Wajah Berkomedo Bikin Pusing? Atasi Segera dengan 10 Rekomendasi Sabun Muka untuk Wajah Berkomedo! (2020)

Wajah Berkomedo Bikin Pusing? Atasi Segera dengan 10 Rekomendasi Sabun Muka untuk Wajah Berkomedo! (2020)

Komedo bisa kok dihilangkan dengan sabun muka pembersih komedo. Supaya komedo tak balik lagi, kenali penyebab dan gejalanya, ya. Selanjutnya cek juga rekomendasi sabun dari kami!

Komedo Bikin Kita Kurang Percaya Diri

Salah satu permasalahan kulit wajah yang kerap terjadi dan cukup mengganggu penampilan adalah komedo. Benjolan kecil pada pori-pori kulit ini memang tak menimbulkan rasa sakit layaknya jerawat.

Kendati demikian, efek minder yang ditimbulkan saat wajah berkomedo sama dengan minder saat kita memiliki jerawat di wajah. Kesannya adalah kita kurang membersihkan wajah dengan benar sehingga wajah terlihat kusam dan kurang menarik.

Komedo merupakan sekumpulan sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori. Komedo tak hanya muncul pada bagian wajah seperti hidung dan pipi namun juga kerap muncul pada bagian tubuh seperti bahu, dada, punggung bahkan lengan.

Namun yang paling bikin kurang percaya diri adalah saat komedo muncul di area hidung. Apalagi jika pori-pori terbuka dan terpapar udara luar sehingga menyebabkan timbulnya komedo hitam. Hal ini bikin kita jadi kurang percaya diri bertemu dengan orang lain.

Ada beberapa hal yang membuat komedo muncul. Selain karena jumlah bakteri meningkat, komedo juga bisa muncul saat terjadi iritasi pori-pori kulit akibat mencuci wajah dengan kasar atau karena efek samping peeling. Komedo juga akan muncul saat masa pubertas dan menstruasi.

Kulit yang terlalu lembab atau kulit yang terpapar bahan kimia pada produk kosmetik juga bisa jadi penyebab munculnya komedo. Hal lain yang menyebabkan komedo adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan gula dan lemak yang tinggi.

Kenali Jenis-Jenis Komedo dan Cara Mengatasinya

Kamu wajib tahu nih jenis-jenis komedo supaya kamu tahu penyebab dan juga cara mengatasinya dengan benar. Yang pertama ada whiteheads alias komedo putih. Ini merupakan komedo yang berada di bawah permukaan kulit ketika pori-pori tersumbat baik itu karena minyak, kotoran ataupun lemak. Komedo putih bentuknya bulat dan kecil namun sangat mengganggu penampilan.

Komedo putih bisa muncul karena banyak faktor, salah satunya karena perubahan hormon yang dipengaruhi usia, pubertas, kehamilan, menstruasi hingga menopause. Hal lain yang menyebabkan munculnya komedo putih adalah kulit berminyak, paparan bahan kimia, merokok, mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi whiteheads, sebaiknya kamu menggunakan sabun cuci muka atau salep yang mengandung benzoyl peroxide. Bahan yang satu ini bisa mengontrol kadar minyak berlebih di dalam pori-pori. Dengan begini, pori-pori tak tersumbat dan komedo tak akan muncul.

Jenis komedo selanjutnya adalah blackheads alias komedo hitam. Komedo yang satu ini terjadi saat komedo putih terbuka dan terekspos udara sehingga terjadi oksidasi minyak dan membuat komedo berwarna hitam. Komedo hitam terjadi saat kita terlalu banyak mengeluarkan keringat, mengalami perubahan hormonal, dan karena mengonsumsi obat tertentu seperti kortikosteroid, lithium, atau androgen.

Untuk mengatasi komedo hitam kamu bisa memakai produk yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide dan resorsinol. Bahan-bahan tersebut bisa mengeringkan minyak berlebih dan membunuh bakteri. Selanjutnya bahan tersebut akan memaksa kulit untuk melepaskan sel-sel kulit mati. Cara lainnya adalah mendatangi dokter kulit untuk mendapatkan obat yang sesuai. Kamu bisa juga memakai produk yang mampu mengelupas sel-sel mati kulit untuk menghilangkan komedo hitam.

Tips Memilih Sabun Wajah untuk Komedo

Cek Komposisi Produknya

Ketika memutuskan memakai sabun untuk menghilangkan komedo maka kamu wajib mengecek dulu komposisi produknya. Pastikan sabun muka kamu mengandung bahan aktif yang bisa mencegah komedo balik lagi. Yuk, cek bahan yang bisa bikin komedo tak kerasan di wajah.

Jika produk yang kamu gunakan memiliki kandungan clay maka bisa dipastikan produk ampuh mengatasi komedo. Clay bukan hanya menyerap minyak berlebih namun juga bisa mengangkat sel kulit mati. Clay tak akan membuat kulit kering namun kulit jadi lebih kencang dan kenyal usai perawatan.

Bahan selanjutnya adalah glycolic acid yang bisa mengangkat kotoran dan minyak pada lapisan terluar pada kulit. Bahan ini bisa membuka jalan pada partikel dalam pori sehingga pori-pori terbuka dan penyumbatnya bisa keluar dengan mudah.

Niacinamide juga bisa jadi bahan unggulan dalam sebuah produk sabun untuk kulit berkomedo. Bahan ini mampu menurunkan produksi sebum yang membuat penyumbatan pori bisa berkurang. Saat sebum menurun maka efek oksidasi tak terjadi dan komedo pun tak akan muncul.

Bahan seperti salicylic acid pun ampuh atasi komedo. Bahan yang satu ini bekerja sebagai exfoliator sel kulit mati. Partikel seperti minyak, kotoran dan debu bisa terangkat sehingga komedo pun bersih seketika dengan bahan ini.

Pilih yang Minim Zat Aditif Berbahaya

Gunakan sabun komedo yang minim zat aditif berbahaya. Sabun wajah akan langsung bersentuhan dengan kulit. Maka pastikan bahwa produk yang kamu gunakan aman dan tidak membuat masalah baru pada kulit wajahmu.

Cek apalah ada bahan aditif seperti paraben, pewangi dan lainnya. Bahan tersebut bisa berpotensi menimbulkan iritasi dan bikin kulit jadi makin tidak sehat.

Hindari juga sabun komedo dengan bahan surfaktan. Ini merupakan zat yang bisa menyatukan air dan minyak. Meski demikian, surfaktan juga bisa menyerap kelembapan kulit sehingga kulit jadi terasa terlalu sensitif.

Gunakan Sabun yang Memiliki Moisturizer

Ketika pori-pori terbuka maka kulit jadi kehilangan kelembaban. Maka dari itu, saat memilih sabun komedo, usahakan untuk memilih sabun yang dilengkapi dengan moisturizer.

Beberapa bahan yang bisa melembabkan adalah aloe vera extract, green tea water, ceramide, glycerin hingga royal jelly.

Beberapa bahan tersebut selain bisa membersihkan komedo juga bisa mengembalikan kelembaban alami kulit. Jadi, komedo bisa minggat dan wajah tetap lembab terawat.

Ini Dia Rekomendasi 10 Rekomendasi Sabun Wajah untuk Atasi Komedo

The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Scrub Foam

Untuk rekomendasi sabun wajah pertama untuk atasi komedo adalah Jeju Volcanic Lava Pore Scrub Foam yang dihadirkan oleh The Face Shop. Produk yang satu ini bisa membersihkan pori-pori wajah secara lebih menyeluruh. Minyak terangkat dan wajah jadi lebih bersih sempurna.

Dengan kandungan tanah vulkanik dari pulau Jeju, produk ini akan mengangkat sel kulit mati secara optimal. Produk juga kaya akan bahan pelembab seperti lavender oil, glycerin, hingga grapefruit peel oil. Sabun muka ini bebas paraben sehingga aman untuk kulit.

Harga Rp. 18.000-270.000

Skinfood Egg White Perfect Pore Cleansing Foam

Produk selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Skinfood Egg White Perfect Pore Cleansing Foam. Sabun wajah yang satu ini memakai telur yang kaya asam amino dan vitamin E untuk membebaskan wajah dari komedo. Produk juga mengandung hot spring water yang dapat menyegarkan wajah.

Dengan sabun muka yang satu ini wajah jadi lebih segar, sehat dan tentu saja bersih dari komedo. Di dalamnya juga sudah ada pelembab seperti glycerin, egg yolk extract, licorice root extract dan sesame seed oil. Produk ini dibuat tanpa paraben jadi aman untuk kulit sensitif.

Harga Rp. 127.000-200.000

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Kamu yang memiliki masalah dengan komedo, segera tuntaskan dengan COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser. Sabun muka yang satu ini lembut teksturnya sehingga nyaman digunakan. Meski lembut, namun sabun ini sangat ampuh mengangkat kotoran pada kulit. Dengan bahan tea tree oil produk ini bisa mengecilkan pori-pori.

Sabun muka ini memiliki pH rendah yang sama dengan pH alami kulit wajah. Di dalamnya juga kaya akan bahan pelembab yang tak akan membuat kulit jadi kering. Sabun bebas paraben ini juga aman untuk kulit kamu yang sensitif loh.

Harga Rp. 113.000-200.000

Laneige Mini-Pore Double Clearing Cleansing Foam

Laneige Mini Pore Double Clearing Cleansing Foam ini tak boleh ketinggalan untuk jadi pilihan. Sabun muka yang satu ini bisa membersihkan hingga pori-pori yang paling dalam.

Produk ini akan mengangkat kelebihan sebum yang membuat komedo dan jerawat terusir dari wajah. Hasilnya kulit jadi lebih halus dan lembut.

Sabun muka ini mengandung mint water yang bisa melembabkan kulit. Ada juga micro bubble yang bisa masuk jauh ke dalam pori sehingga pembersihan lebih maksimal.

Produk juga hadir dengan moisture capsule yang kaya akan ekstrak teh hijau yang penuh antioksidan dan ekstrak bunga lotus yang baik untuk kesehatan kulit.

Harga Rp. 189.000-200.000

St Ives Blackhead Clearing Green Tea Scrub

Jangan lewatkan untuk memakai St. Ives Blackhead Clearing Scrub. Sabun muka yang satu ini sangat populer di Inggris dan Amerika. Produk ini bisa mengangkat sel kulit mati dan mencegah kulit jadi kusam. Hasilnya, wajah jadi lebih bercahaya, sehat dan bersih.

Sabun muka ini bebas paraben karena sepenuhnya terbuat dari bahan alami. Produk ini bersifat hypoallergenic sehingga aman digunakan kulit yang sensitif. Sabun ini mengandung salucylic acid dan juga bahan yang bisa melembabkan kulit.

Harga Rp. 65.000-95.000

Neutrogena Blackhead Eliminating Daily Scrub

Neutrogena Blackhead Eliminating Daily Scrub ini juga bisa jadi pilihan kamu. Produk ini bisa mencegah komedo datang lagi. Dengan bahan salicylic acid, sabun muka ini akan membersihkan pori-pori kulit dengan baik.

Bahan microbeads di dalamnya bisa mengelupas kulit mati tanpa membuat kulit jadi kering. Sabun muka yang satu ini cocok untuk kamu gunakan dalam keseharian. Selain bisa mencegah komedo, sabun juga bisa mencegah jerawat.

Harga Rp. 170.000-185.000

Clean & Clear Daily Pore Cleanser

Clean & Clear Daily Pore Cleanser jangan sampai kamu lewatkan sebagai pilihan. Sabun muka yang satu ini terbuat dari bahan yang alami. Produk ini akan membersihkan wajah, komedo dan pori yang tersumbat.

Selain bisa menghilangkan komedo, produk ini juga bikin wajah jadi bersih dan lembut. Dilengkapi dengan oil control formula, sabun wajah ini bisa menyerap kelebihan pada wajah. Bahan di dalamnya antara lain salicylic acid, apple extract dan purerice.

Harga Rp. 14.000-16.000

Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam

Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam adalah sabun muka selanjutnya untuk kamu. Produk ini memakai tanah vulkanis dari gunung berapi di pulau Jeju untuk membersihkan komedo.

Sabun mua ini bisa menyerap sebum dan kotoran sehingga wajah jadi lebih bersih. Pakai sabun ini secara rutin supaya wajah jadi bebas kilap karena minyak yang berlebih.

Produk ini juga kaya akan pelembab seperti glycein, camellia sinensis leaf extract, dan butylene glycol. Wajah jadi halus dan lembut serta bebas kotoran sepanjang hari.

Harga Rp. 110.000-120.000

Kiehls Rare Earth Deep Pore Daily Cleanser

Kiehls Rare Earth Deep Pore Daily Cleanser adalah produk untuk kamu selanjutnya. Sabun muka yang satu ini bisa mengecilkan pori-pori dan mengeluarkan sebum berlebih.

Produk ini hadir dengan Amazon White Clay dan Diatomaceous Earth yang bisa mengangkat kotoran dan racun penyumbat pori-pori wajah. Produk ini mudah digunakan dan bebas paraben. Di dalamnya juga ada bahan aloe barbadensis yang akan menenangkan kulit.

Harga Rp. 295.000-355.000

Acnes Natural Care Deep Pore Cleanser Face Wash

Acnes Natural Care Deep Pore Cleanser Face Wash tentu tak bisa kamu lewatkan. Produk yang satu ini bisa membersihkan wajah lebih optimal.

Sabun muka ini bisa menjaga kelembaban dan kelembutan kulit. Hadir dengan microbeads, produk ini bikin kulit bersih optimal, lembab dan juga lebih lembut.

Di dalamnya ada bahan seperi glycerin, jojoba esters, glycol distearate, dan cocamidopropyl betaine sehingga bisa merawat kulit dengan baik.

Harga Rp. 14.500-25.700
From our editorial team

Banyak Cara untuk Mencegah Komedo Balik Lagi

Saat komedo sudah muncul, kita jadi malas bertemu orang lain karena kurang percaya diri. Memencet komedo tak akan membuat kulit jadi bersih dan malah berisiko membuat iritasi wajah. Lakukan gaya hidup sehat, kurangi makan berlemak dan mengandung gula. Selain itu rajin olahraga dan banyak makan sayur dan buah. Jangan lupa juga untuk memakai sabun wajah khusus untuk komedo supaya wajah senantiasa bersih. Intip rekomendasi sabun untuk komedo dari kami di atas, ya!