Terganggu dengan Komedo yang Menumpuk? Cobalah 9 Rekomendasi Masker Komedo yang Bikin Wajah Semakin Bersih (2020)

Terganggu dengan Komedo yang Menumpuk? Cobalah 9 Rekomendasi Masker Komedo yang Bikin Wajah Semakin Bersih (2020)

Salah satu masalah pada wajah yang sering dialami wanita adalah komedo. Sepertinya sepele, namun hal ini bisa mengganggu.Coba gunakan masker komedo untuk mengatasinya, yuk. Kali ini BP-Guide punya beberapa rekomendasi masker komedo yang wajib kamu coba. Cek langsung, ya.

Komedo Membandel? Jangan Khawatir, Komedo Bisa Dihilangkan, Kok!

Punya masalah komedo membandel yang susah hilang di wajah? Tenang, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan si kecil yang mengganggu itu.

Tapi sebelum bicara lebih jauh, perlu kamu ketahui bahwa komedo tergolong jerawat ringan. Komedo berwarna hitam yang bisa saja muncul di wajah, leher, bahu, dada, punggung, atau lengan.

Memang sih, komedo tidak bikin sakit di wajah, tapi kalau salah ditangani, atau tak sengaja kamu garuk, bisa menyebabkan radang, lho.

Lalu kenapa komedo bisa muncul di wajahmu? Biasanya sih, karena wajahmu terpapar bakteri, meminum obat atau makan makanan tertentu, atau ada perubahan jumlah hormon sehingga mempengaruhi minyak di wajah.

Tapi tidak perlu bingung, kamu bisa menghilangkan komedo dengan memakai masker wajah khusus untuk menghilangkan komedo.

Masker Penghilang Komedo Jadi Pilihan Populer buat Mereka yang Bermasalah dengan Komedo

Kenapa memakai masker komedo? Tentunya langkah ini lebih praktis dibanding kamu harus datang dan antrie ke dokter wajah dan sejenisnya. Setidaknya, memakai masker penghilang komedo adalah langkah darurat pertama sebelum masuk ke penanganan serius lainnya, jika dibutuhkan.

Saat akan memakai masker pun, perhatikan lagi kondisi kulitmu. Sesuaikan karakter masker dengan karakter kulitmu, entah kering, berjerawat, dan sebagainya. Jangan anggap enteng, karena salah memakai masker bisa berakibat rasa gatal hingga panas pada wajah.

Saat mengaplikasikan masker ke wajah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, misalnya hindari area mata yang cenderung sensitif. Takutnya, zat kimia dalam masker tak sengaja masuk dan membuat mata iritasi. Selain itu, sah-sah saja memakai masker saat hamil, asal jangan terlalu sering.

Sebelum Memakai Masker Penghilang Komedo, Yuk Simak Tips Merawat Wajah Ini

Gunakan Produk yang Sesuai

Seperti disebutkan sebelumnya, produk yang kita pilih untuk perawatan kulit harus disesuaikan dengan jenis kulit kita. Jika salah mengenali kulit dan salah memakai produk perawatan kulit, bisa jadi berefek buruk pada kulit wajahmu, misalnya membuat kulit makin kering atau malah makin berminyak.

Untuk masalah komedo, jauhilah produk yang berlabel comedogenic, karena produk ini malah akan menutupi pori-pori kulit dan membuatnya tak bisa bernapas dengan baik dan mengakibatkan tumbuhnya jerawat.

Jangan Malas Mandi

Hayo, jangan-jangan wajahmu berkomedo justru karena kamu malas mandi, ya? Jangan ya, sebab meski tampak sepele, mandi memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh. Badan jadi lebih bersih, bebas kuman serta bau badan. Paling tidak, mandilah dua kali sehari, yaitu setelah bangun tidur dan sore hari setelah berkegiatan.

Mandi di malam hari pun sebenarnya tidak masalah lho, malah kalau mandi malam dengan air hangat bakal memberi banyak kebaikan bagi tubuh, antara lain mengurangi stres dan memaksimalkan fungsi pori-pori untuk membuang racun.

Apalagi kalau kamu meneteskan wewangian seperti lavender ke dalam air, dijamin ototmu lebih mudah lemas dan rileks.

Nah, demi menjaga kebersihan secara total, sebaiknya kamu periksa apakah air di dalam kamar mandimu bersih atau tidak. Jangan ragu untuk memasang penyaring pada keran agar airmu bebas kuman.

Gunakan Pembersih Wajah Ringan

Ini sudah hukum wajib yang harus kamu penuhi, rajin-rajin membersihkan wajah. Tapi sebelum memutuskan mau beli pembersih yang mana, cari tahu dulu apa jenis kulit wajahmu, apakah kering, berjerawat, atau berminyak.

Eh, sudah tahu kan ada beragam jenis pembersih wajah? Kalau wajahmu cenderung kering, pakailah cleansing oil. Untuk kulit wajah sensitif atau kombinasi, kamu kudu pakai pembersih berbentuk krim.

Lain lagi jika kulitmu berminyak, maka pembersih yang digunakan adalah cleansing foam. Kalau kulitmu termasuk normal, gunakan cleansing gel.


Perbaiki Pola Makan

Percaya nggak, bahwa apa yang ada di dalam bakal terlihat di luar? Artinya, apa yang kamu makan bakal berpengaruh ke kondisi kulitmu. Maka, perbaiki apa yang masuk ke tubuhmu, agar kulit wajahmu juga semakin baik.

Yap, kamu harus mulai atur pola makan agar komedo nggak hinggap lagi di wajah. Caranya antara lain, makan hanya menu berkarbohidrat rendah semisal oats, singkong, dan beras merah. Hindari minuman ringan apalagi bersoda atau manis-manis, yang bakal meningkatkan jumlah insulin.

Eits, jangan salah, lemak itu bagus lho, asal lemak yang esensial bagi tubuh, misalnya omega 6 dan omega 3 yang bisa ditemui pada ikan salmon, sarden, tuna, telur organik, dan sebagainya.

Perkaya juga konsumsi sayur dan buah demi mendapatkan asupan antioksidan, sehingga kulitmu lebih cantik natural serta terjaga dari radikal bebas seperti asap dan sinar UV. Untuk itu, konsumsilah stroberi, blueberry, atau brokoli.

Diet glikemik yang kamu lakukan secara teratur ini bakal menekan tumbuhnya hormon jerawat serta minyak di kulit. Wajahmu jadi bebas komedo dan jerawat, deh!

Tapi, bagaimana jika wajah sudah terlanjur berkomedo? Tenang, jalan lainnya, pilih produk untuk membantumu merawat kulit wajah dan menghilangkan komedo. Coba cek di bawah in, apa masker yang paling tepat untuk wajahmu.

9 Produk Masker Penghilang Komedo yang Direkomendasikan BP-Guide

Origins Clear Improvement Active Charcoal Mask To Clear Pores

Brand make up dari Amerika ini digagas oleh Leonard Lauder pada 1990, yang sejak dulu telah dikenal mampu membantu merawat kulit secara alami lewat produk-produk unggulannya.

Salah satunya, masker wajah Origins Clear Improvement Active Charcoal yang mampu membantu membersihkan wajahmu dari sel kulit mati. Masker kualitas premium ini tepat dipilih jika kulitmu berminyak, normal, atau kombinasi

Kandungan charcoal pada masker ini berfungsi membuat kulitmu bersih dari kotoran yang berpotensi menyumbat pori-pori kulit dan menyegarkan kulit wajah. Untuk hasil maksimal, pakailah produk ini satu atau dua kali dalam seminggu.

Harga Rp. 113.000-340.000

The Face Shop Jeju Volcanic Lava Peel Off Clay Nose Mask

Penggemar Korea Selatan pasti sudah paham betul dengan merek satu ini. Yap, tak hanya beken dengan industri hiburan, Korsel juga dikenal memiliki merek kosmetik yang oke punya, salah satunya Face Shop.

Brand perawatan badan dan kulit yang lahir pada 2003 lalu ini telah dikenal hingga Brunei, Yordania, Mongolia, UEA, Kosta Rika, dan tak terkecuali Indonesia. Tentu, Face Shop juga menyediakan produk masker komedo yang telah terbukti khasiatnya khusus untukmu.

Masker hidung ini dibuat dari tanah liat jenis vulkanik yang memiliki senyawa mineral hasil ledakan di kawasan Jeju, dilengkapi zat fusiform, akebia, dan bambu Jeju. Bahan-bahan tersebut cocok untuk mengangkat dan membersihkan pori-pori dan sebum pada kulitmu.

Harga Rp. 65.000-79.000

Glamglow SuperMud Clearing Treatment

Penyuka kosmetik barangkali sudah akrab dengan nama ini, Glamglow. Sejak 2011, perusahaan kosmetik ini telah menyediakan produk perawatan kulit yang bekerja maksimal dengan menggabungkan teknologi dengan alam demi hasil terbaik.

Apa pun masalah kulitmu, baik untuk kulit berminyak, normal, maupun kombinasi, semua ada solusinya di sini. Termasuk, perkara komedo.

Glamglow menawarkan masker wajah yang efektif mengangkat jerawat, membersihkan pori-pori kulit serta memperbaiki masalah seperti kotoran di wajah, merah-merah, juga luka yang membekas.

Dengan kandungan lumpur dan karbon activaed-X yang dipadukan dengan asam glikolat, asam mandelat, asam laktat, asam salisilat, asam tartarat serta asam piruvat, masker ini bakal menjadikan kulitmu bersih dan sehat.

Harga Rp. 139.000-225.000

Biore Charcoal Self Heating One Minute Mask

Sudah dikenal dengan aneka produk perawatan kulitnya, kini Biore juga meluncurkan masker penghilang komedo yang bagus buat kulitmu.

Dengan kandungan arang alaminya, Biore Self Heating One Minute Mask akan membersihkan kotoran pada pori-pori wajahmu dengan meninggalkan sensasi dingin pada kulit.

Sangat pas dipakai jika kamu sedang buru-buru beraktivitas, karena masker ini bekerja hanya dalam satu menit.

Harga Rp. 129.000

Breylee Blackhead Mask Peel Off

Masker untuk mengankat komedo ini memiliki kemasan 17 ml, dengan bahan-bahan natural seperti minyak daun melaleuca alternifolio (pohon teh), ekstrak daun aloe barbadensis, glycerin, dan royal jelly. Kandungan masker peel off ini berbasis air sehingga cocok untuk berbagai jenis kulit.

Harga Rp. 39.000-54.900

Sariayu Masker Ketan Hitam

Produk kecantikan lokal nggak kalah kok kualitasnya dengan produk mancanegara, salah satunya Sariayu. Brand ini mewakili produk kecantikan untuk pemakaian rutin seperti pelembap wajah, serum, hingga beberapa produk perawatan wajah tertentu seperti masker wajah.

Salah satu masker Sariayu yang perluk amu coba adalah Sariayu Masker Ketan Hitam yang diproduksi menggunakan beras alami. Masker ini diperkaya dengan madu, ekstrak kemuning, minyak sereh, vitamin E, dan ketan hitam.

Hasil terbaik bisa kamu dapatkan dengan pemakaian rutin 2 kali selama satu bulan. Tentunya, pilih yang sesuai dengan kondisi kulitmu, ya.

Harga Rp. 9.000-11.900

Freeman Clay Mask Anti-Stress Dead Sea Minerals

Pori-pori wajah yang besar dapat menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat. Clay mask dari Freeman ini dapat membantu mengatasi masalah tersebut dengan penggunaan yang rutin. Kandungan dead sea minerals dan sea salts-nya dapat melembapkan wajah. Masker ini cocok untuk semua jenis kulit.

Harga Rp. 85.000-96.800

Green Mask Spirulina Tiens

Dibuat dari bahan organik, ganggang hijau atau spirulina yang alami bagi wajah. Masker ini sudah teruji aman dipakai. Sejuta manfaat bisa kamu dapatkan, antara lain menghaluskan wajah, mencerahkan, mengatasi jerawat dan komedo, menghilangkan noda, hingga mengencangkan kulit. Sudah nggak sabar ingin mencoba, ya?

Harga Rp. 68.000-172.000

Bioaqua Activated Carbon Remove Blackhead

Masih serupa masker-masker sebelumnya, Bioaqua juga menghadirkan masker wajah terbaik dengan bahan-bahan dari alam yang efektif membantu membersihkan kotoran, bekas make up, jerawat, juga tentu komedo.

Salah satunya bernama Bioaqua Activated Carbon Remove Blackhead, sebuah masker yang kaya akan vitamin E. Produk jenis peel-off mask ini berbentuk gel dengan warna hitam.

Untuk memakainya, kamu cukup mengoleskan krim masker penghilang komedo ini ke wajahmu secara rata, dan diamkan sampai 20 atau 30 menit. Hasil maksimal bisa kamu rasakan jika rutin memakai masker ini selama sekali dalam seminggu.

Harga Rp. 11.000-16.000

Masker Penghilang Komedo juga Bisa Dibuat Sendiri, Yuk Dicoba!

Meski produk pilihan masker penghilang noda begitu beragam dan lahir dari aneka brand, belum sah rasanya kalau belum coba pakai masker penghilang komedo yang kamu buat sendiri.

Yap, kamu nggak salah dengar, kamu bisa bikin masker sendiri. Tentunya ini menyenangkan karena kamu nggak perlu berlama-lama antre di klinik perawatan mana pun.

Tapi, bagaimana cara membuatnya, ya? Tak perlu bingung karena ada banyak bahan yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan komedo, antara lain:

  • Baking soda punya kemampuan spesial untuk menyapu bersih kotoran di wajah dan mengangkat sel kulit mati, termasuk bisa menghilangkan jerawat. Cara memakainya, campur 2 sendok teh baking soda ke dalam air, lalu oleskan pada komedo di wajah, sambil dipijat pelan-pelan. Diamkan sejenak, lalu basuh menggunakan air hangat. Dapatkan hasil yang memuaskan setelah rutin memakainya 1 atau 2 kali dalam satu minggu.
  • Lemon mengandung vitamin C yang bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan wajah dari komedo dan jerawat. Tapi, demi menjaga kulit agar tidak iritasi akibat zat asam dalam buah lemon, gunakan masker ini secukupnya saja. Kamu bisa mencampurnya dengan yoghurt, madu, dan garam. Pijat-pijat campuran tadi ke area wajah yang kamu inginkan. Selain untuk masker, sari lemon juga bisa dipakai menjadi pembersih bersama air mawar serta susu.
  • Madu selain baik untuk diminum juga bermanfaat jika diaplikasikan ke wajah, antara lain mengencangkan pori-pori, juga mengatasi minyak dan komedo pada wajah. Mudah saja,tinggal oleskan madu murni ke wajah,diamkan hingga 10 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.
  • Kayu manis berkhasiat untuk menjauhkan wajah dari komedo. Cara menggunakannya pun simpel, campur saja 1 sendok teh madu dan bubuk kayu manis, lalu oleskan ke wajah sebelum tidur. Cuci bersih setelah bangun tidur dengan air. Praktikkan langkah ini hingga 10 hari untuk merasakan manfaatnya.
  • Oatmeal. Iya, kamu tidak salah baca. Oatmeal memang efektif untuk mengangkat komedo, caranya siapkan oatmeal, satu sendok teh madu, serta sari tomat, dan campirkan ketiganya sampai kental. Perlahan, oles ke wajahmu dan bersihkan setelah 10 menit. Sebagai alternatif masker lainnya, campurkan oatmeal sebanyak 2 sendok makan, bersama yogurt tawar 3 sendok, minyak zaitun, dan sari lemon.
  • Kunyit selain digunakan sebagai bumbu masak, juga bisa dimanfaatkan sebagai masker penghilang komedo berkat zat antiradangnya. Caranya, siapkan 2 sendok makan bubuk kunyit dan sari daun mint, campur keduanya, lalu aplikasikan ke area wajah yang berkomedo. Setelah kering, cuci wajah menggunakan air hangat.
  • Tomat tak hanya bisa menjadi lalap, namun juga bagus untuk menghilangkan komedo karena zat antiseptik yang dimilikinya. Mudah saja, tinggal potong tomat tipis-tipis dan tempelkan ke wajah. Lakukan langkah ini sebelum tidur, lalu cuci wajahmu setelah bangun tidur.
  • Telur. Mau bikin masker alami? Telur bisa jadi bahan pilihan terbaik buat membantu mengatasi komedo. Pertama, bersihkan dulu wajahmu. Lalu, siapkan putih telur mentah dan oles pada wajah. Diamkan hingga 15 menit, lalu bilas memakai air hangat. Sebagai alternatif, kamu bisa mencampurnya dengan madu juga, lho.
  • Teh hijau memang mengandung aneka antioksidan dan vitamin yang baik bagi wajah. Untuk menjadikannya masker penghilang komedo, kamu perlu menyeduh teh hijau sebanyak dua sendok makan. Jika sudha hangat, aplikasikan perlahan pada wajah, dan biarkan 10 menit sampai kering. Cuci wajah menggunakan air, lalu pakai pelembap wajah. Masker teh hijau ini sebaiknya kamu pakai sekali dalam sehari.
  • Stroberi punya kandungan zat yang mampu membuang sel kulit mati serta mengatasi masalah minyak pada wajah. Nggak percaya? Coba deh, haluskan dua buah stroberi, lalu campurkan ke dalam mangkuk berisi sari lemon dan madu. Sudah? Sekarang, tinggal oleskan ke wajah. Pijat-pijat sampai dirasa meresap, lalu cuci wajahmu menggunakan air hangat.
From our editorial team

Gunakan Masker yang Cocok untuk Kulit

Berbagai macam masker bisa digunakan untuk mengatasi komedo. Namun, perhatikan kondisi wajahmu saat memakai suatu masker. Jika terasa tidak nyaman atau membuat kulit menjadi gatal-gatal, sebaiknya pemakaian dihentikan dan coba masker lain yang lebih cocok.