menggunakan kosmetik adalah mengetahui jenis atau tipe kulit. Kenali apakah kulitmu bertipe normal, kombinasi, kering, berminyak, atau bahkan sensitif. Dengan demikian, kamu bisa menyesuaikan produk cream wajah sesuai kebutuhan kulitmu.

Bagi pemilik kulit normal atau kombinasi baiknya memilih pelembap yang diformulasi ringan tanpa pewangi. Sementara, pemilik kulit kering memerlukan kandungan bahan aktif yang mampu menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, sebaiknya gunakan pelembap dengan formula ringan dan nonkomedogenik.

Pilihlah Cream Pagi yang Mengandung SPF

Selain pelembap yang bisa dipakai baik siang maupun malam, ada pula produk day dan night cream yang menghadirkan formulasi berbeda.

Bagi kamu yang hendak membeli day cream, pastikan untuk memilih produk yang mengandung SPF. Produk dengan kandungan SPF akan melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari. Keberadaan SPF dalam pelembap terutama day cream sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya penuaan dini serta berbagai penyakit akibat radiasi sinar ultraviolet. Penggunaan pelembap atau day cream dengan kandungan SPF sebaiknya dipakai di pagi dan siang hari saja.

Pada malam hari kulit wajah tidak membutuhkan perlindungan dari matahari, sehingga gunakan pelembab atau night cream tanpa SPF

Hindari Sinar Matahari Langsung

Agar cream pemutih wajah dapat bekerja dengan baik, sebaiknya hindari sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat mempengaruhi kinerja cream yang kamu pakai, sehingga menjadi kurang efektif. Paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu lama juga bisa menyebabkan penuaan dini, risiko kanker kulit, sunburn, hingga gangguan mata.

Bagi kamu yang aktif berkegiatan di luar ruangan, pastikan untuk melindungi kulitmu menggunakan pelembap berkandungan SPF minimal 24 atau sunscreen. Hindari pula penggunaan pakaian gelap yang dapat menyerap sinar matahari. Untuk proteksi mata, kamu bisa menggunakan kacamata saat di luar ruangan.

Rekomendasi Cream Pemutih Wajah yang Bagus dan Aman

Himalaya Herbals Clear Complexion Whitening Cream

Himalaya Herbals Clear Complexion Whitening Cream adalah produk pertama yang masuk dalam daftar rekomendasi cream pemutih wajah yang bagus dan aman.

Produk ini merupakan cream harian yang diformulasi ringan dan tidak berminyak. Terbuat dari 100% bahan herbal dan bebas bahan kimia berbahaya, membuat cream ini aman pada kulit.

Produk keluaran Himalaya ini diperkaya dengan ekstrak licorice dan damar putih yang efektif mencerahkan dan menghilangkan pigmentasi tidak merata di kulit wajah. Dilengkapi dengan herbal cinnablock membuat cream ini mampu melindungi wajah dari paparan sinar UV. Hadir dengan pH netral, produk ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Harga Rp. 40.000-114.000

Innisfree Whitening Pore Cream

Rekomendasi cream pemutih wajah berikutnya adalah Innisfree Whitening Pore Cream. Produk ini merupakan cream pelembap yang diformulasikan dari ekstrak buah tangerine yang berasal dari pulau Jeju. Mengandung 6 tipe citrus flavonoids membuat produk ini memiliki banyak manfaat bagi kulit.

Selain menjaga kelembapan dan kelembutan kulit, Innisfree Whitening Pore Cream juga mampu menjadikan kulit tampak halus bercahaya.

Produk ini juga berguna untuk merawat pori-pori dan menghilangkan noda hitam. Tekstur cream ini mudah menyerap dan menyegarkan, sehingga nyaman di wajah.

Harga Rp. 49.000-300.000

Mineral Botanica Brightening Day & Night Cream

Bingung mencari day dan night cream yang aman dan tentunya bagus di kulit? Mineral Botanica Brightening Day & Night Cream bisa kamu pilih. Cream ini merupakan rangkaian dari brightening series keluaran Mineral Botanica. Terdiri dari day dan night cream, kamu bisa membelinya secara satuan maupun paket.

Diperkaya dengan ekstrak adansonia dan agen pemutih lain membuat cream ini berguna untuk meremajakan kulit akibat paparan polusi dan sinar matahari. Kulit juga menjadi lebih cerah dan sehat terawat.

Harga Rp. 58.500-151.680

La Tulipe Lightening Cream

Siapa yang tak kenal dengan La Tulipe? Brand yang satu ini telah menghadirkan berbagai produk kosmetik dalam waktu yang lama. La Tulipe juga menghadirkan produk cream pemutih wajah yang bagus dan aman, yaitu La Tulipe Lightening Cream.

La Tulipe Lightening Cream merupakan cream pencerah kulit wajah yang mengandung korean golden bell dan AHA. Selain mencerahkan kulit, produk ini juga mampu menyamarkan noda hitam dan menjaga kelembapan kulit. Cocok untuk semua jenis kulit, pastikan untuk mengenakan cream ini setelah kulit wajah dibersihkan sambil dipijat dengan lembut.

Harga Rp. 52.000-65.000

Emina Bright Stuff

Emina adalah brand lokal yang menghadirkan produk-produk kosmetik untuk remaja. Salah satu produk andalannya adalah Emina Bright Stuff. Produk ini merupakan cream pelembap yang ringan dan cocok untuk sehari-hari.

Emina Bright Stuff diformulasikan dari ekstrak summer plus yang dikenal sebagai antipolutan. Produk ini juga diperkaya dengan vitamin E dan moisturizing agent yang membantu mencerahkan kulit dan membuatnya tampak lebih sehat. Dilengkapi dengan perlindungan UV A dan UV B, cream ini juga melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Harga Rp. 12.800-30.000

L’Oreal Paris White Perfect Laser Day

L’Oreal Paris White Perfect Laser Day merupakan cream pemutih wajah yang bagus dan aman berikutnya dalam daftar rekomendasi.

Produk ini merupakan cream pencerah kulit yang telah teruji. Selain mencerahkan, cream ini juga mampu menyamarkan pori dan mencegah timbulnya noda hitam. Produk ini juga membuat kulit wajah tampak halus, bening, dan cerah secara menyeluruh.

L’Oreal Paris White Perfect Laser Day bisa digunakan bersama White Perfect Laser Anti Spot Essence untuk hasil yang lebih maksimal. Cream keluaran L'Oreal Paris ini cocok untuk semua jenis kulit.

Harga Rp. 109.000-187.000

Biokos Derma Bright Intensive Brightening Day Cream SPF 25

Rekomendasi cream pemutih wajah berikutnya adalah Biokos Derma Bright Intensive Brightening Day Cream SPF 25.

Produk ini merupakan salah satu rangkaian perawatan kulit wajah yang diformulasikan untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi. Menggunakan inovasi terbaru Total Whitening Concept membuat kulit tampak lebih sehat dan bercahaya.

Biokos Derma Bright Intensive Brightening Day Cream SPF 25 terbuat dari Humulus Lupulus Extract, Alpha Arbutin, dan Saccharomyces/Xylinum Black Tea ComplexTM. Formulasi khusus yang juga dilengkapi SPF 25 membuat pelembab ini mampu melindungi kulit dari sinar UV akibat paparan matahari.

Harga Rp. 197.000-281.200

ElsheSkin Brightening Cream

ElsheSkin Brightening Cream adalah cream pemutih wajah berikutnya yang aman dan direkomendasikan. Produk ini mengandung berbagai bahan aktif yang berguna untuk kulit wajah, seperti Niacinamide, Arbutin, dan Vitis Vinifera Seed Extract. Dengan komposisi tersebut, cream ini mampu mencerahkan, meremajakan, dan menyamarkan flek hitam kulit wajah.

Produk keluaran ElsheSkin ini bisa digunakan setiap malam sebelum tidur. Untuk hasil yang maksimal pastikan untuk menggunakan cleansing wash dan refresh toner terlebih dahulu pada kulit wajah. Sebaiknya hindari penggunaan produk ini pada area sensitif, seperti mata, pojok bibir, cuping hidung, serta saat berjerawat.

Harga Rp. 82.800-338.300

Pixy Day Moisturizing Cream Whitening

Produk cream pemutih terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Pixy Day Moisturizing Cream Whitening. Cream ini merupakan pelembab yang memberikan hasil tanpa kilat dan tidak lengket di kulit. Memadukan natural whitening powder dan derivat vitamin C membuat kulit tampak lebih putih.

Pixy Day Moisturizing Cream Whitening juga dilengkapi dengan sunscreen yang efektif melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sehingga, kulit terhindar dari timbulnya noda-noda hitam. Tak hanya melembapkan, kulit juga tampak lebih cerah, lembut, dan tidak kusam.

Harga Rp. 23.600-40.000
From our editorial team

Gunakan Krim Pemutih dengan Rutin, Ya!

Penggunaan krim pemutih wajah tidak akan memberikan efek yang maksimal saat kamu tidak menggunakannya secara teratur. Pastikan untuk menggunakan krim sesuai intruksinya, agar wajah semakin terpancar memesona.