Ingin Muka Kinclong? Coba Pakai 10+ Masker dari Telur yang Mudah Dibuat Berikut Ini

Ingin Muka Kinclong? Coba Pakai 10+ Masker dari Telur yang Mudah Dibuat Berikut Ini

Sumber gambar vkool.com

Memiliki kulit wajah bersih dan segar adalah dambaan tiap wanita. Untuk mendapatkannya, tak jarang mereka pergi ke salon kecantikan atau memakai produk perawatan. Tak harus mahal, kini kamu bisa mendapatkan wajah cantik dan segar hanya dengan memanfaatkan telur dan mencampurnya bersama beberapa bahan yang mudah ditemui di rumah.

Masker Telur Merupakan Bahan Alami yang Sangat Baik untuk Merawat Kulit Wajah

Sumber gambar today.com

Memakai masker adalah sesi perawatan wajah yang tak boleh terlewat. Setelah dihajar aktivitas bertumpuk dari senin sampai jumat, akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk memanjakan kulit dengan masker wajah.

Di pasaran kita bisa dengan mudah membeli masker dengan varian dan khasiat beragam. Tapi kamu bisa juga memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan dari sekitar kita. Salah satunya masker yang terbuat dari telur.

Telur kaya akan kandungan baik bagi kecantikan kulit wajah. Kamu bisa menggunakannya untuk kulit kering, kulit berminyak, bahkan kulit sensitif yang kemerahan. Vitamin B2, B3, E, asam amino, dan protein pada telur membantu perawatan kulit dan menjaganya agar senantiasa sehat.

Tertarik menggunakan masker telur? Yuk kita bahas satu persatu kegunaan dan cara membuatnya.

Manfaat Masker Telur untuk Kecantikan

Mengecilkan Pori-pori

Sumber gambar ehow.com

Pori-pori yang besar bisa menjadi sumber masuknya kuman ke kulit wajah. Muka terlihat kusam, gampang jerawatan, komedo bermunculan adalah beberapa masalah pori-pori yang sering muncul.

Untuk memperbaiki kondisi pori-pori, kamu bisa menggunakan masker telur. Telur mengandung zat astringet yang berfungsi mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit.

Caranya dengan mencampurkan 1 sendok teh telur dengan perasan air lemon. Aplikasikan pada wajah secara merata dan tunggu hingga 15 menit. Lalu bilas sampai bersih. Gunakan masker secara rutin dua kali seminggu.

Mengencangkan Kulit

Sumber gambar embellishyou.com.au

Masker telur adalah jawaban yang paling tepat untuk mengatasi kulit yang mulai menua. Kandungan vitamin E di dalam telur berguna untuk mengencangkan kulit wajah. Jika kamu ingin terlihat awet muda, gunakan saja masker telur secara rutin!

Khasiatnya mampu menyamarkan kerutan halus dan keriput yang bermunculan. Kamu hanya perlu mengoleskan putih telur di area keriput. Tunggu beberapa saat hingga mengering dan bilas sampai bersih.

Melenyapkan Komedo

Sumber gambar healthyfoodresources.com

Komedo adalah musuh kulit wajah yang paling menyebalkan. Kenapa tidak? Tinggal di kota besar yang penuh dengan polusi dan debu membuat komedo sering bersarang di hidung, dahi, dagu, atau pun pipi.

Untuk memberantas komedo kamu bisa mengandalkan masker telur. Bagian putih telur mengandung asam amino dan protein yang berkhasiat membasmi jerawat dan komedo.

Cara penggunaannya dengan mengoleskan putih telur di area berkomedo. Tempelkan tisu di atasnya dan oleskan lagi putih telur di lapisan kedua. Diamkan selama setengah jam. Tarik tisu perlahan lalu bilas wajah dengan air sampai bersih.

Membersihkan Kulit

Sumber gambar food.ndtv.com

Kulit wajah yang kusam seringkali menyembunyikan kecantikan seorang wanita. Agar kulit wajah senantiasa bersih dan sehat kamu bisa menggunakan masker telur untuk mencerahkan wajah.

Putih telur mengandung bio-enzim yang dapat membersihkan kulit hingga ke pori-pori terdalam. Efeknya kulit menjadi bersih bebas kotoran dan otomatis wajah terlihat lebih cerah.

Menghilangkan Minyak Berlebih

Sumber gambar theskinsmith.co.uk

Untuk mengatasi kulit berminyak, kamu bisa mengandalkan masker putih telur. Minyak berlebih pada wajah bisa menimbulkan jerawat dan masalah kulit lainnya. Kandungan vitamin E pada putih telur mampu mengurangi produksi minyak berlebih dan membersihkan pori-pori.

Untuk menggunakannya kamu bisa mencampur putih telur dan perasan jeruk nipis. Oleskan secara merata pada wajah. Diamkan beberapa menit dan bilas sampai bersih.

10 Resep Masker Telur yang Mudah

Putih Telur, Jus Lemon, dan Lidah Buaya

Sumber gambar remediesandherbs.com

Untuk mengatasi kulit kering kamu bisa menggunakan masker berbahan dasar putih telur dengan campuran perasan lemon dan lidah buaya. Kandungan baik pada lemon dan lidah buaya membuat kulit wajah akan senantiasa bersih dan terawat.

Selain membuat kulit menjadi lebih lembab, campuran ini akan menyamarkan keriput, sekaligus membasmi jerawat dan mencerahkan kulit wajah.

Untuk membuatnya siapkan 2 sendok makan gel lidah buaya, 1 sendok teh perasan lemon, dan 1 putih telur yang sudah dikocok. Campur sampai merata dan aplikasikan ke wajah. Diamkan beberapa saat sampai mengering lalu bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal gunakan 2 kali seminggu.

Kuning Telur dan Air Mawar

Sumber gambar buzzle.com

Untuk kamu yang bermasalah dengan kulit kering dan kusam, gunakan campuran masker dari kuning telur dan air mawar. Masalah yang biasa timbul pada kulit kering adalah munculnya kerutan halus dan ini bisa diatasi dengan air mawar.

Perlu dicatat bahwa air mawar mengandung roses hip seeds yang mencegah penuaan dini. Untuk pemakaiannya gunakan 1 butir kuning telur dan 2 sendok makan air mawar. Aduk hingga merata dan oleskan pada wajah. Tunggu hingga masker menyerap dan bilas dengan air sampai bersih.

Selain kuning telur, kamu juga bisa menggunakan campuran putih telur dan air mawar. Kalau ini khusus untuk wajah berminyak. Kulit berminyak cenderung lebih mudah berjerawat. Maka kombinasi putih telur dan air mawar adalah jawaban problem kulit kamu.

Air mawar mengandung antiseptik dan antibakteri yang mencegah iritasi wajah. Untuk pemakaian campurkan 1 sendok makan putih telur, 2 sendok makan air mawar dan madu sedikit saja. Aduk sampai merata dan oleskan pada wajah. Tunggu sampai mengering dan bersihkan dengan air.

Putih Telur dan Yoghurt

Sumber gambar girlscosmo.com

Kulit kusam adalah permasalahan yang sering timbul pada wanita yang tinggal di perkotaan. Debu, asap, dan polusi membuat wajah kusam dan kotor. Masker dari putih telur dan yoghurt bisa jadi solusi yang tepat untuk masalah kulit kusam.

Putih telur berguna untuk mengangkat kotoran di wajah dan mengencangkan kulit. Sedangkan yoghurt membuat kulit senantiasa lembab. Kombinasi ini akan membantu menutrisi dan meningkatkan kecerahan kulit wajah.

Untuk membuatnya siapkan 1 putih telur yang sudah dipisahkan dari kuningnya dan 1 yoghurt plain. Campurkan keduanya lalu oleskan merata pada wajah hingga leher. Tunggu beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

Alpukat, Madu, dan Kuning Telur

Sumber gambar stylepresso.com

Untuk mendapatkan kulit yang lembap dan tidak kering kamu bisa memanfaatkan masker dari bahan alami berupa kuning telur, alpukat, dan madu.

Alpukat kaya akan vitamin A, B6, dan C yang menutrisi kulit, membasmi jerawat, dan mengangkat sel kulit mati dari wajah. sedangkan khasiat madu sudah tidak perlu diragukan lagi. Madu memiliki antioksidan yang berperan melawan radikal bebas di kulit.

Siapkan bahan berupa 2 sendok makan alpukat, 2 sendok makan madu dan 1 kuning telur. Untuk pemakaian campurkan alpukat yang sudah dihaluskan dengan madu dan kuning telur. Aduk hingga rata dan aplikasikan pada wajah dan leher hingga merata. Diamkan sampai masker benar-benar menyerap lalu bilas dengan air sampai bersih.

Putih Telur dan Tea Tree Oil

Sumber gambar tea-time365.blogspot.com

Jika kulitmu bermasalah dengan jerawat, kamu bisa mengobatinya dengan masker dari putih telur dan minyak pohon teh. Tea tree oil adalah bahan pamungkas yang berkhasiat membasmi jerawat. Beberapa manfaatnya lainnya adalah memerangi komedo, mengangkat sel kulit mati, dan mengobati kemerahan pada wajah akibat jerawat.

Untuk penggunaannya siapkan putih telur dan campur dengan 4 tetes tea tree oil. Aduk sampai rata dan aplikasikan pada wajah dan leher. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas sampai bersih.

Kuning Telur dan Jeruk Nipis

Sumber gambar organicfacts.net

Komedo adalah permasalahan klasik yang kerap timbul pada kulit wajah. Untuk menyelesaikannya, gunakan masker campuran kuning telur dan jeruk nipis.

Kuning telur bersifat alami sebagai antikomedo dan membersihkannya sampai ke pori-pori terdalam. Jeruk nipis bertindak sebagai antioksidan yang membantu regenerasi kulit dan mengganti sel-sel kulit mati dengan yang baru.

Cara membuatnya dengan mencampur kuning telur dan perasan jeruk nipis sampai merata. Oleskan pada wajah dan diamkan beberapa saat sampai ramuan benar-benar meresap ke dalam kulit. Lalu bilas dengan air sampai bersih.

Putih Telur dan Teh Hijau

Sumber gambar prostatesupplements.com

Teh hijau adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk membasmi jerawat pada wajah. Kandungan antiseptiknya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Jika dicampur dengan putih telur, kulit wajah terbebas dari jerawat dan senantiasa kencang.

Untuk meracik masker putih telur dan teh hijau siapkan 1 putih telur dan secangkir teh hijau yang sudah didinginkan. Oleskan pada wajah dan diamkan beberapa saat hingga meresap. Lalu bilas dengan air sampai bersih.

Kuning Telur, Minyak Zaitun, dan Susu

Sumber gambar missmalini.com

Jika kamu ingin membuat masker untuk melawan tanda penuaan, kamu bisa mencampurkan kuning telur, minyak zaitun, dan susu. Minyak zaitun berperan sebagai anti aging yang menghilangkan keriput dan kerutan halus pada wajah. Susu bertindak untuk menyamarkan flek hitam dan membuat kulit senantiasa lembut.

Untuk penggunaannya dengan mencampurkan 1 butir kuning telur, 2 sendok makan minyak zaitun, dan 3 sendok makan susu. Aduk hingga rata dan balurkan pada wajah. Tunggu hingga 20-30 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

Putih Telur dan Pisang

Sumber gambar ititropicals.com

Selain rasanya yang enak, pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Senyawa lutein pada pisang membantu memerangi jerawat yang sering muncul ke permukaan kulit.

Jika kulit kamu bertipe sensitif, masker pisang akan menutrisi kulit dan meningkatkan imunitas wajah dari serangan bakteri penyebab jerawat. Bila digunakan dengan putih telur, kulit akan menjadi lebih cerah dan lebih lembut.

Kamu bisa mencampurkan pisang yang sudah dihaluskan dengan 1 butir putih telur. Kamu bisa juga menambahkan 1 sendok teh perasan lemon. Aduk sampai rata dan oleskan pada wajah. Biarkan beberapa menit sampai meresap lalu bilas dengan air sampai bersih.

Kuning Telur, Lemon, dan Madu

Sumber gambar babydigezt.com

Minyak berlebih pada wajah sering menimbulkan masalah kulit yang beragam. Mulai dari komedo, jerawat, hingga kulit mengkilap karena produksi minyak yang berlebih. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan campuran masker kuning telur, lemon, dan madu.

Lemon adalah bahan alami yang dapat diandalkan untuk kulit berminyak. Kandungannya mampu melawan bakteri penyebab jerawat sekaligus meningkatkan kecerahan kulit wajah. Madu berkhasiat sebagai antiseptik untuk menyembuhkan peradangan akibat jerawat yang memerah.

Untuk meraciknya campurkan 1 butir telur, 2 sendok teh perasan lemon, dan ½ sendok makan madu. Balurkan pada wajah sampai merata. Diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

From our editorial team

Lakukan dengan Rutin

Jangan berharap hasil masker akan langsung tampak setelah pemakaian pertama. Kelebihan bahan-bahan alami adalah minimnya reaksi alergi dan tidak berbahaya. Namun, untuk melihat hasilnya, diperlukan waktu dan ini bergantung pada seberapa rutin dan telaten kamu untuk merawat wajah secara teratur. Selain itu, dukung juga perawatan dengan makan buah dan sayuran yang baik untuk menutrisi kulit dari dalam. Jangan lupa untuk minum air putih serta istirahat yang cukup.

Tag