Ingin Punya Kulit Sehat dan Glowing Sejak Dini? Ini Dia 10 Rekomendasi Produk Skincare Emina Khusus Buat Kulit Remaja (2020)

Ingin Punya Kulit Sehat dan Glowing Sejak Dini? Ini Dia 10 Rekomendasi Produk Skincare Emina Khusus Buat Kulit Remaja (2020)

Kulit yang sehat adalah impian semua orang. Untuk mendapatkannya, kamu harus rajin merawat kulit sejak dini. Memasuki usia remaja, mulai perhatikan kesehatan kulit dengan menggunakan produk skincare yang sesuai kebutuhan. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi produk skincare Emina yang khusus diformulasikan buat kulit para remaja.

Merawat Kecantikan Kulit Dimulai di Masa Remaja

Kapan saat yang tepat untuk mulai merawat kulit?

Pertanyaan ini pasti banyak diajukan oleh kaum wanita. Kulit adalah organ tubuh terbesar manusia yang harus dirawat agar tetap sehat. Tidak memperhatikan kesehatan kulit dengan baik juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan lho.

Memasuki masa remaja adalah saat di mana seseorang harus mulai merawat kulit mereka. Ini disebabkan oleh aktivitas yang semakin padat, membuat mereka rentan akan paparan polusi dan sinar matahari setiap harinya. Tidak hanya itu, perubahan hormon di dalam tubuh tidak jarang memperburuk kondisi kulit lho. Salah satunya ditandai dengan kemunculan jerawat.

Penggunaan tabir surya bagi para remaja sangatlah penting. Sinar UVA dan UVB dari matahari bisa menyebabkan kanker kulit. Pakailah tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 agar dapat memberi perlindungan yang maksimal. Ulangi pengaplikasiannya selama 2-4 jam sekali.

Merawat kulit adalah investasi di masa depan. Kulit yang terawat dan ternutrisi sejak dini akan tampak lebih sehat dan awet muda. Ketika sudah memasuki usia dewasa, munculnya tanda-tanda penuaan seperti kulit kering, keriput, dan mengendur bisa diperlambat.

Masalah Kulit yang Sering Dialami Remaja

Jerawat

Salah satu masalah kulit yang sangat umum dialami oleh para remaja adalah munculnya jerawat. Tanda-tanda kulit berjerawat adalah permukaan kulit mengkilap, kulit terlihat kusam dan muncul banyak komedo, bercak-bercak pada kulit, hingga pori-pori yang membesar.

Kondisi kulit seperti ini terjadi bukan karena alasan. Ada faktor eksternal seperti sinar UV, polusi udara, hingga asupan makanan yang menyebabkan jerawat. Ada pula faktor internal seperti perubahan hormon dan peningkatkan produksi minyak pada kulit.

Jerawat bisa membuat kepercayaan diri seorang remaja menurun drastis. Bagaimana tidak, penampilan mereka pastilah tidak terlihat sempurna. Jika tidak ditangani dengan baik, jerawat bisa semakin parah dan merusak kondisi kulit yang sebenarnya.

Kulit Berminyak

Salah satu yang menyebabkan kulit berjerawat adalah kulit yang berminyak. Kulit berminyak ditandai dengan permukaan wajah terlihat mengkilap, pori-pori membesar, dan terlihat kusam. Produksi minyak berlebih pada kulit wajah bisa menyumbat folikel rambut kulit wajah dan menyebabkan jerawat.

Hal ini wajar terjadi pada remaja yang mengalami perubahan hormon sehingga menyebabkan tingginya produksi sebum pada wajah. Kulit berminyak perlu perawatan khusus untuk mengontrol produksi minyak berlebih. Gunakan serangkaian produk yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Jangan lupa untuk rajin membersihkan wajah dan mencuci muka sebelum tidur.

Kusam

Ini dia masalah yang sering dikeluhkan para remaja. Kulit yang terlihat kusam dan tidak bercahaya tentu bukan tanpa sebab. Masa remaja biasanya ditandai dengan semakin banyaknya aktivitas di luar rumah. Mulai dari kegiatan sekolah, bermain bersama teman-teman, les, dan masih banyak lagi.

Paparan sinar matahari di luar ruangan dan polusi udara membuat sinar alami kulit menjadi semakin tidak tampak. Akibatnya, kulit pun menjadi semakin kusam. Untuk mecegah kekusaman kulit, lindungi dengan menggunakan tabir surya untuk menghalau sinar matahari berbahaya.

Perlu diketahui, sinar matahari menjadi penyebab utama kekusaman kulit pada remaja. Kondisi ini bisa semakin parah dengan produksi minyak berlebih yang bisa memunculkan jerawat.

Noda Bekas Jerawat

Jerawat bisa memunculkan masalah lain yang tidak kalah penting yaitu noda bekas jerawat. Jika dirawat dengan baik, jerawat bisa hilang tanpa meninggalkan bekas. Namun, para remaja biasanya tidak bisa menahan diri untuk tidak memencet-mencet jerawat. Tindakan inilah yang menyebabkan jerawat meninggalkan noda.

Meski jerawat kadang terasa gatal, panas, dan nyeri, sebaiknya tahan godaan untuk menyentuh jerawat. Tangan yang kotor bisa mentransfer bakteri ke jerawat yang membuat kondisinya semakin parah. Bekas jerawat sendiri memerlukan waktu lama untuk hilang, sekitar 6 sampai 12 bulan.

Beberapa Jenis Produk Skincare untuk Remaja yang Diproduksi Emina

Cleanser

Sumber gambar carousell.com

Pembersihan adalah langkah yang sangat penting dalam perawatan kulit wajah. Emina sangat menyadari hal ini dan mencoba memformulasikan pembersih praktis bagi para remaja. Micellar Water dari lini Bright Stuff berfungsi untuk mengembalikan kecerahan kulitmu setelah lelah berativitas selama seharian.

Rangkaian pembersih Emina masih banyak jenisnya untuk memenuhi kebutuhan kulitmu yang berbeda-beda. Setelah menggunakan micellar water, kamu bisa melanjutkan pembersihan dengan facial cleanser, facial foam, dan facial scrub. Karena ketiga memiliki fungsi dan kandungan yang berbeda-beda, pastikan kamu memilih yang paling tepat untuk kulitmu. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan hasil yang paling maksimal dari perawatan kulit yang kamu lakukan.

Toner

Sumber gambar shopee.co.id

Toner sangat penting untuk kulit. Fungsi utama toner adalah mempersiapkan kulit untuk menerima rangkaian skincare selanjutnya sekaligus mengembalikan kelembapan kulit yang hilang setelah mencuci muka.

Apa pun jenis kulitmu, jangan melewatkan toner dalam skincare routine harian. Toner akan mendinginkan dan menenangkan kulit wajah sehingga nutrisi yang ada pada serum atau pelembap bisa diserap secara maksimal.

Ada berbagai macam jenis toner dari Emina yang bisa kamu pilih sesuai jenis kulit dan kondisi kulit wajahmu. Meski jenis kulitmu adalah normal dan cenderung tidak bermasalah, jangan sepelekan keberadaan toner, ya!

Moisturizer

Sumber gambar shopee.co.id

Kulit yang terhidrasi dengan baik adalah tanda kulit yang sehat. Ini berlaku untuk semua jenis kulit. Paparan udara di luar ruangan sangat rentan mengikis kelembapan kulit, membuatnya terasa kering dan sensitif.

Sebelum menggunakan tabir surya, pastikan kulit sudah mendapatkan pelembap terlebih dahulu. Moist in a Bottle Moisturizer adalah produk pelembap unggulan Emina yang wajib kamu pakai sehari-hari.

Bahkan buat kamu yang punya kulit berminyak, bukan berarti kamu boleh merasa aman hanya karena permukaan kulit tidak kering. Kulit yang berminyak belum tentu terhidrasi dengan baik lho. Kulit yang lembap akan terlihat lebih sehat, awet muda, serta mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Sunscreen

Sumber gambar shopee.co.id

Indonesia adalah negara tropis yang mendapatkan banyak paparan sinar matahari. Tidak heran suhu di negara kita bisa sangat panas di siang hari. Kondisi ini sangat berbahaya bagi kulit jika tidak diberi perlindungan. Lindungi kulit setiap hari dengan tidak lupa mengoleskan tabir surya sebelum keluar rumah.

Emina Sun Protection mengandung SPF 30 PA++ yang mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Di dalamnya terdapat kandungan zat aktif yang mampu bekerja sebagai filter untuk mencegah sinar matahari masuk ke kulit.

Sebaiknya kamu membawa sunscreen kemana saja kamu pergi karena sunscreen harus diulang lagi pemakaiannya setiap 2 sampai 4 jam sekali.

Serum

Sumber gambar lazada.co.id

Serum adalah jenis skincare yang teksturnya lebih encer dari krim. Karena itulah serum mudah diserap oleh kulit. Serum kulit biasanya berbasis minyak atau air, bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulti wajah.

Serum mengandung banyak bahan aktif yang biasanya sangat mudah diserap oleh kulit. Fungsinya sendiri beragam, mulai dari mencerahkan kulit, mengencangkan kulit, menyamarkan tanda penuaan dini, hingga menjaga kelembapan kulit.

10 Produk Unggulan dari Emina untuk Merawat Kulit Remaja

Bright Stuff for Acne Prone Skin

EMINA Bright Stuff Face Wash For Acne Prone Skin adalah sabun wajah yang diformulasikan khusus untuk kulit rentan berjerawat agar tampak semakin cerah alami. Diperkaya dengan kandungan ekstrak summer plum dan double brightening power yang bisa membantu kulit terlihat lebih sehat.

Ekstrak cinnamon bark dalam produk ini bekerja mengangkat kotoran dan minyak berlebih di kulit wajah tanpa membuat kulit menjadi kering. Hasilnya kulit akan semakin cerah dan berkilau. Karena dibuat untuk kulit rentan berjerawat, produk ini bersifat noncomedogenic dan nonacnegenic.

Gunakan sabun wajah ini setelah membersihkan kulit dengan micellar water lalu lanjutkan dengan pelembap khusus untuk kulit yang rentan berjerawat juga.

Harga Rp. 20.000-24.000

Dot Burst Face Wash

Dot Burst Face Wash dari Emina adalah pembersih wajah lembut dengan butiran scrub halus untuk memaksimalkan pengangkatan kotoran dari pori-pori kulit wajah. Diformulasikan tanpa parfum dan tanpa pewarna, sangat cocok untuk kulit kering dan sensitif.

Tekstur gelnya diperkaya dengan butiran scrub halus berwarna hijau, tidak berbau menyengat, namun memiliki wangi yang mirip dengan gel lidah buaya. Setelah pemakaian, wajah terasa bersih, ringan, dan tidak terasa kesat.

Produk ini sangat cocok untuk digunakan setiap hari, di pagi dan malam hari sebelum memulai rangkaian skincare yang lainnya.

Harga Rp. 11.100-15.700

Double The Moist Face Toner

Setelah melakukan double cleansing dengan pembersih dan sabun wajah, jangan lupa mengusapkan toner dulu ke kulit wajah. Double The Moist Face Toner dari Emina memiliki kandungan vitamin E dan ekstrak chamomile yang mampu melembapkan kulit.

Bekerja meringkas pori-pori, membuat kulit wajah terasa lebih segar dan sehat. Toner ini tidak mengandung alkohol dan terasa ringan di kulit. Sangat cocok untuk kulit normal cenderung kering. Kamu bisa menggunakan produk ini setiap hari sebelum memulai skincare routine harianmu.

Harga Rp. 16.500-23.300

Witch Power Face Toner

Emina meluncurkan berbagai macam toner yang diformulasikan sesuai kebutuhan kulit remaja yang berbeda-beda. Kali ini ada Witch Power Face Toner yang diformulasikan bebas alkohol. Di dalamnya terdapat kandungan zinc gluconate dan ekstrak witch hazel untuk membersihkan kulit dan mengurangi penumpukan sebum pada kulit.

Toner ini cocok untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Selain itu kulit akan terasa lebih lembap dengan ekstrak lidah buaya di dalamnya. Sayangnya produk ini kurang cocok untuk kulit sensitif karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Harga Rp. 24.500-25.800

Moist in a Bottle Face Moisturizer

Produk pelembab unggulan dari Emina yang dibuat khusus untuk kulit remaja adalah Moist in a Bottle Face Moisturizer. Teksturnya yang ringan memberikan sensasi watery pada kulit, tidak membuat kulit terasa lengket dan tidak menyebabkan iritasi. Produk ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit dan bisa meresap dengan cepat dan sempurna.

Formula kandungan minyak macadamia di dalamnya melindungi kulit agar tidak kering, menjaga kulit tetap lembap, dan memastikan kulit terhidrasi sepanjang waktu. Gunakan pelembap ini setelah menggunakan toner dan serum serta sebelum mengaplikasikan sunscreen. Ulangi pemakaian pelembap kapan pun kulit terasa kering.

Harga Rp. 23.375-27.500

Bright Stuff for Acne Prone Skin Moisturizing Cream

Jerawat yang ada di kulit bisa menyerap semua kelembapan yang ada dan membuat kulit menjadi snagat kering. Buat kamu yang punya masalah dengan jerawat, ada Emina Bright Stuff for Acne Prone Skin Moisturizing Cream untuk menjaga kelembapan kulitmu.

Kandungan ekstrak summer plum dan double brightening power di dalamnya akan membuat wajah terlihat lebih cerah alami. Ekstrak cinnamon bark di dalamnya bekerja sebagai sebum regulator dan soothing agent untuk menenangkan kulit berjerawat serta mengontrol produksi minyak berlebih di wajah.

Kulit pun terlihat semakin cerah dan bebas jerawat, membuatmu semakin percaya diri dengan penampilanmu.

Harga Rp. 18.095-20.000

Sun Protection SPF 30 Sun Screen

Sinar matahari yang sangat terik di pertengahan tahun bisa menimbulkan banyak masalah untuk kulitmu. Sebelum keluar rumah dan beraktivitas, jangan lupa gunakan Emina Sun Protection SPF 30 Sun Screen. Tekstur produk ini cair mirip losion berwarna putih yang terasa ringan di kulit dan mudah terserap di kulit.

Produk ini diklaim mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Kandungan SPF 30 PA++ akan membuat kulitmu tetap sehat dan lembap serta menahan sinar UV agar tidak terserap oleh kulit. Kandungan lain adalah ekstrak lidah buaya dan emolien yang dapat membuat kulit tetap lembap.

Gunakan di kulit 15 menit sebelum memulai aktivitas di luar dan ulangi pemakaiannya setiap 2 sampai 4 jam sekali saat masih berada di luar ruangan.

Harga Rp. 22.500-30.000

Bright Stuff Tone Up Cream

Bright Stuff Tone Up Cream dari Emina adalah krim yang mampu melembapkan dan mencerahkan kulit dengan pemakaian rutin. Hasil akhir produk ini adalah matte powdery dengan efek satin yang membuat kulit mulus dan berkilau. Manfaatnya bisa kamu lihat secara langsung alias instan hanya setelah satu kali pemakain saja.

Cocok untuk kamu yang tidak suka repot, namun tetap ingin kulit wajah terlihat oke setiap saat. Krim ini mengandung ekstrak summer plum dan vitamin B3 yang bekerja mencerahkan kulit. Blurring effect pada produk bekerja menyamarkan noda pada kulit, sehingga kulit terlihat lebih halus. Dilengkapi dengan perlindungan terhadap sinar UVA dab UVB yang berbahaya sehingga kulit tetap sehat dan cantik.

Harga Rp. 16.800-17.999

Micellar Water Drop Cleanser

Sebelum mulai menggunakan skincare, jangan lupa bersihkan wajah dulu. Emina Micellar Water Drop Cleanser – Bright Stuff adalah pembersih dengan formula ringan yang mampu bekerja maksimal. Diperkaya dengan kandungan ekstrak summer plum untuk membuat wajah terlihat lebih cerah. Cleansing agent dapat mengangkat kotoran dan membersihkan makeup hanya dalam sekali usap saja.

Kandungan lainnya adalah ekstrak mentimun yang bekerja sebagai soothing agent untuk menyegarkan dan menenangkan kulit wajah. Tuangkan secukupnya pada kapas, lalu usapkan secara merata ke seluruh wajah kecuali bagian mata.

Harga Rp. 24.500-30.225

Ms. Pimple Acne Solution Spot Gel

Ms. Pimple Acne Solution Spot Gel adalah produk dari Emina yang bekerja melawan jerawat aktif dengan 4 mekanisme Acne Shield Agent untuk menyembuhkan jerawat dengan cepat. Produk ini bekerja mengontrol produksi sebum, mengurangi kemerahan pada kulit, dan merawat kulit yang kasar akibat jerawat.

Kulitmu akan terlihat lebih sehat, tidak kemerahan, dan tidak mengkilap karena kelebihan produksi sebum. Oleskan krim ini sebesar biji kacang saja pada area berjerawat sebanyak 1 sampai 3 kali sehari.

Harga Rp. 25.900-31.620
From our editorial team

Jadi, Sudah Tahu Mana yang Dibutuhkan Kulitmu?

Mengetahui kebutuhan kulit memang sangat penting untuk mendapatkan produk perawatan yang bisa bekerja maksimal. Emina sebagai merek skincare lokal untuk remaja memiliki rangkaian produk untuk semua jenis kulit. Tugasmu adalah memastikan jenis kulitmu sehingga kamu tahu produk mana yang paling cocok untukmu. Cek lagi deh rekomendasi BP-Guide di atas!