Tak Perlu Bingung Memilih Produk Perawatan Wajah, Ini Dia 9 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Kombinasi (2020)

Tak Perlu Bingung Memilih Produk Perawatan Wajah, Ini Dia 9 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Kombinasi (2020)

Punya tipe kulit kombinasi memang memiliki kesulitan tersendiri dalam perawatannya. Bahkan, tak jarang pemilik tipe kulit ini mengalami kesulitan dalam memilih produk perawatan wajah. Tak perlu bingung dalam memilih produk, ini dia rekomendasi produk skincare yang cocok untuk kulit kombinasi.

Kulit Kombinasi dapat Terlihat dari Area Dahi, Hidung, Dagu yang Berminyak dan Kering dibagian Pipi

Apa tipe kulitmu? Sebelum menggunakan skincare atau produk kecantikan lainnya, mengenali jenis kulit menjadi hal pertama yang perlu dilakukan. Kulit pun memiliki tipenya masing-masing, sehingga perawatan yang dibutuhkan juga berbeda. Dari sekian jenis kulit, tipe kulit kombinasi adalah yang paling tricky lantaran perlu mengetahui perawatan yang tepat.

Pemilik kulit kombinasi memiliki kulit yang rentan kering di area pipi. Sedangkan di area T-zone atau dahi, hidung, dan dagu lebih rentan berminyak. Berbagai masalah kulit di wajah sering timbul, seperti komedo hitam di area hidung, munculnya kerutan, jerawat, hingga pori-pori yang besar.

Untuk pemilik kulit kombinasi, skincare dengan bahan ringan lebih direkomendasikan. Selain itu, untuk menjaga pori-pori agar tidak tersumbat, produk dengan kandungan retinol, asam alfa hidroksi, atau asam beta hidroksi sangat disarankan.

Jangan Asal Salah Pilih Produk Skincare yang akan Kamu Pakai

Bukan rahasia lagi bahwa pemilik kulit kombinasi sering mengalami kesulitan dalam menemukan produk perawatan kulit yang pas. Padahal, penggunaan produk skincare yang tidak sesuai justru menyebabkan kondisi kulit menjadi lebih sensitif dan rentan mengalami iritasi. Sehingga, pemilik kulit kombinasi harus lebih selektif dalam memilih skincare.

Agar keseimbangan kulit tetap terjaga, beberapa produk yang perlu digunakan oleh pemilik kulit sensitif, antara lain pelembap, toner, dan krim tabir surya. Dalam membeli skincare, sebaiknya pilih produk berbahan dasar air, sehingga lebih ringan digunakan. Produk yang bebas alkohol juga lebih direkomendasikan agar kulit tidak semakin kering dan rentan iritasi.

Tips lain dalam memilih skincare adalah memperhatikan kandungan bahan aktif. Pilihlah skincare dengan kandungan bahan aktif yang bermanfaat dalam memelihara keseimbangan kelembaban dan minyak di wajah.

Tips Memilih Skincare yang Tepat untuk Kulit Kombinasi

Pilihlah Produk Pembersih Berbasis Air, Bukan Minyak

Ada beberapa tips khusus yang bisa diterapkan bagi para pemilik kulit kombinasi. Tips yang pertama adalah memilih produk pembersih yang berbasis air. Di pasaran ada dua jenis pembersih yang biasa digunakan, yaitu pembersih berbahan air dan berbahan minyak. Pembersih berbasis air dirasa lebih efektif menghilangkan kotoran dan mencegah penyumbatan minyak di pori-pori.

Pembersih dengan basis air biasanya dibuat dari campuran zat pembersih dan juga nutrisi yang tidak hanya mampu membersihkan, tetapi juga mengencangkan dan memurnikan kulit. Meski demikian, pembersih dengan basis air cocok digunakan untuk membersihkan make up ringan. Sehingga, perlu melakukan double cleansing agar wajah bersih maksimal.

Baca Terlebih Dahulu Kandungan Bahan Aktifnya

Membaca kandungan bahan aktif adalah salah satu tips penting sebelum membeli produk skincare. Bagi pemilik kulit kombinasi, sebaiknya pilihlah produk perawatan kulit dengan bahan aktif yang mampu menjaga kelembaban dan keseimbangan minyak di wajah.

Beberapa bahan aktif yang diperlukan oleh kulit kombinasi, antara lain asam hialuronat, gliserin, niaciamide, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin D. Bahan-bahan tersebut mampu menjaga kelembaban kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan mengurangi peradangan.

Agar kulit tidak berjerawat, jangan gunakan pembersih berbasis minyak lantaran mampu menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Sebaiknya, gunakan toner berbasis air dengan bahan alami mengandung antioksidan, seperti teh hijau, lidah buaya, stroberi, anggur, cendana, dan jamur white jelly.

Jangan Lupa Lakukan Uji Sensitivitas

Tips berikutnya sebelum memilih produk skincare adalah melakukan uji sensitivitas atau patch test, karena bisa jadi skincare yang dipilih justru tidak cocok untuk kulitmu. Bukannya tambah sehat, pemilihan skincare yang salah malah bisa menimbulkan berbagai masalah kulit baru.

Ada beberapa efek yang kerap ditimbulkan pada kulit yang tidak cocok dengan skincare tertentu, seperti rasa gatal, kulit kering dan bersisik, timbulnya jerawat, kulit menjadi kusam, hingga ruam dan kemerahan.

Untuk menguji reaksi alergi, kamu bisa melakukan patch test pada dua area terdekat di mana produk akan diaplikasikan dan pada area tubuh yang tertutup. Beberapa area yang biasa digunakan untuk patch test, antara lain samping leher, perut, lengan atas, dan lutut. Apabila produk mengandung bahan yang tidak cocok untuk kulitmu, akan timbul reaksi alergi setelah 24-72 jam.

Hindari Produk Mengandung Alkohol

Memiliki kulit kombinasi membuat wajah seolah terbagi menjadi dua area, yaitu area kering dan berminyak. Untuk mengatasi kulit berminyak, banyak orang memilih produk mengandung alkohol agar minyak lebih terkendali.

Namun, pemilik kulit kombinasi tidak disarankan menggunakan produk dengan kandungan alkohol. Meski memiliki area wajah berminyak, kulit kombinasi juga memiliki area kering yang justru akan semakin kering dan rentan iritasi bila menggunakan produk beralkohol.

Sebenarnya tidak semua alkohol memberikan dampak yang buruk bagi kulit. Ada pula jenis alkohol yang justru bermanfaat bagi kulit, seperti cetearyl alcohol, glycol, cetyl alcohol, C12-16, myristyl alcohol, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, banyak pengguna skincare yang kurang memahami mengenai jenis-jenis alkohol yang baik untuk kulit. Sehingga, penggunaan skincare tanpa alkohol lebih dianjurkan.

Konsultasikan dengan Dokter Spesialis Kulit

Berbagai masalah kulit biasanya muncul pada pemilik kulit kombinasi. Sebut saja jerawat, komedo, kerutan, pori-pori besar, dan berbagai masalah kulit lainnya. Namun, masalah kulit tersebut tidak selalu disebabkan oleh kondisi kulit kombinasi yang dimiliki. Bisa jadi masalah kulit yang timbul disebabkan oleh masalah kesehatan lain yang menjadi serius apabila tidak diketahui sejak dini.

Untuk memastikan penyebab dan kondisi kulit sebenarnya, melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit adalah solusinya. Selain bisa melakukan prosedur penanganan yang tepat untuk masalah kulit, biasanya dokter kulit juga akan membantu memilih produk skincare yang tepat sebagai perawatan mandiri.

Pilihan Produk Skincare untuk Kulit Kombinasi New Update 2020

Nivea Sparkling White Whitening Foam

Nivea Sparkling White Whitening Foam adalah rekomendasi pertama skin care yang cocok untuk kulit kombinasi. Foam keluaran Nivea ini memiliki busa lembut yang mampu membersihkan kotoran hingga make-up pada wajah.

ndungan Pearl Whitening di dalamnya juga efektif dalam mencerahkan kulit, sehingga wajah tidak kusam lagi. Bagi kamu yang memiliki masalah noda hitam pada wajah, produk ini sangat direkomendasikan karena mampu menyamarkan noda hitam dalam 7 hari.

Tak hanya itu, whitening foam yang satu ini berperan dalam menjaga kelembapan kulit, sehingga tidak membuat kulit kering setelah pemakaian. Memberikan kesan fresh dan berseri, produk ini juga telah teruji secara dermatologi, sehingga aman digunakan.

Harga Rp. 13.500-50.000

SK-II Facial Treatment Essence

Kamu kerap beraktivitas di luar ruangan dan rentan terpapar polusi serta radiasi matahari? SK-II Facial Treatment Essence adalah skincare yang cocok untuk mejaga kesehatan kulit wajahmu.

Produk yang populer dan laris manis di pasaran ini mengandung pitera lebih dari 90% yang terdiri dari bahan aktif dengan manfaat antioksidan.

SK-II Facial Treatment Essence dibuat dari beragam bahan aktif, seperti asam amino, mineral, asam organik, multivitamin, protein, dan sakarida, membuat produk ini efektif dalam melindungi kulit dari sinar UV dan polusi.

Bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat, produk ini mampu menjaga kesehata kulit dari bakteri penyebab jerawat, mengempiskan jerawat, hingga menyamarkan bekas jerawat. Skin care keluaran SK-II ini benar-benar membantu dalam mengkondisikan fungsi alami kulit.

Harga Rp. 500.000-1.625.000

Emina Bright Stuff Facial Wash

Tak melulu produk impor, Indonesia juga memiliki produk dalam negeri yang tak kalah efektif. Emina Bright Stuff Facial Wash adalah produk lokal keluaran Emina yang cocok untuk pemilih kulit kombinasi.

Facial wash ini mengandung Summer Plum Extract dan Vitamin B3 yang mampu mencerahkan dan menyamarkan noda hitam. Produk ini juga dilengkapi dengan Cinnamon Bark Extract yang berfungsi sebagai sebum regulator, sehingga mampu mengontrol minyak berlebih di wajah.

Bagi kamu yang rentan berjerawat, produk dengan soothing agent ini akan membantumu dalam mengurangi kemerahahan dan iritasi pada wajah. Cukup dengan satu produk, wajah akan menjadi lebih cerah, lembap, dan terjaga dari radikal bebas.

Harga Rp. 12.000-23.085

Innisfree Green Tea Balancing Skin

Innisfree telah menjadi salah satu brand skincare yang digemari, termasuk di Indonesia. Dengan konsep alaminya, produk ini telah menghadirkan skincare yang cocok untuk pemilik kulit kombinasi. Salah satu produk andalannya adalah Innisfree Green Tea Balancing Skin.

Mengandung ekstrak teh hijau segar dari Pulau Jeju yang kaya asam amino dan mineral, produk ini efetif dalam menjaga kelembaban kulit. Dengan kandungan 16 jenis asam amino, produk ini tak hanya melembabkan, tetapi juga membuat kulit lebih cerah.

Sesuai dengan namanya, Innisfree Green Tea Balancing Skin memiliki fungsi utama dalam menjaga keseimbangan antara kelembaban dan sebum. Dengan tekstur yang kental dan lembut, produk ini cepat diserap ke dalam kulit.

Harga Rp. 240.000-436.000

Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water

Punya kulit kombinasi memang kerap membuat bingung dalam memilih produk skincare, termasuk memilih micellar water. Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water menjadi salah satu produk micellar water yang cocok untuk pemilik kulit kombinasi.

Produk ini ampuh dalam membersihkan make up waterproof, membersihkan noda, dan mengangkat debu serta kotoran di wajah. Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water juga dilengkapi perpaduan teknologi Micellar dan minyak argan yang tak hanya mampu membersihkan, tetapi juga menutrisi kulit wajah sehingga lebih sehat.

Cara penggunaannya pun mudah, yaitu dengan menuangkan micellar water ke kapas dan bersihkan wajah secara perlahan. Sebelum menuangkan produk ke kapas, jangan lupa untuk mengocok botol terlebih dahulu.

Harga Rp. 42.900-141.700

Safi White Expert Skin Refiner

Mau skincare yang halal, natural, dan teruji untuk kulit kombinasimu? Safi White Expert Skin Refiner adalah jawabannya. Toner yang ringan dan lembut di kulit ini mengandung habbatus sauda, oxywhite technology, dan ekstrak jamur dengan berbagai manfaat.

Toner keluaran Safi ini mampu meringkas pori-pori wajah dan mempersiapkannya untuk menerima produk selanjutnya. Produk ini diformulasikan tanpa alkohol, sehingga membuat wajah lebih segar tanpa rasa perih dan juga lengket. Dibuat dari bahan alami dan halal, produk ini tak hanya aman, tapi juga efektif dalam menjaga kesehatan kulit.

Cara penggunaannya pun mudah, cukup tuangkan toner pada kapas, lalu gosokkan pada wajah dengan lembut. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya gunakan produk ini setelah menggunakan Safi White Expert Purifying Cleanser.

Harga Rp. 36.600-49.000

Laneige Water Bank Essence-EX

Laneige Water Bank Essence-EX adalah produk skincare selanjutnya yan direkomendasikan untuk kulit kombinasi. Produk ini mengandung air mineral hydro ion, ekstrak tillandsia, ekstrak biji quinoa, dan mineral ion yang memilliki manfaat dalam menjaga keseimbangan kelembapan kulit.

Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan produk ini dengan langkah-langkah yang benar. Skincare yang satu ini mengandung bahan-bahan alami yang mampu meresap dan menghambur ke dalam kulit, sehingga lebih efektif.

Produk ini sebaiknya digunakan setelah menggunakan toner atau lotion. Laneige Water Bank Essence-EX bisa diaplikasikan pada pipi, dahi, dan dagu dalam titik-titik secara merata.

Dengan demikian, tekstur kulit akan meningkat dan tetap terhidrasi sampai 24 jam. Skincare yang satu ini mengandung bahan-bahan alami yang mampu meresap dan menghambur ke dalam kulit, sehingga lebih efektif.

Harga Rp. 43.800-550.000

Natur E- Daily Face Cream

Krim wajah adalah salah satu skincare yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan melindungi wajah darah polusi serta radiasi. Bagi pemilik kulit kombinasi, Natur E- Daily Face Cream adalah salah satu produk yang patut dipilih.

Face cream dari Nature-E ini mengandung ekstrak biji bunga matahari, biji gandum, dan minyak biji delima yang memiliki peran masing-masing dalam menutrisi kulit.

Produk yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit ini bermanfaat sebagai antioksidan untuk melindungi wajah dari paparan radiasi. Selain itu, krim ini juga mampu mengaktivasi produksi kolagen dan elastin, serta membantu meningkatkan kekenyalan dan kelembapan kulit.

Aman dan tidak menimbulkan iritasi, produk ini bebas dari mercury dan juga hydroquinino yang berbahaya bagi kulit.

Harga Rp. 26.900-34.900

Himalaya Purifying Neem Face Wash

Face wash adalah produk penting yang membantu menjaga kebersihan dan keseimbangan kulit, terutama bagi para pemilik kulit dengan tipe kombinasi. Salah satu produk face wash yang cocok untuk pemilik kulit kombinasi adalah Himalaya Purifying Neem Face Wash.

Pembersih wajah berbentuk gel ini diperkaya neem dan kunyit yang berkhasiat bagi kulit. Perpaduan neem dan kunyit pada produk ini mampu membantu merawat kulit menjadi lebih lembut, cerah, dan segar.

Dapat digunakan setiap hari, Himalaya Purifying Neem Face Wash bermanfaat dalam membersihkan kulit dan mengontrol minyak berlebih tanpa membuat kulit menjadi kering. Agar wajah lebih sehat, produk ini bisa digunakan beriringan dengan Purifying Neem Scrub dan Purifying Neem Mask.

Harga Rp. 24.000-40.000
From our editorial team

Merawat Kulit Kombinasi dengan Bahan-Bahan Alami

Komposisi produk perawatan kulit menjadi hal yang penting diperhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Untuk meminimalisir efek alergi yang bisa terjadi, merawat kulit dengan bahan-bahan alami sangat dianjurkan. Tak hanya memilih produk dengan bahan natural, membuat sendiri produk perawatan kulit dari bahan-bahan alami bisa menjadi pilihan bagi pemilik kulit kombinasi. Apalagi, banyak bahan alami yang memiliki khasiat penting bagi kesehatan kulit, seperti lemon, mentimun, alpukat, teh hijau, hingga telur.

Tag