Ketahui Tips Merawat Wajah Berminyak dan 10 Rekomendasi Produk yang Tepat untuk Perawatannya (2019)

Ketahui Tips Merawat Wajah Berminyak dan 10 Rekomendasi Produk yang Tepat untuk Perawatannya (2019)

Merawat wajah berminyak tentu tak boleh sembarangan karena jenis kulit ini rentan terkena berbagai masalah kulit seperti jerawat. Ada baiknya juga kalau kamu mengetahui tips dan produk yang tepat untuk merawatnya supaya tidak salah dan membuat kondisi kulit makin parah.

Perawatan Wajah Berminyak Mesti Dilakukan Secara Intensif

Jenis kulit berminyak memerlukan perawatan khusus. Ini karena saat kulit wajah kita menghasilkan minyak berlebih, maka kotoran dan debu akan lebih mudah menempel pada wajah.

Jika sudah seperti ini, tidak menutup kemungkinan kotoran akan menutup pori-pori di wajah. Kulit wajah jadi terkesan kusam dan bakteri jadi berkembang biak. Inilah yang menyebabkan kulit wajah rawan berjerawat dan berkomedo.

Pada kulit berminyak, ukuran pori-porinya lebih besar. Produksi minyak berlebih bikin wajah terkesan begitu mengkilap dan tentu saja mengganggu penampilan. Kamu bisa merasa terganggu karena makeup juga akan sulit menempel sempurna pada wajah berminyak.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Merawat Wajah Berminyak

Menggunakan Pembersih yang Membuat Kulit Kering

Sumber gambar beautynesia.id

Kulit berminyak kamu bisa diatasi dengan baik kok. Awali dengan memilih pembersih wajah yang tepat. Wajah berminyak perlu rutin dibersihkan supaya produksi minyak bisa dikurangi. Hindari produk pembersih wajah yang bisa bikin wajah kamu jadi terasa kering. Gunakan saja facial wash yang berbentuk busa atau gel.

Kurang Mengonsumsi Air Putih

Sumber gambar www.allure.com

Terlalu sibuk dengan aktivitas bikin kamu jadi lupa pentingnya minum air putih. Seringkali kita meremehkan minum air putih. Padahal kurang mengonsumsi air putih malah bisa bikin kulit jadi terlalu berminyak. Padahal selain untuk menjaga kesehatan tubuh, air putih juga memiliki khasiat untuk memperbaiki kulit loh. Kamu yang memiliki kulit berminyak bisa atasi masalahmu dengan rutin minum air putih. Minumlah secara rutin minimal 8 gelas sehari.

Tidak Menggunakan Moisturizer

Sumber gambar www.beautyfrizz.com

Kulit berminyak adalah alasan banyak wanita untuk melewatkan pemakaian pelembap kala mengawali rutinitas makeup. Padahal apapun jenis kulitnya, tetap saja kita butuh pelembap sebelum mengaplikasikan makeup. Pelembap berfungsi sebagai pelindung supaya kosmetik tidak langsung bersentuhan dengan kulit.

Pilihlah pelembap khusus yang diperuntukkan bagi kulit berminyak. Kamu bisa memilih pelembap yang mengandung banyak kandungan air. Pelembap semacam ini bisa menyeimbangkan kadar minyak berlebih pada kulit.

Tips Merawat Kulit Berminyak

Cuci Muka dengan AIr Hangat

Sumber gambar www.wellandgood.com

Perawatan wajah untuk kulit berminyak tidak terlalu rumit. Kamu hanya butuh ketelatenan dan butuh rutin melakukannya. Saat mencuci muka sebaiknya lakukan dengan benar. Ini karena pada wajah berminyak rentan menimbun kotoran yang tersumbat pada pori wajah.

Bersihkan secara menyeluruh dengan facial wash yang sesuai kebutuhan kulitmu. Selain itu, tips penting lainnya adalah gunakan air hangat kala mencuci muka. Air hangat bisa lebih baik dalam mengangkat minyak lebih baik dibandingkan air dingin.

Scrubbing Wajah secara Rutin

Sumber gambar moeslema.com

Apa pun jenis kulit wajah kita maka sebaiknya kita rutin melakukan perawatan yang menyeluruh. Salah satu perawatan yang sangat dibutuhkan kulit kita adalah scrubbing. Hal ini penting dilakukan untuk membantu sel kulit mati terangkat dan tergantikan dengan yang baru.

Scrubbing tidak perlu dilakukan setiap hari karena jika terlalu sering maka kulit malah jadi terlalu kering. Kamu cukup mengeksfoliasi kulit berminyak satu atau dua kali seminggu. Hal ini untuk membersihkan pori-pori wajah supaya tidak tersumbat kotoran dan polusi.

Gunakan Masker Wajah untuk Kulit Berminyak

Sumber gambar halookorea.com

Jangan sampai melewatkan aneka perawatan kulit yang penting. Salah satunya adalah pemakaian masker. Perawatan yang satu ini sering dilewatkan karena kita malas atau merasa terlalu ribet untuk melakukannya.

Kamu yang memiliki kulit berminyak bisa banget loh merawat wajah kamu dengan masker. Belilah sheet mask yang simpel untuk digunakan.

Selain membeli kamu juga bisa membuat sendiri masker untuk wajah berminyak. Yang kamu butuhkan adalah putih telur yang dikombinasikan dengan sesendok teh madu dan sedikit tepung. Aduk rata adonan ini hingga mengental lalu oleskan pada wajah. Diamkan hingga kering baru bilas memakai air hangat.

Gunakan Kosmetik untuk Wajah Berminyak

Saat memakai makeup, pasti kita sering bingung karena makeup lebih mudah luntur di wajah berminyak. Sekarang ini sudah banyak loh, produk kosmetik khusus untuk wajah berminyak. Kosmetik khusus tersebut akan membantu kamu mengendalikan produksi sebum berlebih di wajah kamu.

Kamu bisa memilih produk dengan hasil akhir yang matte supaya lebih mampu menahan minyak di wajah. Hindari produk makeup dengan hasil akhir yang dewy supaya wajahmu tidak terlihat mengkilap dan justru nampak seperti kilang minyak.

Untuk bedak yang digunakan, sebaiknya kamu memakai jenis bedak loose face powder. Bedak berbentuk bubuk ini akan lebih mudah menyerap minyak. Selain itu bedak tabur juga bisa menyempurnakan tampilan makeup pada wajah berminyak kamu.

10 Produk Perawatan Wajah yang Sesuai untuk Kulit Berminyak

Wardah Hydrating Toner Normal to Oily Skin

Sumber gambar www.lifull-produk.id

Produk dari Wardah yang satu ini bisa menjadi pilihan paling pas untuk merawat kulit wajah yang berminyak. Sebagai toner, produk ini baik digunakan usai kamu membersihkan wajah dengan pembersih wajah andalan kamu. Tanpa alkohol, produk halal ini dijamin tidak akan membuat kulit kamu jadi makin kering dan iritasi. Kaya akan Witch Hazel Extract, toner dengan pH seimbang ini mampu meringkas pori agar wajah lebih halus. Ada sensasi dingin yang menyegarkan kala kita memakai toner yang satu ini. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 18.000.

Neutrogena Oil-Free Moisture SPF 15

Sumber gambar www.walmart.com

Bagi yang kulitnya berminyak bisa mempercayakan perawatan kulitnya pada Neutrogena Oil-Free Moisture SPF 15. Tanpa kandungan minyak, pelembap yang satu ini juga dibuat tanpa alkohol. Pelembab tanpa pengharum ini terjamin aman digunakan. Hadir dengan kandungan SPF sehingga bisa melindungi wajah dari sinar UV. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 280.000.

Clean & Clear Deep Action Cleanser

Sumber gambar www.cleanandclear.com

Kulit berminyak kamu bikin kesal? Atasi saja dengan Clean & Clear Deep Action Cleanser. Pembersih wajah yang satu ini hadir dengan busa yang melimpah. Kaya akan formula aktif oil control, produk ini bisa membantu kamu untuk menjaga kulit supaya terbebas dari minyak berlebih. Hadir pula dengan triclosan dan dapat membantu kamu mencegah jerawat muncul di wajah. Dengan kandungan non drying, cleanser ini tidak akan membuat wajah kamu jadi kering. Gunakan saja 2 hingga 3 kali sehari untuk mencegah timbulnya minyak di wajah. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 13.600.

Wardah Purifying Moisturizer Gel

Sumber gambar id.priceprice.com

Wardah Purifying Moisturizer Gel ini tidak boleh ketinggalan kamu pilih menjadi produk perawatan wajah berminyak. Pelembap ini wajib kamu pakai pagi hari sebelum beraktivitas. Memiliki kandungan vitamin E, vitamin B5, dan ekstrak kamomil yang dapat melembapkan kulit secara maksimal. Teksturnya berbentuk gel sehingga jauh lebih mudah meresap di kulit. Kamu bisa membelinya di Shopee dengan harga Rp 16.500.

Neutrogena Ultra Sheer Dry Touch Sunblock SPF 50+

Sumber gambar www.snapdeal.com

Neutrogena Ultra Sheer Dry Touch Sunblock SPF 50+ ini juga bisa kamu andalkan untuk menjadi produk perawatan kulit berminyak loh. Dengan formula non greasy dan oil free, sunblock yang satu ini tidak akan bikin minyak menumpuk di wajah.

Dilengkapi SPF yang tinggi, sehingga pelembab ini menjadi sunscreen terbaik untuk kulit berminyak. Kamu bisa memakainya kala perlu beraktivitas di bawah sinar matahari seharian. Kandungannya juga kaya akan Oat Kernel Extract, sehingga mampu menghilangkan rasa gatal dan iritasi pada kulit.

Tak hanya itu saja, formulanya begitu ringan sehingga cepat meresap di kulit dan juga tidak meninggalkan rasa lengket. Kulit wajah jadi lebih halus dan terasa berkilau. Kamu bisa membelinya di Shopee dengan harga Rp 175.000.

Garnier Matcha Deep Clean Foam

Garnier Matcha Deep Clean Foam bisa kamu manfaatkan sebagai pembersih wajah khusus untuk kulit berminyak. Dengan foam yang kaya, pembersih wajah ini memiliki ekstrak matcha yang bisa berfungsi sebagai antioksidan. Gunakan usai bepergian, karena produk bisa membersihkan sisa polusi dan debu secara menyeluruh. Minyak berlebih di wajah bisa berkurang karena ada kandungan Salicylic Acid pada pembersih wajah ini. Gunakan maksimal dua kali sehari. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 55.000.

Yuk, dapatkan produk Garnier lainnya di sini. Temukan juga produk Garnier dengan potongan harga menarik lainnya.

Inez Anti Acne Moisturizing Lotion

Sumber gambar www.pusatkosmetik.com

Inez Anti Acne Moisturizing Lotion ini adalah produk yang cocok untuk kulit berminyak kamu. Pelembap ini akan bisa menjaga kelembapan kulit lebih baik. Dengan kandungan asam salisilat, pelembap ini bisa melawan tumbuhnya jerawat dan bisa membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati.

Kandungannya juga diperkaya dengan allantoin yang berfungsi untuk merangsang proses regenerasi sel kulit baru. Pelembap ini juga hadir dengan ekstrak cinnamon dan glycine sehingga bisa mencegah bakteri menyerang kulit. Cukup oleskan secara tipis pada wajah yang sudah dibersihkan. Dapatkan di Lazada dengan harga Rp 41.500.

Laneige Water Bank Gel Cream

Sumber gambar www.laneige.com

Laneige Water Bank Gel Cream ini juga sayang untuk kamu lewatkan. Produk untuk perawatan wajah berminyak ini hadir dengan bahan dasar dari air. Pelembap bisa menjaga kelembapan kulit tanpa membuat kulit jadi lebih berminyak. Kandungannya bisa meresap dengan cepat hingga lapisan kulit ke 20 dan aman digunakan.

Bentuknya berupa gel dan bisa memberi rasa adem kala dioleskan pada wajah. Dengan teknologi Moisturizing Biogene yang telah dipatenkan, produk ini bisa bikin kulit lebih sehat. Kamu bisa membelinya di Lazada dengan harga Rp 380.000.

Ultima II New Hydra Botanic Total Hydrating Emulsion

Sumber gambar www.lifull-produk.id

Ultima II New Hydra Botanic Total Hydrating Emulsion akan menjadi produk yang bagus untuk kulit berminyak kamu. Produk ini akan bikin kulit wajah menjadi lembut dan juga lebih cerah. Saat usai mencobanya, maka kulit akan langsung terasa lebih segar karena ada sensasi sejuk.

Dengan teknologi Aqua Flux, pelembap ini bisa meningkatkan kadar kelembapan kulit. Kandungannya juga mampu melancarkan peredaran kadar air dalam sel-sel kulit wajah, sehingga hasilnya kulit jadi selalu lembap sepanjang hari. Ada juga kandungan morinaga seed yang fungsinya untuk membunuh kuman dan bakteri yang mengganggu kesehatan kulit wajah. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 368.000.

Olay Total Effect 7 in One Day Cream Gentle

Olay Total Effect 7 in One Day Cream Gentle ini juga bisa kamu gunakan sebagai perawatan kulit berminyak. Pelembap ini hadir dengan formula khusus sehingga bisa melawan 7 efek penuaan di kulit yang bikin kamu kurang percaya diri. Garis halus dan keriput memudar, kulit jadi lebih lembab alami. Bisa digunakan oleh mereka yang memiliki kulit sensitif juga. Dengan UV Protection, bahannya oil free dan juga non comedogenic. Kamu bisa membelinya di Shopee dengan harga Rp 78.500.

From our editorial team

Rajin Merawat Kulit Berminyak Punya Banyak Manfaat

Selain membuat kulit jadi lebih bersih dan segar, merawat kulit berminyak dengan produk yang tepat bisa membuat kulit lebih sehat dan terhindar dari masalah seperti komedo dan jerawat yang banyak disebabkan karena bakteri dan minyak yang tersumbat. Bersihkan wajah setiap hari dan jangan lupa gunakan pelembap supaya minyak alami wajah tidak menjadi kering setelah dibersihkan.