Atasi Komedo Bandelmu dengan 10 Bahan Alami dan Cara untuk Menghilangkan Komedo Tanpa Rasa Sakit

Atasi Komedo Bandelmu dengan 10 Bahan Alami dan Cara untuk Menghilangkan Komedo Tanpa Rasa Sakit

Masalah komedo memang sangat mengganggu. Bukan hanya penampilan yang terganggu, tapi mood juga ikutan terganggu karena nggak pede dan nggak nyaman dengan kehadiran komedo. Tapi, kamu tahu nggak kalau komedo bisa diatasi dengan bahan-bahan alami tanpa perlu merasa sakit. Yuk, simak caranya bersama BP-Guide!

Munculnya Komedo pada Wajah Merupakan Mimpi Buruk bagi Setiap Wanita

Sumber gambar www.adajerawat.com

Wanita pastinya sangat mengidamkan wajah bersih dan bebas dari berbagai masalah kulit yang mengganggu. Yang paling bikin sebal adalah ketika bercermin lalu menemukan bahwa muka kita memiliki komedo. Pasti rasanya kesal banget karena komedo merusak penampilan wajah.

Munculnya komedo pada wajah bisa jadi mimpi buruk bagi setiap wanita. Komedo akan membuat kita jadi kurang percaya diri. Munculnya di area wajah bisa di dagu, sekitar bibir dan paling mengganggu ada di hidung.

Komedo bikin wajah jadi terasa kasar dan gatal serta tak nyaman. Tak hanya itu komedo dapat mengganggu penampilan karena kesannya kita kurang bisa menjaga kebersihan wajah. Komedo muncul karena penumpukan minyak pada wajah ditambah kotoran dan debu yang menyumbat pori pada wajah.

Fakta Mengenai Komedo yang Harus Kamu Ketahui

Mengapa Komedo Berwarna Hitam?

Sumber gambar schoolmum.net

Komedo ada dua jenisnya yakni komedo putih dan komedo hitam. Secara visual tentunya komedo hitam lebih mengganggu penampilan. Komedo hitam juga berbentuk lebih keras dan menempel di kulit.

Komedo hitam terbentuk akibat sebum yang jumlahnya berlebih pada wajah. Sel kulit mati yang bertumpuk juga membuat komedo hitam bermunculan. Komedo hitam biasanya akan muncul di daerah T zone.

Mengapa Komedo Muncul?

Sumber gambar www.adajerawat.com

Komedo pada dasarnya muncul akibat adanya kotoran dan debu yang terjebak pada pori-pori wajah kita. Saat malas membersihkan muka apalagi sehabis memakai make up dan sehabis keluar rumah, maka kotoran akan menumpuk pada pori. Jika tak langsung dibersihkan maka kotoran bisa menyumbat pori dan akhirnya menjadi komedo.

Komedo juga bisa muncul kala adanya perubahan hormon, bisa akibat pubertas, menstruasi, memakai pil KB dan lain sebagainya. Peningkatan hormon bisa memicu produksi minyak di bawah kulit. Selanjutnya minyak ini bikin kotoran jadi mudah menempel pada pori wajah yang akhirnya menyebabkan komedo.

Mengapa Sebaiknya Kamu Tidak Mencongkel Komedo?

Siapa saja yang melihat komedo di wajahnya pasti ingin segera menghilangkannya. Jika sudah putus asa kadang kita gemas dan ingin mencongkel komedo tersebut. Padahal ini merupakan cara yang salah dan tidak dianjurkan sama sekali, lho.

Memang kita pasti tergoda untuk mencongkel komedo supaya tampilan lebih menarik. Namun mencongkel komedo malah bisa memberi akibat buruk pada wajah. Komedo memang akan tercabut namun komedo bsia meninggalkan bekas luka jaringan kulit.

Parahnya lagi terkadang komedo bisa menyebabkan infeksi juga. Apalagi tangan yang tak higienis kala mencabut komedo juga bisa menyebabkan masalah kulit seperti ruam dan bekas luka. Maka dari itu mulai sekarang hindari mencabut komedo, ya.

Mengapa Sebaiknya Kamu Tidak Mencuci Wajah Berlebihan?

Sumber gambar manfaatsehat.id

Jenis kulit kita boleh jadi berbeda namun tentu kita harus rajin membersihkan wajah supaya terhindar dari aneka masalah kulit. Namun, tahukah kamu bahwa mencuci wajah terlalu sering juga tak diperbolehkan lho. Setidaknya cucilah wajah 2 kali sehari saja dan jangan berlebihan.

Wajah yang terlalu sering dicuci dengan sabun pembersih wajah secara berlebihan justru bukannya bersih malah iritasi. Ini bisa bikin kulit kering hingga dehidrasi. Wajah jadi lebih berminyak setelah berkali-kali dicuci.

Sebaiknya bersihkan wajah kala pagi hari dan malam hari. Kamu juga wajib bersihkan wajah usai berolahraga atau beraktivitas di luar ruangan.

Beberapa Cara Praktis dan Alami untuk Menghilangkan Komedo Membandel

Jeruk Nipis

Sumber gambar dream.co.id

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis sudah tak perlu diragukan lagi. Kandungan tersebut sudah diuji dan terbukti mampu mengatasi komedo secara efektif. Ini juga yang menyebabkan banyak produk kecantikan memanfaatkan jeruk nipis sebagai bahan produknya.

Caranya sangat mudah kok, kamu tinggal potong buahnya jadi dua bagian. Lalu peras airnya dan oles pada kulit wajah yakni di daerah yang berkomedo. Pijatlah sebentar lalu diamkan 20 menit baru bilas pakai air hangat.

Cara lainnya adalah dengan mempersiapkan sebuah jeruk nipis dan juga madu alami secukupnya. Potong jeruk nipis menjadi dua, lalu peras airnya dalam wadah. Tambahkan madu secukupnya pada wadah tadi lalu aduk rata. Oles merata pada wajah yang sudah dibersihkan lalu diamkan 5 menit. Setelah selesai bilas memakai air hangat dan wajah kembali bersih.

Pepaya

Sumber gambar gethealthygethot.com

Ada berbagai cara demi menghilangkan komedo di wajah. Bisa melakukan facial di salon mahal namun pasti butuh biaya yang tak sedikit. Nah, lakukan saja dengan cara yang lebih alami. Misalnya saja dengan memanfaatkan buah pepaya.

Dalam pepaya ada bahan alami yang bisa membersihkan komedo yang terdapat di wajah. Caranya cukup mudah kok, siapkan saja pepaya yang sudah matang. Lalu kupas kulit pepaya dan cuci daging buahnya secukupnya.

Kemudian kamu bisa menghaluskan daging buah pepaya tersebut hingga halus. Tambahkan madu 2 sendok teh pada pepaya halus tadi dan aduk rata. Oles merata pada wajah lalu diamkan 20 menit. Bilaslah dengan air hangat supaya bersih kembali.

Kulit Jeruk

Sumber gambar rebanas.com

Jeruk terbukti bisa mempercantik wajah dari dalam dan dari luar loh. Jeruk mampu menyamarkan flek hitam serta mampu juga menghapuskan komedo di wajah. Bagian pada jeruk yang bisa dipakai bukan hanya buahnya namun juga kulitnya. Kandungan vitamin C yang tinggi mampu menutrisi kulit wajah secara sempurna.

Kamu bisa memeras jeruk lalu memakai airnya untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Bisa juga dengan mengeringkan kulit jeruk lalu menggilingnya hingga halus untuk akhirnya dijadikan scrub wajah guna mengelupas sel kulit mati pada wajah.

Segera buatlah masker dari kulit jeruk yang sudah dikeringkan dan digiling serta ditumbuk halus. Campurlah 2 sendok makan yoghurt dengan kulit jeruk yang sudah dihaluskan. Oles pada wajah lalu diamkan 15 menit kemudian pijat dan gosok. Bilas dengan air hangat sampai bersih.

Gel Lidah Buaya

Sumber gambar hijup.com

Lidah buaya mungkin lebih dikenal untuk menjaga kesehatan rambut. Dipercaya bisa memperkuat rambut dan menyuburkan rambut juga. Nah, rupanya lidah buaya mampu juga untuk menghilangkan komedo yang merusak penampilan.

Kamu cukup pakai daging lidah buaya yang dioleskan pada wajah. Pijat lembut juga wajah kamu kala mengoleskan lidah buayanya. Diamkan 30 menit baru bilas memakai air hangat.

Cara lainnya adalah dengan mencampur lidah buaya denga pasta gigi. Ambil beberapa lidah buaya lalu potong dan ambil getahnya. Campurkan getah lidah buaya dengan pasta gigi secukupnya sampai merata. Oles pada bagian wajah yang berkomedo lalu diamkan sebentar hingga terasa agak panas. Bilas pakai air hangat supaya bersih dan segar.

Es Batu

Sumber gambar www.tokomesin.com

Bahan yang satu ini simpel dan bisa jadi diremehkan. Es batu ini rupanya bisa juga dipakai untuk menghilangkan komedo di wajah loh.

Tinggal tempel saja es batu tersebut pada bagian yang berkomedo. Lakukan gerakan memijat selagi menempelkan melakukannya. Es batu bisa menghilangkan minyak pada wajah yang menyebabkan komedo. Di sisi lain, es batu juga bisa mengecilkan pori di wajah kita.

Cara lainnya adalah membuat es batu dari air jeruk nipis. Jadi kita harus mendidihkan air dengan perasan jeruk nipis dulu. Baru setelahnya, air jeruk tadi dibuat menjadi es batu. Lalu es batu tersebut yang dipakai untuk menghilangkan komedo di wajah. Bersihkan wajah dengan sabun cuci muka lalu akhiri dengan menekan wajah memakai es batu jeruk nipis secara perlahan.

Tomat

Sumber gambar sindonews.net

Tomat bukan hanya mengandung vitamin C saja ya namun juga mengandung vitamin E yang baik untuk kulit. Kandungan vitamin tersebut juga bisa mengangkat kulit mati sehingga wajah jadi lebih cerah. Kandungan tersebut juga bisa mengecilkan pori wajah sehingga komedo tak akan muncul di wajah.

Ambil sebuah tomat lalu haluskan. Campur tomat yang sudah dihabiskan dengan minyak zaitun. Oles masker ini pada wajah dan daerah yang berkomedo. Lalu tunggu sampai masker mengering baru bilas dengan air bersih.

Putih Telur

Sumber gambar portal.tahupedia.com

Bahan yang satu ini juga banyak dipakai dalam produk kecantikan. Namun sayang beberapa dari kita kadang merasa terganggu dengan bau amis dari telur. Padahal putih telur memiliki khasiat yang baik untuk kulit.

Putih telur sudah terbukti bisa menghilangkan komedo dengan cepat. Dalam putih telur terkandung protein juga asam amino. Kedua bahan tersebut bisa mengecilkan pori untuk membuat produksi minyak tidak berlebihan.

Caranya mudah cukup ambil sebutir telur lalu pisahkan dengan kuningnya. Ambil putihnya saja lalu kocok hingga berbuih. Cucilah wajah hingga bersih baru kenakan putih telur sebagai masker wajah. Pijat sedikit wajah utamanya di daerah hidung. Lalu diamkan 30 menit baru bilas dengan air hangat.

Kacang Kedelai

Sumber gambar blog.manjadda.com

Kacang kedelai bisa juga dimanfaatkan untuk kecantikan. Kamu yang memiliki kulit berminyak bisa pakai bahan satu ini untuk memberantas komedo. Bahan satu ini mampu memperbaiki tekstur kulit yang bernoda hitam.

Kedelai memiliki kandungan isoflavon dan vitamin E yang kadarnya tinggi. Ini bisa menjaga elatisitas kulit dan juga mengurangi kadar minyak pada kulit. Kala kadar minyak berlebih maka komedo akan jadi betah bersarang di wajah.

Ambil segenggam kedelai lalu bersihkan dan haluskan dengan cara diblender bersama sedikit air. Oles masker ini pada wajah lalu diamkan 30 menit. Bersihkan dan bilas pakai air kemudian keringkan dengan handuk.

Garam Dapur

Sumber gambar www.agrowindo.com

Garam adalah bahan ampuh dan sederhana untuk membasmi komedo. Garam mampu menghilangkan sel kulit yang telah mati. Bahan ini mengandung banyak mineral dan vitamin sehingga terbukti ampuh untuk meminimalkan risiko munculnya komedo.

Ambil 3 sendok makan garam dapur lalu campur pada sebaskom air hangat. Biarkan garam bercampur dengan sendirinya tanpa diaduk. Bilas wajah dengan air hangat lalu bilas wajah dengan air garam. Butiran garamnya akan menjadi scrub alami yang mengeluarkan komedo dari dalam pori kulit wajah.

Madu

Sumber gambar tribunnews.com

Madu merupakan bahan antibiotik yang baik untuk kesehatan kulit. Madu bisa dijadikan bahan alami untuk mengeluarkan kotoran dari pori kulit. Selanjutnya ini bisa mengangkat komedo membandel.

Ambil madu secukupnya lalu bersihkan wajah dengan sabun cuci muka. Oles madu pada wajah utamanya di daerah yang berkomedo. Diamkan madu di wajah selama 30 menit baru bersihkan dengan air hangat.

From our editorial team

Biasakan Menggunakan Bahan Alami

Membiasakan pengunaan bahan-bahan alami untuk wajah adalah alternatif baik agar wajah tidak terlalu banyak terpapar zat kimia. Apalagi untuk mengatasi komedo yang bandel, usahakan gunakan bahan-bahan alami ini untuk mengatasinya. Bahan alami tidak akan langsung membuat komedomu hilang seketika karena membutuhkan proses, ya.

Tag