Wajah Cerah dengan 5 Resep Masker Jeruk Nipis dan 9 Rekomendasi Masker Jeruk Nipis Berikut (2021)

Wajah Cerah dengan 5 Resep Masker Jeruk Nipis dan 9 Rekomendasi Masker Jeruk Nipis Berikut (2021)

Memakai masker alami dari bahan yang ada di sekitar kita memang memiliki banyak manfaat. Kamu bisa andalkan jeruk nipis yang kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Kamu boleh membuat masker jeruk nipis sendiri di rumah dengan tambahan bahan alami lainnya. Namun, kalau kamu malas, boleh juga membeli masker instan siap pakai rekomendasi dari kami!

Jeruk Nipis Bagus untuk Masker Wajah

Kesehatan dan kecantikan wajah wajib dijaga dengan baik. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin memakai masker wajah. Untuk memakai masker wajah, kamu bisa gunakan masker alami yang kamu buat sendiri. Bahannya cari saja yang bisa kamu dapatkan di sekitarmu.

Salah satu bahan yang cocok untuk jadi masker wajah adalah jeruk nipis. Bahan ini tentu mudah didapatkan di dapur atau pasar dekat rumahmu. Masker jeruk nipis kerap diandalkan untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun, banyak juga yang mengatakan masker ini kurang aman digunakan pada wajah.

Sebenarnya, aman dan tidaknya tergantung jenis kulit dan frekuensi pemakaiannya. Kalau kamu memiliki kulit sensitif memang sebaiknya membatasi memakai masker yang satu ini karena bisa membuat kulit jadi kering, iritasi, dan kemerahan.

Jeruk nipis merupakan buah yang kerap digunakan dalam masakan, minuman, hingga obat-obatan. Buah yang satu ini kaya akan vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan vitamin K. Di dalamnya juga kaya akan magnesium, kalium, fosfor, folat, kalsium, dan lain sebagainya. Berbagai kandungan tersebut membuat jeruk nipis ampuh untuk memudarkan bekas jerawat jika digunakan sebagai masker.

Buah ini memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Konsentrasi tinggi pada vitamin C di dalam jeruk nipis bisa menstimulasi sintesis kolagen. Hasilnya, jerawat lebih cepat kering dan kulit bisa lebih cepat cerah dan tidak ada lagi bekas jerawat tersisa.

Pori-pori wajah yang besar memang tidak bisa dihilangkan. Meski demikian, kita bisa mengencangkannya agar terlihat lebih kecil. Ada zat astrigent dalam jeruk nipis yang bisa membantu mengencangkan pori-pori kulit. Zat ini bisa mengurangi produksi minyak untuk sementara waktu sehingga tidak menumpuk dalam pori-pori. Hasilnya, kulit yang sudah memakai masker jeruk nipis jadi lebih segar, cerah, dan mulus.

Masker jeruk nipis juga bisa mencegah terjadinya penuaan dini. Masker ini bisa mengurangi hiperpigmentasi kulit yang bikin kulit terkesan kusam dan memiliki kerutan halus. Dengan jeruk nipis maka kulit bebas kusam dan garis halus tidak tampak.

Ini Dia Deretan Masker Jeruk Nipis yang Bisa Kamu Aplikasikan di Rumah

Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun

Kombinasikan jeruk nipis dengan bahan lainnya untuk dijadikan masker. Ini tentu akan bikin masker wajah yang kamu buat jadi lebih efektif. Kamu bisa saja mengombinasikannya dengan minyak zaitun. Bahan yang satu ini bisa melembapkan kulit kering dengan baik.

Cara membuatnya mudah, kamu cukup peras satu buah jeruk nipis dalam wadah lalu campur dengan sesendok makan minyak zaitun. Aduk merata, aplikasikan pada wajah lalu diamkan 5 menit sebelum dibilas bersih memakai air bersih.

Jeruk Nipis dan Alpukat

Bahan lain yang bisa kamu kombinasikan dengan jeruk nipis untuk masker wajah adalah alpukat. Buah yang satu ini kaya akan vitamin A dan glutamin. Kandungan tersebut bisa menghidrasi kulit dengan baik dan mengatasi kulit kusam.

Haluskan setengah buah alpukat lalu beri perasan jeruk nipis secukupnya. Aduk rata dan gunakan sebagai masker wajah. Diamkan 30 menit lalu bilas memakai air bersih.

Jeruk Nipis dan Susu

Susu merupakan salah satu bahan yang cocok untuk menjadi masker wajah. Kandungan dalam susu bisa membuat kulit jadi lebih cerah dan bersih. Kamu bisa mencampur susu dengan jeruk nipis sebagai masker wajah. Masker semacam ini akan bikin wajah lebih putih, kulit lebih merata warnanya dan juga bisa menghilangkan flek hitam membandel.

Peras sebuah jeruk nipis lalu campur air perasannya dengan 5 sendok makan susu bubuk. Aduk merata lalu aplikasikan di wajah. Diamkan 15 menit lalu bilas hingga bersih.

Jeruk Nipis dan Bengkuang

Bengkuang bukanlah buah yang asing bagi kita. Selain enak dibuat rujak, buah yang satu ini juga bisa digunakan sebagai masker untuk mencerahkan warna kulit wajah. Buah ini cocok dicampurkan dengan jeruk nipis yang kaya vitamin C.

Cukup blender setengah buah bengkoang dengan air perasan jeruk nipis secukupnya. Aplikasikan pada wajah lalu diamkan 30 menit. Bilas sampai bersih dan wajah akan terasa lebih segar berseri.

Jeruk Nipis dan Yoghurt

Yoghurt merupakan bahan makanan yang bisa mengencangkan kulit kendur. Di dalam yoghurt terdapat asam laktat yang dapat mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit. Kamu bisa padukan yoghurt tawar dengan jeruk nipis untuk menjadi masker wajah yang bagus.

Ambil 2 sendok makan yoghurt tawar lalu tambahkan air perasan dari setengah buah jeruk nipis. Aduk merata dan aplikasikan di wajah secara merata. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Yuk, Borong Aneka Masker Jeruk Nipis Ini untuk Perawatan di Rumah

LEA GLORIA Lemon Lime Masker Wajah

LEA GLORIA Lemon Lime Masker Wajah ini bisa jadi pilihan jika kamu malas membuat masker sendiri. Bahan utamanya adalah buah lemon dan jeruk nipis. Bahan lain di dalamnya adalah madu,susu, minyak zaitun, dan vitamin E. Masker wajah yang satu ini memiliki aroma yang alami dan tidak menyengat. Ini bikin kamu jadi nyaman saat memakainya.

Masker ini bisa digunakan untuk mengangkat komedo dan membersihkan jerawat di wajah. Kamu yang memiliki kulit berminyak akan cocok memakainya. Produk ini bisa mencerahkan kulit wajah jika digunakan secara rutin.

Harga Rp. 4.500-8.000

Sariayu Masker Jerawat Plus Jeruk Nipis

Sariayu Masker Jerawat Plus Jeruk Nipis boleh juga untuk menjadi pilihan. Dipersembahkan oleh Sariayu yang merupakan merek produk kecantikan lokal, kamu tidak perlu khawatir dengan khasiatnya. Produk ini dibuat dari jeruk nipis dan ekstrak pegagan. Kombinasi kedua bahan tersebut bisa membantu mengurangi jerawat membandel. Selain itu, produk ini juga bisa mengurangi kelebihan minyak pada kulit wajah. Hasilnya, wajah bisa jadi lebih lembut, halus, dan bersinar.

Harga Rp. 11.000-12.500

Innisfree Lime EX Squeeze Mask

Innisfree Lime EX Squeeze Mask ini bisa jadi pilihan berikutnya untuk kamu. Produk yang satu ini dihadirkan oleh Innisfree yang merupakan merek kecantikan Korea. Masker yang satu ini memakai aneka bahan alami yang bersih dan murni sehingga aman untuk kulit dan juga lingkungan.

Sheet mask ini praktis digunakan. Kamu hanya tinggal menempelkannya pada wajah saja. Teksturnya watery dan adem di kulit. Masker yang satu ini mengandung ekstrak jeruk nipis yang jeruknya diambil dari pulau Jeju. Sheet mask-nya terbuat dari cellulose sheet alami yang tipis dan tidak mudah sobek.

Harga Rp. 7.000-26.000

Kostec Organic Face Mask 5 gr Lime

Kostec Organic Face Mask 5 gr Lime menjadi produk selanjutnya yang bisa kamu andalkan. Masker jeruk nipis ini mudah diaplikasikan. Kamu cukup bersihkan wajah lalu mengeringkannya. Selanjutnya, campur masker dengan air secukupnya dan aduk sampai teksturnya menjadi pasta. Aplikasikan di wajah dan diamkan 20 menit. Bilas dengan air bersih dan rasakan manfaatnya. Masker ini tidak hanya bisa meremajakan kulit namun juga bisa mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori, dan menyamarkan flek hitam.

Harga Rp. 1.890-3.500

Innisfree It's Real Squeeze Lime Mask

Innisfree It's Real Squeeze Lime Mask menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Masker dengan bahan utama jeruk nipis dan lemon ini bisa menjadikan kulit lebih cerah dan bersinar. Kulit juga terasa lebih lembap.

Masker ini hadir dalam bentuk sheet mask yang praktis dibawa kemana saja dan mudah diaplikasikan. Sheet mask-nya tipis dan transparan namun bisa melekat di kulit dengan baik.

Harga Rp. 7.999-135.000

Peel Off Face Mask Lemon Lime

Peel Off Face Mask Lemon Lime hadir dengan bahan utama berupa buah lemon yang dikombinasikan dengan jeruk nipis. Kombinasi keduanya bisa mencerahkan kulit wajah, mengurangi peradangan akibat jerawat, menyamarkan bekas jerawat, dan mengontrol minyak berlebih. Pemakaian masker ini secara rutin bisa memperkecil tampilan pori-pori wajah, menyamarkan noda hitam, dan mengangkat sel kulit mati. Kamu cukup aplikasikan masker ini ke seluruh wajah secara merata. Selanjutnya, biarkan mengering lalu kelupas lapisan masker perlahan.

Harga Rp. 10.000-23.000

Mediheal Vita Ade Mask Lemon Lime Masker Wajah

Mediheal Vita Ade Mask Lemon Lime Masker Wajah merupakan rekomendasi yang tidak bisa kamu lewatkan. Ini adalah masker dalam bentuk lembaran yang kaya essence. Kamu tinggal pasang di wajah dan tunggu essence meresap. Sisa essence bisa kamu gunakan pada leher dan siku. Produk ini terbuat dari ekstrak lemon dan jeruk nipis yang dapat menyegarkan kulit. Bahan masker yang kaya vitamin ini juga bisa membuat kulit lebih ternutrisi,

Harga Rp. 15.000-21.000

Oriflame Love Nature Purifying 2in1 Mask & Scrub with Organic Tea Tree & Lime

Oriflame Love Nature Purifying 2in1 Mask & Scrub with Organic Tea Tree & Lime adalah masker wajah yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan manfaat baik jeruk nipis. Masker wajah yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak. Kamu bisa menjadikannya sebagai masker, scrub, dan pembersih wajah.

Dengan bahan utama berupa minyak esensial tea tree oil dan lime, produk ini bisa mengeksfoliasi kulit wajah, menghilangkan bekas jerawat, dan menyamarkan pori-pori. Bahan masker ini bersifat biodegradable jadi aman untuk lingkungan.

Harga Rp. 49.900

PERIPERA Sparkling Toktok Time Cool Lime Clearing Mask Sheet

PERIPERA Sparkling Toktok Time Cool Lime Clearing Mask Sheet adalah rekomendasi terakhir kami. Masker wajah yang satu ini hadir dengan ekstrak jeruk nipis yang bisa mengatasi kulit berminyak. Di dalamnya juga ada pueraria lobata root extract, ulmus davidiana root extract, pinus leaf extract, dan evening primerose extract yang bisa melembapkan dan menyegarkan kulit.

Cukup bersihkan seluruh area wajah dan leher lalu keringkan. Buka sachet dan pasang maskernya. Tunggu 20 menit lalu lepas masker dari wajah. Tepuk sisa essence ke seluruh wajah sampai meresap.

Harga Rp. 18.000
From our editorial team

Waspadai Efek Samping Masker Jeruk Nipis

Meski memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah, namun kamu wajib waspada akan kandungan jeruk nipis. Bahan yang satu ini bisa menimbulkan rasa perih karena zat asam yang ada di dalamnya. Jika terlalu berlebihan maka bisa membuat kulit jadi kering, iritasi, kemerahan, dan terasa panas. Ada baiknya kamu tidak berlebihan memakainya. Atau kamu bisa juga berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit agar mendapatkan hasil terbaik.