Siapa Bilang Perawatan Rambut Mahal? Inilah 10 Rekomendasi Masker Rambut Sachet Terbaik Pilihan para Wanita (2020)

Siapa Bilang Perawatan Rambut Mahal? Inilah 10 Rekomendasi Masker Rambut Sachet Terbaik Pilihan para Wanita (2020)

Perawatan rambut tidak selalu mahal, buktinya dengan biaya yang terjangkau kamu masih bisa memiliki rambut indah dan melakukan perawatan yang maksimal. Nah, BP-Guide punya rekomendasi masker rambut sachet yang terjangkau namun memiliki kualitas terbaik yang disukai para wanita. Cek dulu, ya!

Masker Rambut Merupakan Perawatan yang Perlu Dilakukan Wanita

Selain sampo dan kondisioner, biasanya para perempuan juga menggunakan masker sebagai produk tambahan perawatan rambut. Penggunaan masker rambut ini memang sangat direkomendasikan oleh pakar rambut.

Teknik pengaplikasiannya mirip dengan creambath, namun hair mask tidak mengharuskan adanya pijatan di kepala agar formulanya semakin meresap. Sebab, cara kerja masker rambut ini mirip dengan masker wajah, di mana cukup dioleskan saja tanpa perlu dipijat-pijat. Kalau ingin dipijat tidak masalah, tapi tidak diharuskan.

Tekstur krim masker rambut mirip dengan krim kondisioner. Namun, masker rambut mengandung beberapa bahan lainnya seperti minyak bunga matahari, minyak zaitun, madu, lidah buaya, kiwi, dan pisang. Anda dapat meracik masker rambut sendiri menggunakan bahan-bahan tersebut.

Namun, jika ingin lebih praktis dan cepat, Anda juga bisa membeli masker rambut dalam kemasan yang kini sudah banyak dijual di pasaran. Masker rambut dapat membuat rambut menjadi tampak lebih sehat, lebih indah, dan lebih berkilau. Produk ini sangat efektif untuk perawatan rambut rusak akibat proses bleaching, pewarnaan, ataupun karena panas dari alat penataan rambut.

Seorang hair stylist bernama Mark Hill mengungkapkan bahwa hair mask memang tidak mampu menghilangkan masalah rambut dalam sekejap, namun hair mask mampu mencegah munculnya masalah-masalah baru pada rambut. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, perawatan rambut dengan hair mask dapat dilakukan setidaknya seminggu sekali.

Kenali Tipe-tipe Rambut Berikut agar Mudah Merawatnya

Rambut Berminyak

Biasanya, orang-orang yang memiliki jenis kulit berminyak juga memiliki tipe kulit kepala yang berminyak. Oleh karena itu, masalah rambut yang dialaminya juga rambut yang berminyak dan mudah lepek. Selain itu, pengeluaran minyak yang berlebih juga dapat menyebabkan ketombe dan berujung pada kerontokan rambut. Namun, masker rambut yang tidak sesuai juga bisa membuat rambut kita lebih berminyak lho.

Nah, perawatan yang tepat untuk orang-orang dengan rambut berminyak adalah menggunakan masker rambut yang mengandung zat asam. Zat-zat yang bersifat asam yang terkandung dalam cuka apel atau air lemon efektif untuk menyeimbangkan pH di kulit kepala, sehingga produksi minyak lebih terkontrol.

Beberapa tips merawat rambut berminyak lainnya adalah dengan sering keramas menggunakan air dingin, menghindari penggunaan kondisioner hingga ke akar rambut, dan jangan terlalu sering memegang rambut karena memungkinkan minyak yang ada pada tangan malah pindah ke rambut.

Rambut Rapi dan Lurus

Tipe rambut lurus adalah tipe rambut yang jatuh tanpa gelombang, dari akar rambut hingga ujung rambut. Rambut lurus pun memiliki 3 tipe yang berbeda. Pertama, rambut lurus yang sangat lemas dan halus hingga sulit dibentuk kecuali menggunakan catok atau curling iron.

Kedua adalah tipe rambut lurus yang sangat tipis, sehingga sering disarankan untuk mengambil perawatan rambut yang bersifat menambah volume. Dan terakhir adalah rambut lurus yang agak berantakan dan sulit diatur. Perawatan yang disarankan pada tipe rambut yang terakhir ini adalah penggunaan serum rambut yang melembapkan.

Biasanya, rambut tipe lurus ini lebih cepat berminyak dibandingkan rambut ikal. Oleh karena itu banyak hair stylist yang menyarankan agar pemilik rambut tipe ini menghindari produk-produk yang meningkatkan kadar minyak pada rambut. Pemilik tipe rambut lurus juga disarankan untuk menghindari serum atau kondisioner dengan tekstur yang terlalu kental dan berat.

Rambut Rusak

Rambut rusak memiliki ciri-ciri kasar, kering, kusam, rontok, dan rapuh. Biasanya, ini disebabkan karena proses perawatan rambut menggunakan bahan kimia, misalnya pewarnaan atau pelurusan permanen. Bisa juga karena tidak cocok dengan produk perawatan rambut tertentu atau terlalu sering menggunakan alat-alat hairstyling.

Jika kamu merasa rambutmu memiliki ciri-ciri rambut rusak, sebaiknya lakukan perawatan dengan segera untuk mengembalikan kesehatannya. Kamu bisa mengganti sampo dan kondisioner dengan produk-produk yang punya formula rehydrating. Sedangkan untuk rambut bewarna, sebaiknya gunakan sampo khusus untuk rambut berwarna agar kelembapan rambut dan warna catnya tetap terjaga.

Kemudian, gunakan masker rambut minimal seminggu sekali untuk mengembalikan protein yang hilang. Kamu bisa menggunakan masker rambut dalam kemasan ataupun membuat sendiri dari bahan-bahan alami seperti telur, madu, minyak zaitun, dan alpukat. Lalu terakhir, kamu perlu mengurangi penggunaan hair tools dengan tingkat panas yang tinggi, seperti hair dryer, catok, maupun curling iron.

Rambut Keriting

Rambut keriting seringkali membuat pemiliknya merasa tidak percaya diri karena bentuknya yang susah diatur. Padahal dengan perawatan yang benar, rambut keriting tetap dapat menarik perhatian dan tampak sehat.

Kami merangkum ada 3 tipe rambut keriting. Pertama adalah rambut keriting dengan sedikit gelombang. Kedua, rambut yang hanya keriting di bagian ujung rambut. Untuk tipe rambut ini kamu bisa menggunakan minyak atau krim agar mudah ditata. Kemudian tipe yang ketiga adalah rambut yang sangat keriting.

Kamu bisa merawatnya dengan cara menggunakan sampo yang melembapkan rambut. dan kondisioner agar mudah ditata dan terlihat lebih berkilau. Pilih kondisioner yang mengandung protein agar rambutmu lebih mudah dirapikan dan ditata. Hindari produk-produk perawatan rambut yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan rambut sulit diatur.

Gunakan sisir bergigi jarang untuk menjaga bentuk keriting rambutmu agar tetap rapi. Terakhir, kamu perlu menggunakan masker rambut yang mengandung kelapa, daun jarak, zaitun, dan marula yang baik untuk menjaga bentuk rambutmu dan melindungi serta memperkuat akar rambut.

Tips Memilih Masker Rambut yang Tepat

Pilih Sesuai Permasalahan Rambut

Pertimbangan pertama yang perlu kamu pikirkan sebelum memutuskan untuk membeli masker rambut adalah menyesuaikannya dengan permasalahan rambut yang kamu hadapi. Ya, pilih produk yang akan mengatasi permasalahan rambutmu dengan spesifik.

Perbanyak riset dan cari tahu tentang komposisi yang baik untuk mengatasi masalah tersebut. Cari tahu juga tentang bahan-bahan apa yang tidak cocok untuk rambutmu dan hindari produk yang mengandung bahan tersebut.

Masker rambut paling sering dipilih oleh mereka yang memiliki permasalahan rambut kering atau rontok. Tapi, ada banyak juga masker rambut yang ampuh untuk masalah-masalah lainnya.

Perhatikan Kandungan Silikonnya

Kandungan silikon pada masker rambut seringkali menuai perdebatan. Sebagian orang menganggap silikon sebaiknya dihindari, namun ada juga yang menganggap bahwa silikon bermanfaat untuk rambut mereka. Sebenarnya, bermanfaat atau tidaknya kehadiran silikon pada masker tergantung kepada kondisi rambut itu sendiri.

Untuk kamu yang berambut tipis, silikon memang rawan membuat kulit kepala iritasi. Masker rambut yang tidak mengandung silikon juga dipercaya dapat menutrisi kulit kepala dan menumbuhkan rambut secara alami. Namun, untuk kamu yang memiliki rambut tebal, silikon justru baik karena dapat berfungsi menghasilkan efek rambut yang halus, rapi, dan mudah disisir.

Ada beberapa jenis silikon yang banyak ditemukan pada produk perawatan rambut. Pertama adalah cyclomethicone yang memberikan efek halus dan lembut pada rambut, biasanya ada di produk perawatan rambut yang dibilas. Kedua, yaitu dimethicone copolyol yang memberikan efek halus lebih lama daripada cyclomethicone. Biasanya ditemukan di produk sampo 2 in 1.

Kemudian ada amodimethicone yang menjaga kelembapan rambut dan mudah ditemukan di produk kondisioner tanpa bilas. Dan terakhir adalah dimethicone yang biasanya ada pada serum dan produk pelembap rambut tanpa bilas. Dimethicone berfungsi untuk memberikan perlindungan ekstra pada rambut dan membuat rambut tampak lebih bersinar dan sehat. Namun jika tidak cocok, penggunaannya dapat menyebabkan rambut lepek dan berketombe.

Pilihlah Aroma yang Diinginkan

Biasanya, masker rambut menggunakan wewangian alami dari bahan utama yang terkandung di dalamnya. Nah, agar kamu lebih nyaman ketika mengaplikasikan produk tersebut ke rambut, maka pilihlah produk dengan aroma yang kamu sukai.

Jika kamu cukup sensitif, hindari memilih masker rambut dengan aroma yang terlalu menyengat. Kamu juga bisa membuat masker rambut alami dan menambahkan aroma-aroma sendiri yang kamu sukai.

Sesuaikan dengan Bujet

Biasanya, semakin baik kandungan yang ada di dalam suatu produk, maka semakin mahal pula harga yang ditawarkan. Namun, ini tak serta-merta membuat produk tersebut baik juga untuk kamu gunakan.

Produk yang mahal tidak menjamin masalah rambutmu akan teratasi dengan cepat. Kamu tetap harus memastikan kandungan-kandungan di dalamnya aman untuk rambutmu.

Rekomendasi Masker Rambut Sachet Terbaik Pilihan Para Wanita

Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Cream

Makarizo Hair Energy Fibertherapy membantu kita memperbaiki kerusakan rambut dari pusat akar, sehingga batang rambut tampak lebih hidup dan lebih sehat. Produk masker rambut yang satu ini memiliki formula yang dapat meresap dan memanjakan rambut.

Kandungan asam amino keratinnya sangat membantu dalam pembentukan keratin yang menghasilkan rambut tampak berkilau, sehat, dan kuat. Bagi kamu yang berhijab, kamu pun cocok menggunakan produk ini karena ia dapat memberikan kekuatan dan perawatan penuh pada rambut meski ditutup lebih dari 8 jam dalam sehari.

Produk ini memiliki 4 varian yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Pertama, ada varian Aloe Vera dan Melon Extract yang dikhususkan untuk menangani masalah kerontokan rambut. Lalu ada varian Royal Jelly Extract yang sesuai untuk rambut yang mengembang dan tak beraturan karena formulanya bersifat melembapkan, menghaluskan, dan melembutkan rambut. Ketiga, ada varian Kiwi Extract untuk mempertahankan tekstur dan warna rambut.

Cocok untuk kamu yang baru saja melakukan pengecatan ataupun perawatan menggunakan produk kimia lainnya. Dan terakhir ada varian Olive Extract untuk rambut kusam, lepek, dan kurang ternutrisi.

Harga Rp. 58.800-64.500

Elips Hair Mask

Masih dari merek yang cukup populer akan produk perawatan rambutnya, yaitu Ellips. Masker rambut dari Ellips efektif untuk membuat rambut lebih sehat, kuat, dan wangi.

Produk ini disertai dengan vitamin dan diperkaya Pro Keratin Complex untuk merawat dan menutrisi rambut. Kandungan di dalamnya adalah vitamin A, C, E, Pro-Vit B-5, dan jojoba oil.

Ellips juga memiliki beberapa varian masker rambut. Pertama adalah varian Silky Black yang melembutkan dan menyehatkan rambut hitam.

Kemudian varian Smooth and Silky yang berfungsi melembapkan dan membuat rambut berkilau. Terakhir ada varian Hair Repair yang dapat menutrisi, melembutkan, serta menguatkan rambut.

Harga Rp. 7.500-9.888

Dove Hair Growth Ritual Creambath

Selanjutnya, kami merekomendasikan produk best seller dari Dove yaitu Hair Growth Ritual Creambath. Produk ini memiliki formulasi yang istimewa dengan memadukan bahan alami cone flower dengan white tea.

Ditambahkan nutrisi terbaik dari Dove, produk ini pun mampu menutrisi, memperkuat, dan membuat rambut lebih indah dan wangi bahkan sejak pemakaian pertama.

Jika kamu mengalami masalah rambut seperti rambut kering, rambut rusak, atau rambut rontok, maka produk ini sangat cocok untukmu. Sangat praktis dan mudah dipakai, sehingga bisa kamu gunakan sendiri di rumah.

Harga Rp. 4.550-5.000

XL Professionnel Hair Smoothie Mask

Buat kamu penggemar wangi buah-buahan yang segar, maka XL Professionnel Hair Smoothie Mask cocok untuk kamu. Diperkaya dengan ekstrak alami yang mengandung antioksidan, produk ini siap merawat rambutmu agar lebih sehat.

Selain itu, produk ini juga mengandung madu, multivitamin, dan keratin. Ada 3 varian yang dapat dipilih. Varian peach and kiwi untuk rambut kusam, rambut normal, dan rambut kering.

Kemudian strawberry and raspberry untuk rambut yang diwarnai. Ada pula varian grape and blueberry untuk rambut rusak, keriting, dan susah diatur.

Harga Rp. 5.200-7.500

Miharu Mud Hair Mask

Produk masker rambut dari Miharu ini dipercaya dapat memanjangkan rambut dengan lebih cepat dan membuatnya tampak lebih bersinar. Untuk kamu yang punya masalah rambut bercabang juga bisa menggunakan masker rambut yang satu ini.

Mulai dari rambut kering hingga rambut yang cepat berminyak, kandungan di dalam Miharu Hair Mask sangat efektif untuk mengatasi masalah-masalah rambut tersebut.

Harga Rp. 25.000-37.500

Samantha Hair Creambath

Samantha juga memiliki produk masker rambut yang memberikan kesegaran pada kulit kepala setelah pemakaian. Formulanya membuat rambut terasa lebih halus, ringan, berkilau, dan wangi yang lebih lama.

Dijual dalam kemasan sachet 30 gram, produk ini bisa kamu pakai 2-3 kali, tergantung seberapa panjang dan tebalnya rambutmu. Ada 4 varian yang hadir dalam sebuah produk yaitu varian lidah buaya untuk melembapkan, ginseng untuk mencegah rambut rontok, royal jelly untuk memperbaiki kerusakan rambut, dan avocado untuk menghaluskan rambut kering.

Harga Rp. 3.718-5.000

Pantene Total Damage Care Hair Mask

Sesuai namanya, Pantene Treatment Total Damage Care Hair Mask berfungsi untuk memperkuat dan mencegah kerusakan rambut yang lebih lanjut. Produk ini efektif untuk memberikan hidrasi mendalam setiap harinya.

Buat kamu yang mencari produk untuk melembapkan dan melindungi kutikula rambut, maka produk ini adalah pilihan yang tepat untukmu. Agar mendapatkan hasil yang optimal, gunakanlah produk ini sekali setiap minggu.

Harga Rp. 30.000-76.000

Sri Ratu Hair Mask

Sri Ratu membantu Anda dalam hal perawatan rambut secara tradisional. Diperkaya dengan urang-aring, produk ini akan menjaga warna rambut Anda tetap hitam dan berkilau.

Selain itu, ia juga mengandung keratin yang dapat menutrisi rambut dan membantu merawat rambut dari tanda-tanda kerusakan.

Aromanya lembut, menyegarkan, dan menenangkan. Kamu seketika merasa relaks setelah melakukan perawatan dengan produk yang satu ini.

Harga Rp. 7.500-39.000

L'Oreal Paris Hair Spa Deep Nourishing Creambath Sachet

Dengan produk masker rambut ini, Loreal berkomitmen untuk membantu kamu melakukan perawatan rambut secara menyeluruh mulai dari akar rambut, batang rambut, hingga kulit kepala.

Selain melembutkan dan menguatkan rambut, produk Loreal ini juga efektif membuat rambutmu mudah diatur dan mengilap. Dengan ekstrak bunga teratai dan air murni, produk ini sangat membantumu menutrisi setiap helai rambut dengan intensif.

Satu sachet Loreal Hair Spa Deep Nourishing Creambath berukuran 70 ml, sehingga bisa kamu pakai berkali-kali.

Harga Rp. 21.000-30.000

Natur Hair Mask

Natur merupakan salah satu merek perawatan rambut yang sangat terkenal dan melegenda di Indonesia. Ia juga mengeluarkan produk masker rambut yang berkhasiat untuk menutrisi dan merawat kekuatan helai rambut.

Cocok untuk kamu yang mengalami masalah rambut rusak, bercabang, dan mudah patah. Produk ini efektif untuk mengembalikan kesehatan dan kekuatan rambutmu seperti sedia kala.

Natur Hair Mask memiliki 3 varian yang berbeda. Varian pertama adalah varian ginseng yang berfungsi merawat kekuatan rambut. Berikutnya adalah varian aloe vera yang berfungsi menutrisi dan menjaga kesuburan rambut. Serta varian yang ketiga yaitu olive oil dan vitamin E yang efektif untuk merawat kilau lembut.

Harga Rp. 5.990-6.700
From our editorial team

Rambut Semakin Indah dengan Masker Rambut yang Tepat

Banyaknya pilihan masker rambut seringkali membuat kita bingung. Namun jangan salah, rambut kamu pun perlu mendapatkan perawatan yang tepat sesuai dengan jenisnya. Penggunaan masker rambut pun tidak boleh terlalu sering, cukup seminggu sekali dengan memilih masker yang tepat tentu saja. Yuk, rawat rambut agar semakin indah!

Tag