Sebaiknya Tidak Percaya Mitos, Gunakan 10 Rangkaian Skincare untuk Kulit Berminyak yang Bikin Kulit Semakin Cerah (2020)

Sebaiknya Tidak Percaya Mitos, Gunakan 10 Rangkaian Skincare untuk Kulit Berminyak yang Bikin Kulit Semakin Cerah (2020)

Kulit berminyak pun juga butuh skincare agar tetap sehat, terawat, dan ternutrisi. Sayangnya, ada mitos tentang kulit berminyak yang banyak dipercaya sehingga membuat pemilik kulit berminyak merasa malas untuk merawat kulit wajah. Nah, cari tahu infonya lebih lanjut bersama BP-Guide, yuk?

Skincare yang Tepat Membuat Kulit Wajah Berminyak Terkontrol dengan Optimal

Masalah kulit berminyak adalah hal yang umum dialami banyak orang yang dapat menurunkan rasa percaya diri. Bagaimana tidak, kulit wajah yang memproduksi minyak berlebih ini membuat wajah terlihat seperti kilang minyak, lebih mudah kusam dan terlihat kucel.

Kulit wajah yang berminyak pun lebih rentan mengalami masalah jerawat yang makin merusak penampilan. Kulit berminyak umumnya disebabkan oleh faktor genetik, tapi juga dapat dipengaruhi oleh iklim dan kurangnya merawat dan menjaga kebersihan wajah.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah kulit wajah yang satu ini dibutuhkan skincare untuk kulit berminyak. Penggunaan skincare yang tepat dapat membuat kadar minyak pada wajah lebih terkontrol, bebas kusam dan terlihat lebih terawat.

Berbagai Mitos Tentang Kulit Berminyak yang Beredar

Tidak Mudah Berkeriput

Sumber gambar cahabaderm.com

Bicara soal kulit wajah berminyak, pasti kamu pernah mendengar bahwa jenis kulit wajah yang satu ini tidak mudah keriput sehingga pemilik kulit berminyak terlihat lebih awet muda. Apakah benar? Sayangnya hal tersebut hanya mitos karena faktanya semua jenis kulit akan mengalami proses penuaan.

Hanya saja, pada kulit kering, tanda penuaan seperti keriput terlihat lebih jelas. Sementara pada kulit berminyak dan normal, tanda penuaan tersebut tersamarkan oleh minyak dan kelembapan. Oleh karena itu, jika kulit wajah berminyak tidak dirawat dengan benar, maka keriput dan tanda penuaan lainnya akan terlihat lebih cepat.

Berjemur di Bawah Matahari Dapat Mengurangi Minyak di Wajah

Sumber gambar hdfootagestock.com

Mitos tentang kulit berminyak lainnya yang banyak dipercaya adalah bahwa berjemur di bawah sinar matahari dapat mengurangi minyak pada wajah. Hal ini jelas tidak benar karena justru kulit akan terlihat makin berminyak setelah berjemur. Sinar matahari membuat kelembapan kulit jadi hilang dan menjadikan kulit dehidrasi. Saat dehidrasi inilah kelenjar minyak akan memproduksi minyak lebih banyak untuk membuat kulit tetap lembap.

Tidak Perlu Pakai Pelembap Lagi

Banyak yang percaya bahwa kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap. Mitos ini sepenuhnya salah karena kulit berminyak juga butuh pelembap agar tetap terhidrasi. Justru, pelembap dapat membuat produksi minyak di wajah lebih terkontrol, lho! Kamu bisa memilih pelembap wajah khusus kulit berminyak yang teksturnya lebih ringan di kulit.

Aman Menggunakan Produk Beralkohol

Sumber gambar medispamontroyal.com

Banyak juga yang mengatakan bahwa produk skincare yang mengandung alkohol aman untuk kulit berminyak. Memang, alkohol dapat mengurangi minyak wajah sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat. Hanya saja sifatnya sementara dan setelahnya kulit akan terlihat makin berminyak karena dehidrasi.

Penggunaan alkohol pada kulit wajah secara terus menerus juga dapat membuat kulit jadi iritasi dan sensitif. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menggunakan produk wajah yang ada kandungan alkoholnya.

Tips Memilih Skincare Rutin untuk Kulit Berminyak

Pembersih Wajah

Sumber gambar sg.news.yahoo.com

Kulit wajah harus dibersihkan rutin setiap hari agar terhindar dari berbagai permasalahan kulit. Terlebih untuk kulit wajah berminyak yang lebih rentan berjerawat dan kusam. Kulit berminyak ditandai dengan pori-porinya yang besar dan tampilan wajah yang mengkilap.

Pembersih wajah merupakan skincare rutin yang wajib digunakan pemilik kulit berminyak. Pilihlah pembersih wajah yang ditujukan khusus untuk jenis kulit berminyak. Sebaiknya pilih produk pembersih wajah yang bersifat non-komedogenik, dapat menyeimbangkan produksi sebum, dan aman digunakan sehari-hari.

Sunscreen

Sunscreen dibutuhkan kulit wajah agar terlindung dari pengaruh buruk sinar matahari. Sayangnya, kebanyakan produk sunscreen justru malah membuat pori-pori wajah tersumbat dan menyebabkan breakout.

Namun, pemilik kulit wajah berminyak jangan khawatir karena kamu masih bisa menggunakan produk sunscreen berbahan dasar air. Produk sunscreen water base ini tidak akan membuat kulit wajah makin berminyak dan justru dapat memberikan efek kering pada wajah.

Toner

Sumber gambar www.likely.com.my

Produk skincare rutin yang juga bagus digunakan untuk kulit berminyak adalah toner. Toner akan membuat pH kulit jadi seimbang dan mampu membasmi kuman penyebab jerawat. Tidak hanya itu, toner juga bermanfaat untuk mengurangi bintik hitam dan menghaluskan kulit wajah.

Toner yang bagus untuk kulit berminyak adalah yang ada kandungan AHA-nya. AHA dapat meresap jauh ke dalam kulit sehingga dapat membantu pengelupasan kulit dan membersihkan pori-pori yang tersumbat secara efektif.

Moisturizer

Sumber gambar abzac.cc

Skincare untuk kulit berminyak yang juga bisa kamu gunakan rutin adalah moisturizer. Moisturizer wajib digunakan meski kamu memiliki kulit berminyak agar wajahmu tetap mendapatkan nutrisi dan tidak dehidrasi. Namun, pilihlah moisturizer yang formulanya ringan dan nyaman untuk kulit berminyak.

Hal penting yang perlu kamu perhatikan saat membeli moisturizer adalah pilihlah yang non-comedogenic, mengandung bahan aktif antibakteri untuk mencegah jerawat, dan memang ditujukan khusus untuk jenis kulit berminyak.

Serum

Serum merupakan salah satu rangkaian skincare yang akan memberikan manfaat lebih untuk kulit wajah. Serum ini terasa lebih ringan di wajah karena berbahan dasar air dan dirancang lebih efektif dalam menutrisi kulit wajah.

Oleh karena itu, serum cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak tanpa membuat wajah makin mengkilap. Sebaiknya kamu memilih serum yang ada kandungan hyaluronic acid atau niacinamide karena zat ini dapat melembapkan dan tetap ringan di wajah.

Rangkaian Produk Skincare yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser termasuk salah satu produk pembersih wajah favorit yang cocok untuk semua jenis kulit.

Skincare untuk kulit berminyak ini akan menjadikan kulit tetap lembap dan terhidrasi dengan baik serta memperbaiki tekstur kulit wajah jadi halus dan lembut.

Pembersih wajah Cetaphil ini mengandung formula hypoallergenic yang efektif dalam membersihkan kulit wajah dan sudah digunakan sejak 1947 di Amerika.

Harga Rp. 135.000-150.499

Pixy Day Moisturizing Cream Whitening

Pixy Day Moisturizing Cream Whitening, merupakan pelembap wajah yang ditujukan khusus untuk jenis kulit wajah berminyak. Pelembap wajah ini ringan dan tidak akan meninggalkan kesan lengket pada kulit wajah.

Tidak hanya bikin lembap, tapi produk skincare ini juga membuat kulit wajah tampak cerah dan lembut karena di dalamnya ada kandungan derivat vitamin C dan natural whitening powder. Pelembap ini juga sudah ada kandungan sunscreen-nya sehingga kulit wajah pun terhindar dari noda hitam akibat pengaruh buruk sinar matahari.

Harga Rp. 21.250-22.500

Emina Micellar Water Drop Cleanser

Produk skincare untuk kulit berminyak yang juga bisa kamu gunakan adalah Emina Micellar Water Drop Cleanser. Pembersih wajah yang praktis ini wajib kamu miliki jika rutin memakai make up setiap hari.

Produk ini berbahan dasar air yang ringan dan lembut sehingga akan membersihkan wajah dari makeup dan kotoran serta membuat wajah terasa bersih tanpa perlu dibilas dengan air.

Dalam pembersih wajah ini ada kandungan vitamin B3 dan licorice yang membantu kulit tampak lebih cerah dan lembap. Kandungan mentimun menjadikan kulit wajah terasa segar setelah dibersihkan. Produk pembersih makeup yang cocok untuk semua jenis kulit ini juga tidak meninggalkan rasa lengket di kulit.

Harga Rp. 24.000-26.000

Envygreen Pore Minimizer Serum

Sudah kenal dengan produk Envygreen Pore Minimizer Serum? Produk skincare untuk kulit berminyak ini akan mengikat kelebihan sebum di wajah dan membantu pori-pori kulit tampak mengecil dan dapat mencegah timbulnya jerawat.

Serum ini dibuat dengan perpaduan antara konsep botanical dan ilmiah. Serum ini dapat digunakan rutin 1-2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

Harga Rp. 38.000-131.220

Benton Aloe BHA Skin Toner

Benton Aloe BHA Skin Toner terbuat dari kombinasi bahan alami, lidah buaya, dan salicyclic acid yang akan mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Manfaat yang akan kamu dapat jika menggunakan toner ini secara rutin adalah sel kulit mati terangkat, mencegah komedo, dan menjaga tekstur dan pori-pori kulit wajah.

Tidak hanya itu saja, toner ini juga akan mencegah kulit dari kerusakan dan stres serta membantu mengangkat sisa kotoran dan makeup yang masih menempel di kulit wajah.

Sementara kandungan vegetable glycerin dan sodium hyaluronate dapat menambah dan menjaga kelembapan kulit wajah.

Harga Rp. 148.000-260.000

Avoskin Miraculous Refining Serum

Avoskin Miraculous Refining Serum ini mengandung polyglutamic acid, niacinamide, ceramide, seaweed, raspberry, chamomile, dan aloe vera yang berperan dalam menjaga kelembapan kulit.

Sementara kandungan AHA dan BHA berfungsi sebagai chemical peeling dan eksfoliator. Serum dari merek lokal ini efektif dalam mengangkat sel kulit mati, mengontrol minyak, dan menjadikan kulit wajah terasa lebih lembut.

Harga Rp. 160.000-192.000

ElsheSkin Oily Refresh Toner

ElsheSkin Oily Refresh Toner ini mengandung bahan aktif yang terdiri dari glucose oxidase, glucose pentaacetate, potassium thiocyanate, lactoferrin, lactoperoxidase, dan allantoin. Kandungan bahan tersebut efektif dalam membersihkan wajah dari sisa kotoran dan makeup.

Tidak hanya itu saja, toner ini juga akan menutrisi kulit wajah dan dapat mengurangi minyak di wajah. Selain itu, toner ini juga bermanfaat untuk mengembalikan pH alami kulit wajah setelah dibersihkan dan memberikan sensasi segar pada wajah.

Harga Rp. 60.000-65.000

Neutrogena Oil Free Moisture

Neutrogena Oil Free Moisture merupakan pelembap wajah yang direkomendasikan oleh dokter kulit lho! Pelembab jenis lotion ini mampu menjaga kelembapan wajah hingga 12 jam.

Kandungan SPF 15-nya akan melindungi kulit wajah dari sinar matahari. Pelembap ini juga diformulasikan bebas minyak sehingga dapat meresap ke dalam lapisan kulit wajah dengan cepat.

Produk skincare untuk kulit berminyak ini juga bebas alkohol sehingga kamu tidak perlu khawatir kulit akan kering dan dehidrasi. Justru produk yang diklaim hypoallergenic dan non-comedogenic ini dapat membuat kulit wajah jadi lebih lembut dan halus.

Harga Rp. 185.000-275.000

Mineral Botanica Brightening Facial Wash

Kamu yang bingung menemukan produk pembersih wajah yang bagus untuk kulit berminyak, bisa mencoba Mineral Botanica Brightening Facial Wash ini. Pembersih wajah ini diformulasikan lembut untuk membersihkan kotoran dengan tambahan zat aktif di dalamnya.

Kandungan allantoin dapat meredakan kulit kemerahan, sementara glycyrrhiza glabra (root) extract dan arbutin untuk mencerahkan dan menghambat pembentukan melanin. Terdapat pula kandungan grape seed extract (vitis vinifera) sebagai antioksidan dan aloe barbadensis extract yang berperan dalam melembapkan kulit wajah.

Harga Rp. 21.900

Cosrx Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

Cosrx Advanced Snail 96 Mucin Power Essence juga menjadi pilihan skincare untuk kulit berminyak yang bagus digunakan secara rutin.

Essence ini dapat melembapkan, menjaga kadar air dalam kulit, dan memperbaiki tekstur kulit agar lebih sehat dan kenyal karena diformulasikan dengan 96% snail secretion filtrate (mucin).

Sementara kandungan panthenol dan allantoin berperan dalam menjaga kelembapan dan menenangkan kulit. Tidak hanya itu saja, esens ini juga dapat mengatasi inflamasi, meregenerasi kulit, dan menstimulasi kolagen. Meski teksturnya agak kental, tapi tetap terasa ringan dan nyaman di kulit.

Harga Rp. 183.000-250.000
From our editorial team

Penggunaan Skincare Rutin Membuat Kulit Wajah Sehat Terawat

Merawat kulit wajah secara rutin sangatlah penting, apa pun jenisnya. Hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat wajah setiap hari agar sehat dan terawat adalah menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit berminyak, penting sekali untuk memilih produk yang berbahan dasar air dan kandungannya tidak membuat pori wajah tersumbat.

Tag