Lebih dari Sekadar Pewangi Tubuh, Ini 10 Rekomendasi Parfum Pria Terbaik untuk Pria (2020)

Lebih dari Sekadar Pewangi Tubuh, Ini 10 Rekomendasi Parfum Pria Terbaik untuk Pria (2020)

Berbeda dengan wanita, parfum bagi pria memiliki nilai yang lebih. Anda sedang mencari parfum yang tepat untuk Anda? Sebelumnya simak dulu ulasan dari BP-Guide berikut ini. Selanjutnya, Anda juga bisa melihat rekomendasi parfum terbaik untuk Anda!

Bagi Pria, Parfum juga Menjadi Bagian Identitas Dirinya

Sumber gambar unsplash.com

Bila ditanya apa perlengkapan make up bagi pria, maka mungkin jawabannya hanya dua yakni minyak rambut dan parfum. Ada beberapa yang menambah dengan deodoran. Tapi, parfum menjadi salah satu hal yang wajib bagi pria.

Namun berbeda bagi wanita yang menggunakan parfum untuk pewangi, bagi pria parfum kadang sudah menjadi identitas. Wangi seorang pria begitu lekat, itulah kenapa pria yang sudah menentukan parfum yang paling tepat akan sulit berpindah ke parfum lain.

Karena itu juga memilih parfum bagi pria tidak mudah. Banyak hal yang dipertimbangkan sebelum memilih parfum yang tepat, sampai akhirnya terus menggunakan parfum yang sama sampai waktu yang lama.

Berbagai Merek Parfum Terbaik Pria Siap Mendukung Aktivitas

Merek parfum terkenal bagi pria menawarkan pilihan aroma yang memukau. Tentunya, setiap parfum dari berbagai merek tersebut menawarkan identitas yang berbeda pula.

Parfum yang sporty, untuk pria yang suka akan olahraga akan berbeda dengan parfum yang maskulin. Begitu juga parfum yang disukai pria aktif akan berbeda pula dengan parfum yang disukai pria yang cool.

Ada berbagai merek yang bisa dipertimbangkan, seperti Davidoof, Bvlgari, Chanel, dan sebagainya. Tentunya, setiap orang akan memilih jenis produk yang berbeda-beda untuk setiap aroma yang khas.

Cara Memakai Parfum yang Benar

Pilih Jenis Parfum yang Tepat

Sumber gambar unsplash.com

Banyak pria tidak peduli dengan jenis parfum yang dipilihnya. Padahal ada jenis extrait de parfum, eau de parfum, eau de toilette, eau de cologne, splash cologne, dan lainnya. Perbedaan dari setiap jenis parfum tersebut adalah ketahanan wanginya.

Bila extraite de parfum bisa bertahan sampai 2-3 hari, maka eau de parfum bisa bertahan satu hari penuh. Karena itu, jarang ada yang memilih extraite de parfum. Selain harganya yang lebih mahal tentunya. Ada juga eau de toilette yang bertahan sekitar 8 jam dan eau de cologne yang bertahan sekitar 3-4 jam. Terakhir ada splash cologne yang hanya mampu bertahan sekitar 2 jam.

Tapi, merek tertentu juga menjamin daya tahan aroma parfum tersebut. Meski jenis eau de parfum tapi dari merek yang tak diketahui, bisa-bisa hanya bertahan sama dengan eau de cologne dari merek yang ternama.

Semprot pada Area Leher

Wilayah yang paling pas untuk penyemprotan parfum adalah leher. Wilayah leher yang kerap menjadi titik semprotan adalah bagian depan dan belakang dekat telinga. Wilayah ini dekat dengan titik-titik nadi atau urat lainnya di balik kulit.

Hasilnya, molekul parfum akan dibawa oleh aliran darah tersebut ke seluruh tubuh. Wanginya pun cepat menyebar ke mana-mana. Dengan menyemprotkan ke titik nadi tersebut, maka parfum akan lebih tahan lama. Tidak hanya itu, menyemprotkan ke titik lain yang tidak tepat tentunya bisa membuat parfum tidak tahan lama.

Jangan Mengusap Pergelangan Tangan

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pria karena terbiasa. Yakni menyemprotkan parfum ke pergelangan tangan lalu mengusap-usapkannya. Bahkan, Anda mungkin melihatnya di iklan parfum, bukan?

Faktanya, saat seseorang sedang mengusap atau menggosokan parfum tersebut, maka molekul-molekuk parfum akan dengan cepat kehilangan fungsinya. Dalam istilah lain, disebut pula bahwa partikel itu akan lebih cepat mati.

Karena itu, wanginya lebih cepat berkurang lalu lebih cepat pula hilang. Bila parfum tersebut durasinya 8 jam, maka akan hilang dalam waktu jauh lebih cepat.

Tidak Perlu Berlebihan Menyemprot Parfum

Anda juga mungkin sering melihat seseorang menyemprotkan parfumnya dengan membabi-buta, bukan? Faktanya, menyemprot dengan berlebihan tersebut tidak akan ada pengaruh dengan durasi wangi parfum tersebut.

Bila parfum itu hanya bertahan selama 3 jam, maka akan tetap 3 jam meski Anda menyemprotnya kebanyakan. Karena itu, sebaiknya menyemprotkannya tidak berlebihan.

Pertama, parfum tersebut wanginya akan terlalu kentara sedangkan durasi wanginya tidak akan begitu lama. Jadinya, malah mengganggu orang-orang di sekitar Anda. Tidak hanya itu, parfum Anda justru akan cepat habis bila digunakan seperti itu terus.

Pakai Pelembap Kulit Sebelum Menyemprot Parfum

Apakah Anda adalah tipe pria yang sering menggunakan pelembap (moisturizer) atau mungkin body lotion? Pria memang sangat jarang menggunakan kedua kosmetik ini. Namun, bila Anda ingin menjadikan wangi parfum lebih tahan lama justru akan sangat baik menggunakan salah satu di antaranya.

Bila Anda tidak terbiasa menggunakan pelembap, maka gunakan body lotion di daerah yang disemprot parfum. Misalnya daerah leher atau pergelangan tangan. Sebab, pelembap tadi akan mengunci partikel atau molekul wangi. Hasilnya, wangi parfum akan menjadi jauh lebih tahan lama ketimbang Anda menyemprot langsung.

Pilihan Parfum Pria dengan Kualitas Terbaik

Calvin Klein “CK One”

Parfum pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah Parfum Original Calvin Klein CK One EDT 200 ml. Produk satu ini merupakan jenis eau de toillete yang memiliki isi 200 ml dan bisa digunakan baik untuk pria maupun wanita alias unisex.

Parfum ini memiliki paduan wangi nanas, green notes, mandarin orange, pepaya, bergamot dan cardamom di top note-nya. Kemudian, ada aroma nutmeg, violet, orris root, jamine, lily of the vallery dan rose di middile note-nya.

Sebagai wangi penutup di base note, ada aroma sandalwood, amber, musk, cedar, dan oakmoss yang tahan lama.

Harga Rp. 29.975-400.000

Issey Miyake L’Eau d’Issey Pour Homme

Sedang mencari parfum pria yang wanginya disukai wanita? Salah satu yang direkomendasikan adalah Issey Miyake L'eau d'Issey pour Hime EDT. Parfum jenis eau de toillete ini tentunya bisa menjadi pilihan yang pas.

Parfum dari merek terkenal asal negeri sakura ini menghadirkan paduan yang sempurna dari jeruk mandarin, cypress, yuzu, tarafon, lemon verbena, bergamot, sage, dan lemon pada base note-nya. Kemudian, di middle note ada aroma memukau dari nute meg, cyelon cinnamon, mignonette, lily, saffron, bourbon geranium dan blue lotus.

Wangi penutup tak kalah menarik. Paduan dari tahitian vettiver, sandalwood, musk, dan cedar tentunya akan begitu memukau. Aromanya tahan lama dan tentunya disukai wanita.

Harga Rp. 252.500-550.000

Bvlgari Black Eau De Toilette

Siapa yang tidak kenal merek parfum Bvlgari? Nah, di ulang tahunnya yang ke 130 pada tahun 2010 silam, merek parfum ternama ini meluncurkan satu produk parfum untuk pria yakni Bvlgari Man In Black Series Parfum Ori Eau de Toilette. Produk satu ini merupakan pilihan aroma untuk memberi kesan lelaki yang pemberani sekaligus kharismatik.

Aroma kulit, rempah, hutan, dan aroma memukau lainnya menjadi paduan dalam parfum ini. Fase pertama adalah wangi rum dan rempah-rempah. Berlanjut ke middle note dengan aroma kulit, tuberose, dan iris yang akan muncul.

Aroma terakhir yang akan hadir di top note adalah aroma guaiac, wood, benzoin, dan tonka bean. Jadinya, aroma yang warm dan spicy dari parfum ini akan menjadikan kesan semakin baik.

Harga Rp. 65.000-100.500

Christian Dior Eau Sauvage

Parfum kenamaan berikutnya yang juga direkomendasikan adalah Christian Dior. Salah satu produk yang bisa Anda pertimbangkan adalah Christian Dior Eau Sauvage For Men. Produk satu ini adalah jenis parfum eau de toilette (EDT).

Aromanya sangat indah, dengan paduan dari bunga jeruk, bergamot, yang diberikan lagi sentuhan hedione, bunga bludur, chypre, dan sebagainya yang tertata dan tersebar dengan rapi di berbagai fasenya. Bahkan, sejumlah ahli parfum menyebut bahwa komposisinya sangat indah seperti komposisi musik Mozart.

Tentunya, Eau Savage menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Aromanya memberi kesan yang hangat dan segar, namun tetap penuh semangat.

Harga Rp. 400.000-1.980.000

Givenchy “Gentleman”

Parfum berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Givenchy Gentleman for Men. Gentlemen Eau de Parfum Boisee menjadi salah satu parfum yang paling disukai sejak dirilis tahun 1974 silam.

Parfum satu ini termasuk dalam kategori woody aromatic. Di fase pembukanya akan hadir aroma spicy dari lada hitam dan ketumbar. Lalu, masuk ke fase pertengahan giliran kakau dan iris yang anggun akan berpadu sempurna.

Pada wangi penutup, akan muncul aroma kayu cendana dan oriental. Maka, parfum ini akan menghadirkan kekuatan sekaligus kelembutan hati dalam wangi dan aromanya.

Harga Rp. 649.900-750.000

Hugo Boss Hugo Iced

Siapa yang tidak kenal parfum Hugo Boss? Salah satu yang paling pas untuk Anda adalah Hugo Boss Hugo Iced Man. Pilihan parfum satu ini adalah parfum aromatic aquatic untuk Anda yang ingin hadir penuh daya tarik.

Pada top note-nya akan hadir aroma mint dan tea. Sampai ke fase tengah, giliran aroma juniper dan bitter orange yang hadir. Terakhir giliran aroma vetiver yang akan muncul di base note-nya.

Paduan dari berbagai wangi yang lembut begitu terasa di parfum ini. Tidak hanya itu, meski terkesan cool, namun parfum ini tetap memberi kesan berani dan penuh semangat.

Harga Rp. 600.000-765.000

Gucci Guilty Black

Berikutnya ada parfum dari merek kenamaan, Gucci. Salah satu produk dari Gucci yang bisa Anda pertimbangkan adalah Gucci Guilty Black for Men EDT 100 ml.

Produk satu ini merupakan pasangan yang serasi dengan parfum Guilty Black Woman, terbukti diganjar dengan US FiFi Awards 2011 sebagai pasangan parfum terbaik.

Paduan dari aroma ketumbar hijau dan lavender di top note sudah begitu mengejutkan. Kemudian, pada middle note-nya giliran aroma orange blossom dan neroli yang hadir. Sampai akhirnya, pada base note, giliran aroma patchouli dan cedar yang memukau.

Parfum jenis EDT dengan tipe aromatik ini memiliki ketahanan yang luar biasa. Bahkan, aromanya bisa bertahan hingga 15 jam di tubuh.

Harga Rp. 181.700-380.000

Davidoff Cool Water

Produk berikutnya tentu tak kalah dibanding yang sebelumnya yakni dari merek Davidoff. Merek satu ini sangat terkenal karena merupakan hasil mahakarya seorang maestro parfum dunia bernama Pierre Bourdon.

Sejak diluncurkan tahun 1988, parfum jenis EDT dengan jenis aromatic marine ini sudah dikenal banyak orang. Aroma yang sangat pas untuk lelaki karena sangat mengesankan. Dimulai dengan aroma mint, green, lavender, rosemary, dan sentuhan ketumbar di fase awal.

Di middle note hadir aroma geranium, neroli, cendana, dan melati yang memberi kesan yang tak terlupakan. Sampai akhirnya ditutup dengan aroma cedarwood, musk, amber, dan tembakau.

Harga Rp. 289.900-330.000

Giorgio Armani Acqua Di Gio

Selanjutnya ada Parfum Acqua di Gio Profumo dari brand parfum kenamaan dunia, Giorgio Armani. Produk satu ini merupakan paduan wewangian yang unik dari bebatuan vulkanik di lautan dalam dengan aroma laut sehingga memberikan aroma yang begitu unik dan mengesankan.

Aromanya dimulai dari bergamot, dan sea notes yang hadir memberikan kejutan. Kemudian, giliran aroma geranium, rosemary, dan sage yang akan hadir di middle note. Sebagai penutup, wangi patchouli dan incense yang akan muncul.

Jadi, dengan berbagai perpaduan tersebut tentunya Acqua di Gio Men perlu dipertimbangkan untuk menjadi senjata andalan Anda setiap hari. Jenis parfum EDP ini hadir dalam ukuran 75 ml.

Harga Rp. 690.000-1.290.000

Chanel Bleu De Chanel

Selanjutnya ada Chanel. Salah satu produk dari Chanel yang bisa Anda pertimbangkan adalah De Bleu Chanel. Parfum satu ini hadir dengan aroma segar, namun begitu hangat dan adiktif.

Paduan aroma seperti labdanum, nutmeg, ginger, sandalwood, pathcouli, amber, anggur, cedar, pink peper, jasmine, mint, lemon, woody notes, vetiver, dan incense yang ada di beberapa fase menjadikan aromanya begitu memukau.

Harga Rp. 350.000-2.100.000
From our editorial team

Karena Parfum adalah Identitas, Jadi Pilih Parfum dengan Tepat

Bagi pria parfum adalah identitas dirinya. Karena itu, memilih parfum dengan tepat dan sesuai dengan kepribadian menjadi hal yang penting. Rekomendasi parfum pria terbaik dari BP-Guide di atas tentunya bisa dipertimbangkan untuk menjadikan karakter diri Anda tambah memesona.