Jaga Kulit Wajahmu Tetap Bersih dan Lembap dengan 10 Rekomendasi Pilihan Skincare Pria Ini (2020)

Jaga Kulit Wajahmu Tetap Bersih dan Lembap dengan 10 Rekomendasi Pilihan Skincare Pria Ini (2020)

Sumber gambar unsplash.com

Skincare tidak hanya dibutuhkan oleh wanita saja, para pria pun akan lebih baik jika dapat merawat wajahnya dengan berbagai produk yang cocok dengan kulit wajah mereka. Kali ini, BP-Guide punya rekomendasi menarik tentang skincare bagi para pria. Kira-kira apa aja, ya? Simak terus artikel ini!

Kulit yang Bersih Membuat Pria Terlihat semakin Menarik di Mata Wanita

Sumber gambar https://www.pexels.com

Siapa bilang perawatan kulit wajah hanya diperuntukkan bagi para wanita? Nyatanya, para pria juga membutuhkan perawatan wajah agar selalu tampil bersih dan tampak menawan. Sayangnya, banyak pria yang belum menyadari pentingnya menjaga kesehatan kulit wajah. Kebanyakan pria hanya menggunakan produk facial wash saja untuk merawat kulitnya.

Penggunaan facial wash sebenarnya tidak cukup untuk merawat kulit wajah. Apalagi, karena kurang peduli pada kebersihan wajah, banyak kaum adam yang mengalami berbagai masalah kulit, seperti jerawat, kulit kusam, hingga minyak berlebih. Untuk merawat kulit, sebenarnya kini telah hadir banyak produk skincare khusus pria di pasaran.

Perbedaan Kulit Wanita dan Pria

Sumber gambar https://www.pexels.com

Kurangnya kepedulian pria pada kesehatan kulit sering membuatnya sembarangan dalam menggunangan produk. Tak jarang pria menggunakan skincare wanita milik orang terdekat karena malas membeli skincarenya sendiri. Padahal, kulit pria dan wanita memiliki banyak sekali perbedaan. Sehingga, produk skincare yang dibutuhkan juga jelas berbeda.

Kulit pria memiliki ketebalan dan kandungan kolagen yang lebih banyak dibandingkan wanita, sehingga wanita lebih cepat mengalami penuaan. Akan tetapi, kulit pri memiliki pori-pori yang lebih besar dan lebih sensitif. Dengan kondisi kulit seperti ini, dibandingkan skincare untuk melembapkan kulit, para pria lebih membutuhkan skincare untuk membersihkan wajah. Apalagi, pria perlu mencukur wajah dalam keadaan bersih.

Cara Merawat Kulit Wajah yang Benar untuk Pria

Pilih Produk Sesuai Jenis Kulit

Sumber gambar https://www.pexels.com

Agar wajah tetap bersih dan sehat, ada beberapa cara yang bisa diikuti untuk merawat kulit wajah bagi pria. Cara yang pertama adalah memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Oleh sebab itu, mengenali jenis dan kondisi kulit adalah hal penting sebelum memilih produk.

Bagi pemilik kulit kering, sebaiknya memilih skincare alcohol-free, sehingga kulit tidak menjadi lebih kering. Sedangkan, untuk kulit berminyak yang rentan berjerawat, produk dengan basis asam lebih direkomendasikan.

Untuk kulit sensitif, pilih produk yang berlabel hypoallergenic untuk mengurangi risiko alergi. Memiliki pori-pori yang lebih besar dari wanita, skincare non-comedogenic juga patut dipilih agar tidak memicu komedo dan jerawat di kulit akibat pori-pori yang tersumbat.

Rutin Bersihkan Wajah

Sumber gambar unsplash.com

Agar kulit tetap sehat, kebersihan menjadi aspek penting dalam perawatan kulit. Memiliki kulit dengan karakter berminyak, serta paparan polusi akibat aktivitas di luar membuat pembersihan pada wajah sangat penting. Dengan melakukan pembersihan, wajah menjadi lebih bersih lantaran sel-sel kulit mati ikut terangkat.

Untuk membersihkan wajah, sebaiknya gunakan pembersih atau facial wash yang cocok dengan karakter kulit. Hindari penggunaan sabun mandi pada wajah, karena kulit wajah akan menjadi lebih kering. Meski lelah saat beraktivitas, usahakan untuk selalu membersihkan wajah sebelum beristiahat. Tak hanya pembersih, kaum adam juga memerlukan produk untuk mengencangkan dan melembapkan kulit agar tampak lebih sehat.

Gunakan Pelembap

Sumber gambar https://www.pexels.com

Bukan rahasia lagi bahwa pria kerap memiliki aktivitas di luar ruangan yang menyebabkan wajah terpapar matahari. Untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV, penggunaan tabir surya sangat diperlukan. Tabir surya tak hanya diperuntukkan bagi wanita, karena pria juga membutuhkannya untuk menjaga kesehatan kulit.

Tak hanya berguna sebagai pelindung dari sinar UV, tabir surya juga memiliki fungsi melembapkan kulit. Ada berbagai jenis tabir surya atau pelembap yang bisa dipilih sesuai dengan jenis kulit. Bagi pria dengan kulit normal sebaiknya menggunakan pelembap berjenis lotion, pemilik kulit berminyak bisa menggunakan pelembap gel, sedangkan pemilik kulit kering bisa menggunakan pelembap berbentuk cream.

Gunakan Masker Wajah

Ternyata pria juga membutuhkan masker, lho! Untuk merawat wajah, facial wash saja tidak cukup. Kulit pria memiliki pori-pori yang lebih besar, sehingga lebih berminyak dan mudah muncul jerawat serta komedo. Penggunaan masker ditujukan untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran dan penumpukan sel kulit mati secara maksimal.

Penggunaan masker sering dinilai merepotkan, apalagi masker yang memerlukan peracikan dan pengaplikasian menggunaan kuas di wajah. Hal ini lah yang membuat pria malas menggunakan masker. Padahal, penggunaan masker akan membuat kulit menjadi lebih bersih dan memudahkan pria ketika bercukur, sehingga mengurangi risiko iritasi. Sebenarnya, penggunaan masker pada pria cukup sekali saja dalam seminggu agar kulit wajah tetap bersih dan sehat.

Cukur Rambut Wajah secara Rutin

Banyak pria yang suka menumbuhkan wambut wajah, seperti jenggot, jambang, dan kumis. Sebenarnya hal ini sah-sah saja, namun perawatan rambut wajah harus selalu diperhatikan. Rambut wajah yang tak terawat justru bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan kulit wajah. Mencuci wajah secara rutin menggunakan facial wash adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan wajah.

Dengan memiliki rambut wajah, maka kotoran akan mudah bersarang dan mengalami penumpukan. Sehingga, membersihkannya secara rutin sangat dianjurkan. Pastikan pula rambut wajah selalu kering agar tidak menjadi sarang kuman. Apabila terlalu repot dalam memastikan kebersihan rambut wajah, sebaiknya cukur secara rutin agar kebersihannya tetap terjaga. Penampilan juga menjadi lebih bersih dan menawan.

Rekomendasi Skincare Pria Terbaik untuk Jaga Kulit Tetap Bersih dan Sehat

KLEENAR Skincare 5in1 Paket Perawatan Wajah Glowing

Sumber gambar https://www.blibli.com/

Banyak pria yang kesulitan dalam memilih skincare. Oleh sebab itu, set skincare lengkap tentu memudahkan pria dalam memilih produk untuk perawatan wajah. Salah satu set skincare yang bisa dipilih adalah KLEENAR Skincare 5in1 Paket Perawatan Wajah Glowing. Set perawatan kulit wajah initerdiri dari secret daily cream, secret night cream, face cleanser, hydrating water essence, dan serum vitamin C with aloe.

Lima produk dalam satu set tersebut memiliki manfaat dalam mencegah munculnya tanda penuaan dini dan memberikan nutrisi pada kulit. Cocok dengan karakter kulit pria, set produk ini juga bermafaat dalam menghilangkan minyak berlebih dan menjaga kelembapan kulit wajah, sehingga wajah tampak lebih bersih dan cerah.

Senka Perfect Whip

Facial foam adalah salah satu produk perawatan kulit yang dibutuhkan pria untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran setelah beraktivitas seharian. Senka Perfect Whip adalah produk facial foam yang direkomendasikan.

Produk ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Mengandung White Cocoon Essence dan Double Hyaluronic Acid membuat produk ini hadir dengan busa lembut yang mampu membersihkan, melembutkan, dan menghidrasi kulit.

Memiliki aroma bunga yang segar, facial foam yang satu ini menenangkan ketika dipakai. Produk ini juga dibekali bahan aktif Uji Green Tea yang tinggi antioksidan, menjaga kulit bebas minyak lebih lama dan menyegarkan. Dengan produk ini, wajah akan tampak lebih bersih, segar, dan sehat.

Harga Rp. 28.800-56.000

Vaselin Men

Rekomendasi produk selanjutnya adalah Vaselin Men yang dikhususkan untuk pria. Salah satu produk andalannya adalah Vaseline Men Face Scrub Anti Dullnes untuk membersihkan wajah dari kotoran. Produk keluaran Vaselin ini memiliki butir-butir mikro yang mampu mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit tampak lebih cerah dan tidak kusam.

Produk ini telah dilengkapi dengan vitamin B3 yang bekerja dari dalam kulit untuk membuat kulit lebih bersinar dan mengurangi bintik hitam, serta warna yang tidak merata. Cocok untuk semua jenis kulit, produk ini juga aman digunakan karena telah teruji secara dermatologis. Tak hanya membuat kulit lebih bersih, Vaselin Men juga membuat wajah lebih cerah.

Harga Rp. 17.250-124.450

L’Oreal Men Expert

Untuk membersihkan kulit, produk facial wash menjadi skincare wajib bagi para pria. L’Oreal Men Expert adalah produk skincare yang cocok digunakan bagi para pria. Ada dua jenis facial wash yang direkomendasikan, yaitu facial wash berbentuk scrub dan foam. Dua-duanya tentu memiliki keunggulan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kondisi wajah.

L'Oreal Paris Men Expert White Active Charcoal Brightening Scrub adalah facial wash dengan bentuk scrub, sedangkan L'Oreal Paris Men Expert Charcoal Foam Icy adalah facial wash dengan bentuk foam.

Kedua produk L’Oreal Men Expert ini diformulasikan dengan Charcoal yang mampu membersihkan pori-pori dan mengangkat kotoran secara menyeluruh. Produk ini juga telah teruji secara dermatologis, sehingga aman digunakan.

Harga Rp. 33.700-73.820

Laneige Homme Sun Sport Ex

Banyak beraktivitas di luar ruangan membuat kulit wajah sering terpapar sinar UV. Agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga, menggunakan sunscreen adalah solusinya.

Salah satu produk sunscreen yang direkomendasikan untuk pria adalah Laneige Homme Sun Sport Ex. Produk keluaran Laneige ini memiliki SPF 50++ yang efektif melindungi kulit dari sinar UV.

Laneige Homme Sun Sport Ex memiliki tekstur powder emulsion yang ringan dan mudah diserap kulit. Tidak lengket ketika digunakan, sunscreen yang satu ini juga tahan air dan keringat, sehingga mampu melindungi kulit lebih lama. Tak hanya itu, produk ini juga mengandung active oksigen yang melembapkan kulit.

Harga Rp. 210.000-334.600

Garnier Men Power White Facial Foam Skin Care

Garnier Men Power White Facial Foam Skin Care adalah produk skincare berikutnya yang bisa menjadi pilihan bagi para pria. Pembersih wajah dengan bentuk foam ini memiliki busa yang melimpah sehingga efektif membersihkan pori-pori dan mengangkat kotoran di wajah. Tak hanya membersihkan, produk ini juga menjaga kulit wajah agar selalu sehat dan terawat.

Cocok untuk semua jenis kulit, produk yang diformulasikan khusus untuk pria ini terbuat dari bahan natural dengan teknologi terbaik. Garnier Men Power White Facial Foam Skin Care ini juga diformulasikan ringan dan segar untuk kulit pria, sehingga nyaman digunakan.

Harga Rp. 26.000-31.200

Biokos Men Advance Hydra Energizing

Lebih menyukai facial scrub dari pada facial foam? Produk Biokos Men Advance Hydra Energizing bisa menjadi skincare pilihan. Produk ini mengandung Hydra Energezing Complex yang menghidrasi dan memberi energi, sehingga kulit cerah dan segar sepanjang hari. Produk ini juga dibekali dengan bahan aktif, seperti Soapnut, Tara Tree, dan Beta-Glucan.

Biokos Men Advance Hydra Energizing ini merupakan produk facial scrub yang soap free. Scrub halusnya mampu membersihkan kulit sampai ke pori-pori. Produk ini juga mampu mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati dan regenerasi kulit, sehingga kulit wajah lebih bersih dan sehat.

Harga Rp. 63.900-73.400

St.Ives Apricot Scrub

Pria memiliki pori-pori wajah yang lebih besar, sehingga mudah berjerawat dan komedoan. Penggunaan facial scrub akan sangat membantu dalam membersihkan wajah, sehingga tak ada kotoran yang menyumbat pori-pori dan menimbulkan masalah kulit. St.Ives Apricot Scrub adalah produk facial scrub yang bisa digunakan oleh para pria.

Produk dengan kandungan butiran apricot ini efektif dalam membersihkan wajah, sekaligus melembutkan, melembapkan, dan mencerahkan. St.Ives Apricot Scrub merupakan produk non-comedogenic, sehingga tidak menutupi pori-pori kerap menyebabkan komedo. Facial scrub ini aman digunakan, karena telah teruji secara dermatologis. Bebas paraben, produk ini juga bersifat hypoallergenic, sehingga aman bagi pemilik kulit sensitif.

Harga Rp. 48.888-59.200

Innisfree Forest for Men Fresh Skin Care Duo Set

Innisfree Forest for Men Fresh Skin Care Duo Set adalah produk berikutnya yang direkomendasikan untuk para pria. Toner keluaran Innisfree ini mengandung ragi hitam dari Pulau Jeju yang bermanfaat bagi kulit. Produk ini juga diperkaya dengan kandungan kayu pinus, cedar, dan cemara yang kaya phytoncide untuk memulihkan dan menjaga kulit tetap sehat.

Toner ini juga mengandung turunan asam amino alami yang memberikan kelembapan, kesegaran dan sensasi ringan pada kulit. Aplikasikan produk ini secukupnya di wajah setelah mencuci wajah dan rasakan manfaatnya.

Harga Rp. 550.000-915.000

Somebymi AHA/BHA/PHA 30 Days Miracle Toner

Rekomendasi toner berikutnya adalah Somebymi AHA/BHA/PHA 30 Days Miracle Toner. Toner ini mengandung AHA, BHA, dan PHA yang efektif membuat kulit lebih bersih dan bersinar. Produk ini juga mengandung ekstrak pohon teh alami yang bermanfaat meningkatkan elastisitas kulit. Terbuat dari bahan alami, produk ini mampu menutrisi kulit tanpa menimbulkan efek iritasi.

Produk ini memiliki banyak manfaat, seperti mengontrol minyak berlebih, mencegah penuaan dini, dan mengecilkan pori-pori. Toner keluaran Somebymi ini juga membantu penyembuhan pada kulit yang berjerawat. Gunakan produk ini setelah membersihkan wajah, maka wajah akan terasa lebih ringan dan sehat.

Harga Rp. 124.000-179.500
From our editorial team

Wajah Pria Tetap Harus Dirawat, Ya!

Para pria yang biasanya memang kurang peduli dengan perawatan wajah, sebaiknya sudah harus memikirkan kembali karena wajah yang sehat perlu dirawat dengan benar. Bersihkan wajah secara rutin setiap pagi dan malam, ya. Usahakan jangan tidur dalam keadaan wajah yang masih kotor atau belum dibersihkan, ya.

Tag