10 Rekomendasi Masker Spirulina untuk Wajah Lebih Sehat dan Berseri (2021)

10 Rekomendasi Masker Spirulina untuk Wajah Lebih Sehat dan Berseri (2021)

Spirulina sudah lama dikenal masyarakat akan manfaatnya untuk kesehatan. Spirulina juga bisa dijadikan masker wajah untuk menunjang kesehatan kulit. Selain manfaatnya, kamu juga wajib tahu bahaya memakai masker spirulina supaya kamu bisa lebih berhati-hati. Nah, cek rekomendasi masker spirulina di bawah ini, ya!

Mengenal Spirulina dan Kandungannya

Spirulina dikenal sebagai mikroalga yang banyak dimanfaatkan sejak berabad lamanya. Manfaatnya yang tinggi untuk kesehatan menjadikannya sebagai salah satu superfood yang banyak dikonsumsi masyarakat sampai saat ini. Spirulina alias ganggang biru hijau mampu memperbaiki kondisi kesehatan seperti diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, depresi, hingga kekurangan gizi.

Siprulina juga bisa membantu meningkatkan sistem imun. Produk ini juga bisa meningkatkan fungsi hati dan ginjal. Untuk mengonsumsi spirulina dalam bentuk bubuk biasanya dibutuhkan 1 hingga 3 gram per harinya.

Di dalam spirulina terkandung 55 hingga 70% protein yang lebih tinggi dibanding daging sapi, kedelai, atau daging ayam. Spirulina juga mengandung 9 asam amino esensial dan 10 non esensial. Ada juga kandungan asam gamma linolenat tingkat tinggi dalam produk spirulina. Nutrisi lain yang ada dalam spirulina adalah vitamin B12, kalsium, zat besi, fosfor, beta karoten, klorofil, asam arakidonat, asam deosiribonukleat, asam nukleat ribonukleat, dan phycocyanin.

Dengan berbagai kandungan tersebut, tak heran jika spirulina banyak diandalkan sebagai obat untuk beragam penyakit berbahaya yang telah disebutkan. Namun, siapa sangka bahwa spirulina juga bagus digunakan untuk perawatan kecantikan wajah, salah satunya dijadikan sebagai masker. Simak manfaatnya bersama, yuk!

Manfaat Spirulina jika Dijadikan Masker Wajah

Mencegah Munculnya Tanda-tanda Penuaan Dini

Spirulina hadir dengan fitonutrien dan karotenoid yang tinggi. Keduanya bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas. Memakai masker spirulina akan mampu mengurangi tanda-tanda penuaan di wajah. Misalnya, menghilangkan keriput karena paparan sinar matahari, noda hitam, hingga mengencangkan kulit yang kendur.

Spirulina sebagai masker juga kaya akan asam amino. Zat ini bisa membantu produksi kolagen. Fungsi kolagen adalah untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit agar senantiasa terkesan awet muda.

Mencerahkan Wajah

Spirulina juga bisa mencerahkan wajah jika digunakan sebagai masker. Ini karena spirulina mampu mengatasi pigmentasi kulit seperti munculnya bintik hitam di wajah. Masker ini juga bisa mencerahkan kulit wajah karena antioksidan di dalamnya membantu membuat kulit tampak lebih bercahaya. Spirulina mampu membantu mengatasi kusam karena paparan sinar matahari. Gunakan masker spirulina usai beraktivitas dan dapatkan kulit bersih bebas kusam. Kandungan klorofilnya yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati secara menyeluruh.

Melembapkan Wajah dan Mengobati Jerawat

Masker spirulina bisa melembapkan wajah dengan baik. Kulit yang kering hingga bersisik bikin kita jadi kurang percaya diri. Usahakan kulit selalu terhidrasi dengan baik. Salah satu caranya dengan memakai masker spirulina. Masker ini akan mengatasi kulit kering dan membuatnya lembap alami.

Masker spirulina juga bisa mengobati jerawat. Ini karena ada sifat antibakteri pada spirulina. Zat antibakteri tersebut bisa menyingkirkan bakteri-bakteri penyebab jerawat. Kamu bisa mencampur masker spirulina dengan madu untuk membuatnya makin ampuh usir jerawat.

Bahaya Masker Spirulina yang Wajib Diketahui

Banyak orang hanya tahu manfaat baik masker spirulina saja tanpa tahu manfaat buruknya. Padahal, penggunaan masker spirulina juga bisa berakibat fatal pada kulit wajah jika digunakan secara kurang tepat. Maka dari itu, selalu waspada dan hati-hati saat memakai masker spirulina.

Untuk ibu hamil, sebaiknya mengurangi pemakaian masker spirulina. Ini karena masker spirulina bisa menyebabkan alergi. Kamu tentu tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada kehamilanmu. Maka dari itu, untuk kamu yang alergi yodium dan mempunyai riwayat gagal ginjal, sebaiknya menghindari masker spirulina. Ini karena di dalam spirulina ada banyak konsentrasi vitamin, protein, hingga mineral yang tinggi.

Saat kamu sedang berjerawat, masker spirulina juga bisa memperparah kondisi wajah. Ini bisa terjadi jika kamu salah menerapkannya. Masker spirulina bisa melakukan detoksifikasi pada kulit dan akan dikeluarkan dalam bentuk jerawat. Jika banyak racun dalam tubuhmu, bisa jadi jerawat malah tambah parah dan bukannya berkurang.

Masker spirulina hadir dengan aroma yang bisa memicu rasa mual. Setiap orang memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda-beda. Ada yang mual dengan produk tertentu dan ada juga yang tidak. Nah, kalau kamu terbilang sebagai orang yang mudah mual, maka hati-hati saat memakai masker spirulina, ya.

Segala sesuatu yang dipakai berlebihan juga bisa berakibat kurang baik. Sama juga dengan masker spirulina. Pemakaian setiap hari akan memberikan efek samping yang bisa merusak kulit wajah. Kamu cukup memakainya 2 kali seminggu saja untuk mendapatkan manfaat baiknya.

Cara yang Tepat Mengaplikasikan Masker Spirulina

Dalam mengaplikasikan masker spirulina, kita tidak bisa asal saja. Caranya harus tepat agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Awali pemakaian masker dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar kulit wajah bisa menyerap nutrisi masker spirulina dengan sempurna. Gunakan face cleanser sesuai jenis kulit supaya kelembapan kulit bisa terjaga.

Langkah selanjutnya adalah dengan mencampur bubuk masker dengan air memakai takaran yang pas hingga menjadi kental. Balurkan pada wajah dan leher secara merata. Diamkan 15 menit sampai masker kering.

Bilas masker memakai air hangat agar kotoran dan kulit mati bisa terangkat dengan sempurna. Untuk memastikan kotoran benar-benar sudah bersih maka kamu bisa memakai toner untuk membersihkan wajah sekali lagi dengan memakai kapas.

Aplikasikan mosturizer usai memakai masker spirulina. Ini supaya kulit wajah tidak kering dan bisa terhidrasi dengan baik. Gunakan masker dua kali seminggu secara rutin.

Ini Dia Rekomendasi Masker Spirulina untuk Kamu

Aquila Spirulina Mask

Aquila Spirulina Mask ini cocok untuk jadi andalan kamu. Masker spirulina ini tidak hanya ampuh untuk mengatasi jerawat ringan. Produk ini juga bisa meredakan iritasi wajah dan kemerahan wajah. Masker spirulina ini bisa menutrisi kulit dan bisa menghilangkan tanda-tanda penuaan.

Dengan pemakaian teratur, wajah jadi lebih cerah dan juga lebih bersih. Produk ini juga bisa mengecilkan pori-pori sehingga wajah lebih halus teksturnya. Formula masker spirulina ini juga terbilang aman karena bebas pengawet, pewrna, petrolatum, dan phtalate. Masker ini hanya memakai bahan alami spirulina yang dikombinasikan dengan kunyit, beras, dan singkong.

Harga Rp. 68.000-140.000

Roro Mendut Masker SPIRULINA

Roro Mendut Masker SPIRULINA ini adalah masker lain yang bisa diandalkan. Masker yang satu ini pemakaiannya sangatlah praktis. Kamu cukup mencampurkan bubuk spirulina dengan air putih secukupnya. Aduk merata hingga kental lalu aplikasikan di wajah. Diamkan 20 menit lalu bilas sampai bersih.

Masker spirulina Roro Mendut ini mampu mencerahkan kulit, memperbaiki tekstur kulit, dan mengatasi kulit kusam dan berjerawat. Produk ini juga mampu mengencangkan kulit wajah, menutrisi kulit, dan mendetoks kulit secara alami.

Harga Rp. 3.400-130.000

Walatra Spirulina Plantesis -G

Walatra Spirulina Plantesis ini tentu bisa kamu gunakan secara rutin. Produk yang satu ini aman karena sudah terdaftar di BPOM dan juga berlabel halal. Kapsul spirulina yang satu ini terbuat dari bahan-bahan alami. Komposisinya dari ekstrak spirulina sehingga aman digunakan. Produk ini bisa dijadikan masker dengan mengeluarkan bubuk spirulina dari kapsulnya dan mencampurnya dengan air.

Kapsul ini juga bisa dikonsumsi untuk menaikkan berat badan dan meningkatkan stamina. Spirulina ini juga bisa menurunkan kolesterol tinggi dan membantu membuang racun dalam tubuh. Selain itu, produk ini juga akan mengontrol gula darah dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Harga Rp. 205.000

HPAI Spirulina

HPAI Spirulina ini juga bisa dijadikan masker untuk menyehatkan kulit wajah. Produk ini bisa dikonsumsi untuk merawat kesehatan payudara. Selain itu, bisa juga dikeluarkan isi kapsulnya untuk diolah menjadi masker spirulina. Masker ini mampu menghaluskan permukaan kulit dan bisa memperkuat jaringan kulit dalam.

Dikemas dalam botol, isinya 60 kapsul. Produk sudah mendapatkan sertifikasi BPOM sehingga aman digunakan. Merek asal Malaysia ini memakai jenis ganggang spirulina yang kadarnya lebih rendah.

Harga Rp. 55.575-90.000

Neoalgae Spirulina

Neoalgae merupakan produk spirulina air tawar satu-satunya di Indonesia. Produk ini berbentuk kapsul. Untuk mengolahnya jadi masker, cukup keluarkan isinya dari kapsul lalu campur dengan air hingga mengental. Produk ini dibuat dari spirulina yang hidup di air laut atau air tawar. Spirulina ini tidak memiliki efek samping. Produk ini aman juga dikonsumsi oleh ibu hamil ataupun menyusui. Kapsul spirulina ini dikemas dalam botol dengan isi 60 kapsul. Sudah ada sertifikasi BPOM sehingga terjamin lebih aman.

Harga Rp. 210.000-355.000

Puritan Spirulina 500 mg

Puritan Spirulina 500 mg tentu tidak bisa kamu lewatkan. Produk yang satu ini hadir dengan kandungan asam amino, mineral, dan vitamin yang tinggi. Ada juga asam lemak penting di dalamnya yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh setiap hari.

Tablet spirulina ini bisa dihancurkan untuk dijadikan masker. Produk ini akan merawat kulit dengan baik. Tanda penuaan dini teratasi dan kulit jadi makin halus dan kenyal.

Harga Rp. 177.000-364.000

Eza Masker Spirulina Superfood

Eza Masker Spirulina Superfood ini benar-benar bagus untuk jadi andalan. Produk ini terbuat dari 100% herbal ganggang biru hijau. Hadir dalam bentuk bubuk, produknya mudah dicampur dengan air untuk dijadikan masker. Ini cocok untuk kulit berminyak karena bisa mengontrol sebum. Masker ini sudah mendapatkan sertifikasi BPOM sehingga sudah terbukti aman.

Produk ini bisa melembutkan kulit dan mencerahkan warna kulit. Selain itu juga bisa mempertahankan elastisitas kulit dan menghilangkan jerawat. Kulit juga terbebas dari tanda-tanda penuaan dini.

Harga Rp. 48.000-77.000

Spirulina Tiens Capsules

Spirulina Tiens Capsules ini adalah rekomendasi selanjutnya dari kami. Produk yang satu ini hadir dalam bentuk kapsul siap minum. Spirulina ini juga bisa dijadikan masker dengan cara membuka kapsul dan mencampur isinya dengan air hingga kental. Spirulina ini hadir dengan ganggang spirulina Anthospira Maxima yang kaya akan zat poliskarida dan gamma linolenic. Manfaatnya bisa mencerahkan wajah, menghaluskan tekstur wajah, dan juga mengatasi jerawat. Produk ini juga bisa membantu proses regenerasi sel kulit.

Harga Rp. 43.000-343.000

SANSA Spirulina Wash Off Face Mask

SANSA Spirulina Wash Off Face Mask tentu sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini bisa mengencangkan kulit yang kendur karena usia. Spirulina ini juga bisa menjaga kelembapan kulit. Selain itu, produk ini juga bisa mengatasi masalah jerawat. Spirulina ini mudah digunakan. Cukup campur air lalu aplikasikan di wajah. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Harga Rp. 3.500-10.000

Colina Masker Spirulina Sachet

Colina Masker Spirulina menjadi rekomendasi selanjutnya. Dalam satu boks berisi 20 sachet. Dalam pembelian sudah termasuk dengan wadah dan kuas masker. Produk ini bisa menyehatkan kulit wajah, mencerahkan wajah, serta membuatnya lebih kenyal. Manfaat lain adalah menghilangkan tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam, kerutan, garis halus, dan jerawat. Kaya akan seaweed dan sunflower oil, masker ini bisa bikin kulit lebih nyaman.

Harga Rp. 28.000-80.000
From our editorial team

Hati-hati Produk Masker Spirulina Palsu

Masker spirulina palsu belakangan ini banyak beredar. Maka dari itu, jangan sampai kamu tertipu dan membeli masker spirulina palsu karena bisa merusak kulit wajah. Dampak negatif yang bisa muncul akibat memakai masker spirulina palsu adalah munculnya jerawat, kulit mudah kusam, iritasi, dan kulit terasa perih dan gatal berlebihan.