Jaga Kesehatan Kulit Wajah dengan 10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka untuk Remaja (2021)

Jaga Kesehatan Kulit Wajah dengan 10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka untuk Remaja (2021)

Mencuci muka wajib memakai sabun cuci muka. Untuk remaja, kamu wajib gunakan sabun cuci muka khusus untuk remaja karena formulanya tidak terlalu keras dan aman untuk wajah. Nah, jangan sampai salah pilih dan bikin wajah jadi iritasi, simak tips memilih sabun cuci muka dari kami! Simak juga rekomendasinya dari kami, ya!

Jaga Kesehatan Kulit Wajah Sejak Dini dengan Rutin Cuci Muka

Setiap wanita tentu ingin memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat. Jika kulitnya sehat, maka tak ada masalah pada kulit wajah yang bikin jadi kurang percaya diri. Selain itu, makeup juga tidak perlu terlalu tebal karena tak ada kekurangan pada wajah yang perlu ditutupi.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bersih bukanlah suatu impian yang tidak mungkin dicapai. Sejak dini alias remaja, kulit wajah haruslah dijaga kesehatannya. Tentu saja caranya bukan hanya dari luar namun juga dari dalam. Perawatan dari dalam adalah dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah, serta perbanyak minum air putih. Kamu juga perlu mengurangi makanan berlemak dan berminyak.

Sementara itu, perawatan dari luar bisa dilakukan dengan rutin mencuci muka dan juga memakai produk perawatan wajah yang tepat. Jika kita rutin mencuci muka, maka debu dan kotoran bisa terangkat dengan sempurna.

Remaja, umumnya banyak beraktivitas di luar rumah. Usai beraktivitas, sangat disarankan untuk mencuci muka dengan benar. Jika tidak, maka debu, kotoran, minyak, dan polusi bisa menutup pori-pori wajah yang pada akhirnya bisa menimbulkan jerawat.

Cuci muka dengan rutin wajib dilakukan di pagi hari usai bangun tidur, pulang dari beraktivitas di luar, dan saat akan pergi tidur. Mencuci muka secara rutin juga bisa mencegah penumpukan sel kulit mati. Jika kita malas mencuci muka, maka wajah terlihat kusam, kasar, dan kering. Kulit mati yang menumpuk juga bisa menimbulkan jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya.

Saat mencuci muka, pastikan kamu memakai sabun cuci muka. Ini karena air saja tidak cukup untuk membersihkan wajah secara maksimal. Dengan adanya sabun cuci muka khusus remaja, maka pembersihan kulit lebih maksimal dan kesehatan kulit wajah jadi lebih terjaga.

Tips Memilih Sabun Cuci Muka untuk Remaja

Sesuaikan Jenis Kulit

Memilih sabun cuci muka untuk remaja sebenarnya tidak sulit asalkan kamu tahu triknya. Salah satu caranya adalah dengan menyesuaikan sabun cuci muka dengan jenis kulitmu. Penyesuaian ini adalah agar kulit kamu jadi mendapatkan perawatan yang tepat dan kulit wajah bisa lebih terawat.

Jika kamu memiliki ciri kulit tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak, maka artinya kamu memiliki kulit normal. Kamu bisa memakai pembersih wajah khusus kulit normal untuk mempertahankan kesehatan kulit. Pilih yang bisa melembapkan dan membuat kulit jadi lebih cerah.

Nah, kalau kamu memiliki kulit yang rentan iritasi, artinya kulit kamu sensitif. Untuk kamu yang sensitif, sebaiknya hindari produk pembersih wajah yang mengandung pewangi, paraben, alkohol, dan zat kimia lain yang kerap bikin iritasi. Pilih sabun cuci muka yang memiliki label hypoallergenic agar tak menyebabkan alergi.

Jika kulit wajah kamu cenderung memproduksi minyak secara berlebihan, artinya kulit wajahmu tergolong tipe berminyak. Ini bikin wajah terkesan kusam dan lebih mudah berjerawat. Pilih sabun muka yang mengandung niacinamide karena akan efektif menyerap sebum dan merangsang kolagen alami dari kulit. Kamu juga bisa memilih produk dengan kandungan retinol karena bisa mengencangkan pori-pori dan bisa mengontrol produksi minyak.

Terakhir, untuk kamu yang memiliki kulit dengan ciri bersisik, pecah-pecah, dan kasar artinya tipe kulitmu adalah kering. Usahakan memilih produk pembersih wajah yang kaya gliserin karena bisa mempertahankan kelembapan kulit. Kamu bisa juga memilih pembersih muka dengan bahan vitamin E atau jojoba. Bahan tersebut bisa melembapkan kulit tanpa membuat kulit terasa berminyak.

Pilih Berdasarkan Jenis Sabunnya

Selanjutnya, saat akan membeli sabun muka untuk remaja maka bisa melihat berdasarkan jenis sabunnya. Di pasaran, kita bisa menemukan aneka jenis bentuk sabun muka. Ada yang berbentuk batangan, foam, gel, hingga creamy wash. Kamu bisa memilih mana yang sekiranya cocok dengan kulit kamu.

Kalau kamu suka yang teksturnya ringan, maka kamu bisa pilih sabun cuci muka dengan tekstur gel. Ini cocok untuk kulit kering dan juga sensitif. Sementara untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, kamu bisa pilih jenis sabun muka dengan bentuk foam yang kaya busa karena bisa bikin minyak di wajah terkontrol dengan baik.

Amati Perubahan dan Hentikan jika Tidak Cocok

Ketika kamu akan mencoba sabun muka, maka ada baiknya kamu melakukan tes dulu pada kulitmu untuk meyakinkan bahwa sabun tersebut aman dan cocok kamu gunakan. Usap sedikit produknya pada area belakang telinga. Area tersebut adalah area yang cukup sensitif. Diamkan selama 15 menit. Jika tidak ada reaksi yang terjadi, maka kamu bisa pastikan sabun cuci muka tersebut aman untuk kamu gunakan. Sebaliknya, jika ada kemerahan atau terasa gatal, maka sebaiknya urungkan memakainya dan ganti sabun cuci muka lainnya.

Ada baiknya juga kamu membuat foto wajah. Fotolah wajah sebelum memakai produk sabun cuci muka. Lalu lakukan foto lagi usai seminggu atau dua minggu pemakaian. Jika ada perubahan yang terjadi, misalnya seperti wajah lebih bersih dan lebih sehat, maka teruskan pemakaian. Jika wajah jadi makin kering atau terlalu berminyak, maka sebaiknya hentikan pemakaian dan beralihlah pada produk lainnya.

Pilih yang Bahannya Aman untuk Kulit Remaja

Tentu saja kamu harus mengutamakan keamanan produk tersebut sebelum memakainya. Cek bahan yang ada pada kemasan sabun wajah tersebut. Kamu bisa pilih bahan sabun cuci muka yang ringan. Hindari memilih sabun muka dengan bahan kandungan antiaging. Kamu juga tidak perlu memilih sabun cuci muka dengan bahan acid yang mengandung konsentrasi tinggi seperti AHA dan BHA. Gunakan sabun cuci muka yang lebih banyak bahan alaminya sehingga tidak memberi efek samping yang parah pada wajah.

Ini Dia Rekomendasi Sabun Cuci Muka untuk Remaja

Y.O.U Simply Fresh Facial Wash

Y.O.U Simply Fresh Facial Wash ini merupakan rekomendasi pertama untuk kamu. Produk yang satu ini hadir dengan kandungan ekstrak lemon. Bahan ini bisa mencerahkan dan juga menyegarkan kulit wajah. Selain itu, minyak di wajah juga bisa terkontrol dengan baik. Memakai sabun ini bisa mencegah jerawat muncul pada kulit.

Produk ini juga hadir dengan kandungan ekstrak madu. Bahan yang satu ini akan membantu menenangkan kulit yang iritasi, melembapkan kulit kering, dan bisa menutrisi kulit wajah dengan baik. Hasilnya, wajah jadi lebih halus dan kencang tanpa terasa kaku. Face wash ini tidak mengandung alkohol sehingga aman untuk kulit sensitif. Sabun juga hadir dengan kandungan pH balance jadi tidak akan mengiritasi kulit.

Harga Rp. 14.000-39.000

Pigeon Facial Foam

Pigeon Facial Foam tentu cocok jadi pilihan kamu selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan bahan-bahan alami dan tidak keras untuk kulit. Foam-nya mampu mengangkat kotoran dan sisa makeup hingga ke pori-pori wajah. Ini membuat wajah jadi lebih bersih maksimal.

Produk ini juga mengandung jojoba yang bisa menjaga kelembapan kulit dan ekstrak chamomile yang membuat kulit terasa lebih sejuk dan bisa terlindung dari iritasi. Produk ini cocok untuk dipakai semua jenis kulit termasuk kulit sensitif hingga berjerawat. Foam-nya lembut dan menenangkan kulit sehingga bikin kamu nyaman saat membersihkan wajah.

Harga Rp. 12.000-22.000

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser banyak jadi pilihan para wanita dan cocok untuk kulit remaja. Produk ini sangat aman untuk semua jenis kulit. Tidak mengandung sabun dan pewangi sehingga aman untuk kulit sensitif sekalipun. Sabun ini begitu lembut teksturnya sehingga aman juga digunakan untuk anak bayi. Produk ini tidak akan membuat kulit jadi kering. Sifatnya juga noncomedogenic sehingga dipastikan tak akan menutup pori-pori.

Kamu bisa memakainya dengan atau tanpa air. Jika memakai dengan air maka kamu bisa mengusap pada wajah dan kulit lalu bilas memakai air hingga bersih. Jika ingin tanpa air, maka usap pada wajah yang telah dibasahi sedikit. Lalu angkat sabun di wajah dengan memakai kapas.

Harga Rp. 69.000-224.000

Sebamed Clear Face Cleansing Bar

Sebamed Clear Face Cleansing Bar ini juga sayang dilewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini hadir dalam bentuk sabun batangan. Sabun ini formulanya bebas deterjen, bebas alkali, dan juga bebas pengawet. Dengan memakai sabun ini maka kamu akan terbebas dari iritasi. Sabun ini telah terbukti secara dermatologis mampu mengurangi pertumbuhan jerawat dan komedo.

Kamu yang memiliki kulit sensitif juga aman memakai sabun yang satu ini. Produk dilengkapi dengan vitamin E yang bisa menutrisi kulit dengan baik. Sabun ini juga hadir dengan kandungan lecithin dan asam amino. Sabun dengan pH 5,5 ini jika dipakai teratur akan bisa menjaga kestabilan dan kesehatan kulit.

Harga Rp. 81.000-88.000

Emina Ms. Pimple Acne Solution Face Wash

Emina Ms. Pimple Acne Solution Face Wash adalah rekomendasi yang sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini hadir dengan busa yang melimpah namun lembut di kulit. Kamu jadi lebih semangat membersihkan wajah. Kulit bisa lembap alami dan bebas iritasi.

Face wash ini hadir dengan kandungan salicylic acid sebagai eksfoliator. Bahan tersebut juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Ada juga bahan witch hazel extract dan zinc gluconate. Keduanya berfungsi mengontrol produksi minyak pada wajah. Hasilnya, wajah jadi bebas kilap dan kamu jadi bebas jerawat.

Harga Rp. 13.900-19.400

The Body Shop Drops of Youth Gentle Foaming Wash

Jangan lewatkan juga untuk mencoba The Body Shop Drops of Youth Gentle Foaming Wash. Produk yang satu ini mampu membantu mengangkat kotoran maupun sel-sel kulit mati. Kamu juga bisa memakainya untuk mengangkat sisa makeup yang simpel. Sabun wajah ini bisa digunakan sebelum beraktivitas atau berdandan karena bisa membantu penyerapan skincare selanjutnya.

Di dalamnya terkandung plant stem cells, babassu oil dari Brazil, dan cane sugar dari Paraguay. Bahan-bahan ini akan membuat kulit kamu jadi lebih kenyal dan lebih sehat.

Harga Rp. 185.000-430.000

Acnes Face Wash Deep Pore

Acnes Face Wash Deep Pore ini cocok untuk kamu yang ingin membersihkan wajah lebih maksimal. Produk yang satu ini aman untuk kulit remaja. Face wash yang satu ini bisa mengangkat minyak hingga ke lapisan terdalam pori-pori. Produk yang satu ini juga bisa melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kamu juga bisa memakainya untuk mencegah timbulnya komedo.

Sabun ini memiliki microbeads dengant tekstur yang halus. Ini membuat sabun nyaman di kulit. Kamu bisa mendapatkan kulit halus dan lembut maksimal usai pemakaian.

Harga Rp. 21.000-36.900

Dove Beauty Moisture Facial Cleanser

Dove Beauty Moisture Facial Cleanser tentu bisa jadi pilihan kamu berikutnya. Sabun yang satu ini hadir untuk kulit normal, kering, dan juga sensitif. Produk ini tidak hanya mampu membersihkan wajah namun juga bisa merawat kulit remajamu tanpa membuatnya kering atau iritasi. Sabun ini dilengkapi dengan nutrium moisture beauty serum. Bahan ini fungsinya adalah mengembalikan nutrisi kulit usai wajah dicuci bersih. Facial cleanser ini tidak mengandung alkohol sehingga aman untuk kulit sensitif.

Harga Rp. 17.500-53.000

Pond's Pure White Pollution D-Toxx Facial Foam

Pond's Pure White Pollution D-Toxx Facial Foam adalah produk yang sayang untuk kamu lewatkan. Produk yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit kombinasi dan berminyak. Di dalamnya ada ekstrak charcoal dan japanese green tea. Kedua bahan ini bisa membersihkan kotoran, minyak, hingga sisa makeup di kulit wajah.

Sabun cuci muka ini hadir dengan activated carbon, vitamin B3, dan purify power. Kandungan tersebut akan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit lebih cerah dan juga berkilau.

Harga Rp. 17.500-23.450

Himalaya Herbals Oil Control Lemon Facial Wash

Himalaya Herbals Oil Control Lemon Facial Wash adalah rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini cocok untuk kulit berminyak. Kandungan utamanya adalah ekstrak lemon yang bisa mencerahkan dan membersihkan kulit lebih merata. Ada juga kandungan astringent, madu, dan zat penyegar di dalamnya. Kulit jadi lebih ternutrisi dan lebih segar usai pemakaian. Produk dengan tekstur gel ini lembut di kulit dan nyaman dipakainya.

Harga Rp. 13.500-65.000
From our editorial team

Cek Ulasan Pengguna Sabun

Sekarang ini zaman sudah semakin canggih. Kita jadi bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang kita inginkan. Jika kita belum mengetahui informasi suatu produk sabun cuci muka, ada baiknya kita mengecek ulasan pengguna di internet. Cek bagaimana tanggapan mereka yang sudah pernah memakai sabun tersebut. Dari ulasan tersebut, kamu bisa tahu plus dan minus suatu produk. Dengan begitu, kamu bisa memutuskan untuk membeli produk sabun cuci muka tersebut atau tidak.