Wajah Berjerawat? Intip 5 Resep Masker Kunyit dan 10 Rekomendasi Masker Kunyit Siap Pakai Berikut! (2021)

Wajah Berjerawat? Intip 5 Resep Masker Kunyit dan 10 Rekomendasi Masker Kunyit Siap Pakai Berikut! (2021)

Masker wajah bisa digunakan agar kulit wajah lebih sehat dan segar. Kamu bisa melirik aneka masker wajah dengan bahan yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Untuk kamu yang berjerawat, kamu bisa memilih masker kunyit. Kamu bisa membuat sendiri atau bisa juga memakai masker kunyit instan yang siap pakai. Nah, yuk cek rekomendasinya dari BP-Guide!

Masker Kunyit Kaya Manfaat untuk Kecantikan Wajah

Indonesia kaya akan tanaman rempah yang banyak manfaatnya. Kunyit merupakan salah satunya. Tanaman yang satu ini tidak hanya banyak digunakan dalam aneka masakan, namun juga digunakan dalam aneka minuman dan untuk obat-obatan. Nah, ternyata, kunyit juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wajah, loh.

Kunyit memiliki bahan bioaktif bernama kurkumin. Bahan ini bersifat antiinflamasi dan kaya akan antioksidan yang bisa menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Aneka masalah wajah seperti noda hitam, jerawat, hingga komedo bisa teratasi dengan masker kunyit. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan kunyit sebagai masker wajah agar bisa mendapatkan manfaat baiknya.

Memakai masker kunyit secara rutin bisa membuat wajah jadi lebih cerah alami. Kandungan dalam kunyit akan membuat wajah jadi lebih merata warnanya. Flek hitam tersamarkan dan bekas jerawat juga bisa dipulihkan dengan lebih cepat. Noda gelap pada wajah akibat hiperpigmentasi juga bisa teratasi dengan baik jika kamu memakai masker kunyit secara rutin. Pemakaian masker kunyit bisa mengurangi hiperpigmentasi hingga 14 persen.

Masker kunyit juga bisa mengurangi kerutan yang ada di wajah. Kandungan dalam kunyit bisa memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Garis halus dan kerutan yang merupakan tanda-tanda penuaan bisa berkurang karena masker kunyit juga bisa meningkatkan produksi kolagen yang tugasnya menjaga elastisitas kulit.

Manfaat lain dari masker kunyit adalah untuk mengatasi hirsutisme. Ini adalah kondisi di mana terdapat rambut wajah berlebihan, seperti munculnya rambut dan kumis tipis pada wanita. Kondisi ini terjadi karena ketidakseimbangan hormon. Masker kunyit bisa dicampur dengan jus lemon dan yoghurt untuk dioles ke permukaan wajah, diamkan selama 10 menit, lalu dibilas memakai air hangat. Kamu juga bisa meminum air kunyit untuk mengobati ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan hirsutisme.

Bagi yang punya masalah dengan kantong mata hitam juga bisa mengandalkan masker kunyit. Masker yang satu ini akan mengatasi mata panda yang sangat menganggu penampilan.

Ini Loh Deretan Resep Masker Kunyit yang Wajib Dicoba di Rumah

Kunyit dan Yoghurt

Untuk membuat masker kunyit tidaklah rumit. Kamu bisa mencampurkan kunyit dengan aneka bahan di rumah. Salah satunya adalah yoghurt. Campuran kunyit dengan yoghurt bisa bermanfaat untuk wajah berjerawat. Bakteri pada yoghurt bisa melawan dan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Yoghurt juga kaya akan asam laktat yang dapat mengangkat sel kulit mati, mencegah pertumbuhan jerawat, dan bisa mengurangi kerutan halus.

Kamu cukup mencampurkan ½ sendok teh kunyit bubuk dengan 2 sendok makan yoghurt. Campuran ini kemudian tinggal diaduk merata dan diaplikasikan pada wajah. Diamkan 15 menit lalu bilas. Lakukan 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Kunyit dan Putih Telur

Kombinasi selanjutnya bisa kamu dapatkan dari kunyit dan putih telur. Campuran keduanya akan menghasilkan masker antioksidan yang bisa menghambat penuaan kulit. Ada juga bahan vitamin B6 yang bisa membantu regenerasi sel-sel kulit. Dalam telur juga ada vitamin A yang bisa menjaga pH kulit agar tetap seimbang.

Caranya mudah, kamu bisa mencampur sesendok teh bubuk kunyit dan sesendok teh putih telur. Campurkan keduanya lalu oles merata pada wajah dan leher. Diamkan 30 menit lalu pijat selama 5 menit dan bilas wajah sampai bersih.

Kunyit dan Lidah Buaya

Bahan lain yang bisa kamu campur dengan kunyit untuk membuat masker adalah lidah buaya. Bahan yang satu ini bisa menenangkan kulit yang kemerahan atau iritasi. Lidah buaya kaya antioksidan yang bisa melawan bakteri. Bahan ini juga ampuh untuk melembapkan kulit dan bisa menghilangkan bekas luka. Campuran dengan kunyit bisa membuatnya ampuh untuk melawan jerawat.

Campur ½ sendok teh kunyit dan 2 sendok makan lidah buaya. Aduk merata lalu oles pada wajah secara merata. Diamkan 10 menit lalu bilas.

Kunyit dan Tepung Jagung

Masker kunyit bisa mencerahkan wajah yang kusam karena polusi dan paparan radikal bebas. Kamu bisa mencampurnya dengan tepung jagung. Kombinasi keduanya akan memberi efek mencerahkan wajah. Tambahkan sedikit madu untuk membuat wajah jadi lebih aman dari munculnya noda hitam dan hiperpigmentasi penyebab kulit menggelap.

Campur ½ sendok teh kunyit bubuk dengan 1 sendok teh tepung jagung. Tambahkan madu secukupnya lalu aduk merata. Oles masker pada wajah dan diamkan 20 menit. Bilas dengan air hangat dan gunakan masker ini seminggu sekali untuk hasil maksimal.

Kunyit dan Madu

Kombinasi kunyit dan madu saja juga bisa jadi masker wajah yang bagus. Gunakan masker yang satu ini untuk mengatasi noda hitam akibat hiperpigmentasi. Jika kamu memakainya selama 4 minggu berturut-turut, maka bisa mengatasi warna kulit tidak merata.

Ambil ½ sendok teh kunyit bubuk lalu campur dengan 1 sendok makan madu. Aduk rata lalu aplikasikan di wajah dan diamkan 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk sambil ditepuk-tepuk.

Malas Bikin Masker Kunyit Sendiri? Coba Pakai Masker Instan Ini!

Luxcrime Turmeric Jasmine Mud Mask

Luxcrime Turmeric Jasmine Mud Mask adalah masker yang bisa kamu gunakan seminggu dua kali. Masker kunyit ini bisa memperbaiki permasalahan kulit yang kamu alami seperti bekas jerawat, kulit kusam, dan mata panda. Kandungan melati dan juga kunyitnya bisa mencerahkan wajah dan memudarkan noda gelap. Cukup oles merata pada wajah, diamkan beberapa menit, lalu bilas sampai bersih.

Harga Rp. 119.000-231.000

Himalaya Purifying Neem Mask

Himalaya Purifying Neem Mask cocok juga untuk kamu jadikan andalan. Paduan antara daun neem, kunyit, dan fuller's earth akan memberi manfaat besar pada kesehatan kulit wajah. Bahan-bahan di dalamnya mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mencegah jerawat datang kembali. Kulit akan terasa lebih sehat dan lebih kenyal. Produk ini juga bisa memberikan efek sejuk pada kulit.

Teksturnya sedikit kasar sehingga cepat kering di wajah. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai scrub wajah sehingga wajah lebih bersih alami.

Harga Rp. 20.000-40.000

Kiehl’s Turmeric & Cranberry Seed Energizing Radiance Masque

Kiehl’s Turmeric & Cranberry Seed Energizing Radiance Masque adalah rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Masker wajah ini kaya akan kunyit. Bahan ini bisa membuat wajah lebih cerah karena mengandung antioksidan alami. Hadir pula gentle exfoliator yang akan menyamarkan noda-noda hitam bekas jerawat dengan baik. Produk ini juga diperkaya cranberry extract yang bersifat antiinflamasi untuk mencegah kulit berjerawat.

Harga Rp. 73.000-560.000

Evete Naturals Yellow Glow Mask Kit

Evete Naturals Yellow Glow Mask Kit adalah produk yang terdiri dari bubuk masker dan essence yang bisa kita gabungkan sendiri sesuai kebutuhan. Di dalam produknya terkandung bahan kunyit yang ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit. Produk ini juga bisa membuat kulit memiliki sifat antiperadangan. Bubuk masker ini bisa kamu campur essence yang ada secukupnya. Aplikasikan di wajah lalu bilas hingga bersih usai kamu diamkan 8 menit.

Harga Rp. 88.000-145.000

Bielskin Turmeric Coconut Oil Natural Wash Off Masker Wajah for Acne Skin

Bielskin Turmeric Coconut Oil Natural Wash Off Masker mudah diaplikasikan pada wajah. Kamu tinggal mencampur bubuk masker ini dengan air, madu, atau susu. Selanjutnya aduk rata dan aplikasikan pada wajah dan leher secara merata. Tunggu 15 menit lalu bilas sampai bersih dengan air mengalir.

Masker yang satu ini tidak hanya bisa mencerahkan namun juga bisa menyamarkan bintik hitam, menghilangkan bekas jerawat, dan memperbaiki pigmentasi kulit. Masker ini sudah terdaftar di BPOM sehingga aman untuk digunakan.

Harga Rp. 20.000

FACE MASK TURMERIC by MIANMO Organic

FACE MASK TURMERIC by MIANMO Organic merupakan masker tanpa bahan kimia. Produk ini hanya memakai bahan organik yakni dari kunyit alami sehingga bisa memberikan hasil maksimal tanpa menimbulkan efek samping. Produk ini bisa menghilangkan jerawat, mencerahkan kulit, dan mencegah penuaan dini.

Harga Rp. 13.000-15.000

Gisella Skin Turmeric Organic Mask

Gisella Skin Turmeric Organic Mask merupakan masker dari merek lokal. Produk ini terbuat dari bahan organik berkualitas tinggi. Selain kunyit, terdapat pula kandungan minyak zaitun, susu, gandum, dan madu sebagai bahan utama. Kombinasi aneka bahan utama ini akan mencerahkan kulit, melembapkan, dan membebaskan kulit dari jerawat dan bekas jerawat yang menganggu. Masker ini juga tidak mengandung bahan pewarna dan pengawet jadi aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui juga.

Harga Rp. 6.000-42.000

LEA GLORIA Turmeric Organic Mask

LEA GLORIA Turmeric Organic Mask adalah produk yang terbuat dari bahan alami sehingga kamu tidak perlu was-was memakainya. Masker ini bisa kamu gunakan di pagi, siang, atau malam hari. Bahan alaminya yakni kunyit bisa membuat wajah lebih cerah dan halus. Produk ini akan mengurangi minyak berlebih dan bisa menghaluskan tampilan pori-pori wajah. Aromanya segar dan tidak bikin eneg sehingga membuat kita makin semangat merawat wajah.

Harga Rp. 4.500-8.000

PEEL OFF FACE MASK YELLOW TURMERIC

PEEL OFF FACE MASK YELLOW TURMERIC sangat mudah untuk diaplikasikan pada wajah. Produk ini hadir dengan kandungan kunyit yang kaya akan kurkumin. Bahan ini bersifat antioksidan dan antiperadangan. Pemakaian secara rutin akan mengurangi jerawat, melawan hiperpigmentasi, menghilangkan kerut halus di wajah, dan bisa menghilangkan bulu halus di wajah. Masker ini cukup diaplikasikan ke seluruh wajah lalu biarkan kering. Selanjutnya, kamu bisa mengelupas lapisan masker untuk membersihkan wajah.

Harga Rp. 10.000-23.000

Shine Beauty Masker Organik Kunyit

Shine Beauty Masker Organik Kunyit adalah rekomendasi terakhir dari kami. Produk ini berbahan utama kunyit. Maskernya bisa meratakan warna kulit, mencerahkan wajah, dan mengangkat kotoran wajah

Harga Rp. 5.600-7.000
From our editorial team

Efek Samping Masker Kunyit

Kunyit memang kaya manfaat untuk kecantikan kulit. Namun, kamu juga wajib waspada dengan efek sampingnya. Memakai kunyit terlalu berlebihan pada wajah bisa berisiko dermatitis kontak. Ada efek samping seperti, gatal, perih, atau sensasi terbakar. Jika kulit mengalami peradangan seperti ini maka bisa dibilang kamu alergi atau kurang cocok dengan masker kunyit. Supaya kamu terhindar dari kondisi ini, ada baiknya kamu melakukan tes dahulu sebelum memakai masker kunyit. Coba oleskan masker kunyit sedikit di lengan bawah dan tunggu selama 24 hingga 48 jam. Jika tidak ada reaksi alergi berarti kamu aman memakainya.