10 Tips Membuat Masker Jeruk Nipis yang Mudah dan Cocok Digunakan untuk Semua Jenis Kulit

10 Tips Membuat Masker Jeruk Nipis yang Mudah dan Cocok Digunakan untuk Semua Jenis Kulit

Jeruk nipis adalah salah satu buah yang bisa kamu manfaatkan untuk merawat kecantikan kulitmu. Selain punya banyak manfaat, buah yang satu ini juga mudah didapatkan. So, tak ada salahnya kamu coba beberapa resep masker jeruk nipis rekomendasi BP-Guide berikut ini!

Masker Jeruk Nipis Cocok Banget Dipakai untuk Kamu yang Ingin Perawatan di Rumah

Sumber gambar mrsmps.blogspot.com

Wajah putih bersih tanpa noda pastinya jadi dambaan semua orang ya, terutama untuk wanita. Hal ini karena banyak yang menganggap bahwa salah satu standar kecantikan adalah kulit putih berseri. Maka banyak yang rela melakukan usaha apa saja demi membuat kulit wajah jadi putih berseri.

Perawatan di klinik mahal dan juga produk kecantikan mahal banyak jadi pilihan. Lalu bagaimana jika keuangan sedang cekak? Tenang saja karena masih ada banyak cara untuk bikin kulit jadi putih tanpa keluar banyak uang. Kamu pun bisa melakukan cara ini di rumah dengan bahan yang simpel yakni jeruk nipis.

Jeruk nipis cocok banget nih untuk perawatan wajah. Selain vitamin C, ada kandungan lain seperti mineral, asam sitrun, minyak atsiri, dan lain sebagainya. Kandungan tersebut baik untuk merawat wajah supaya menjadi putih mulus dan bersih. Dapatkan wajah bebas jerawat dan wajah tanpa noda bekas jerawat dengan masker dari jeruk nipis.

Masker Jeruk Nipis Merupakan Masker Alami, Pas untuk Semua Jenis Kulit

Sumber gambar tabizine.jp

Jenis kulit wajah memang beragam dari kulit kering hingga berminyak. Ada juga kulit sensitif dan berjerawat. Masalah yang dihadapi tiap kulit pun pastinya tak cuma satu saja. Apa pun jenis kulitnya tentu perlu perawatan agar tetap bisa terlihat sehat dan segar.

Remajakan kembali kulit kamu dengan memakai masker jeruk nipis. Dalam buah ini terdapat aneka kandungan yang mampu membuat sel kulit mati terangkat. Sehingga wajah kembali cerah dan tampak lebih awet muda.

Kandungan dalam jeruk nipis juga mampu mengontrol produksi minyak berlebih. Wajah yang tadinya kusam pun kembali segar.

Manfaat Masker Jeruk Nipis

Menjaga Kelembapan Kulit

Kulit sehat pastinya jadi dambaan semua orang. Dengan kulit sehat maka wajah akan terlihat lebih menarik. Salah satu ciri dari kulit sehat adalah wajah yang terasa lembap tanpa minyak yang berlebihan.

Kamu bisa banget menjaga kelembapan kulit kamu dengan menggunakan masker jeruk nipis. Buah ini mampu mengontrol kelebihan minyak dan mencukupkan kadar minyak di wajah. Wajah menjadi lebih lembap dan tentunya lebih kenyal secara alami dengan rajin memakai masker jeruk nipis.

Menghilangkan Flek Hitam

Sumber gambar www.jgsc.com.kw

Aktivitas yang kita lakukan sepanjang hari pasti juga bisa memberikan efek pada kulit wajah kita. Terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari dan terpapar debu serta kotoran dapat membuat wajah jadi kusam dan tak menarik.

Rutinlah menggunakan masker jeruk nipis untuk mengembalikan kesegaran wajah kamu. Ada kandungan AHA dan juga vitamin C pada buah ini. Tentunya ini membuat kulit wajah jadi lebih cerah alami karena kandungan AHA mampu meregenerasi sel kulit.

Selain itu bagi kamu yang tengah bermasalah dengan flek hitam juga tak perlu khawatir. Masker jeruk nipis ini bisa kamu gunakan untuk menghilangkan flek hitam membandel. Wajah jadi mulus tanpa noda dengan rutin memakai masker yang satu ini.

Mengurangi Minyak Berlebih

Wajah berminyak pastinya bikin kuit jadi makin kusam. Kontrol kelebihan minyak dengan memakai masker yang tepat. Pakai saja jeruk nipis sebagai bahan andalan dari masker kamu.

Masker jeruk nipis ampuh untuk mengurangi minyak dan bikin wajah jadi lebih kencang dan mulus. Setiap orang pasti akan memandangmu dengan terpesona jika kamu memiliki wajah bersih dan kencang. Lakukan perawatan masker jeruk nipis secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Anti Penuaan Dini

Sumber gambar portalmadura.com

Setiap orang memang bakal menua pada akhirnya. Namun tentu tak ada yang ingin mendapat tanpa penuaan dini muncul di wajahnya. Yuk, tampil lebih muda dengan memanfaatkan khasiat dari jeruk nipis.

Air dan kulit jeruk nipis sangat berguna untuk dijadikan masker. Kandungan dalam jeruk nipis bisa menghambat produksi melanin penyebab penuaan dini. Garis halus dan juga keriput bisa teratasi dengan masker jeruk nipis. Rutin memakai masker jeruk nipis akan mengembalikan keremajaan kulit wajah.

Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Muka berjerawat bikin kepercayaan diri menurun untuk bertemu banyak orang. Jika kamu berhasil menghilangkan jerawat pun masih ada hal lain yang harus kamu hadapi. Masalah lainnya adalah bekas jerawat yang kadang membandel dan susah dihilangkan.

Tak perlu sebel lagi dengan bekas jerawat karena bahan alami seperti jeruk nipis mampu mengatasi jerawat membandel dan juga bekasnya. Air dari jeruk nipis bisa memudarkan noda bekas jerawat secara bertahap. Gunakan selalu air perasan jeruk nipis untuk masker wajah setiap malam sebelum tidur. Bisa juga dengan mengiris tipis jeruk nipis lalu menempelkannya pada wajah.

Mengecilkan Pori-pori Kulit

Tiap jenis kulit pasti pori-porinya juga beda. Sebagai informasi bentuk pori-pori yang besar dan lebar bisa memudahkan aneka masalah kulit. Mulai jerawat hingga komedo akan mudah muncul di wajah karena pori-pori besar menyebabkan kotoran dan minyak menumpuk jadi satu.

Segera atasi masalah satu ini dengan masker jeruk nipis. Kandungan jeruk nipis bisa bikin pori-pori kamu mengecil. Dengan mengecilnya pori-pori maka kesempatan debu dan kotoran bertumpuk menjadi lebih kecil. Pori-pori yang kecil juga bisa bikin tampilan wajah kamu jauh lebih menarik, loh.

10 Masker Jeruk Nipis

Masker Jeruk Nipis Tanpa Campuran

Sumber gambar www.stylecraze.com

Begitu banyak kandungan yang ada di dalam jeruk nipis yang bermanfaat untuk kecantikan. Kamu bisa segera memakai buah yang satu ini untuk masker wajah. Ampuh menghilangkan wajah kusam dan bikin kulit wajah menjadi lebih elastis.

Mudah saja caranya karena kamu cukup memeras sari jeruk nipis secukupnya. Gunakan sari tersebut sebagai masker pada wajah secara merata. Kemudian kamu perlu mendiamkannya selama 15 menit sebelum membilasnya.

Cara lainnya adalah dengan membelah jeruk nipis menjadi dua bagian. Selanjutnya gosok jeruk pada wajah secara merata. Gosok perlahan supaya wajah tak teriritasi. Lakukan 3 kali seminggu secara rutin untuk hasil lebih maksimal.

Masker Jeruk Nipis dan Mentimun

Sumber gambar wholefully.com

Mentimun bisa dipakai untuk melembapkan kulit wajah secara alami. Ini karena kandungan mineral yang melimpah pada mentimun ini bisa juga menenangkan kulit yang meradang karena jerawat.

Mentimun juga bisa dimanfaatkan sebagai pencerah wajah dan bisa menghilangkan komedo membandel pada kulit wajah. Khasiat mentimun yang lain adalah bisa mengurangi jumlah produksi minyak di wajah.

Kombinasikan nutrisi yang ada dalam mentimun dengan nutrisi pada jeruk nipis. Gabungan dua bahan ini akan efektif atasi kotoran wajah akibat polusi karena mengandung antioksidan dan antibakterial.

Ambillah sebuah mentimun dan juga jeruk nipis. Haluskan mentimun dengan cara diblender lalu campurkan dengan tetesan sari jeruk nipis. Aduk rata lalu oles pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan nutrisinya terserap selama 20 menit baru kemudian bilas wajah dengan air dingin.

Masker Jeruk Nipis dan Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Zat tersebut bisa membunuh bakteri di area wajah. Probiotik juga bisa membuat wajah jadi lebih lembap.

Padukan yoghurt dengan jeruk nipis untuk mendapat manfaat baiknya. Paduan kedua bahan ini mampu menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Kombinasi keduanya bisa juga untuk menghilangkan kerutan di wajah dan juga mengencangkan kulit.

Bersihkan wajah dengan memakai air hangat supaya pori-pori kulit terbuka. Lalu campurkan yoghurt tawar dengan air perasan jeruk nipis. Aduk adonan hingga menjadi seperti pasta lalu oles pada wajah secara merata. Biarkan 20 menit lalu bilas bersih dengan air dingin supaya pori-pori wajah kembali menutup. Lakukan cara ini sekali seminggu.

Masker Jeruk Nipis dan Madu

Madu merupakan bahan yang kerap dipakai dalam makanan dan juga minuman. Namun madu juga berkhasiat untuk kecantikan dan kesehatan, loh. Kamu bisa gunakan madu untuk masker dengan campuran jeruk nipis.

Paduan madu dan jeruk nipis mampu menghilangkan bintik hitam pada wajah. Bisa juga untuk mencerahkan serta melembapkan wajah kamu. Cara membuatnya juga sangat mudah, kok.

Cucilah wajah sampai bersih memakai air hangat. Lalu ambil sesendok makan madu dan campur dengan sesendok perasan jeruk nipis. Oleskan merata pada wajah dan diamkan 20 menit. Bilas memakai air dingin supaya pori-pori wajah kembali menutup.

Masker Jeruk Nipis dan Pisang Ambon

Sumber gambar makeupandbeauty.com

Pisang ambon selain nikmat dimakan ternyata bisa juga dipakai untuk perawatan kulit. Buah ini bisa menghaluskan dan melembapkan kulit wajah. Tanda penuaan dini dan komedo pun bisa menghilang dengan memakai masker pisang ini.

Kombinasikan pisang ambon dan jeruk nipis untuk menjadi masker wajah. Gabungan dua bahan ini mampu mencegah tumbuhnya jerawat. Wajah bisa lebih lembap tanpa minyak berlebihan juga dengan masker yang satu ini.

Ambil sebuah pisang ambon yang matang dan juga jeruk nipis. Campurkan air jeruk nipis dengan pisang ambon yang dihaluskan. Aduk rata lalu oles pada seluruh wajah dan biarkan mengering 20 menit. Bilas dengan air bersih dan keringkan wajah memakai handuk yang lembut.

Masker Jeruk Nipis dan Tomat

Tomat sama seperti jeruk nipis yaitu kaya akan vitamin C. Gabungkan kedua bahan ini supaya kandungan antioksidan dan vitamin pada kedua buah ini bisa menyatu dan ampuh untuk merawat kulit wajah. Kamu akan dapatkan kulit putih bebas kusam dengan memakai masker tomat yang dicampur jeruk nipis ini.

Ambillah sebuah tomat segar dan tumbuk hingga halus. Tambahkan air perasan dari sebuah jeruk nipis. Campur rata lalu oles pada wajah dan diamkan 20 menit. Bersihkan wajah dengan air bersih.

Masker Jeruk Nipis dan Baking Soda

Sumber gambar fithacker.me

Kamu bisa juga mencampurkan jeruk nipis ini dengan baking soda. Kedua bahan ini bisa mengurangi potensi iritasi pada kulit wajah. Gabungan kedua bahan ini juga ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Ambil sebuah jeruk nipis lalu potong dan cuci bersih. Peras jeruk dan ambil airnya saja kemudian tambahkan dengan baking soda. Campurkan baking soda dan air jeruk dengan perbandingan 3 banding 1. Aduk rata lalu oles pada wajah secara merata. Selanjutnya diamkan 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Masker Jeruk Nipis dan Pepaya

Sumber gambar alexandracooks.com

Pepaya pastinya sangat mudah didapatkan di sekitar kita. Ada enzim papain yang siap mengelupas sel kulit mati di wajah kamu. Ini membuat kulit wajah jadi lebih cerah karena sel kulit baru bisa menggantikan sel kulit lama.

Padukan pepaya dengan jeruk nipis untuk bikin wajah lebih sempurna mulusnya. Kombinasi vitamin C pada jeruk nipis dan pepaya bisa bikin kulit terhindar dari efek radikal bebas. Wajah juga jadi lebih putih jika kamu memakai masker kedua bahan ini secara teratur.

Ambil sepotong kecil buah pepaya dan juga setengah bagian dari jeruk nipis. Lumatkan pepaya memakai blender lalu campur dengan air perasan jeruk. Aduk dan segera oles pada wajah. Diamkan 40 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

Masker Jeruk Nipis dan Putih Telur

Sumber gambar simplestthings.com

Putih telur sudah lama dijadikan bahan untuk merawat kecantikan wajah. Kaya protein, pastinya putih telur ini mampu mengencangkan kulit wajah dan menghapus kerut halus di wajah. Kombinasikan bahan ini dengan jeruk nipis sebagai masker wajah alami.

Gabungan keduanya menghasilkan masker yang mampu mengurangi kadar minyak yang berlebih pada wajah. Masker ini juga bisa menghilangkan kerutan tanda penuaan. Masker alami ini juga ampuh juga untuk mencerahkan kulit loh.

Ambil sebuah jeruk nipis dan juga sebuah telur ayam kampung. Ambil putih telurnya lalu tambah dengan air perasan jeruk nipis. Aduk rata lalu oles masker pada wajah. Diamkan sampai kering barulah bilas bersih.

Masker Jeruk Nipis dan Garam

Sumber gambar alexsandalis.com

Garam rupanya juga sangat ampuh loh untuk atasi masalah kulit wajah. Kamu yang berjerawat bisa gunakan garam untuk mengatasinya. Kombinasikan dengan jeruk nipis untuk menjadi masker alami untuk wajah.

Campuran garam dan jeruk nipis ini bisa mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Kombinasi dua bahan ini juga pas banget untuk menghilangkan jerawat pada wajah kamu.

Ambil sebuah wadah lalu siapkan sesendok makan air dan sebuah jeruk nipis. Belah jeruk jadi dua lalu peras airnya. Masukkan 10 ml air bersih dan garam pada air perasan jeruk nipis. Aduk rata lalu aplikasikan pada wajah yang sebelumnya sudah dicuci dengan air hangat. Biarkan sebentar di wajah sambil dipijat lalu bilas dengan air dingin.

From our editorial team

Punya Jeruk Nipis di Dapur? Manfaatkan untuk Merawat Kulit Yuk!

Siapa yang tak kenal dengan buah yang sering dijadikan minuman dan salah satu campuran masakan ini? Ya, jeruk nipis yang kamu punya di dapur bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. Pastikan kamu menggunakan masker jeruk nipis dengan benar dan rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selamat mencoba!