10 Rekomendasi Masker Rambut Terbaik untuk Kesehatan Rambutmu (2020)

10 Rekomendasi Masker Rambut Terbaik untuk Kesehatan Rambutmu (2020)

Sumber gambar www.lifealth.com

Untuk membuat rambut jadi lebih sehat, maka rambut perlu mendapatkan nutrisi yang baik dan bisa memenuhi kebutuhan rambut. Masker rambut sangat dibutuhkan untuk perawatan rambut. Cek rekomendasi masker rambut dari kami!

Bukan Hanya Wajah yang Perlu Diberi Perawatan Masker, Rambut juga Loh!

Sumber gambar www.byrdie.com

Kalau mendengar kata perawatan masker, tentunya kita langsung terbayang pada masker untuk wajah. Padahal, masker bukan sekadar untuk wajah loh. Ada juga masker untuk rambut. Sama seperti kegunaan masker wajah yang bisa memperbaiki kesehatan kulit wajah, masker rambut memiliki fungsi untuk mengembalikan kesehatan rambut.

Masker rambut bisa jadi perawatan khusus untuk kamu yang memiliki permasalahan pada rambutmu. Kamu yang mengalami masalah rambut rontok bisa mengandalkan masker rambut dengan bahan yang bisa menguatkan akar rambut. Masker rambut bisa juga digunakan untuk kamu yang memiliki kondisi rambut kering karena styling, rambut berminyak dan rusak karena polusi, merawat rambut bercabang, dan juga untuk rambut yang rusak karena diwarnai.

Penggunaan masker rambut secara tepat juga bisa meningkatkan kualitas rambut dan bisa menjaga kelembapan rambut. Masker rambut sebaiknya diaplikasikan seminggu sekali atau sebulan dua kali. Jika terlalu sering mengaplikasikannya maka kulit kepala jadi terlalu kering. Rutin memakai masker rambut bisa membuat rambut jadi sehat, berkilau, tidak rontok, dan mudah diatur.

Saat mengaplikasikan masker rambut, kulit kepala jadi terasa lebih rileks. Mood jadi membaik dan pastinya jadi lebih bersemangat beraktivitas. Nah, jadi, sudah siap mencoba memakai masker rambut?

Tips Memilih Masker Rambut Terbaik

Sesuaikan dengan Kondisi Rambut

Sumber gambar blog-well.ca

Saat hendak mengaplikasikan masker rambut, tentunya tidak bisa asal saja. Kamu wajib memilih masker rambut yang tepat untuk mendukung kebutuhanmu. Sesuaikan masker rambut yang hendak dipakai dengan kondisi rambutmu agar bisa memenuhi kebutuhan rambut dengan baik.

Semisal untuk kamu yang memiliki rambut kering. Jenis rambut semacam ini membutuhkan kelembapan lebih agar rambut terasa lebih halus, tidak mudah patah, dan lebih mudah diatur. Untuk itu, kamu butuh masker rambut dengan kandungan minyak nabati. Pilihannya adalah minyak zaitun, jojoba oil, atau minyak alpukat. Jenis minyak nabati tersebut bisa efektif melembapkan rambut dan merawat kelembapan rambut yang terpapar sinar matahari.

Kamu yang memiliki rambut rusak juga bisa melakukan perawatan dengan masker rambut. Maka dari itu, gunakan masker rambut dengan kandungan keratin dan panthenol. Kandungan keratin dan panthenol bisa mengisi kekurangan di bagian kutikula rambut yang rusak. Rambut jadi lebih lembut dan halus. Selain itu, bahan panthenol bisa memberikan efek kilau yang indah pada rambut. Akar rambut juga jadi lebih kuat dan bisa lebih lembap.

Untuk yang memiliki rambut tipis, tentu wajib berhati-hati memilih masker rambut agar rambut tidak terkesan makin tipis. Pilih masker rambut yang memiliki kandungan moisturizer yang tinggi. Kamu bisa memilih masker rambut yang mengandung gandum karena bisa menyeimbangkan pH rambut agar rambut bisa terkesan lebih tebal.

Pemilik rambut keriting memiliki kondisi rambut yang lebih kering ketimbang rambut lurus. Jika ingin merawatnya memakai masker rambut, maka sebaiknya memakai minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak daun jarak untuk melindungi dan memperkuat rambut secara bersamaan.

Untuk kamu yang memiliki rambut berminyak, maka sebaiknya memilih bahan yang tepat untuk masker rambut agar tidak semakin parah. Kamu bisa memilih rambut dengan kandungan cuka apel karena bisa mengurangi produksi minyak tanpa membuat rambut jadi terlalu kering. Dengan begini, rambut bebas lepek dan pastinya jadi sangat sehat.

Cek Kandungan Silikon

Sumber gambar beautyhooked.com

Jika memakai masker rambut dengan bahan alami, tentu kamu tidak perlu khawatir dengan vitamin dan mineral yang akan diserap rambut. Beda halnya jika kamu memilih memakai masker rambut siap pakai yang dijual bebas di pasaran. Secara umum ada dua jenis masker rambut, yakni masker rambut yang mengandung silikon dan masker rambut yang dibuat tanpa kandungan silikon.

Kamu bisa memilih masker rambut dengan kandungan silikon jika ingin memberi efek rambut yang lebih berkilau, tebal, dan juga lebih lembap. Silikon bisa memperbaiki rambut rusak dan menjaga kesehatan rambut. Masker rambut dengan kandungan silikon bisa melembutkan rambut yang mudah kusut. Silikon juga bisa berfungsi untuk melapisi permukaan rambut sehingga lebih kuat saat dilakukan styling rambut. Dengan adanya silikon pada masker rambut, rambut jadi terkesan tidak terlalu bervolume dan terkesan jatuh alami.

Produk dengan bahan silikon jika digunakan dalam jangka waktu lama dan secara terus menerus bisa membuat kulit kepala jadi kasar dan mudah iritasi. Jika tidak ingin hal ini terjadi, maka kamu bisa memakai masker rambut tanpa silikon. Masker rambut semacam ini paling pas untuk mencegah iritasi di kulit kepala. Rambut jadi terkesan halus dan lebih ringan. Kamu yang ingin rambut tampak lebih bervolume pun bisa memakai masker rambut semacam ini.

Cek Kandungan Bahan Lainnya

Sumber gambar www.businessinsider.com

Sebelum membeli masker rambut, kamu juga perlu mengecek kandungan bahan lainnya. Kamu bisa memilih masker dengan bahan nabati agar lebih aman untuk rambut dan kulit kepala. Bahan nabati bisa membuat rambut lebih lembut dan tidak memberikan efek samping yang terlalu berbahaya.

Bahan lain yang wajib dicek selain silikon adalah kandungan keratin. Ini akan sangat berguna untuk kamu yang memiliki masalah rambut. Baik untuk rambut berketombe, rambut rontok, atau rambut bercabang, akan bisa diatasi dengan bahan keratin tersebut.

Ikuti Langkah-langkah Memakai Masker Rambut

Untuk memakai masker rambut, kamu wajib tahu cara yang benar. Dengan cara yang benar, maka rambut bisa ternutrisi dengan baik.

Awali perawatan masker rambut dengan mencuci rambut hingga bersih. Hal ini perlu dilakukan agar pori-pori kulit dan kutikula terbuka sehingga siap menyerap nutrisi di dalam masker. Pada langkah selanjutnya, kamu bisa memakai handuk untuk mengeringkan rambut sampai setengah kering. Tujuannya adalah jika rambut lembap dan setengah kering maka bisa menyerap produk masker rambut dengan baik.

Aplikasikan masker rambut secara merata memakai jari mulai dari akar, batang, hingga ujungnya. Pastikan seluruh helai rambut terlapisi dengan merata. Supaya penyerapan nutrisi lebih cepat, kamu bisa membungkus rambut memakai handuk yang telah direndam air hangat. Panas dari handuk akan bisa mempercepat proses penyerapan nutrisi ke dalam sel kulit kepala dan batang rambut.

Diamkan rambut selama 5 hingga 10 menit lalu bilas. Jangan memakai sampo lagi, cukup bilas memakai air dingin. Jangan memakai air panas karena akan memicu kerontokan pada rambut. Fungsi memakai air dingin adalah untuk menutup pori-pori di kulit kepala sehingga nutrisi yang sudah masuk akan bekerja sempurna di dalam akar.

Ini Dia Rekomendasi Masker Rambut Terbaik

Makarizo Salon Daily Hair Mask

Makarizo Salon Daily Hair Mask ini bisa jadi pilihan kamu untuk bikin rambut lebih sehat. Produk yang satu ini hadir dalam ukuran kemasan 500 gram. Kandungan di dalamnya terdiri dari Pro-Vitamin B5, phytantriol, dan kolagen. Produk ini bisa menutrisi dan melindungi kutikula rambut yang kering. Masker rambut ini bisa mempertahankan elatisitas dan kelembutan rambut. Produk ini juga kaya akan mentol sehingga kulit kepala terasa segar dan rileks. Hasilnya, rambut jadi lebih ternutrisi, halus, dan kuat hingga ke akarnya.

Harga Rp. 73.000-85.000

Furatasse Snail Collagen Masque

Berikutnya, ada Furatasse Snail Collagen Masque yang bisa jadi pilihan. Masker rambut yang satu ini bisa membuat rambut jadi lebih lembut dan halus meski tanpa memakai creambath. Bahan utamanya berupa lendir siput yang kaya vitamin dan mineral dan bisa bikin rambut lebih sehat, berkilau, dan tampak bervolume.

Masker ini cocok untuk kamu yang gemar melakukan styling rambut memakai catok atau hair dryer. Rambut yang rusak karena panas alat styling akan bisa kembali sehat dengan masker rambut yang satu ini. Produk ini juga akan melembapkan rambut dan mengatasi rambut bercabang.

Harga Rp. 125.000-824.000

Kerastase Reflection Masque Chromatique

Kerastase Reflection Masque Chromatique juga tidak boleh dilewatkan sebagai pilihan. Masker rambut yang satu ini cocok untuk kamu yang gemar mewarnai rambut. Kaya akan zinc gluconate, masker ini bisa mengunci warna pada serat rambut sehingga lebih tahan lama. Selain bikin warna rambut lebih awet, masker rambut yang satu ini juga bisa memberikan efek kilau yang lebih sehat. Dengan kandungan filter UV, masker rambut yang satu ini bisa memberikan ekstra proteksi terhadap sinar matahari. Cukup gunakan sedikit saja pada rambut secara menyeluruh. Diamkan 5 hingga 10 menit lalu bilas sampai bersih.

Harga Rp. 525.000-728.000

L'Oreal Paris Smooth Intense Hair Mask Hair Treatment

Untuk rekomendasi berikutnya, ada L'Oreal Paris Smooth Intense Hair Mask Hair Treatment yang merupakan produk yang wajib kamu coba. Masker rambut yang satu ini bisa mengatasi rambut yang kusut, kasar, dan sulit diatur. Rambut menjadi 4 kali lebih halus dan antikusut selama 48 jam.

Kaya akan argan oil, masker rambut ini bisa bikin rambut jadi mudah diatur. Ada juga kandungan thermo-protect agent yang merawat dan melindungi rambut dari efek lembap. Cara pemakaiannya mudah, cukup aplikasikan pada rambut dari ujung kepala sampai dengan ujung rambut hingga berbusa. Diamkan beberapa menit lalu bilas sampai bersih.

Harga Rp. 63.000-117.000

Pantene Pro-V Hair Fall Control Intensive Hair Mask

Selanjutnya, ada Pantene Pro-V Hair Fall Control Intensive Hair Mask yang bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini bisa bikin kerontokan rambut jadi berkurang. Masker rambut ini kaya akan pro-vitamin yang bisa menutrisi sekaligus memperkuat bagian dalam struktur rambut.

Dengan rutin memakai masker yang satu ini maka bisa membuat rambut lebih terhidrasi. Ucapkan selamat tinggal pada rambut kering dan mudah patah. Rasa percaya diri semakin meningkat karena rambut terlihat lebih lebat dan sehat.

Harga Rp. 31.300

The Body Shop Banana Truly Nourishing Hair Mask

The Body Shop Banana Truly Nourishing Hair Mask menjadi pilihan selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini berfungsi untuk mengembalikan nutrisi rambut yang hilang. Dengan bahan utama buah pisang dari Ekuador, masker rambut ini dipastikan bisa menutrisi tiap helai rambut. Masker juga efektif dalam melembapkan rambut sehingga terhindar dari kondisi kering dan susah diatur. Selain bahan buah pisang, di dalamnya juga ada shea butter dan minyak kacang Brazil yang akan melembapkan rambut. Masker ini juga memiliki kandungan silikon yang bisa bikin rambut terlihat lebat dan jatuh.

Harga Rp. 190.000-448.000

Sensatia Botanicals Argan & Tamarind Revitalizing Hair Mask

Sensatia Botanicals Argan & Tamarind Revitalizing Hair Mask akan cocok untuk untuk semua jenis rambut. Produk ini memiliki pH 4,5 hingga 5,5 yang baik untuk menutrisi rambut. Terbuat dari bahan minyak argan, ekstrak lidah buaya, alpukat, dan tamarind, masker rambut yang satu ini akan mengembalikan rambut dari kerusakan yang terjadi. Kaya akan fitonutrien dan vitamin, masker rambut ini bisa mencegah kerusakan dan kerontokan rambut. Produk ini juga bisa merawat kulit kepala berminyak dan merangsang pertumbuhan rambut.

Harga Rp. 180.000-288.000

L’Occitane Aromachologie Intensive Repair Hair Mask

L’Occitane Aromachologie Intensive Repair Hair Mask adalah produk berikutnya untuk kamu. Masker rambut ini hadir dengan 5 minyak esensial, yaitu ylang-ylang, sweet orange, lavender, geranium, dan angelica. Aneka minyak yang terkandung dalam masker rambut ini bisa bikin rambut jadi lebih halus, lembut, dan sehat. Produk yang satu ini juga cocok untuk rambut yang diwarnai dan terkena bahan kimia.

Masker rambut ini bisa menstimulasi dan meregenerasi rambut. Selain itu, produk ini juga bisa merawat rambut akibat styling yang terlalu sering.

Harga Rp. 522.000-788.000

DoveDamage Therapy Heat Defence Treatment Mask

Dove Damage Therapy Heat Defence Treatment Mask juga merupakan produk selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini hadir dengan tekstur kental mirip sampo dan bisa langsung menyerap ke batang rambut. Masker yang satu ini mudah dibilas dan tidak akan membuat rambut lengket dan lepek. Dengan produk ini maka rambut bisa lebih terlindungi dari berbagai polusi, panas akibat styling rambut, hingga rambut diwarnai. Ada Vita-Protein Complex di dalamnya sehingga bisa meresap ke dalam rambut serta menjaga kekuatan rambut.

Harga Rp. 85.000-98.000

Matrix Biolage Masker Ultra Hydrasource

Matrix Biolage Masker Ultra Hydrasource Hair Mask adalah rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini bisa memperbaiki rambut yang rusak dan bercabang serta melembapkan rambut secara instan dan mendalam. Rambut jadi lebih mudah diatur, berkilau, dan lembut.

Harga Rp. 73.000-100.000
From our editorial team

Memilih Masker Rambut Tidak Perlu yang Terlalu Mahal

Saat memilih masker rambut, hindari memilih masker rambut yang harganya terlalu mahal. Boleh saja membeli yang mahal jika memang bujet mencukupi. Namun jika kamu berencana menggunakan masker rambut untuk sehari-hari, hindari memilih harga yang terlalu mahal. Pastikan saja masker rambutnya bisa menutrisi rambut dengan baik sehingga rambut bisa mendapat manfaat terbaik dari masker rambut tersebut.