10 Resep Masker Tomat yang Wajib Dicoba Weekend Ini agar Kulit Lebih Sehat (2021)

10 Resep Masker Tomat yang Wajib Dicoba Weekend Ini agar Kulit Lebih Sehat (2021)

Tomat merupakan buah yang mudah didapatkan di sekitar kita. Buah yang satu ini kaya akan manfaat bagi kesehatan. Selain itu, tomat juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Kamu bisa kombinasikan dengan aneka bahan alami lainnya untuk membuat masker alami yang menyehatkan wajah. Simak aneka resepnya dari kami!

Tak Hanya Enak Dikonsumsi, Tomat juga Bisa Jadi Masker

Siapa sih yang tidak kenal tomat? Tumbuhan tomat awalnya ditemukan di Amerika Selatan. Tomat bisa termasuk buah dan bisa juga disebut sebagai sayur. Tomat umumnya berwarna merah. Buah ini kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam tomat terkandung vitamin C yang bisa menjaga sistem imun tubuh. Selain itu ada juga vitamin A, vitamin B, protein, kalsium, zat besi, karbohidrat, dan lain sebagainya.

Tomat memiliki rasa manis dan segar. Ini membuatnya enak dikonsumsi langsung. Kamu juga bisa menambahkannya ke dalam aneka masakan. Bahkan, bisa juga dijadikan sup. Tomat enak juga untuk dikonsumsi sebagai minuman, misalnya saja jus tomat. Berbagai cara bisa kita lakukan untuk mengonsumsi tomat agar bisa mendapat manfaat baiknya.

Nah, siapa sangka bahwa tomat tidak hanya enak untuk dikonsumsi? Tomat juga ternyata bisa jadi masker wajah untuk menjaga kesehatan wajah, loh. Memakai masker tomat tentu akan memberikan kita banyak sekali manfaat. Yuk, simak bersama manfaatnya di bawah ini!

Manfaat Masker Tomat

Mencegah Penuaan Dini

Setiap hari usia kita bertambah tua. Hal ini juga berpengaruh pada kesehatan kulit kita. Makin lama makin menua dan menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti keriput, kulit kusam, garis halus, kering, dan lain sebagainya. Kita pastinya tidak mau terlihat lebih tua.

Nah, untuk lebih awet muda, kamu bisa gunakan masker tomat. Masker yang satu ini bisa mencegah terjadinya penuaan dini yang muncul pada wajah. Ada kandungan antioksidan pada tomat yang bikin skin barrier lebih kuat melawan radikal bebas dan kerusakan. Tomat juga kaya vitamin C yang bisa membantu proses produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen akan membantu kulit agar senantiasa lebih kenyal dan kencang sehingga bebas garis halus dan keriput.

Melembapkan dan Melembutkan

Kulit kering memang kondisi yang umum ditemui jika usia bertambah tua. Kulit kering juga kerap terjadi jika tubuh kekurangan cairan. Selain itu kulit kering bisa terjadi jika udara sedang sangat dingin. Munculnya kulit kering tentu menyusahkan. Ini karena wajah terasa tertarik, kaku, dan kadang bersisik. Kita jadi kurang percaya diri bertemu orang, apalagi kulit kering juga bikin makeup susah menempel.

Gunakan masker tomat sebagai solusi masalah kulit kering. Tomat bisa menghidrasi kulit dengan baik. Ada kandungan kalium yang bisa membuat kulit lebih segar dan lembap secara alami. Kulit juga bisa jadi lebih lembut karena sel-sel kulit mati terangkat dan wajah tak lagi bersisik karena sudah lembap.

Menangkal Efek Buruk Sinar UV

Beraktivitas di luar rumah membuat kita tidak bisa menghindari efek buruk sinar UV. Memakai sunscreen kadang belum cukup untuk membuat kulit terlindungi dari sinar UV. Kamu bisa gunakan masker tomat secara rutin. Di dalam tomat ada likopen yang bisa membuat kulit terhindar dari efek terbakar sinar matahari. Wajah jadi terasa kembali adem dan segar. Selain itu, kandungan vitamin C bisa mencerahkan kulit yang menghitam karena panas sinar matahari.

Menyamarkan Pori dan Bekas Jerawat

Pori-pori yang besar bikin kita kurang percaya diri. Besarnya pori juga bikin kotoran dan debu mudah masuk dan terperangkap dalam pori. Akibatnya, jerawat dan komedo jadi mudah bermunculan pada kulit.

Gunakan masker tomat untuk menyamarkan pori-pori dan juga meredakan jerawat. Pori-pori bisa tampak lebih kecil dan kotoran jadi mudah terangkat. Jerawat lebih cepat mengecil dan kamu juga tidak perlu khawatir akan bekas jerawatnya. Ini karena bekas jerawat akan berangsur menghilang dengan cepat jika kamu rutin memakai masker tomat.

Mencerahkan Wajah

Jika kamu memiliki permasalahan berupa wajah kusam, maka atasi saja dengan masker tomat. Kandungan vitamin C yang tinggi bisa mencerahkan wajah secara alami. Masker tomat juga bisa membantu meratakan warna kulit. Dapatkan warna kulit impian kamu dengan rutin memakai masker tomat.

Ini Dia Aneka Resep masker Tomat yang Bisa Kamu Coba Buat

Tomat dan Putih Telur

Kamu yang ingin cepat menghilangkan jerawat maka bisa gunakan masker alami berupa campuran tomat dan putih telur. Kandungan putih telur bisa membantu mengurangi minyak pada kulit penyebab munculnya jerawat. Putih telur juga bisa mencegah penuaan pada kulit wajah.

Untuk membuatnya juga sangat mudah. Ambil sebuah tomat lalu cuci bersih dan haluskan. Tambahkan putih telur dari sebutir telur lalu aduk merata. Sapukan pada wajah secara merata dan diamkan 15 menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih.

Tomat dan Madu

Tomat juga bisa dicampurkan dengan madu untuk dijadikan masker wajah. Kombinasi kedua bahan ini bisa membantu regenerasi sel kulit sehingga wajah tampak lebih bersih dan cerah. Gunakan secara rutin untuk bisa membuat kulit tampak lebih glowing.

Ambil sebuah tomat lalu cuci bersih tomatnya dan haluskan di dalam wadah. Masukkan satu sendok makan madu lalu aduk merata. Masker siap dioleskan merata pada wajah. Diamkan 20 menit sampai kering lalu bilas memakai air hingga bersih.

Tomat dan Alpukat

Kamu yang memiliki kulit kombinasi kadang pasti kesal karena separuh bagian wajah kering sementara sebagian lagi berminyak. Untuk perawatan kulit kombinasi, kamu bisa gunakan masker tomat. Dalam tomat terkandung zat astringent yang bisa menyeimbangkan produksi minyak berlebih pada kulit. Kombinasikan tomat dengan alpukat. Buah yang satu ini kaya vitamin C dan E yang bisa membantu memperlambat tanda-tanda penuaan kulit.

Kamu cukup ambil mangkuk kecil, lalu ambil sesendok makan daging buah tomat dan sesendok makan daging buah alpukat. Aduk merata hingga menjadi pasta kental. Selanjutnya, oles pada wajah secara merata. Diamkan 15 menit lalu bilas sampai bersih. Keringkan wajah memakai handuk bersih, ya.

Tomat dan Lemon

Tomat juga bisa dicampur dengan lemon untuk menghasilkan masker yang bagus buat wajah. Lemon kaya vitamin C yang bisa mencerahkan wajah, menghilangkan flek hitam, dan meratakan warna kulit. Kombinasi tomat dan lemon akan bikin wajah bebas kusam dan bikin wajah lebih kesat dan cerah.

Ambil sebuah tomat, cuci bersih, dan haluskan. Tambahkan sesendok makan air lemon lalu aduk merata. Aplikasikan masker pada wajah lalu diamkan 15 menit. Bilas memakai air hangat dan bilas lagi dengan air dingin.

Tomat dan Minyak Zaitun

Kamu bisa juga mengombinasikan tomat dengan minyak zaitun. Kombinasi ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering. Minyak zaitun akan membantu melembapkan kulit dengan baik. Selain itu, kulit jadi bebas sisik dan lebih halus.

Siapkan sebuah tomat yang sudah dicuci bersih. Haluskan tomat lalu tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun. Aduk merata lalu aplikasikan pada wajah selama 20 menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih. Lalu, kompres dengan es batu agar pori-pori kembali mengecil.

Tomat dan Lidah Buaya

Lidah buaya sudah sejak lama dikenal manfaatnya. Kaya akan vitamin E, bahan ini mampu melembapkan, menghaluskan, menjadi antioksidan, dan membuat kulit jadi lebih terhidrasi. Kombinasikan tomat dan lidah buaya untuk menjadi masker wajah yang bagus.

Kamu cukup campurkan sesendok teh jus tomat dengan sesendok teh gel lidah buaya. Aduk rata keduanya lalu oleskan masker ini pada wajah secara merata. Diamkan 10 menit lalu bilas hingga bersih.

Tomat, Kentang, dan Madu

Tomat bisa juga dikombinasikan denga kentang sebagai masker alami untuk wajah. Paduan ini bisa mencerahkan kulit yang gelap akibat paparan sinar matahari. Jangan lupa tambahkan juga madu untuk membuat skin barrier kulit lebih baik.

Ambil kentang dan madu secukupnya saja. Haluskan keduanya lalu tambahkan sesendok makan madu. Aduk rata lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan 15 menit, lalu bilas memakai air mengalir hingga bersih.

Tomat dan Mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang mudah didapatkan di sekitar kita. Mentimun selain enak diolah menjadi masakan juga bagus untuk dijadikan masker. Kamu cukup campurkan ¼ buah mentimun dengan ½ buah tomat. Haluskan keduanya lalu aduk merata. Aplikasikan pada wajah lalu diamkan 20 menit. Bilas dengan air dan lakukan dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil wajah lebih cerah maksimal.

Tomat dan Gula Pasir

Tomat bisa juga dikombinasikan dengan gula pasir untuk membuat masker scrub yang ampuh mengangkat sel kulit mati. Ini bisa kamu gunakan seminggu sekali untuk membantu eksfoliasi kulit agar kulit jauh dari kata kusam.

Kamu cukup mencampurkan sesendok teh gula dengan sebuah tomat yang sudah dihaluskan. Aplikasikan pada wajah dan diamkan 5 menit saja. Gosok masker pada wajah perlahan lalu bilas dengan air hangat dan keringkan.

Tomat dan Yoghurt

Terakhir, ada kombinasi tomat dan yoghurt yang bisa jadi masker andalan kamu. Tambahkan juga lemon untuk membuat wajah jadi lebih cerah. Kombinasi tiga bahan ini bisa membuat kulit lebih halus dan terhidrasi, loh.

Ambil sebuah tomat lalu haluskan dan tambahkan sesendok teh air perasan lemon. Masukkan sesendok makan yoghurt tawar dan aduk merata. Aplikasikan pada wajah lalu diamkan 15 menit. Bilas wajah dengan air suam-suam kuku lalu keringkan.

From our editorial team

Waspada dengan Efek Samping Tomat

Tomat sebagai masker memang bagus untuk digunakan. Namun, ingat jangan berlebihan juga agar tidak ada efek samping yang terjadi. Tomat merupakan buah yang bersifat asam sehingga jika terlalu banyak digunakan sebagai masker malah bisa membuat kulit makin kering. Kamu yang memiliki kulit sensitif wajib waspada memakainya, ya. Ada baiknya kamu mengetes apakah ada alergi tomat. Caranya, oleskan sedikit masker tomat pada area tangan dan tunggu beberapa menit. Jika tidak ada tanda alergi, maka kamu bisa gunakan pada wajah. Namun, jika ada kemerahan, gatal, dan tanda iritasi lainnya, sebaiknya jangan gunakan masker tomat.

Tag